SERTIJAB 11-21 PEBRUARI 2013


MAYOR MARINIR LASMIDJAN JABAT KOMANDAN DENMA LANTAMAL IX
Ambon, 21 Pebruari 2013-
Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin meresmikan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal IX Ambon, dari Mayor Marinir Dedi Hamdani kepada Mayor Marinir Lasmidjan, Kamis (21/2/2013) di Lapangan Apel Mako Lantamal IX, Ambon.
Upacara dihadiri oleh Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki, Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Para Asisten Danlantamal IX, Kadis/Kasatker Lantamal IX serta pasukan dari para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX. Dalam amanatnya Komandan Lantamal IX
 menyampaikan, bahwa upacara serah terima jabatan pada hakikatnya mengandung makna merupakan bagian penting dari upaya untuk mendinamisasikan organisasi, agar tetap mampu menghadapi perkembangan lingkungan dan dinamika tantangan tugas ke depan serta mengembangkan TNI Angkatan Laut agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Melalui pergantian Komandan Denma Lantamal IX, diharapkan tumbuh gagasan baru dalam aspek pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Laut. Komandan Lantamal IX berterimakasih kepada Mayor Marinir Dedi Hamdani atas dedikasi, loyalitas, dan kerjasamanya, serta kepada Mayor Marinir Lasmidjan dengan jabatan yang baru sebagai Dandenma Lantamal IX semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik, dan dapat memotivasi seluruh anggota sehingga tugas pokok pangkalan dapat terlaksana dengan baik, serta mampu mewujudkan lingkungan Lantamal IX yang bersih dan nyaman.(Dispen Lantamal IX)
------------------
DANKOLATARMABAR TERIMA PENYERAHAN JABATAN KOMANDAN PUSLAT GLAGASPUR KOLATARMABAR
Jakarta, 21 Pebruari 2013-
Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Yudo Margono menerima penyerahan jabatan Komandan Pusat Latihan Gladi Tugas Tempur (Puslat Glagaspur) Letkol Laut (P) Azwar dalam suatu upacara di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Kolatarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2013). Dankolatarmabar Kolonel Laut (P) Yudo Margono mengatakan, serah terima jabatan merupakan bagian dari dinamika pembinaan organisasi serta pembinaan personel yang dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan berdasarkan tatanan sistem pembinaan yang telah ditentukan. Selain itu juga, untuk meningkatkan dinamika organisasi, memelihara kesinambungan pengabdian, menyempurnakan kinerja dan sinergi satuan serta mempertahankan momentum regenerasi kepemimpinan. Makna yang terkandung di dalamnya adalah agar terealisasinya kaderisasi dan peremajaan guna memperoleh pembaharuan semangat dan pennyegaran pemikiran dengan selalu berorientasi terwujudnya perilaku organisasi yang lebih dinamis dan menghasilkan output yang lebih optimal dari waktu ke waktu. Lebih Lanjut Dankolatarmabar mengatakan, peristiwa tersebut merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada para pejabat yang bersangkutan dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dan upaya pembinaan personil secara menyeluruh dalam membangun TNI Angkatan Laut yang lebih baik. Hadir pada upacara tersebut Para Perwira Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kolatarmabar. (Dispenarmabar)
-------------------
SERAH TERIMA JABATAN WADAN LANTAMAL IX DAN PENYERAHAN JABATAN ASOPS DANLANTAMAL IX AMBON
21 Pebruari 2013-
Bertempat di Gedung Manggala Loka Lantamal IX, Kamis (21/2/2013) telah dilaksanakan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Wakil Komandan Lantamal IX dari Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki kepada Kolonel Marinir Tory Subiyantoro. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan juga penyerahan jabatan Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto kepada Danlantamal IX. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin.
Upacara dihadiri oleh Ketua Korcab IX Jalasenastri Armatim, para Asisten Danlantamal IX, Komandan KRI Yos Sudarso-353, Asops Guskamlatim, LO Kodam XVI/PTM, Kadis/Kasatker dijajaran Lantamal IX, serta pasukan upacara dari Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon. Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki selanjutnya akan menjabat sebagai Paban VI Binkuat Sopsal Mabesal, sedangkan Kolonel Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto menjabat sebagai Dansatlinlamil Jakarta. Dalam amanat Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin menyampaikan bahwa Serah terima jabatan merupakan salah satu bagian dari rangkaian pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Laut, agar selalu mempunyai penampilan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kecenderungan dan perkembangan lingkungan strategis di masa mendatang tetap diwarnai dengan ketidakpastian yang dampaknya mencakup segala aspek kehidupan Bangsa. Melalui pergantian diharapkan dapat tumbuh gagasan-gagasan baru dalam aspek pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Laut secara optimal baik sebagai inti pertahanan keamanan di laut maupun sebagai salah satu komponen pembangunan Bangsa.Moment Sertijab diharapkan dapat membawa semangat baru serta munculnya ide-ide dan pemikiran yang Kreatif, Strategik, Rasional dan Aplikatif yang kesemuanya diarahkan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut. Upacara diakhiri dengan ucapan selamat dari Komandan Lantamal IX dan jajarannya kepada Wadan Lantamal IX yang baru Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki serta Kolonel Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto semoga sukses dalam menjalankan tugas dan jabatan di tempat yang baru. (Dispen Lantamal IX)
-----------------
PANGKOLINLAMIL KUKUHKAN LAKSAMANA PERTAMA TNI KARMA SUTA, S.E. SEBAGAI KEPALA STAF KOLINLAMIL
Pebruari 2013-
