SERTIJAB 11-21 MARET 2013


3 JABATAN STRATEGIS LANTAMAL III DISERAHTERIMAKAN
Jakarta, 21 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin AS memimpin upacara serahterima 3 (tiga) jabatan strategis di lingkungan Lantamal III, Kamis (21/3/2013) bertempat di gedung serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal III, Gunung Sahari, Jakarta, yang dihadiri Wadan Lantamal III Kolonel Laut (P) Muchammad Richad, para Asisten
Danlantamal III dan kadis Jajaran Lantamal III.
Tiga jabatan yang diserahterimakan yaitu, Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Danlantamal III dari Kolonel Laut (P) Dery T Suhendi kepada Letkol Laut (P) R. Firman Noegraha W., dan penyerahan jabatan Aspers Danlantamal III dan Kafasharkan Jakarta dari Danlantamal III kepada Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Warman untuk jabatan Aspers dan Kolonel Laut (T) Suhariyanto, S.E. untuk jabatan Kafasharkan Jakarta. Menurut Danlantamal III, jabatan Asrena Danlantamal III, Aspers Danlantamal dan Kafasharkan Jakarta merupakan jabatan yang strategis, karena merupakan unsur pembantu utama dan satuan pelaksana komandan Lantamal III yang masing-masing mempunyai tugas pokok membantu Danlantamal III dalam merumuskan dan mengembangkan kebijaksanaan Danlantamal III di bidang perencanaan dan anggaran, pembinanan personel serta pelaksana pemeliharaan dan perbaikan kapal-kapal TNI AL tingkat menengah dan darurat di Jakarta. Untuk itu para pejabatnya dituntut untuk memiliki kemampuan tanggap terhadap perkembangan lingkungan startegis, ancaman dan tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang.  Lebih lanjut Menurut Danlantamal III, bahwa acara serah terima jabatan dan penyerahan jabatan yang dilaksanakan ini pada dasarnya merupakan proses kesinambungan kepemimpinan dan merupakan bagian penting dari pembinaan personel pengawak organisasi dalam rangka mendinamiskan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan. (Dispen Lantamal III)
----------------
KADISPSIAL KUKUHKAN JABATAN KASUBDISPSIPERS DAN KASUBDISPSITERA
Sidoarjo, 21 Maret 2013-
Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) Laksamana Pertama TNI F.X. Agus Susilo, S.E., M.M., Kamis (21/3/2013) di ruang lobi bawah Gedung Dinas Psikologi Jl. Raya Juanda Km 1 Sidoarjo mengukuhkan jabatan Kasubdispsipers dan Kasubdispsitera.
Jabatan Kasubdispsipres saat ini resmi dijabat oleh Letkol laut (KH) Drs. Tribudi Marwanto, Psi. yang sebelumnya menjabat sebagai Pjs Kasubdispsitek dan Kasubdispsitera saat ini resmi dijabat oleh Letkol laut (KH/W) Dra. Wiwin Dwi Handayani, M.Si, Psi. yang sebelumnya menjabat sebagai Pjs Kasubdis Psipers, Kadispsial dalam sambutannya menyampaikan, pengukuhan jabatan Kasubdispsipers dan Kasubdispsitera di jajaran Dispsial merupakan perwujudan dari penyegaran dan regenerasi dalam suatu organisasi TNI AL, selain itu pengukuhan jabatan di jajaran Dispsial menggambarkan adanya kedinamisan dalam pembinaan personil dilingkungan Dispsial, dengan demikian pengukuhan jabatan ini akan memberikan kesempatan bagi perwira yang bersangkutan dalam mengembangkan pola kepemimpinan guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir selanjutnya. Hal lain tidak kalah pentingnya adalah Kasubdis yang baru harus tetap memberikan motivasi kepada anak buah agar jangan sampai lupa bahwa dirinya adalah seorang anggota TNI AL yang sangat dibanggakan dan menjadi panutan, untuk itu tetaplah memacu prestasi dan semangat mereka dalam mengemban tugas yang menjadi tanggung jawabnya, serta menekankan penerapan trisila TNI AL sebagai nafas dan jiwa kehidupan prajurit TNI AL dalam mewujudkan profesionalisme. (Dispenal Mabesal )
---------------------
SERAH TERIMA DAN PENGUKUHAN JABATAN DI JAJARAN SESKOAL
Jakarta, 20 Maret 2013-
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda (Laksda) TNI D.A. Mamahit, M.Sc., bertindak selaku Irup pada acara serah terima dan pengukuhan jabatan di jajaran Seskoal. Serah terima jabatan yang dilaksanakan antara lain Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal dari Kolonel Laut (P) Didin Z.A., S.Sos., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.PI.
Jabatan lain yang diserahterimakan yakni Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal dari Kolonel Laut (P) Eko Yuri Andriantoro kepada Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, serta pengukuhan jabatan dari Komandan Seskoal kepada Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Seskoal Kolonel Marinir Wurjanto, Kepala Pusat Olah Yudha (Kapusoyu) Seskoal Kolonel Laut (P) Bambang Pramushinto dan Kepala Operasi Pengajaran (Kaopsjar) Seskoal Kolonel Laut (P) Maghoni.
