SERTIJAB 7-15 MARET 2014

LETKOL LAUT (T) ERICK HENDRO ERWANTO JABAT ASLOG DANLANTAMAL IX AMBON
Ambon, 15 Maret 2014-
Letkol Laut (T) Erick Hendro Erwanto yang sebelumnya menjabat Kadisbek Lantamal IX Ambon sekarang ini menjadi Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal IX Ambon menggantikan Kolonel Laut (T) Didik Joko Sukmono, yang sementara melaksanakan Sesko TNI di Jakarta. Upacara serah terima jabatan Aslog Danlantamal IX ini dilaksanakan di Gedung Manggalaloka Lantamal IX Ambon pada hari Sabtu, (15/03/2014). Dalam sambutannya, Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Asep
Burhanudin yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada acara tersebut mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan satu mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi, sehingga dari kegiatan ini diharapkan dapat terwujud kesinambungan kepemimpinan sekaligus dalam rangka mendinamisasikan organisasi Lantamal IX agar senantiasa responsive, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perkembangan lingkungan strategis yang terjadi. Melalui Sertijab Aslog Danlantamal IX diharapkan Lantamal IX dapat menampilkan kinerja yang lebih baik dan membanggakan. Keberhasilan tersebut dapat dicapai melalui pola pembinaan karier yang mengacu kepada the right man and the right job, tout of duty and tour of area sehingga pada gilirannya setiap personel dalam jabatannya akan mampu menghadapi tuntutan dan tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks. Lebih lanjut orang nomor satu di Lantamal IX ini tidak henti-hentinya mengingatkan bahwa seluruh pengawak Lantamal IX harus benar-benar komplek bukan hanya dimulut tetapi dalam perbuatan. “Kita semua harus kerja ikhlas dan jangan pernah berharap apa-apa, dan kalau ada kemauan segala sesuatunya bisa diatasi dan dilaksanakan dengan hasil yang maksimal”, tegas Laksma TNI Asep Burhanudin. Kegiatan Sertijab Aslog Danlantamal IX juga dihadiri oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, para Asisten Danlantamal IX, Kadis/Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal IX Ambon dan pengurus Korcab IX Jalasenastri Armatim. (DISPEN LANTAMAL IX)
------------------------------
PENGUKUHAN DAN SERTIJAB PEJABAT TERAS AAL
Surabaya, 14 Maret 2014-
Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE, memimpin pengukuhan jabatan Dirdik dan Kadepjas AAL serta serah terima jabatan Dirlog, Kadeppel dan Kadeptek AAL di Gedung Mas Pardi, AAL, Bumimoro, Surabaya, Jumat (14/3). Pengukuhan jabatan Direktur Pendidikan (Dirdik) AAL yang sebelumnya diambil alih Gubernur AAL dikukuhkan kepada Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, M.Si (Han). Sedangkan Kepala Departemen Jasmani AAL dikukuhkan kepada Letkol Laut (KH) Drs. Bambang Trisulo. Selain itu diserahterimakan pula jabatan Direktur Logistik (Dirlog) AAL dari Kolonel Laut (T) Riyadi Syahardani kepada Kolonel Laut (T) Weko Pamudji Mulyo, S.E. M.M, Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) dari Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, M.Si (Han) kepada Kolonel Laut (P) Ketut Arya Budana, SE dan Kepala Departemen Teknik dari Kolonel Laut (T) Weko Pamudji Mulyo, S.E. M.M., kepada Kolonel Laut (T) Agus Santoso, S.E.

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE, dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan mengandung dua makna penting dan strategis, yaitu bagian dari Tour of Duty bagi pejabat yang bersangkutan. Sebagai pembinaan personel dalam rangka regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan di jajaran AAL. Sehingga diharapkan akan membawa suatu pembaharuan, kreativitas, dan inovasi untuk peningkatan kualitas perwira lulusan AAL yang profesional, maju dan adaptif serta dapat menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis. Selain itu serah terima jabatan juga menunjukan bahwa penempatan jabatan di AAL dilaksanakan secara selektif dan mempunyai jangkauan strategis ke depan. “Tugas di AAL sesungguhnya tugas yang berat tapi mulia, karena di AAL lah lahirnya calon-calon pemimpin TNI AL” tandas Gubernur AAL.
Lebih lanjut Gubernur menambahkan bahwa sebuah tantangan bagi semua yang bertugas di AAL, untuk menjadikan AAL sebagai sebuah akademi bertaraf internasional yang tidak kalah dengan Akademi Angkatan Laut negara-negara maju. Kolonel Laut (P) Ketut Arya Budana sebelumnya berdinas di Sesko TNI sebagai Paban II Evabang Kersamil Ditevabang, sedangkan Kolonel Laut (T) Agus Santoso, S.E., baru saja usai mengikuti pendidikan Sesko TNI, sementara Letkol Laut (KH) Drs. Bambang Trisulo sebelumnya menjabat Pabandyawat Spersal Mabesal. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyerahan cenderamata dari Gubernur AAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE, dan Ketua Jalasenastri Cabang BS AAL Ny. Rohita Ary Atmaja kepada Kolonel Laut (T) Riyadi Syahardani yang akan mengikuti pendidikan di Lemhannas RI. Sumber, www.tnial.mil.id/
--------------------
KOMANDAN KAL KADET-5 DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, 14 Maret 2014-
Pergantian pucuk pimpinan unsur-unsur kapal latih taruna di jajaran Akademi Angkatan Laut bergulir. Serah terima jabatan dilaksanakan dalam suatu upacara militer di atas geladak KAL V-5 dengan Inspektur Upacara Direktur Pendidikan AAL Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, M.Si (Han) di Dermaga Flores, Koarmatim, Surabaya, Jumat (14/3).
Serah terima jabatan Komandan KAL Kadet-5 dari Mayor Laut (P) Abdul Rajab Bodro A. kepada Mayor Laut (P) Fitriyan Rupito, yang sebelumnya menjabat Paopsjar Sesenbar Pusdikopsla Kobangdikal.

Dalam amanatnya, Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, M.Si.(Han) menyampaikan bahwa serah terima jabatan ini merupakan hal yang biasa terjadi dan bersifat rutin, dan tak lain adalah proses dalam mencapai perwira pengawak alutsista yang handal dan professional serta mampu menjawab tantangan masa depan. Untuk itu mutlak dibutuhkan sarana praktek yang memadai. Dirdik AAL juga memberikan apresiasinya kepada Mayor Laut (P) Abdul Rajab Bodro A. yang telah berhasil melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selama menjabat Dan Kal Kadet-5, semua tugas dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu pamen melati tiga ini juga berpesan untuk lebih ditingkatkan lagi kinerja terkait dengan penugasan ditempat yang baru di Paban I Ren Mabesal. Sementara kepada Mayor Laut (P) Fitriyan Rupito, mantan Kadeppel AAL ini berharap agar kepercayaan yang telah diberikan oleh TNI AL khususnya AAL agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. “Tumbuhkan inovasi baru untuk kapal maupun anak buah” tegas Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, M.Si.(Han) mengakhiri.