SERTIJAB 16-23 PEBRUARI 2014

DANSATLINLAMIL JAKARTA PIMPIN SERTIJAB DUA KOMANDAN KAPAL PERANG
Jakarta, 22 Pebruari 2014-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Umar Arief memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) dua Komandan kapal perang yang berada di jajaran Kolinlamil dalam hal ini di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta, dalam suatu upacara militer di Gedung Laut Natuna,  Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/02).
Kedua jabatan Komandan KRI yang diserahterimakan yaitu Komandan KRI Teluk Hading-538 yang selama ini, sementara dirangkap jabatan oleh
Dansatlinlamil Jakarta dan selanjutnya diserahkan kepada Mayor Laut (P) Rapy Ta’dung, S.E., yang telah selesai mengikuti Pendidikan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal). Sedangkan jabatan Komandan KRI Teluk Mentawai-959 Mayor Laut (P) Yustus Nasarius Rossi yang akan mengikuti pendidikan setingkat Seskoal di luar negeri, untuk sementara  jabatan Komandan KRI diserahkan kepada Dansatlinlamil Jakarta.
Dalam amanatnya Dansatlinlamil Jakarta mengatakan, bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang biasa dan rutin diselenggarakan sesuai dengan tuntutan organisasi serta memberikan kesempatan bagi perwira pilihan untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban.
Dansatlinlamil Jakarta juga mengingatkan, perlunya kesadaran bahwa wawasan kepemimpinan saat ini sangat diperlukan, terlebih lagi di masa yang akan datang, khusus bagi prajurit yang berdinas di KRI lanjut Dansalinlamil Jakarta, tugas dan tanggung jawabnya adalah merawat dan memelihara seluruh elemen yang ada di kapal, sehingga kapal selalu berada pada kondisi yang siap. Pada akhir amanatnya Dansatlinlamil Jakarta berpesan kepada seluruh ABK KRI Teluk Hading-538 dan KRI Teluk Mentawai-959 agar tetap melaksanakan tugas yang diemban secara ikhlas dan maksimal, serta dukung komandan yang baru sama seperti yang telah dilakukan selama ini terhadap komandan yang lama sehingga tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Toto Suharyanto, S.T., para Komandan KRI jajaran Satlinlamil Jakarta serta perwira staf Satlinlamil Jakarta dan undangan. Sumber, www.tnial.mil.id/
 -------------------------------
ROTASI JABATAN STRATEGIS KOARMATIM
Surabaya, 20 Pebruari 2014-
Pergantian pejabat dalam suatu organisasi adalah proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel dihadapkan dengan tuntutan tugas. Demikian dikatakan Pangarmartim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. saat memimpin upacara serah terima tujuh jabatan strategis jajaran Koarmatim di dermaga Koarmatim, Kamis (20/2/2014).
Serah terima jabatan atau Sertijab, menurut Pangarmatim, selain untuk mewujudkan kaderisasi kepemimpinan untuk penyegaran organisasi, sekaligus sebagai peluang bagi para perwira dalam meningkatkan karier untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan konseptualnya.
Jabatan yang diserahterimakan tersebut yaitu jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Dan Guskamlatim) yang sebelumnya dijabat Laksma TNI Wuspo Lukito, S.E. diserahkan kepada Kolonel Laut (P) Heru Kusmanto. S.E. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Guspurlatim. Sedangkan Laksma TNI Wuspo Lukito, S.E. akan menempati jabatan baru sebagai Kapusorops Bakorkamla.
Selain itu jabatan Komandan Satkor Koarmatim diserahkan dari Kolonel Laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si. kepada Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Komandan Satfib Koarmatim diserahkan dari Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni kepada Kolonel Laut (P) Rahmad Eko Rahardjo, Komandan Satkat Koarmatim diserahkan dari Kolonel Laut (P) Rachmad Jayadi kepada Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa, Komandan Satban Koarmatim diserahkan dari Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto kepada Kolonel Laut (P) P Rahmad Wahyudi. Sedangkan jabatan Komandan Satran Koarmatim diserahkan oleh Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E. kepada Pangarmatim hingga nanti ada penggantinya. Serah terima lima jabatan Komandan Satuan Kapal jajaran Koarmatim ini kaitannya dengan lulusnya para pejabat lama dalam seleksi Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI), sehingga mereka harus meninggalkan jabatannya untuk menempuh pendidikan di Sesko TNI Jakarta kurang lebih selama satu tahun. Pada kesempatan tersebut, Pangarmatim juga menetapkan jabatan Komandan Denmako Koarmatim kepada Letkol Laut (P) Kunto Cahyono yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan KRI Makasar-590 Satfib Koarmatim.