Acara serah terima jabatan dilaksanakan di Auditorium Jos Sudarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2013). Hadir dalam acara serah terima jabatan antara lain Wadan Seskoal Laksma TNI Y. Achmad Hadirat, M.Si. (Han)., Kasetlem Seskoal Kolonel Marinir Ivan AR Titus, S.H., perwira staf, dosen dan PNS Seskoal. (Pen Seskoal)
----------------------
TIGA JABATAN STRATEGIS LANTAMAL V DISERAHTERIMAKAN 
Surabaya, 20 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Sumadi, S. Sos., memimpin upacara serah terima jabatan Asintel Danlantamal V, Kadiskes Lantamal V dan penetapan Kafasharkan Surabaya melalui upacara Militer yang diselenggarakan di Serambi Mako Lantamal V Surabaya, Rabu (20/3/2013). Menurut orang nomor satu di Lantamal V bahwa Serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan simbol serimonial yang menandakan pelimpahan tugas, tanggungjawab dan wewenang jabatan juga sebagai bagian proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel, selain itu memiliki makna hakiki terciptanya kaderisasi personel guna mendapatkan penyegaran semangat dan pemikiran baru sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan produktif. Lebih lanjut menurut Danlantamal V, Asintel Danlantamal V adalah merupakan Staf pembantu dibawah Danlantamal V mempunyai tugas membantu merumuskan dan mengembangkan kebijakan dibidang intelijen maritim meliputi penyelidikan, pengamanan dan penggalan dalam bidang personel, materiil, bahkan keterangan atau dokumen maupun kegiatan mengolah dan memproduksi data intelijen maritim untuk mendukung operasi laut, serta melaksanakan pengamanan persandian komsuspam di lingkungan Lantamal V. demikian juga kadiskes adalah eselon staf yang berkedudukan langsung dibawah Danlantamal V, bertugas membantu merumuskan dan mengembangkan kebijakan Danlantamal V dibidang dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang efektif, penentuan sarana dan prasarana berdasarkan ketentuan system pembinaan kesehatan kepada seluruh anggota beserta keluarganya. Demikian juga Kafasharkan Surabaya adalah kepala pelaksana teknis yang berkedudukan langsung dibawah Danlantamal V, bertugas menyelenggarakan kedudukan pemeliharaan dan perbaikan kepada unsur-unsur KRI koarmatim dan unsur-unsur KRI lainnya, menyiapkan alat apung serta alat pendukung KRI yang ada di Lantamal V, juga termasuk membina potensi jasa maritime dengan memanfaatkan sarana dan prasarana jasa maritim yang tersedia disekitar Fasharkan Surabaya, ujarnya. Jabatan Asintel Danlantamal V diserahterimakan dari Kolonel Kolonel Laut (E) Gatot Suprapto kepada Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, jabatan Kadiskes Lantamal V dari Kolonel Laut (K) Mariyono, B. Sc. kepada Kolonel Laut (K) Junaidi Nursiwan, SMPH dan pengukuhan jabatan Kafasharkan Surabaya kepada Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T.  (Dispen Lantamal V)
----------------------
DANSATLINLAMIL SURABAYA PIMPIN PENYERAHAN JABATAN KOMANDAN KRI TELUK BONE-511 
Surabaya, 19 Maret 2013-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya, Kolonel Laut (P) Oc. Budi Susanto memimpin penyerahan jabatan Komandan KRI Teluk Bone-511 dari Letkol Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M. kepada Dansatlinlamil Surabaya dalam suatu upacara militer yang diikuti prajurit dan PNS jajaran Satlinlamil Surabaya di Geladak KRI TBO-511 yang sedang sandar di Dermaga Ujung Surabaya, Selasa (19/3/2013).
Dansatlinlamil Surabaya dalam amanatnya mengatakan pergantian pejabat dan pengalihan penugasan dalam suatu organisasi khususnya organisasi militer merupakan suatu hal yang rutin terjadi dan selalu akan terjadi. Demikian pula halnya dengan kehidupan organisasi TNI AL, pergantian pejabat merupakan hal yang wajar rasional, hal ini dikarenakan tuntutan tugas, dinamika serta perkembangan organisasi menyesuaikan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. Di lain pihak suatu organisasi dalam mencapai tujuannya yang telah ditetapkan harus secara berkesinambungan didinamisasikan. Oleh karena itu ke dalam kehidupannya perlu diisi dengan personel baru yang akan melanjutkan dan meningkatkan olah gerak kehidupan organisasi tersebut, sehingga organisasi dapat terus maju dan meningkat ke arah pencapaian tugas pokok Kolinlamil. Pada kesempatan tersebut, Dansatlinlamil Surabaya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Letkol Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M. yang telah memimpin dan mendinamisasikan KRI Teluk Bone-511 sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas operasi, baik untuk kepentingan pertahanan keamanan maupun kepentingan sosial dalam rangka menunjang pembangunan nasional. Selanjutnya Dansatlinlamil mengucapkan selamat kepada Letkol Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M. yang akan melaksanakan tugas baru sebagai Asisten Personel Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Aspers Danlantamal) II Padang, dan berharap berbekal pengalaman dan pengetahuan yang telah didapat selama ini dapat menunjang dan mendukung tugas-tugas selanjutnya. Secara khusus kepada seluruh perwira, bintara, serta tamtama KRI Teluk Bone- 511, ia memerintahkan untuk bekerja lebih giat dan memberikan dukungan optimal kepada komandan yang baru nantinya, agar tugas memimpin KRI Teluk Bone-511 dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan pemimpin. (Dispen Kolinlamil)
-----------------
JABATAN ASRENA DANLANTAMAL II PADANG DISERAHTERIMAKAN 
Padang, Maret 2013-
Danlantamal II Brigjen TNI Marinir Soedarmien Soedar bertindak selaku Irup dalam rangka upacara serah terima jabatan Asrena Danlantamal II dari pejabat lama Kolonel Laut (S) Didik Priyadi, S.E. kepada pejabat baru Letkol Laut (S) Endang Mulyana yang dilksanakan di Lobi Gedung Mako Lantamal II Bukit Peti-Peti Teluk Bayur Padang.
