SERTIJAB 18-23 MARET 2012


Dan Satkorarmatim:
Pergantian Jabatan Mutlak dan Wajar
21 Maret 2012-
Pergantian jabatan merupakan hal yang mutlak dan wajar dalam suatu organisasi sebagai wujud penyegaran regenerasi. Demiian ditegaskan oleh Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmatim (Dan Satkoramatim) Kolonel Laut (P) Yudo Margono, saat menyampaikan amanatnya dalam penyerahan jabatan Komandan KRI Karel Satsuitubun (KST)-356 dan penetapan jabatan Komandan KRI Yos Sudarso-353, Rabu (21/3) diatas
geladak haluan KRI KST-356 yang sedang bersandar di Koarmatim.

Lebih lanjut Komandan Satkorarmatim mengatakan,  pergantian jabatan Komandan KRI menggambarkan adanya kedinamisan dalam pembinaan personel di lingkungan TNI Angkatan Laut, dengan demikian dapat memberikan suatu wadah kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan bagi para perwiranya guna mencapai suatu tingkat  tertentu dalam karir selanjutnya.

Komandan KRI KST -356 Kolonel Laut (P) Fransiscus Herman menyerahkan jabatannya kepada Dansatkorarmatim, yang selanjutnya akan mengemban tugas  sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna. Sedangkan Letkol Laut (P) Ahmad Wibisono yang sebelumnya menjabat Komandan Lanal Banjarmasin ditetapkan sebagai Komandan KRI Yos Sudarso -353 yang baru.

Upacara penyerahan dan penetapan Komandan KRI dilingkungan Satkorarmatim ini dilaksanakan dalam  upacara militer di atas geladak haluan KRI KST-356, yang sedang sandar di dermaga Penjelajah Koarmatim, Ujung, Surabaya. Kegiatan upacara tersebut diikuti seluruh jajaran perwira, bintara, dan tamtama Satkorarmatim. Acara ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama dengan seluruh prajurit kapal.(Dispenarmatim)
=======================================
Sertijab Danpuslatlekdalsen Kobangdikal
Gantikan Kolonel Irvansyah, Kolonel Aria Pimpin Puslatlekdalsen
20 Maret 2012-
Belum genap tujuh bulan, jabatan Komandan Pusat Latihan Elektronika dan Sistim Kendali Senjata (Danpuslatlekdalsen) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahterimakan kembali Kolonel Laut (P) Irvansyah kepada Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa, Selasa (20/3).
Prosesi serahterima Jabatan salah satu Komando Pelaksana (Kolak) dijajaran Kobangdikal itu, digelar dengan upacara militer di Lapangan Laut Seram, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya dan dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Sadiman, S.E,
Irvan- sapaan akrab Perwira Menengah (Pamen) melati tiga kelahiran Bengkulu, 10 Mei 1968 ini, mulai menjabat Komandan Puslatlekdalsen sejak 5 September 2011 lalu, menggantikan Kolonel Laut (P) I. Gusti Kompiang Aribawa.
Kini jabatan itu akan diserahkannya kembali, setelah Ia mendapat perintah baru dari pimpinan TNI AL  untuk menjabat Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sorong, Papua Barat. Sementara itu penggantinya,  Aria –begitu  Pamen melati tiga dipundak kelahiran Mataram, 24 Maret 1968 ini disapa- sebelumnya menjabat Kepala Departemen Ilmu dan Teknologi (Kadep Iptek) Akademi Angkatan Laut (AAL).
Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan militernya di AAL Angkatan ke 36 tahun 1990, Aria, putra berdarah Sasak, Lombok ini, mengawali karier kedinasan di TNI AL sebagai Ass Padiv Artileri KRI HSN- 333 Satkor Armatim tahun 1992, Kadiv SAA KRI YOS-353 tahun 1995, Kasdiv Kom KRI AHP-355 tahun 1996, Kasubjurlatpel Depprof AAL tahun 2001, Kasubdit Renbang AAL tahun 2003, Palaksa KRI Nala-363 Armatim tahun 2004, Komandan KRI Badik-623 Armatim tahun 2006, Pasops Kolat Armatim tahun 2006, Pabanlat Sops Armatim tahun 2008, Dan Lanal Banjarmasin tahun 2009 dan Kadep Iptek AAL tahun 2011.
Adapun pendidikan militer yang telah ditempuh Aria, antara lain AAL Angkatan ke-36 (1990), Dikpasis Angkatan ke-3 (1991), Diklapa I Art Angkatan-9 (1994), Naval Junior Officers Cours (1996), Diklapa II Aplikasi (2001) dan Seskoal Angkatan-42 (2004).
Selama 22 tahun pengabdiannya di TNI AL, pamen berkorps Perlaut ini telah mendapatkan berbagai penghargaan dari negara diantaranya Satiya Lancana  (SL) Kesetiaan VIII, SL XVI, SL Dwidya Sistha dan SL Dwidya Sistha-1. Dalam amanatnya Komandan Kobangdikal mengatakan, sertijab merupakan siklus penugasan personil dalam rangka memberi kesempatan dan peluang bagi personil terpilih untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan sekaligus karier dalam kedinasan.  “Saya yakin dengan adanya pejabat baru, Puslatlekdalsen kedepan menjadi satker yang lebih baik dan profesional, karena di sinilah prajurit matra laut dididik dan di tempa untuk mendapatkan taktik operasi laut dan latek bidang elektronika kendali senjata, navigasi dan komunikasi,” harapnya. Sebagai unsur pelaksana pendidikan di Kobangdikal, lanjutnya, Danpuslatlekdalsen memiliki tugas dan tanggungjawab besar dalam lingkup penyelenggaraan latihan praktek  bidang elektronika kendali senjata yang meliputi alat indra, kendali senjata, alat navigasi, komunikasi dan alat permesinan serta penyiapan, meyelenggarakan dan mengevaluasi hasil latihan aplikasi taktik operasi laut. Untuk menjawab tugas tersebut, kata Laksamana bintang dua di pundak ini, dalam pelaksanaan tugas diperlukan adanya kesamaan visi dan persepsi, sehingga langkah-langkah yang diambil dapat berjalan secara sinergis mengacu pada prioritas sasaran pembinaan yang digariskan. “Bekerjalah dengan keras, bekerja cerdas dan bekerja dengan ihklas,” terang orang nomor satu dijajaran Kobangdikal ini. Dalam acara tersebut hadir pula Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Mar Prang Verry Kunto. G, SH, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, para Direktur Kobangdikal, Para Komandan Kodik dan Pusdik serta pejabat Kobangdikal lainnya.