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), Laksamana Muda TNI S.M. Darojatim mengukuhkan Laksamana Pertama TNI Karma Suta, S.E., menjadi Kepala Staf Kolinlamil dalam suatu acara pengukuhan yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, baru-baru ini. Pangkolinlamil dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL adalah merupakan upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh, sekaligus pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin kompleks. Hal ini juga merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL yang diberikan kepada Perwira terpilih dalam rangka peningkatan prestasi serta mengembangkan kemampuan dan kepemimpinannya pada jabatan yang baru sebagai upaya pembinaan personel secara menyeluruh. Lebih lanjut dikatakan, Kepala Staf Kolinlamil merupakan pejabat teras di Kolinlamil yang membantu Panglima Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pembinaan dan operasional. Tugas ini menuntut dedikasi dan mobilisasi kerja yang tinggi terutama dalam mendukung dan melaksanakan tugas pokok Kolinlamil sebagai kotama pembinaan dan operasional yang dituntut untuk selalu mampu meningkatkan kesiapan operasional kapal dan kemampuan personelnya dalam mendukung pelaksanaan OMP maupun OMSP, baik berupa pergeseran pasukan maupun material/logistik yang bersifat administratif, taktis dan strategis. Di akhir amanatnya Pangkolinlamil menginstruksikan kepada para pejabat teras beserta seluruh warga Kolinlamil, untuk memberikan dukungan dan kerjasama serta loyalitasnya kepada pejabat yang baru sebagaimana yang telah diberikan kepada pejabat lama, agar Kolinlamil dapat lebih baik lagi. Laksamana Pertama TNI Karma Suta, S.E., adalah alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan 28 tahun 1983. Sejak dilantik sebagai perwira dengan pangkat letnan dua, telah mengalami berbagai penugasan, baik di kapal perang maupun di pendirian darat (pendirat). Penugasan dan jabatan yang pernah diembannya antara lain Komandan KRI Pulau Ratewo-702, Komandan KRI Teluk Manado-537, Komandan KRI Teluk Lampung-540, Komandan KRI Teluk Tomini-508, Komandan Satlinlamil Jakarta, Komandan Lanal Palembang, Komandan Lanal Panjang, Komandan Lantamal VII Kupang, Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut. Dan sejak tanggal 18 Februari 2013 secara resmi menjabat Kepala Staf Kolinlamil.
(Dispen Kolinlamil)
--------------------
KADISLITBANGAL PIMPIN SERTIJAB KASUBDISLITBANGAL
Jakarta, 19 Pebruari 2013-
Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksamana Pertama TNI Ir. Irawan H. Subekti, M.Phil. memimpin serahterima beberapa jabatan Kepala Sub Dinas (Kasubdis) di lingkungan Dislitbangal dalam suatu upacara di Gedung Koen Djaelani, Dislitbangal, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2013). Para Kasubdis yang diserahterimakan adalah Kasubdis Litbang Wahana dari Kolonel  Laut (T) Ruzel kepada Kolonel Laut (T) Heri Suyanto, S.Mn. yang sebelumnya menjabat Kasatlaikmatbar Dislaikmatal kepada Kolonel Laut (T) Ruzel akan menempati jabatan baru sebagai Sahli Teklog Pang “E” Koarmabar. Sementara Kasubdis Litbang Matbek diserahterimakan dari Kolonel Laut Heri Sutrisno, B.Sc. kepada Kolonel Laut (T) Rizal M. TJ yang sebelumnya menjabat Kabid Matra Laut Baranahan Kemhan. Selanjutnya Kolonel Laut(T) Heri Sutrisno, B.Sc. akan memasuki masa pensiun. Kegiatan ini dihadiri para pejabat Dislitbangal seperti Sekdislitbangal Kolonel Laut (T) JR. Duapadang, B.E., S.E., Pakor Poklit Kolonel Marinir K. Wargo Haryoto, para Kasubdis, para Kalabin serta para perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Dislitbangal. Kadislitbangal Laksma TNI Ir. Irawan H. Subekti M. Phil dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi militer pada hakekatnya merupakan momentum yang formal yang dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategis. Makna yang terkandung di dalamnya adalah terrealisasikannya upaya dinamisasi organisasi dan kaderisasi dalam rangka memperoleh pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran dengan selalu berorientasi kepada terwujudnya efisiensi dan efektifitas organisasi guna menghasilkan output yang lebih optimal. Pada Kesempatan baik ini kepada Kolonel Laut (T) Ruzel dan Kolonel Laut (KH) Hery Sutrisno, Laksma TNI Ir. Irawan H. Subekti M. Phil atas nama pribadi dan keluarga serta jajaran Dislitbangal menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala sumbangan pemikiran serta usaha-usaha yang telah dilaksanakan selama menjabat sebagai Kasubdis Litbang Wahana dan Kasubdis Litbang Matbek. Pada bagian akhir, kepada Kasubdis Litbang Wahana dan Kasubdis Litbang Matbek, Laksma TNI Ir. Irawan H. Subekti merasa yakin, berbekal pengalaman semasa menjabat dalam berbagai penugasan di lingkungan TNI AL, Kolonel akan akan dapat menemukan langkah-langkah pengembangan dan pembinaan secara lebih tepat, sehingga eksistensi di tempat yang baru ini mendapat dukungan dari semua pihak. Kegiatan diakhiri pemberian cindera mata serta ucapan selamat dari Kadislitbangal Laksma TNI Ir. Irawan H. Subekti, M. Phil kepada mantan Kasubdis dan kepada Pamen yang mutasi ke Lanmar Jakarta Mayor Laut (S) Dwi Tjahjono dan Kolonel Laut (K) Afnan yang memasuki masa pensiun, dan diikuti oleh peserta lainnya. (Dispenal Mabesal )
------------------
DANLANTAMAL VI MEMIMPIN UPACARA PENYERAHAN JABATAN DANLANAL BALIKPAPAN DAN SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL SANGATTA
Sangatta, 13 Pebruari 2013-
Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal TNI Marinir M. Suwandi Thahir memimpin upacara penyerahan jabatan Danlanal Balikpapan dan serah terima jabatan Danlanal Sangatta, Rabu (13/2/2013). Dalam upacara tersebut jabatan Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) I G. Kompiang A. diserahkan kepada Danlantamal VI, jabatan Danlanal Sangatta Letkol Laut (E) Yudhi Bramantyo N.S. diserahterimakan kepada penggatinya Letkol Laut (P) Sigit Santoso.