Dalam upacara Sertijab tersebut, Brigjen TNI Marinir Soedarmien Soedar menyampaikan amanatnya bahwa serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi dan merupakan suatu proses yang wajar serta harus dilaksanakan dengan tujuan untuk penyegaran organisasi dan kesinambungan kepemimpinan, melalui penyegaran diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang dapat merangsang tumbuh kembangnya kreativitas dan inovasi serta upaya yang lebih baik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan, terutama bagi personel yang bersangkutan.Seperti kita ketahui bahwa seorang pejabat Asrena Komandan Lantamal II adalah unsur staf pimpinan yang kedudukannya langsung dibawah Komandan Lantamal II bertugas membantu Komandan Lantamal II dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan strategis Komandan Lantamal II dalam bidang perencanaan program kegiatan dan penganggaran serta pembinaan sistem metode, dalam pelaksanaan tugasnya bertanggung jawab kepada Komandan Lantamal II, sedangkan dalam pelaksanaan tugas rutin sehari-hari dibawah koordinasi Wadan Lantamal II. Lebih lanjut pada kesempatan yang baik ini atas nama pribadi dan Pimpinan Lantamal II saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (S) Didik Priyadi, S.E. atas segala pengabdian selama menjabat sebagai Asrena Komandan Lantamal II dengan baik dan sukses, dengan menduduki jabatan yang baru sebagai Kasubdis BMN Disbekal Mabesal harapan saya dapat semakin mendorong semangat dan tekad dalam pengabdiannya di TNI AL, Bangsa dan Negara. begitu juga ucapan saya yang sama agar disampaikan kepada istri dan keluarga, terimakasih atas dukungan moril, pengorbanan dan kesabarannya selama masa penugasan suami di Mako Lantamal II ini, pada kesempatan ini pula saya mengucapkan selamat jalan, selamat bertugas di tempat baru, semoga sukses selanjutnya kepada Letkol Laut (S)  Endang Mulyana saya ucapkan selamat datang di Mako Lantamal II dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI AL kepada saudara untuk mengemban tugas yang baru sebagai Asrena Komandan Lantamal II, saya percaya dengan berbekal pengalaman penugasan sebelumnya, saudara akan dapat mengemban tugas dengan baik. (Dispen Lantamal II)
------------------
PENYERAHAN JABATAN ASOPS DANLANTAMAL XI DAN SERAH TERIMA JABATAN ASLOG DANLANTAMAL XI
Merauke, 19 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI  Brigjen TNI (Mar) Heri Setiadi, Selasa tanggal 19 Maret 2013, bertempat di lobi Mako Lantamal XI, Jalan Nowari Merauke memimpin Acara Penyerahan jabatan Asops Danlantamal XI dan Serah terima jabatan Aslog Danlantamal XI. Penyerahan jabatan Asops Danlantamal XI diserahkan kepada Letkol Laut (P) Purwadi, dan serah terima jabatan Aslog Danlantamal XI dari Kolonel Laut (T) Iwan Indrawan kepada Letkol Laut (T) Jusep Wildan. Asops Danlantamal XI yang baru Letkol Laut (P) Purwadi sebelumnya menjabat sebagai Danlanal Morotai Lantamal IX dan Aslog Danlantamal XI yang baru Letkol Laut (T) Jusep Wildan Sebelumnya menjabat sebagai Kadisharkan Lantamal IX. Sementara itu Kolonel Laut (T) Iwan Indrawan selanjutnya akan bertugas sebagai Kadisharkap Kolinlamil. Dalam amanatnya Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI Merauke mengatakan penyerahan jabatan dan serah terima jabatan ini merupakan wujud kepercayaan dari pemimpin TNI AL, yang diberikan kepada para pejabat yang bersangkutan dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreatifitas dan kemampuan konseptual yang menyeluruh dalam rangka pembinaan personel guna membangun TNI AL yang lebih baik. Turut hadir dalam penyerahan jabatan Asops Danlantamal XI dan Serah terima jabatan Alog Danlantamal XI para Asisten Danlantamal XI, seluruh Kasatker dan Perwira Lantamal XI Merauke. (Dispen Lantamal XI)
---------------------
KOMANDAN LANTAMAL IV PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN LANAL BATAM SERTA KOMANDAN LANAL RANAI
Batam, 19 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Komandan Lantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Agus Heryana memimpin serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Komandan Lanal) Batam dari Kolonel Laut (P) Nurhidayat, S.H kepada Kolonel Laut (P) Deni Hendrata, S.E, serta Komandan Lanal Ranai dari Kolonel Laut (P) Suhartono kepada Kolonel Laut (P) Agoeng Moh Kancana S., pada suatu upacara bertempat di Markas Komando Lanal Batam, Kepulauan Riau. Selasa (19/3/2013). Komandan Lantamal IV dalam amanatnya mengatakan; pergantian Komandan Lanal Batam dan Lanal Ranai pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi, dalam rangka mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI Aangkatan Laut. Hal ini tentunya dimaksudkan agar senantiasa responsif, antisipatif serta adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi, mengingat wilayah kerja Lanal Batam dan Ranai dekat dengan perbatasan. Dari pelaksanaan serah terima jabatan ini, diharapkan akan terwujud penyegaran organisasi dan kesinambungan kepemimpinan. Lebih lanjut Komandan Lantamal IV mengatakan;  Lanal Batam dan Lanal Ranai selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah Lantamal IV, mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI AL baik KRI, pesawat udara dan personel TNI AL, melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya serta melaksanakan tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Pangarmabar dan Kepala