SERTIJAB 06-11 MARET 2012


Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum Jabat Pangarmatim
9 Maret 2012-
Tampuk pimpinan orang nomor satu di jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) bergulir. Jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim)  yang  memiliki wilayah tanggung jawab perairan laut mulai perairan Jawa Tengah hingga Papua tersebut, kini dijabat oleh Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum menggantikan pejabat lama Laksamana Muda TNI Ade Supandi, S.E yang berpindah tugas sebagai Asrena Kasal.
Upacara serah terima jabatan Pangarmatim ini dilaksanakan
bersama-sama dengan serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer dari Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum kepada penggantinya Laksamana Pertama TNI Sri Mohamad Darojatim. Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jumat (9/3).

Hadir dalam upacara serah terima jabatan pagi ini antara lain pejabat Muspida Provinsi Jawa Timur, pejabat teras Mabesal, para Pangkotama TNI AL, Atase Pertahanan negara-negara tetangga seperti Australia dan Singapura, Atase Pertahanan Amerika Serikat dan Atase Angkatan Laut Belanda. Upacara tersebut juga dihadiri  para mantan Pangarmatim yang nampak duduk dideretan kursi undangan. Sementara itu susunan pasukan  upacara  terdiri dari satu unit Genderang Seruling Gita Jala Taruna Kadet AAL, satu kompi Perwira, satu kompi Kowal, satu kompi Pomal gabungan Koarmatim dan Kolinlamil dan empat Brigade Pasukan upacara dan satu kompi PNS gabungan Koarmatim dan Kolinlamil. Sedangkan sebagai background pasukan upacara adalah KRI Teluk Lampung-540, KRI Teluk Parigi-539, KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, KRI Karel Satsuitubun-356, KRI Diponegoro-365 dan KRI Sultan Hasanuddin-366. Seluruh pasukan upacara dibawah komando  Komandan Upacara Letkol Laut (P) Dato Rusman, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366. Kasal dalam amanatnya antara lain mengatakan serah terima jabatan ini merupakan realisasi konsep regenerasi kepemimpinan dilingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis. Hal ini berkaitan erat dengan dinamika proes pembinaan secara menyeluruh, baik pembinaan organisasi maupun pembinaan personel yang diharapkan ke depan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi kepentingan dan peningkatan kinerja organisasi.

Menurut Kasal, pergantian jabatan bukan hanya sekedar pergantian personel semata, tetapi sebagai perwujudan dari suatu proses mata rantai pembinaan yang telah ada dan dipersiapkan secara matang dan profesional, sekaligus merupakan bagian dari upaya pendinamisasian organisasi agar senantiasa mampu menghadapi tantangan seiring dengan dinamika perubahan lingkungan strategis yang berkembang dengan dinamis. “Koarmatim sebagai Kotama Pembinaan dan Operasional TNI Angkatan Laut memiliki kedudukan yang penting serta strategis, dimana Koarmatim bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina kemampuan peperangan laut, membina kesiapan operasional guna melaksanakan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang dalam rangka pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat lewat laut serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut,” kata Kasal.
Setelah upacara  Sertijab, hadirin dan undangan disuguhkan penampilan demo ketangkasan prajurit Koarmatim dan Kolinlamil yang menceritakan tentang kegigihan prajurit samudera kerajaan Medalwangi yang mempunyai kekuatan dua armada laut yaitu Ghora Vira Cakti dan Satya Wira Jala, untuk mengamankan wilayah kerajaan Medalwangi.  Prajurit dua armada tersebut menampilkan ketangkasannya, antara lain seni bela diri pencak silat Joko Tole, karate, kempo dan penyampaian isyarat “Shaulinan”. Sedangkan penampilan tari Jaipong, Remo dan sendra tari dimainkan oleh personel Koarmatim, Kolinlamil, siswa SMKN 9 Surabaya dan personel dari Taman Budaya Gentengkali Surabaya. Selain itu juga ditampilkan atraksi Reog Ponorogo dari paguyuban Reog Among Rogo Dwi Budoyo dari Manyar, Surabaya. Rangkaian kegiatan upacara ditutup dengan defile pasukan upacara, kendaran tempur Kopaska, dan dimeriahkan dengan penampilan puluhan clup sepeda kuno, motor gedhe (Moge), kendaraan Jeep, Land Rover yang merupakan club-club binaan Koarmatim.
Sebagaimana diketahui, Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. adalah Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXIX tahun 1984, dan sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer. Selanjutnya Perwira Tinggi TNI AL kelahiran Malang Jawa Timur ini mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI untuk memegang tongkat komando sebagai Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur secara resmi dengan upacara militer tadi pagi. Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. dalam menjalankan tugas sehari-hari didampingi oleh istri tercinta  Ny. drg. Latiani Yuswati dan dikarunia dua orang putra/putri, yaitu : Pratiwi Putri Anugerah dan Praditya Putra Anugerah. (Dispenarmatim).
========================================
3 Jabatan di Koarmatim Alami Pergeseran
8 Maret 2012-
Tiga Jabatan di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mengalami pergeseran, ketiga jabatan yang mengalami pergeseran itu adalah Inspektur Koarmatim (Irarmatim)  Asisten Logistik (Aslog) Pangarmatim, Kepala Dinas Perbekalan dan Materiel Koarmatim  (Kadismatbekarmatim). Hari ini, Kamis (8/3) diserahterimakan dihadapan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Ade Supandi SE. di gedung Mahapatih Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Jabatan Irarmatim diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Laut (E) FX. Joko Triyono SE. MAP kepada pejabat baru Kolonel Laut (S) Kartono SE. selanjutnya Kolonel Laut (E) FX. Joko Triyono akan mengemban tugas baru di Kobangdikal sebagai Guru Militer (Gumil) sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (S) Kartono SE. sebelumnya menjabat sebagai Kabalurjatim).

Untuk jabatan Aslog Pangarmatim diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Laut (T) Toto Prihatono kepada pejabat baru Kolonel Laut (T) Edy Suhardono SE. selanjutnya Kolonel laut (T) Toto Prihatono akan bertugas di Dinas Materiel TNI Angkatan Laut (Dismatal) Jakarta sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (T)  Edy Suhardono SE. Sebelumnya menjabat sebagai Kadismatarmatim.Sedangkan jabatan sebagai Kadismatbekarmatim diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Laut (T) Edy Suhardono SE. kepada pejabat baru Kolonel Laut Toto Dwijaya Saputra ST, selanjutnya Kolonel Laut (T) menempati jabatan barunya sebagai Aslog Pangarmatim sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra ST sebelumnya menjabat sebagai Aslog Komandan Lantamal V Surabaya. (Dispenarmatim)