Dengan terlaksananya serah terima ini, kata Pangarmatim, tentu kita semua berharap agar kedepan para pejabat baru akan lebih mampu untuk meningkatkan kualitas pembinaan serta mampu menciptakan pembaharuan semangat di satuannya masing-masing.  “Tolok ukur keberhasilan tugas tersebut, sangat ditentukan oleh keberhasilan dalam memelihara dan meningkatkan kesiapan operasional unsur organiknya sehingga memiliki kemampuan sesuai fungsi asasinya”, tegas Pangarmatim. Kepada pejabat lama, Pangarmatim mengucapkan terima kasih atas keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian selama bertugas di Koarmatim.  (Dispenarmatim)
 -----------------------------
JABATAN KASGUSPURLATIM DISERAHKAN KEPADA DANGUSPURLATIM
Surabaya, 19 Pebruari 2014-
Jabatan Kepala Staf Gugus Tempur Laut Armada Timur yang dijabat oleh Kolonel Laut (P) Heru Kusmanto, S.E. diserahkan kepada Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S.Sos. dalam suatu upacara yang berlangsung di Gedung Guspurlatim Ujung Surabaya, Rabu (19/2/2014).
Kolonel Laut (P) Heru Kusmanto, S.E. selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Timur (Danguskamlatim) menggantikan Laksamana Pertama TNI Wuspo Lukito. Dalam sambutannya, Danguspurlatim menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh pimpinan. Dengan harapan semoga kerja sama dan hubungan erat yang telah terjalin antara Guspurlatim dan Guskamlatim selama ini akan selalu terjaga dengan baik. Hadir dalam upacara tersebut seluruh pejabat dan prajurit Guspurlatim.   (Dispenarmatim)
 ----------------------------------
PENYERAHAN JABATAN KADEPJAS AAL YANG PURNA BHAKTI
Surabaya, 19 Pebruari 2014-
Setiap prajurit, pasti akan mengalami yang dinamakan masa purna bhakti. Baik Perwira, Bintara ataupun PNS akan mengakhiri masa pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikan Wagub AAL Laksma TNI Dedy Yulianto mewakili Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E. saat upacara penandatanganan berita acara penyerahan jabatan Kepala Departemen Jasmani AAL dari Kolonel Laut (KH) Drs. Edi Sisyanto di Gedung Maspardi, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (19/2/2014). Mantan Kadepjas AAL ini akan memasuki masa purna bhakti setelah cukup lama menjabat di departemen jasmani selama empat tahun (2010 – 2014). Kolonel Laut (KH) Drs. Edi Sisyanto merupakan lulusan Sepawamil 1983-1984 yang banyak berkecimpung dibidang personel. Sebelum menjabat Kadepjas AAL, Pamen melati tiga yang lulusan sarjana olahraga ini pernah menduduki berbagai jabatan seperti Kasubdisbinjasmus Diswatpersal Mabesal (2008-2010), Aspers Lantamal VI Makassar (2003 – 2008), Kadisminpers Kolinlamil (2003) dan juga pula saat konflik di Aceh menjabat sebagai Waaspers Operasi Pemulihan Keamanan (2000 – 2002). Dijumpai di sela-sela acara, pejabat nomor dua di AAL ini mengatakan bahwa serahterima jabatan Kadepjas AAL merupakan bagian dari proses pembinaan personel TNI AL guna meningkatkan kualitas kinerja jajaran departemen jasmani, agar mampu menjawab tantangan tugas yang semakin dinamis. Oleh karena itu penyerahan jabatan ini terkandung suatu harapan depjas AAL dapat menjadi lebih baik kedepannya. Disamping itu pula, penyerahan jabatan merupakan upaya kesinambungan pelaksanaan pendidikan di AAL, sehingga tugas pokok lembaga pendidikan AAL tetap dapat terlaksana dengan baik. “Ini juga merupakan upaya kesinambungan pelaksanaan pendidikan di AAL agar tetap berjalan baik”, ujar Wagub menegaskan. Sementara itu selain Kolonel Laut (KH) Drs. Edi Sisyanto, ada 11 personel militer dan 5 personel PNS yang juga mengakhiri masa dinasnya. Mereka dilepas setelah sebelumnya dilaksanakan acara ramah tamah di Ruang RM. Hadiwinarso bersama para taruna dan prajurit dilingkungan AAL. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian plakat dari Gubernur AAL oleh Wagub AAL serta tali asih dari ketua jalasenastri cabang BS AAL Ny. Rohita Ary Atmaja kepada Kolonel Laut (KH) Drs. Edi Sisyanto dan para purna bhakti.Acara tersebut dihadiri Seklem AAL Kolonel Marinir R.M. Trusono, S.Mn para pejabat teras AAL, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS AAL serta pengurus jalasenastri cabang BS AAL. (Pen AAL)
 -----------------------------
JABATAN WADAN KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, 18 Pebruari 2014-