Staf TNI AL. Disisi lain, wilayah operasional Lanal Batam Dan Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, mengingat  di wilayah kerja kedua Lanal ini terdapat jalur pelayaran internasional yaitu Selat Malaka,  Selat Singapura Serta ALKI satu disekitar perairan Natuna yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Singapura dan Vietnam. Diakhir amanatnya Komandan Lantamal IV mengatakan; Lanal Batam dan Lanal Ranai selaku satuan pelaksana dukungan operasi diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan  tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya, karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan dan keharusan serta merupakan bentuk pertanggung jawaban  bagi pemegang komando yang mengindikasikan seberapa besar kapabilitas dan eksistensi kinerja Lanal Batam dan Lanal Ranai sebagai salah satu pengemban dan pelaksana tugas pertahanan negara di laut. Turut hadir pada acara tersebut, Kepala BIN Daerah Kepri Laksma TNI Winarto, S.E., Danguskamlaarmabar Laksma TNI Arusukmono Indra Sucahyo, para Asisten Danlantamal IV, para Komandan Lanal jajaran Lantamal IV, Walikota Batam, Ketua DPRD Batam, para pejabat FKPD kota Batam, Kepala  BP Kawasan Batam,  para tokoh masyarakat serta undangan lainnya.  (Dispen Lantamal IV)
-------------
TIGA JABATAN KOMANDAN KRI JAJARAN SATKOR KOARMATIM DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, 18 Maret 2013-
Tiga jabatan Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) dijajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim diserahterimakan. Serahterima jabatan ke tiga komandan kapal tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satkor Koarmatim Kolonel Laut (P) Syufenri, M. Si yang berlangsung di atas Geladak KRI Yos Sudarso-353 Ujung Surabaya, Senin (18/3). Ke tiga jabatan komandan kapal yang diserahterimkan tersebut, yaitu jabatan Komandan KRI Slamet Riyadi352 dari Kolonel Laut (P) Retiono Kunto diserahterimakan kepada Letkol Laut (P) Phundi Rusbandi. Jabatan Komandan KRI Ahmad Yani-351 diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo kepada Letkol Laut (P) Yayan Sofiyan ST. Sedangkan jabatan Komandan KRI Yos Sudarso-353 diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono kepada Letkol Laut (P) Didong Rio Duta Purwo. Dalam sambutan Komandan Satkor Koarmatim mengatakan, kesinambungan pembinaan berarti terjaga  dan meningkatnya pengawak KRI dan satuannya. Kapabilitas, profesionalitas, dedikasi, loyalitas, tekad dan semangat pengabdian para komandan KRI harus di sinergikan dengan seluruh prajurit pengawak KRI untuk menjadikan KRI mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi asasinya. “Laksanakan pembinaan secara terencana, bertingkat, berlanjut dan terpadu antar departemen serta dipersiapkan secara cermat, baik personel, material, metode maupun sarana prasarananya, sehingga hasil yang dicapai akan membuahkan kehandalan laut yang mantap,”kata Komandan Satkor Koarmatim.   (Dispenarmatim)
-------------------
PENGUKUHAN JABATAN ASOPS DANLANTAMAL IX AMBON
Ambon, 18 Maret 2013-
Bertempat di Gedung Manggala Loka Lantamal IX Ambon. Senin (18/03/2013) telah dilaksanakan upacara Pengukuhan Jabatan Asops (Asisten Operasi) Danlantamal IX Ambon dari Komandan Lantamal IX kepada Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo. Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Asep Burhanudin dengan dihadiri Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Para Asisten Danlantamal IX, Kadis/Kasatker Lantamal IX serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX. Kolonel Laut (P) Herman Prastyo merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke – 32 tahun 1987. Sebelum menjabat sebagai Asops Danlantamal IX, Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo menjabat sebagai Dansatban Armatim Surabaya. Jabatan Asops Danlantamal IX sebelumnya diserahkan kepada Komandan Lantamal IX tanggal 21 Februari 2013 selanjutnya diserahkan kepada Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo yang telah diberi kepercayaan oleh pimpinan TNI Angkatan Laut untuk menjadi Asops Danlantamal IX Ambon. Dalam amanatnya, Komandan Lantamal IX menyampaikan bahwa melalui penyerahan jabatan Asops Danlantamal IX diharapkan Lantamal IX dapat menampilkan kinerja yang jauh lebih baik dan membanggakan. Hal tersebut dapat tercapai dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Upacara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan perkenalan Asops Danlantamal IX yang baru Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo, sebagai tanda dimulainya tugas dan tanggung jawab di Mako Lantamal IX Ambon.  (Dispen Lantamal IX)
----------------
KOLONEL LAUT (P) ERMAN SYAFRIL JABAT WADAN LANTAMAL IV