Dalam Sambutannya, Danlantamal VI mengatakan bahwa secara geografis wilayah Lantamal VI termasuk Lanal Balikpapan dan Lanal Sangata berada pada jalur Alki II yang merupakan ujung tombak TNI AL di perairan Sulawesi Selatan dan  Kalimantan bagian timur yang sangat ramai digunakan oleh kapal-kapal domestik, baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Lebih lanjut disampaikan bahwa Lanal Balikpapan dan Sangatta beserta jajarannya dituntut adanya terobosan-terobosan atau ide-ide baru dalam menghadapi  segala  bentuk ancaman yang mungkin timbul di wilayah kerjanya, bahkan harus tetap melaksanakan latihan-latihan secara intensif disertai dengan pembinaan potensi maritim secara terus-menerus.
Diakhir sambutan, Komandan Lantamal VI  menyampaikan ucapan selamat jalan dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut  (P) I. G. Kompiang A. dan Letkol Laut (E) Yudhi Bramantyo N.S. yang telah memberikan kemampuan terbaiknya selama menjabat sebagai Danlanal Balikpapan dan Danlanal Sangatta. Pada kesempatan ini  juga,  Danlantamal VI menyampaikan  terima kasih kepada Ibu I. G. Kompiang dan Ibu Yudhi Bramantyo yang telah mendampingi suami selama menjabat sebagai Danlanal Balikpapan dan Sangatta.  Selanjutnya Danlantamal VI mengucapkan selamat  datang kepada Letkol Laut (P) Sigit Santoso sebagai Danlanal Sangatta. Hadir dalam acara tersebut, Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) R. Teguh Isgunanto, Asrena Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Subariyanto, Danpomal Lantamal VI, Kadispen Lantamal VI, Walikota beserta Muspida Balikpapan dan para Pejabat militer dan sipil kota Balikpapan. (Dispen Lantamal VI)
---------------
LETKOL IGNATIUS BAYU TRIKUNCORO JABAT DANLANAL NUNUKAN
Pebruari 2013-
Jabatan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan diserahterimakan dalam upacara militer yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII (Danlantamal VIII) Manado Laksma TNI Guguk Handayani di lapangan Mako Lantamal VIII belum lama ini. Jabatan tersebut diserahkan dari pejabat lama Letkol Laut (P) Eko Vidianto kepada penggantinya Letkol Laut (P) Ignatius Bayu Trikuncoro dan dihadiri para pejabat Lantamal VIII, para Danlanal di jajaran Lantamal VIII, para prajurit dan PNS. Sebelumnya Letkol Laut (P) Ignatius Bayu Trikuncoro menempati jabatan sebagai Komandan KRI Teluk Mandar-514 Satfibkoarmatim, sedangkan Letkol Laut (P) Vidianto akan menempati jabatan barunya sebagai Perwira Bantuan Staf Operasi (Pabanops) Lantamal VIII Manado. Dalam amanatnya Danlantamal VIII menegaskan, pergantian jabatan merupakan hal wajar sebagai jawaban atas kebutuhan organisasi. "Setiap mutasi bertujuan membuat dinamisasi organisasi yang hasil akhirnya adalah output kinerja yang optimal," ujar Danlantamal VIII. Danlantamal VIII juga menegaskan bahwa jabatan Danlanal Nunukan sangat penting karena membawahi pangkalan dan wilayah tugas strategis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu  Malaysia dan perairan Filipina. Selain itu juga berharap kepada para komandan pangkalan hendaknya memberi kontribusi nyata pada pembangunan daerah setempat, khususnya pada aspek kemaritiman dan kelautan.  (Dispenarmatim)
---------------
KASAL PIMPIN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN DUA PEJABAT TERAS TNI AL
Jakarta, 18 Februari 2013 –
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M., memimpin upacara serah terima jabatan dua pejabat teras TNI AL, di Gedung Utama, Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/2/2013).