Jabatan Wakil Komandan (Wadan) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahterimakan Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan kepada Kolonel Marinir Ivan Ahmad Riski Titus, S.H. yang dihelat di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, Selasa (18/2/2014). Prosesi serah terima Jabatan orang nomor dua di ’Kawah candradimukanya’ prajurit matra laut tersebut, dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Widodo, S.E. dengan upacara militer yang melibatkan sedikitnya 1.200 prajurit. Sturman –sapaan akrab lulusan AAL angkatan ke-28 tahun 1983 kelahiran Kisaran, Sumatera Utara 17 Oktober 1959 tersebut, selanjutnya mendapat kepercayaan menduduki jabatan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Sedangkan penggantinya, Ivan -sapaan akrab Pamen melati tiga kelahiran kota “Kembang’’ Bandung 6 Desember 1959 ini, sebelum promosi jabatan bintang satu sebagai Wadan Kobangdikal, Ia menjabat Kepala Sekretaris Lembaga (Kaseklem) Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Jakarta. Sebelum menempati jabatan Wadan Kobangdikal telah banyak jabatan yang telah diembannya. Usai menamatkan pendidikan militer di AAL tahun 1983 dengan pangkat Letnan Dua, lulusan AAL Angkatan XXVIII ini langsung ditempatkan sebagai Danton Yonranratfib Menbanpur Kormar (1983), kemudian menjabat Danton Brigif-2 Yonranratfib Menbanpur (1986), Paur Opslat Denma Mabes TNI (1990), Paban madya Sops Menbanpur Kormar (1991). Pada tahun 1993, ia menempati jabatan Pasops Denma Kormar, Danyon Ranratfib Menbanpur (1996), Pasops Menbanpur (2000), Kas Menkav Pasmar 1 Surabaya (2001), Asintel Pasmar 1 (2002), Danmenkav Pasmar 1 (2003), Kadismat Pasmar 1 (2004), Sahli Pangarmabar “B” Komsos (2007), Patun Dosen Seskoal (2007), Dirditdik Seskoal (2008), Asrena Kormar (2008), Asops Kormar (2009), Sahli Pangarmabar “D” jemen 2010, Paban IV Dukops Sopsal mabesal (2011), Kaseklem Seskoal (2013) dan Wadan Kobangdikal 2014.
Adapun pendidikan militer yang pernah diikutinya antara lain AAL XXVIII (1983), Suspaja (1983), Sussarcab (1985), Suskibi (1986), Diklapa II Kopur Angkatan ke-5 (1991), Seskoal Angkatan ke-33 (1995-1996), Sesko TNI Angkatan ke-34 (2007) dan Lemhannas PPRA angkatan ke-44 (2010).

Selama berdinas di TNI AL yang sudah mencapai 31 tahun ini, telah banyak tanda jasa yang telah diraihnya, antara lain Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana (SL) Santi Dharma, SL. Untac Medal, SL. Kesetiaan VIII, SL. Kesetiaan XVI, SL. Kesetiaan XXIV, SL. Seroja, SL. Dwidya Sistha, SL. Dharma Nusa dan SL Kebaktian Sosial.  Sementara itu Komandan Kobangdikal dalam amanat Sertijab Wadan mengatakan bahwa sertijab merupakan suatu proses alamiah yang berkembang secara dinamis sesuai dengan tuntutan dinamika organisasi. Oleh karenanya melalui serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru, ide dan pemikiran baru dan kreatif yang akan membawa peningkatan kinerja lembaga pendidikan Kobangdikal menuju kearah yang lebih baik.  Perkembangan global saat ini lanjutnya, menuntut adanya peningkatan SDM yang berkualitas dan berkompetensi tinggi untuk mengawaki organisasi TNI AL ke depan.  “Kobangdikal sebagai lembaga pendidikan, menjadi ujung tombak dalam menciptakan prajurit pengawak organisasi dalam rangka mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani dan berkelas dunia,” jelasnya. Dalam kesempatan itu juga, Ia menekankan kepada seluruh prajurit di jajarannya untuk senantiasa siap siaga menghadapai segala kemungkinan, mengingat tren global yang membawa perubahan cuaca cukup ekstrim yang bisa mengakibatkan datangnya bencana alam.   “Siapkan diri, jaga keamanan keluarga dan aset dinas di tempat kerja serta lingkungan sekitarnya, dan selalu siaga bila suatu waktu digerakkan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana,” tegasnya. Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodikopsla Laksma TNI Aswad, S.E., M.M., Wadan Seskoal Laksma TNI yayat Achmad Hadirat, M.Si. (Han), Kepala Staf Armatim (Kasarmatim) Laksma TNI Siwi Sukma Aji, Wagub AAL Laksma TNI Dedy Yulianto, Karumkital Dr. Ramelan Laksma TNI TNI dr. Nelson Pandaleke, Sp.PD Kadispsial Laksma TNI Laksamana Pertama TNI FX. Agus Susilo, S.E., M.M., dan undangan lainnya. Sumber, www.tnial.mil.id/