Tanjungpinang, 18 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Komandan Lantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Agus Heryana selaku Inspektur Upacara (Irup) serah terima jabatan Wakil Komandan Lantamal IV dari Kolonel Marinir Rudy Andi Hamzah kepada Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M., pada suatu upacara bertempat di Markas Komando Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No. 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (18/3/2013).Kolonel Marinir Rudy Andi Hamzah mendapat amanah jabatan baru sebagai Komandan Detasemen Markas Mabesal, sedangkan Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M. sebelumnya menjabat sebagai Paban VI Sops Kasal Mabesal Jakarta. Komandan Lantamal IV dalam sambutannya mengatakan, pada hakekatnya serah terima jabatan di jajaran Angkatan Laut merupakan suatu proses yang wajar dan alamiah, serta diarahkan pada dua hal pokok, yaitu untuk memenuhi salah satu bagian penting dari proses pembinaan personel, yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, serta untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan lebih proaktif dalam menyikapi fenomena yang berkembang dewasa ini. Oleh karena itu, dengan serah terima jabatan ini, diharapkan akan tumbuh semangat baru, ide-ide yang kreatif, inovatif serta antisipatif sehingga organisasi Angkatan Laut khususnya Lantamal IV  akan semakin berkualitas dan meningkat dari waktu ke waktu. Sesuai dengan organisasi dan prosedur Lantamal IV, jabatan Wakil Komandan Lantamal IV adalah pembantu dan pelaksana utama Komandan Lantamal IVdalam penyelenggaraan seluruh kegiatan Lantamal IV, selaku komando pelaksana dukungan Koarmabar. Wakil Komandan Lantamal IV mempunyai tugas dan kewajiban untuk mengkoordinir seluruh kegiatan staf dan satuan pelaksana di tingkat Mako Lantamal IV, dalam menyusun dan menyiapkan rencana program sebagai penjabaran tugas pokok Lantamal IV. Lebih Lanjut Komandan Lantamal IV mengatakan, Wakil Komandan Lantamal IV juga melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap terselenggaranya seluruh  kegiatan sesuai dengan program  yang telah direncanakan, sehingga tugas pokok  Lantamal IV dapat terlaksana dengan baik. Oleh karenanya, Wakil Komandan Lantamal IV dituntut untuk benar-benar memahami dan melaksanakan tugas dan kewajibannya tersebut dengan  sebaik-baiknya, terlebih lagi Lantamal IV memiliki posisi sangat strategis. Secara geografis wilayah kerja dan tugas Lantamal IV sebagian besar merupakan lautan yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, sehingga  rawan  terhadap  berbagai tindak pidana di laut  yang    perlu   mendapat   pengawasan  yang ketat, intensif dan konsisten. Di akhir sambutannya Komandan Lantamal IVmengatakan, pejabat Wakil Komandan Lantamal IV harus mampu menunjukkan semangat pengabdian yang tinggi dan memahami dengan benar tugas dan kewajibannya, serta memiliki daya kreatifitas, inovatif dan pengetahuan yang luas untuk dapat mengkoordinir, membina dan menggerakkan segenap potensi yang ada, baik personel, materiil serta potensi lainnya di Lantamal IV, agar senantiasa mampu menghadapi dan mengatasi setiap permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan kewajibannya.Turut hadir pada acara tersebut KS Guskamlabar, para Asisten Danlantamal IV, para Komandan Satuan TNI/Polri wilayah Tanjungpinang, para Kadis/Kasatker Lantamal IV, para Danlanal jajaran Lantamal IV, unsur SKPD Tanjungpinang dan Bintan, Ketua Korcab IV DJAB Ny. Agus Heryana beserta pengurus, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.  (Dispen Lantamal IV)
------------------
KOMANDAN LANTAMAL IV PIMPIN SERTIJAB ASINTEL, ASLOG SERTA PENGUKUHAN ASPERS DANLANTAMAL IV
Tanjungpinang, 18 Maret 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Komandan Lantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Heryana memimpin serahterima jabatan (Sertijab) Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal IV, Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal IV, serta pengukuhan Asisten Personel (Aspers) Danlantamal IV, bertempat di Markas Komando Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No. 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (18/3/2013). Asintel Danlantamal IV diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Putu Yuli Adnyana kepada Kolonel Laut (P) Antongan Simatupang, Aslog Danlantamal IV dari Kolonel Laut (T) Kris Wibowo kepada Kolonel Laut (T) Didik Hari Prasetyo, S.E.,serta Letkol Laut (E) Tarsisius Susilo, S.T. dikukuhkan sebagai Aspers Danlantamal IV. Komandan Lantamal IV dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan di dalam sebuah institusi khususnya di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu proses yang wajar dan harus dilaksanakan, bukan saja sebagai bagian penting dari pembinaan personel yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, namun lebih dari itu diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas di masa mendatang. Kita ketahui bersama bahwa, perkembangan lingkungan strategis di wilayah kerja Lantamal IV sangat dinamis, di mana kedepan tugas-tugas yang diemban Lantamal IVakan semakin berat dan kompleks. Untuk itu Lantamal IV harus mampu menjawab setiap perkembangan yang terjadi secara optimal. Untuk mewujudkan organisasi yang demikian, mutlak diperlukan pengawak organisasi yang berkualitas. Lebih lanjut Komandan Lantamal IV mengatakan, Asisten Intelijen, Logistik dan Personel merupakan unsur pembantu pemimpin/staf yang bertugas membantu Danlantamal IV dalam mengembangkan kebijakan dengan merumuskan, menyusun, menyiapkan, mengawasi, mengendalikan serta mengevaluasi rencana dan program kerja bidang masing-masing, guna menjamin pencapaian sasaran secara berhasil guna dan berdaya guna, serta mengajukan pertimbangan dan saran kepada Komandan Lantamal IV khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya. Turut hadir pada acara tersebut para Asisten Danlantamal IV, para Kadis/Kasatker Lantamal IV, serta perwira staf lainnya. (Dispen Lantamal IV).