Kedua pejabat penting itu adalah Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Karma Suta S.E., kepada penggantinya Laksamana Pertama TNI Suyitno, S.Pi., M.M., dan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) dari Laksamana Pertama TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp.B.S. kepada Laksamana Pertama TNI dr. Adi Riyono.Laksamana Pertama TNI Suyitno S.Pi, M.M. sebelumnya menjabat sebagai Pati Sahli Kasal Bidang Soskumdang, dan Laksamana Pertama TNI dr. Adi Riyono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr. Ramelan, Surabaya. Sementara Laksamana Pertama TNI Karma Suta S.E. selanjutnya memangku jabatan sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kas Kolinlamil), dan Laksamana Pertama TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp.B.S. selanjutnya masuk ke jajaran Pati Mabesal dalam rangka memasuki masa persiapan pensiun. Kasal dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, serah terima jabatan tidak hanya untuk perputaran roda organisasi dan pembinaan personel saja, namun lebih dititikberatkan kepada regenerasi yang mampu menjawab tantangan serta menghadapi dinamika lingkungan strategis yang semakin kompleks. Oleh karena itu, lanjut Kasal, melalui suatu proses seleksi yang ketat dan dapat dipertanggungjawabkan, TNI Angkatan Laut telah mempercayakan perwira-perwira terbaiknya, untuk menduduki jabatan strategis, guna meneruskan estafet kinerja para pejabat terdahulu yang juga merupakan perwira-perwira terbaik dan memiliki kredibilitas membanggakan. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Perawatan Personel dan Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS beserta keluarganya, secara paralel menunjang keberhasilan dalam melaksanakan tugas yang dihadapi TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu. Pada kesempatan tersebut, Kasal menyampaikan penghargaan yang tinggi disertai ucapan terima kasih atas segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Laksamana Pertama TNI Karma Suta, S.E., dan Laksamana Pertama TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp.B.S., atas hasil kerja keras dan dedikasi serta kepemimpinan selama menjabat sebagai Kadiswatpersal dan Kadiskesal. Pada kesempatan itu Kasal berharap agar Laksamana Pertama TNI Suyitno, S.Pi., M.M. dan Laksamana Pertama TNI dr. Adi Riyono dapat mencurahkan seluruh potensi yang dimiliki, sehingga melahirkan gagasan dan ide-ide cemerlang dalam rangka meningkatkan kinerja Satker yang akan mereka pimpin. Mengakhiri amanatnya, Kasal mengingatkan kepada kedua pejabat baru tersebut, bahwa semakin tinggi jabatan, semakin besar pula tanggung jawab yang harus diemban (great power need great responsibility), namun apabila dilandasi dengan jiwa semangat dan ketulusan yang kuat, akan dapat dipertanggungjawabkan. Turut hadir pada acara tersebut, Wakasal Laksdya TNI Hari Bowo, S.E., M.Sc., dan sejumlah pejabat teras Mabesal. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
----------------
SERAH TERIMA JABATAN, PENGUKUHAN JABATAN DAN PENYERAHAN JABATAN DI JAJARAN SESKOAL
Jakarta, 15 Februari 2013 –
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI D.A. Mamahit, M.Sc., bertindak selaku Irup pada upacara serah terima, pengukuhan dan penyerahan jabatan jajaran Seskoal bertempat di Auditorium Jos Sudarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2013). Serah terima jabatan yang dilaksanakan antara lain Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjianbangdik) dari Kolonel Laut (P) Edi Surjanto kepada Kolonel Laut (P) Dri Suatmaji. Kepala Departemen Kejuangan (Kadepjuang) dari Kolonel Marinir Bambang Priambodo kepada Kolonel Laut (E) Totok Subali Asmoro. Pengukuhan Kepala Departemen Operasi (Kadepops) kepada Kolonel Laut (P) I Nyoman Mandra. Penyerahan jabatan Kepala Pusat Olah Yudha (Kapusoyu) dari Kolonel Laut (P) Judijanto dan Komandan Korps Siswa (Dankorsis) dari Kolonel Marinir Widodo Dwi Purwanto kepada Komandan Seskoal Laksma TNI D.A. Mamahit, M.Sc. Hadir dalam upacara serah terima jabatan antara lain Wadan Seskoal Laksma TNI Y. Achmad Hadirat, M.Si., (Han), perwira staf Seskoal, Dosen Seskoal dan PNS Seskoal.(Pen Seskoal)
----------------
PANGARMABAR PIMPIN TIGA SERTIJAB KADIS DI LINGKUNGAN KOARMABAR
Jakarta, 15 Februari 2013 –
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto, S.E., memimpin pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) tiga Kepala Dinas (Kadis) yang berada di lingkungan Koarmabar, di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2013). Ketiga jabatan tersebut yakni Kepala Dinas Komonukasi Elektronika Koarmabar (Kadiskomlekarmabar) Kolonel Laut (E) Budi Kalimantoro serta Kepala Dinas Pemeliharaan Kapal Koarmabar (Kadisharkaparmabar) Kolonel Laut (E) Puguh Santoso diserahkan kepada Pangarmabar dan Kepala Dinas Material Perbekalan Koarmabar (Kadismatbekarmabar) diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Isrovi, S.E., kepada Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E., M.M. Pangarmabar pada kesempatan tersebut mengatakan ketiga jabatan yang diserahterimakan merupakan unsur-unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmabar yang memegang peran penting dan memiliki tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Lebih lanjut dikatakan Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto, S.E., Kadiskomlekarmabar memegang tugas dalam membina dan melaksanakan fungsi komunikasi serta membina fungsi peperangan elektronika di lingkungan Koarmabar. Untuk Kadisharkaparmabar memiliki tugas membina dan menyelenggarakan pemeliharaan tingakat menengah, tingkat depo dan pemeliharaan darurat kapal-kapal Koarmabar, sedangkan Kadismatbekarmabar memilki tugas membina dan menyelenggarakan pembekalan materiil bagi unsur-unsur Koarmabar. Dengan segala keterbatasan yang ada satuan kerja tersebut telah dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Keberhasilan tersebut banyak ditentukan karena adanya integrasi usaha dan sinergi pemikiran antar satuan kerja yang bersifat lintas fungsi dalam nuansa kebersamaan dan kekeluargaan tanpa mengabaikan keberadaan fungsi dan peran masing-masing satuan kerja dalam mendukung tugas pokok Koarmabar. Upacara serah terima jabatan yang berlangsung tersebut dihadiri Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI M. Atok Urrahman, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmabar (Danguspurlaarmabar) Laksma TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., serta segenap pejabat Teras Koarmabar.  (Dispenarmabar)
-----------------
GERBONG ROTASI DI TNI AL BERLANJUT, GILIRAN KOBANGDIKAL MUTASI DUA JABATAN STRATEGIS
15 Februari 2013 –
Setelah pejabat dibebera Komando Utama TNI AL berganti, kini giliran Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatana Laut (Kobangdikal) merotasi dua jabatan strategis di lingkungannya sesuai kebutuhan organisasi TNI AL. Kedua jabatan strategis tersebut adalah Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) dan Komandan Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Danpuslatlekdalsen) yang pelaksanaannya dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro Kobangdikal, Jumat (15/2). Serah terima Jabatan dua unsur komando pelaksana di bawah Kobangdikal tersebut, dilaksanakan karena pejabat lama akan melaksanakan Pendidikan Dikreg Sesko TNI Angkatan ke-40. Kolonel Marinir Hasanudin menyerahkan jabatan Dankodikmar kepada Kolonel Marinir Much Sulchan yang sebelumnya menjabat Staf Ahli (Sahli) Panglima ”A” bidang Wilnas Koarmabar Jakarta, Sedangkan Danpuslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa menyerahkan jabatan kepada Dankobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo karena belum mendapatkan pengganti. Sertijab yang dihelat dengan upacara militer tersebut, dihadiri Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Sturman Panjaitan, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Aswad, SE, MM, Komandan Kodikdukum Tri Sunu Prasetyo, Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Marinir Enjang Suryana, Komandan STTAL Kolonel Laut (E) Drs Siswo Hadi Sumatri para Direktur dan pejabat teras Kobangdikal lainnya. Komandan Kodikmar baru kelahiran Pati, Jateng, 7 Nopember 1964 ini, adalah lulusan AAL Angkatan ke-32 Tahun 1987. Selepas menempuh pendidikan AAL, Ia mengawali tugas di TNI AL sebagai Danton 2 Ki-A Yonif 2 Brigif 2 Jakarta (1987), Danton Ban Yonif 2 (1991), Dankie C Yonif 2 Brigif 2 (1993), Pabansi 2 Yonif 2 (1994), Dandiv A Ron Pasis AAL (1995), Paopslat Korsis AAL (1995), Pasi 2 Yonif 2 Brigif 2 (1996), Pabandyalat sops Kormar (1998), Kasetum Kormar (1999), Pasops Lanmar Jakarta (2001). Tahun 2002, ia dipercaya menjabat Danyonif 1 Pasmar 1 Surabaya, Pabanren Sops Kormar (2004), Kas Brigif 1 Pasmar 1 (2006), Asops Pasmar 1 Surabaya (2007), Patun Utama Seskoal (2008), Danlanal Cilacap (2008), Asrena Kormar (2010), Aslog Kormar (2011) dan Staf Ahli (Sahli) Panglima ”A” bidang Wilnas Koarmabar Jakarta (2011). Adapun jenjang pendidikan militer yang telah dijalaninya antara lain AAL-32 (1987), Dikspespa Angkatan ke-3 (1990), Sus Kibi Angkatan ke-35 (1994), Suslapa II Inf TNI AD Angkatan ke-7 (1995), Sus PBU Athan Angkatan ke-8 (1998), Dikseskoal Angkatan ke- 38 (2000), Dikregsesko TNI Angkatan ke-39 (2012). Sedangkan tanda jasa yang telah diraihnya selama mengabdi di TNI AL antara lain Satya Lencana (SL) Kesetiaan VIII, SL kesetiaan XVI, SL kesetiaan XXIV, SL Dwidya Sistha, SL Gom VII dan SL Dharma Nusa. Menurut Dankobangdikal, sertijab yang ditandai penyerahan tongkat komando dan bendera pataka, merupakan rangkaian tour of duty dan tour of area di lingkungan TNI AL. Regenerasi kepemimpinan dan pergantian pejabat dalam suatu organisasi adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. ”Keberhasialan organisasi bisa diukur dari adanya peningkatan sumber daya manusia yang profesional, hal ini tidak lepas dari pejabatnya sebagai Decision Maker yang memegang peran sentral dalam organisasi yang dibinanya,” terang