-------------------
SERTIJAB KEPALA STAF GUSKAMLAARMATIM
Biak, Maret 2013-
Komandan Guskamlaarmatim Laksamana Pertama TNI Wuspo Lukito, S.E. memimpin serah terima jabatan Kepala Staf Guskamlaarmatim dari Kolonel Laut (P) Lilik Abu Siswanto kepada Kolonel Laut (P) Bambang Supriyadi di Aula Serba Guna Mako Guskamlaarmatim Biak yang dihadiri oleh pejabat Guskamlaarmatim dan Komandan Lanal Biak beserta perwira Staf. Dalam sambutannya Komandan Guskamlaarmatim mengatakan bahwa perpindahan dalam lingkungan TNI AL merupakan hal yang wajar dan merupakan rangkaian dari proses  pembinaan personel dalam rangka memantapkan manajemen organisasi agar lebih dinamis serta responsif dalam menjalankan fungsi dan tugas. Disamping itu perpindahan tugas  akan membawa semangat baru dan penyegaran serta munculnya ide-ide dan pemikiran yang kreatif dan inovatif di dalam organisasi. Lebih lanjut dikatakan Komandan Guskamlaarmatim bahwa keberhasilan dalam menjalankan organisasi di Guskamlaarmatim ini, tidak terlepas dari dukungan dan loyalitas seluruh warga Guskamlaarmatim, dimana Kepala Staf Guskamlaarmatim Kolonel Laut (P) Lilik Abu Siswanto yang telah selesai melaksanakan tugas di Guskamlaarmatim akan pindah menempati jabatan baru ke Dispotmar Mabes TNI AL, menjabat Kepala Koordinator APLI dan APPI (Assosiasi Pelatihan Layar Indonesia dan Assosiasi Peselam Profesional Indonesia), untuk itu diucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas selama bertugas di Guskamlaarmatim.
------------------
SERTIJAB ASOPS DANLANTAMAL VIII
15 Maret 2013-
Komandan Lantamal VIII Laksma TNI Guguk Handayani bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka Serah Terima Jabatan Asisten Operasi Danlantamal VIII dari Kolonel Laut (P) Suradi A.S., S.Sos. kepada Kolonel Laut (P) Tunggul Suropatio, S.E. di Gedung Yos Sudarso pada Jumat (15/3/2013). Hadir dalam upacara Sertijab tersebut Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir F.Saut P.Tamba Tua, Para Asisten, Kadis, Pamen, Pama dan PNS golongan III setingkat.Dalam amanatnya Komandan Lantamal VIII Laksma TNI Guguk Handayani Menyampikan beberapa hal yang perlu dipedomani dalam mengawali tugas sebagai Asops Danlantamal VIII yakni tingkatkan kemampuan personil Staf Operasi, tingkatkan upaya pengkajian strategi terutama lingkungan maritim di wilayah kerja, tingkatkan proses perencanaan di dalam iklim keterbukaan dan kemitraan, ciptakan selalu iklim kebersamaan, kekeluargaan dan kerja sama yang harmonis di lingkungan staf. Acara ditutup dengan ramah tamah dan penyerahan cendera mata kepada mantan Asops Kolonel Suradi A.S., S Sos. (Dispen Lantamal VIII)
----------------
PANGLIMA KOLINLAMIL PIMPIN SERTIJAB DANSATLINLAMIL SURABAYA
Surabaya, 15 Maret 2013-
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI S.M. Darojatim memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya dari Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni kepada Kolonel Laut (P) Octavianus Budi Susanto dalam suatu upacara militer yang diikuti oleh prajurit dan PNS Satlinlamil Surabaya di Tanjung Perak, Ujung, Surabaya, Jumat (15/3/2013). Panglima Kolinlamil dalam amanatnya mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan wujud dari pembinaan organisasi dan personel serta bentuk kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut kepada perwira terpilih, agar dapat mengembangkan diri dan kemampuannya dalam mengawaki organisasi. Perlu dipahami bahwa Komando Lintas Laut Militer memiliki alutsista yang rata-rata sudah tua, bahkan ada yang berumur lebih dari 50 tahun. oleh karena itu, kepemimpinan komandan satuan sangat berpengaruh pada keberhasilan pembinaan baik personel maupun material. Kolinlamil, selain melaksanakan pembinaan personel dan material juga melaksanakan pembinaan terhadap potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan keamanan negara maupun pembangunan nasional. Karena itu Satlinlamil Surabaya  sebagai salah satu satker Kolinlamil, perlu melaksanakan koordinasi dengan unsur-unsur angkutan laut nasional dan instansi terkait di Surabaya guna kepentingan pelaksanaan