pati bintang dua di pundak itu. Kodikmar lanjutnya merupakan unsur pelaksana dan pembinaan Kobangdikal yang menyelenggarakan pendidikan lanjutan Perwira Marinir, Infanteri, Artileri, Kavaleri dan Bantuan tempur Marinir bertugas mengkaji dan mengembangkan doktrin operasi Amfibi tingkat taktik maupun operasi pertahanan pantai. Sementara itu untuk penyerahan jabatan Komandan Puslatlekdalsen kepada Komandan kobangdikal, merupakan hal yang biasa dilingkungan organisasi TNI AL, hal ini di karenakan pejabat pengganti belum ada sedangkan pejabat lama harus berangkat dan melaksanakan tugas di tempat yang baru. “Walaupun pejabat baru belum ada saya instruksikan kepada seluruh Staf Puslatlekdalsen Kobangdikal agar tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas sehari hari sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga Puslatlekdalsen yang merupakan tempat berbagai simulator untuk Pelatihan siswa Kobangdikal tetap berjalan dengan semestinya,” pintanya. (Pen Kobangdikal)
 -----------------
SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN LANTAMAL II
Februari 2013-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E. memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang dari Laksamana Pertama TNI Pranyoto, S.Pi, kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) Soedarmien Soedar di Lapangan Apel Mako Lantamal II Teluk Bayur Padang. Brigjen TNI (Mar) Soedarmien Soedar adalah Alumni AAL-29 tahun 1984, Sebelumnya menjabat Sahli Kasal Bidang Sumba Hanneg Mabesal, sedangkan pejabat lama Laksamana Pertama TNI Pranyoto S.Pi, akan menduduki jabatan baru sebagai Staf Khusus Kasal. Dalam amanatnya Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E. mengatakan bahwa, serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk terus bergerak maju agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik. Dengan adanya serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan organisasi TNI AL khususnya Lantamal II Padang, sehingga akan muncul penyegaran ide–ide dan pemikiran kreatif serta inovatif, sehingga kinerja Lantamal II ke depan akan semakin meningkat. Lantamal II merupakan Komando pelaksana dukungan operasional Koarmabar yang bertugas menyelenggarakan fungsi dukungan logistik dan administrasi, baik satuan-satuan operasional TNI  AL yang melaksanakan tugas operasi serta pemberdayaan wilayah pertahanan melalui pembinaan potensi maritim di wilayah Lantamal II. Wilayah kerja Lantamal II Padang membentang di Samudera Hindia yakni di sepanjang perairan Pantai Barat Sumatera, mulai Provinsi Sumatera Utara sampai dengan Provinsi Bengkulu, dengan sedemikian luasnya wilayah kerja Lantamal II ini mengandung kompleksitas persoalan yang tidak ringan, diantaranya adalah terdapat jalur lempengan bumi yang aktif, sehingga rawan terhadap bencana gempa yang dapat menimbulkan tsunami serta terjadinya penangkapan ikan menggunakan bahan peledak, imigran gelap dan illegal surfing di Kepulauan Mentawai dan kecelakaan kapal di perairan Bengkulu, persoalan tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab untuk memberikan rasa aman di perairan Barat Sumatera dan perlu di bangun budaya kerja cerdas oleh segenap jajaran Lantamal II. Secara obyektif harus kita akui bahwa Lantamal II dari waktu ke waktu telah mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal sesuai dengan perkembangan situasi yang berubah serba cepat, berbagai kendala seperti keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini, bukan merupakan hambatan bagi Lantamal II untuk memenuhi komitmenya dalam menuntaskan setiap persoalan yang terjadi di wilayah kerjanya selama ini, untuk itu kita semua dapat melihat bahwa keberhasilan yang telah dicapai oleh jajaran Lantamal II tersebut, tidak terlepas dari hasil pembinaan para pejabat Komandan Lantamal II sebelumnya. Untuk itu atas nama Komando, saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Laksamana Pertama TNI Pranyoto, S.Pi, atas pengabdiannya selama ini serta kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) Soedarmien Soedar, saya ucapkan selamat atas kepercayaan pemimpin TNI AL Turut hadir dalam upacara tersebut, Danguspurla Armabar, Danguskamla Armabar, Para Danlantamal jajaran Koarmabar, Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wirabraja, Danlanud Padang, unsur Muspida Provinsi Sumbar, Walikota Padang, Para Pejabat TNI dan Polri, Unsur Maritim Sumbar, para tamu undangan serta seluruh personil Lantamal II Padang.  (Dispen Lantamal II)
 ------------------
DANLANTAMAL V TERIMA DUA JABATAN
Surabaya, 13 Februari 2013-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) V memimpin dan sekaligus menerima dua Jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar serta Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kafasharkan) Surabaya yang dilaksanakan di Serambi Mako Lantamal V Surabaya, Rabu (13/2/2013). Penyerahan jabatan Danlanal Denpasar dan Kafasharkan tersebut adalah dalam rangka untuk mengikuti Pendidikan dan Satgas Yekda di Galatz Rumania. Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya, S.Sos., setelah menyerahkan jabatannya akan mengikuti Pendidikan Dikreg-40 Sesko TNI TA 2013 di Jakarta sedangkan Kolonel Laut (T) I Wayan Maradana, S.T., mendapatkan kepercayaan pemimpin TNI AL sebagai Perwira Pengawas Mesin dalam Satgas Proyek Pengadaan Kapal (Yekda). Menurut Danlantamal V penyerahan jabatan di Lingkungan Organisasi TNI AL adalah merupakan proses alami dari penjabaran sebuah kebijakan pemimpin TNI AL agar organisasi tetap berjalan dalam menjawab tantangan tugas kedepan sehingga kualitas kinerja yang telah dihasilkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Lebih lanjut menurutnya bahwa kedudukan Lanal Denpasar adalah sebagai ujung tombak pelaksanaan fungsi pertahanan matra laut, memikul beban dan tanggung jawab yang tidak ringan yakni untuk menangani permasalahan-permasalahan aspek maritim yang beraneka ragam seperti Illegal Fishing, Illegal Logging, Penyelundupan BBM, Senjata Api, Satwa yang Dilindungi, Penggunaan Bahan Peledak yang dapat merusak Terumbu Karang hingga sektor wisata laut di wilayah ini. Demikian pula kedudukan Fasharkan Surabaya yang selalu berkaitan dengan sistem dan metode. Dalam proses pemeliharaan dan perbaikan yang didukung oleh sumber daya manusia yang profesional, diharapkan senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya kepada unsur-unsur KRI. Seiring hal tersebut di atas, pemimpin TNI AL juga senantiasa selalu memperhatikan proses pembinaan sumber daya manusia secara khusus yaitu menyiapkan paran Perwira yang handal dan berkualitas melalui jenjang pendidikan serta kepercayaan Pemimpin TNI AL menunjuk perwira-perwira terbaiknya dalam rangka satgas pengadaan Alutsista TNI AL di Galatz Rumania, ujarnya. Hadir dalam acara penyerahan jabatan tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatker dan Para Pamen di Jajaran Lantamal V. Usai serah terima jabatan dilanjutkan acara ramah tamah di long room perwira dan sekaligus pemberian cinderamata oleh Danlantamal V beserta Ny. Sumadi kepada Danlanal Denpasar beserta Ny. Dan juga kepada Kafasharkan beserta Ny. (Dispen Lantamal V)
 ---------------------
JABATAN INSPEKTORAT KOBANGDIKAL DISERAHKAN
12  Februari 2013-
Setelah menjabat selama tiga belas bulan tepatnya sejak 12 Januari 2012, Kolonel Laut (P) Rudito Hadi Purwanto secara resmi menyerahkan jabatan Inspektur Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Irkobangdikal) kepada Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Selasa (12/2/2013). Penyerahan jabatan yang dilaksanakan secara sederhana di gedung Martadinata, Kesatrian Bimimoro, Kobangdikal tersebut, dihadiri Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Sturman Panjaitan, Dankodikopsla Laksma TNI Aswad, S.E., M.M., Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Kolonel Laut (P) Rudwin Thalib, Direktur Personil (Dirpers) Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal dan pejabat teras Kobangdikal lainnya. Pamen melati tiga kelahiran Wonosobo 29 September 1959 yang juga pecinta Motor Gede (Moge –Red) ini, selanjutnya akan menempati jabatan promosi bintang satu sebagai Sahli Kasal bidang Sumber Daya Pertahanan Negara (Sumda Hamneg) Mabesal Jakarta. Selepas Pamen alumni AAL angkatan ke-28 ini, melepaskan jabatan Irkobangdikal, untuk sementara jabatan tersebut kosong dan diserahkan kepada Komandan Kobangdikal sambil menunggu penggantinya. Menurut Dankobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, penyerahan jabatan merupakan hal yang biasa dilingkungan organisasi TNI AL, hal ini di karenakan pejabat pengganti belum ada sedangkan pejabat lama harus berangkat dan menempati jabatan ditempat yang baru.  “Walaupun pejabat baru belum ada saya instruksikan kepada seluruh Staf Inspektorat Kobangdikal agar tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas sehari hari sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga pengawasan internal Kobangdikal tetap berjalan lancar,” pintanya.Inspektorat Kobangdikal lanjutnya merupakan jabatan strategis yang bertugas membantu Dankobangdikal dalam melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan bidang operasional pendidikan, latihan dan pembinaan umum secara terpadu, berhasil dan berdaya guna serta tertib secara hukum dan administrasi .“Dengan pengawasan terus menerus secara berkesinambungan, saya berharap akan tercapai efisien dan efektiftas keberhasilan program kerja kedepan Kobangdikal, berdasarkan kebijakan Perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (Pen Kobangdikal)
 ------------------- 
ACARA PERPISAHAN KOMANDAN LANAL DENPASAR
Denpasar, 11  Februari 2013-
Bertempat di Gedung Serbaguna IGP. Dwinda Pangkalan TNI AL Denpasar, Senin (11/2/2013) lalu dilangsungkan acara perpisahan Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya, S.Sos. beserta Ibu, yang sebelumnya pada pagi hari pukul 10.00 Wita di hari yang sama Ibu ketua cabang 10 Korcab V Jalasenastri mengadakan acara yang sama.