angkutan laut nasional bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan oleh negara. Pada kesempatan tersebut Pangkolinlamil mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Ferial Facroni atas segala upaya, loyalitas dan dedikasi yang selama ini diberikan kepada TNI Angkatan Laut khususnya Kolinlamil serta berharap agar keberhasilan dan   pengalaman   yang  didapatkan dalam penugasan di Satlinlamil Surabaya akan menjadi bekal yang bermanfaat dalam penugasan yang akan datang. Sedangkan kepada Dansatlinlamil Surabaya yang baru, Pangkolinlamil mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut kepadanya, untuk menjabat sebagai komandan Satlinlamil Surabaya. Pangkolinlamil yakin dengan pengalaman Dansatlinlamil Surabaya dalam penugasan sebelumnya, akan bermanfaat dan sangat membantu bagi penugasan sekarang, sehingga apa yang telah dicapai oleh pejabat lama dapat diteruskan dan ditingkatkan.  Di akhir amanatnya, Pangkolinlamil menyampaikan beberapa penekanan untuk dilaksanakan oleh personel Satlinlamil Surabaya, diantaranya agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai sumber kekuatan dan keyakinan diri di dalam melaksanakan tugas dan pengabdian; meningkatkan kesiapsiagaan personel dan materiil agar mampu melaksanakan tugas secara optimal; meningkatkan purbajaga terhadap bahaya kebakaran, kebocoran, keselamatan navigasi serta keselamatan kerja dan meyakinkan bahwa seluruh anggota memahami dan mampu melaksanakan tugas masing-masing dalam setiap peran; menciptakan suasana kerja yang harmonis, sehingga terjalin hubungan yang dinamis baik antar anggota, antara atasan dan bawahan, agar pembinaan personel dapat berjalan dengan baik. Kolonel Laut (P) Octavianus Budi Susanto sebelum dilantik menjadi Dansatlinlamil Surabaya, ia menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Asops Danguspurla Koarmatim). Berbagai penugasan dan jabatan yang pernah diembannya antara lain Komandan KRI  Teluk Sabang (TSB)-544, Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin (STS)-376, Komandan KRI Tanjung Kambani (KBI)-971, Komandan KRI Surabaya (SBY)-591, Komandan KRI Yos Sudarso (YOS)-353, dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna. Sedangkan Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni adalah lulusan AAL angkatan 34, yang selanjutnya akan menempati jabatan sebagai Komandan Satuan Kapal Amfibi  Komando Armada RI Kawasan Timur (Dansatfib Koarmatim). Hadir pada upacara tersebut Irkolinlamil, para Asisten Pangkolinlamil, para Kadis Kolinlamil, serta para komandan unsur Satlinlamil Surabaya yang berada di pangkalan. Dan bertindak sebagai komandan upacara Letkol Laut (P) Ganda Permana  S.T., M.M.,yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Bone-511.  (Dispen Kolinlamil)
-----------------------------
PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB EMPAT JABATAN DI LINGKUNGAN MAKO KOARMABAR
Jakarta, 11 Maret 2013-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto, S.E., memimpin serah terima  jabatan (Sertijab) Inspektorat Koarmabar (Irarmabar) dari Kolonel Laut (S) Agus Haryono kepada Kolonel Laut (S) Bambang Hermanto, S.E., M.M., Kepala Dinas Administrasi dan Personalia Koarmabar (Kadisminpersarmabar) Kolonel Laut (P) Kusmayadi kepada Kolonel Laut (P) Deri Triesananto Suhendi, S.E., serta penyerahan jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika Koarmabar (Kadiskomlekarmabar) kepada Kolonel Laut (E) Dwi Aris Priyono, S.T., dan Kepala Dinas Pemeliharaan Kapal Koarmabar (Kadisharkaparmabar) kepada Kolonel Laut (T) A.R. Agus Santoso, S.T., di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Senin (11/3/2013). Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto, S.E., dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan merupakan konsekuensi logis sebagai tuntutan kebutuhan dinamika organisasi sekaligus momentum formal yang dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategis dalam rangka mendinamisasikan organisasi di tingkat Koarmabar agar dari waktu ke waktu menjadi lebih baik pada kompleksnya permasalahan yang dihadapi.
Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, keempat jabatan yang baru saja diserahterimakan merupakan unsur-unsur pembantu pimpinan dan pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmabar. Itarmabar bertugas menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan, Disminpersarmabar bertugas membina dan melaksanakan administrasi personel, Diskomlekarmabar memegang tugas dalam membina dan melaksanakan fungsi komunikasi serta membina fungsi peperangan elektronika dilingkungan Koarmabar, sedangkan Disharkaparmabar memiliki tugas membina dan menyelenggarakan pemeliharaan tingkat menengah, depo dan pemeliharaan darurat kapal-kapal Koarmabar. Oleh karena itu harus diakui bahwa para pejabat yang baru saja melaksanakan serah terima jabatan, telah berupaya maksimal meningkatkan kualitas kinerja Koarmabar khususnya jajaran staf dan semua itu tidak terlepas dari keberhasilan kinerja Satker-Satker tersebut dibawah kepemimpinan para pejabatnya. Mengakhiri sambutannya Pangarmabar Laksda TNI Arief  Rudianto, S.E., menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama atas segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini dalam memimpin Satker masing-masing, sedangkan kepada pejabat baru Pangarmabar mengucapkan selamat atas kepercayaan pemimpin TNI Angkatan Laut yang diberikan dan diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hadir pada upacara tersebut, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmabar Laksma Tri Wahyudi Sukarno, S.E., dan Pejabat Teras Koarmabar. (Dispenarmabar)
----------------------
PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB DANSAT KOARMABAR
Jakarta, 11 Maret 2013-
Arah pembinaan yang dikehendak adalah terwujudnya kesiapan operasi unsur-unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Satuan Kapal Amfibi Koarmabar (Satfibarmabar), Satuan Kapal Bantu Koarmabar (Satbanarmabar) dan kemampuan tempur Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar (Satkopaskaarmabar) dalam melaksanakan operasi khusus melalui latihan-latihan taktik dan teknik peperangan laut serta Detasemen Intelijen Koarmabar (Denintelarmabar) mampu memberikan informasi yang akurat agar setiap waktu dapat digerakkan ke daerah operasi. Demikian dikatakan Panglima Koarmabar (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto, S.E., dalam amanatnya saat memimpin upacara serah terima jabatan lima Komandan Satuan jajaran Koarmabar yaitu Komandan Satkorarmabar dari Kolonel Laut (P) Denih Hendrata, S.E., kepada Kolonel Laut (P) Nur Singgih Prihartono, Komandan Satfibarmabar dari Kolonel Laut (P) Alex Syahril kepada Kolonel Laut (P) Nursyawal Embun, Komandan Satbanarmabar dari Kolonel Laut (P) Fauzi kepada Kolonel Laut (P) Isbandi Adrianto, S.E., dan Komandan Satkopaskaarmabar dari Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno kepada Letkol Laut (P) Tjatur Soniarto serta penyerahan jabatan Komandan Denintelarmabar dari Letkol Laut (E) Asep Saefuddin kepada Pangarmabar di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Senin (11/3/2013). Lebih lanjut Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto, S.E., mengatakan serah terima jabatan merupakan sebuah proses yang selalu akan dilakukan di lingkungan TNI Angkatan Laut dan merupakan dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh yang saling terkait antara aspek operasional, latihan, personel, logistik dan manajemen, oleh karenanya serah terima jabatan juga merupakan kebutuhan organisasi untuk menghasilkan kinerja organisasi agar lebih optimal. Sebagaimana diketahui bahwa Satkorarmabar, Satfibarmabar dan Satbanarmabar merupakan komando pelaksana pembinaan di lingkungan Koarmabar yang bertugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan serta kemampuan tempur organiknya dalam bidang peperangan laut sesuai fungsi asasinya masing-masing. Satkopaskaarmabar bertugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur Kopaska sesuai tuntutan tugas dan kualifikasi sebagai Pasukan Katak dalam rangka meningkatkan kemampuan tempurnya. Sedangkan Denintelarmabar memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan dan operasi intelijen serta menyediakan kegiatan dan operasi intelijen serta menyediakan bahan keterangan informasi yang akurat guna mendukung terlaksananya kegiatan operasi dalam rangka menjaga kedaulatan Negara dalam rangka menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dihadapkan dengan tantangan tugas Koarmabar ke depan yang semakin berat dan kompleks, untukmn itu perlu menghadirkan unsur-unsur setiap hari sepanjang tahun di seluruh perairan yurisdiksi nasional kawasan barat dan menyiapkan Pasukan Katak yang handal dan  professional serta memberdayakan fungsi intelijen. Hal ini bukanlah semata-mata didorong  oleh kewajiban untuk melaksanakan tugas, tapi lebih dari itu didorong pula oleh keinginan bersama untuk tetap mampu mempertahankan integritas bangsa dan negara, sekaligus untuk memelihara stabilitas keamanan laut dan menjaga kepentingan nasional did an atau lewat laut. Diakhir amanatnya, Pangarmabar memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya gunakan kepercayaan yang telah diberikan pemimpin untuk mengembangkan kemampuan jabatan; Ciptakan suasana kerja yang kondusif di satuan masing-masing; Transformasikan kendala menjadi peluang untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas dan jalin koordinasi dan kerja sama yang baik dengan jajaran Koarmabar, maupun instansi terkait demi kelancaran dan keberhasilan tugas.  (Dispenarmabar)