Acara ini dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lanal Denpasar beserta keluarganya yang diisi dengan kesan dan pesan dari Komandan Lanal Denpasar serta perwakilan Anggota selama melaksanakan tugas di Lanal Dernpasar kurang lebih 3 tahun ini. Dalam kesempatan ini pula Komandan Lanal Denpasar memberikan tali asih kepada Putra dan Putri anggota Lanal yang berprestasi di bidang akademik (6 orang) serta bidang olah raga (8 orang). Di akhir acara seluruh personel Lanal Denpasar beserta keluarga membentuk jajar kehormatan untuk melepas Komandan Lanal yang nantinya akan melaksanakan tugas belajar di Sesko TNI.  (Pen Lanal Denpasar)
 -----------------
PEMBACAAN MEMORANDUM SERTIJAB DANLANTAMAL II
Padang, 12 Februari 2013-
Dalam rangkaian kegiatan Sertijab Danlantamal II dilaksanakan acara Pembacaan Memorandum Serah Terima Jabatan Danlantamal II, di Ruang Rapat Mako Lantamal II Jl. Bukit Peti-Peti Teluk Bayur, Padang, Selasa (12/2/2013). 
Dalam acara memorandum tersebut Komandan Lantamal II Laksma TNI Pranyoto, S.Pi., menyampaikan paparan tentang kondisi Lantamal II baik dari segi intelijen, operasional, personel serta logistik dan anggaran kepada calon Komandan Lantamal II Brigjen TNI (Mar) Soedarmien Soedar. Selanjutnya Komandan Lantamal II beserta Brigjen TNI Marinir Soedarmien Soedar didampingi para pejabat staf Lantamal II, Komandan Lanal Bengkulu, Komandan Lanal Sibolga melakukan peninjauan ke markas Yonmarhanlan II, Posal Bungus, dan Satkamla Lantamal II. Pada acara tersebut, turut hadir Wadan Lantamal II, para Asisten Danlantamal II serta para Komandan Lanal jajaran Lantamal II. Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula pembacaan Memorandum Sertijab Ketua Korcab II Daerah Jalasenastri Armada Barat di Kantor Korcab II Jalasenastri, (Dispen Lantamal II)
 --------------------
GERBONG MUTASI TIGA PEJABAT KOARMATIM KEMBALI BERGULIR
Surabaya, 12 Februari 2013-
Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan proses wajar dan alamiah sebagai upaya pembinaan personel dalam rangka peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, kata Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. dalam sambutannya saat memimpin acara serah terima jabatan dua Asisten Pangarmatim dan satu Kepala Dinas di lingkungan Koarmatim di Gedung Candrasa, Mako Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (12/2/2013). Kedua Asisten Pangarmatim yang berganti tersebut adalah Asisten Personel Pangarmatim yang diserah terimakan dari pejabat lama Kolonel Laut (P) Eko Murwanto, S.Sos kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Umar Arief. Kolonel Laut (P) Eko Murwanto meninggalkan jabatannya untuk melaksanakan pendidikan di Sesko TNI sedangkan Kolonel Laut (P) Umar Arief sebelumnya menjabat Kadisminpers Koarmatim. Selanjutnya jabatan Asisten Logistik Pangarmatim diserah terimakan dari Kolonel Laut (T) Edi Suhardono, S.E., kepada Kolonel Laut (T) Ir. Azis Ikhsan Bactiar. Kolonel Laut (T) Edi Suhardono, S.E., selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Kadopusbektim Surabaya, sedangkan Kolonel Laut (T) Ir. Azis Ikhsan Bactiar selesai melaksanakan pendidikan Dikreg Sesko TNI Angkatan XXXIX. Sedangkan jabatan Kepala Dinas di lingkungan Koarmatim yang diserah terimakan adalah jabatan Kepala Dinas Pemeliharaan Kapal Koarmatim dari Kolonel Laut (T) Sri Widodo, S.T., yang akan melaksanakan pendidikan Dikreg Sesko TNI Angkatan XL kepada penggantinya Kolonel Laut (T) A. Hari Supriyanto, S.E., yang sebelumnya menjabat sebagai Sahli Pang “D” Jemen Koarmabar. Pangarmatim juga menambahkan bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang penting guna memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika perkembangan lingkungan dan tantangan tugas di masa mendatang. “Dengan serah terima jabatan,  diharapkan dapat membawa semangat baru dan penyegaran ide-ide pemikiran, sehingga menghasilkan keluaran kinerja yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu”, tegas Pangarmatim. Dalam acara Sertijab ini dihadiri Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H., M.A.P, para Asisten Pangarmatim dan Kasatker jajaran Koarmatim. (Dispenarmatim)
 --------------------
SERAH TERIMA JABATAN ASOPS DANLANTAMAL I
12 Februari 2013-
Jabatan Asisten Operasi (Asops) Danlantamal I yang dijabat Kolonel Laut (P) Rahmad Wahyudi, Selasa (12/2/2013) diserahterimakan kepada Komandan Lantamal I dikarenakan Perwira Menengah berpangkat melati tiga ini akan melanjutkan sekolah Sesko TNI di Bandung. Untuk sementara jabatan Asisten Operasi Komandan Lantamal I kosong (12/02).Bertempat di ruang rapat Mako Lantamal I. Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, S.E. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan upacara dalam sertijab tersebut Aspers Danlantamal I Kolonel Laut (E) Edi Suhara.Komandan Lantamal I dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Rahmad Wahyudi atas segala bakti dan sumbangan pikiran yang telah diberikan kepada Lantamal I selama menjabat sebagai Asops Danlantamal I dan semoga sukses dalam melanjutkan pendidikannya. Hadir dalam Upacara serah terima jabatan Asops Danlantamal I Belawan para Asisten dan Kasatker di jajaran Lantamal I. (Dispen Lantamal I)