SERTIJAB 11-21 APRIL 2015

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KAL. KUDUNGGA LANAL SANGATTA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR
21 April 2015-
Bertempat di Dermaga Marine PT. KPC Tanjung Bara Sangatta Kutim, telah dilaksanakan Serah terima jabatan Komandan Kal. Kudungga dari Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Dadang Somantri  kepada Kapten Laut (P) Nugroho Adiyanto Wicaksono, Selasa (21/04/2015).
Pada upacara militer sertijab Dan Kal. Kudungga, bertindak selaku Inspektur Upacara  Letkol Laut (P) Dadang Somantri dan Komandan Upacara Pasintel Lanal Sangatta Kapten Laut (P) Sidiq Suhardiman
diiukuti peserta upacara dari Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Sangatta. Dihadiri Plt. Bupati Kutim Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si, Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, Dandim 0909/Sangatta dan Kapolres Kutim serta unsur FKPD yang hadir.
Kapten Laut (P) Nugroho AW, sebelumnya menjabat Palaksa KRI Pulau Rupat-712 di Satuan Kapal Ranjau (Satran Koarmatim). Penyerahan jabatan yang menetapkan Kapten Laut (P) Nugroho AW sebagai Komandan Kal Kudungga menggantikan Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Dadang Somantri yang merangkap menjabat Komandan Kal Kudungga. Kal Kudungga merupakan satu-satunya yang dimiliki Pemkab Kutim serta suatu kebanggaan masyarakat Kab. Kutai Timur, dimana Kab. Kutim merupakan wilayah kerja Lanal Sangatta. Dalam amanatnya Danlanal Sangata mengatakan “pergantian jabatan komandan kal kudungga dilingkungan TNI AL adalah suatu yang wajar dan merupakan proses regenerasi kepemimpinan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi”. (Pen Lanal Sangatta)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26434/Default.aspx

KOMANDAN LANAL MATARAM MEMIMPIN SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KRI WELING-822
21 April 2015-
Komandan Lanal Mataram Kolonel Marinir Markos  memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Weling-822 dari Mayor Laut (P) Riyanto Agus Wibowo  kepada Kapten  Laut (P) Ari Wibowo, bertempat di Geladak KRI Weling-822 yang tengah sandar di Dermaga Umum Pelabuhan Lembar,Lombok Barat Provinsi NTB, Selasa (21/04/2015). Komandan Lanal Mataram dalam sambutannya, dibacakan amanat Komandan Lantamal VII Brigadir Jenderal TNI Marinir Denny Kurniadi,S.Mn, atas nama pimpinanan TNI AL, warga Lantamal VII sekaligus atas nama pribadi mengucapkan  terima kasih kepada Mayor Laut (P) Riyanto Agus Wibowo  selama pengabdiannya sebagai Komandan KRI Weling-822 yang selanjutnya akan menempati jabatan yang baru, sementara itu kepada Kapten  Laut (P) Ari Wibowo, Komandan Lantamal VII juga menyampaikan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut, dan mengharapkan agar dapat meneruskan serta meningkatkan apa yang telah dicapai kepemimpinan pejabat lama dalam meningkatkan profesionalisme prajurit serta mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dalam menyelenggarakan patroli keamanan laut
dalam rangka penegakan  hukum di laut khususnya di wilayah  Lantamal VII yang mencakup perairan NTB, NTT dan perairan Maluku Barat Daya.Pada akhir sambutannya Komandan Lanal Mataram menyampaikan beberapa penekanan dari Komandan Lantamal VII, yang dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan  tugas Komandan KRI Weling-822, yaitu antara lain  mewujudkan suasana kerja yang kondusif, menjaga dan merawat kondisi teknis kapal walaupan keterbatasan anggaran, melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan standard operasional  procedure (SOP) agar terwujudnya Zero Accident yang menjadi kebijakan pemimpin TNI AL, jalin hubungan dan koordinasi yang baik dengan instansi samping dimanapun sandar dan seluruh ABK  agar menjaga soliditas. Turut hadir pada upacara tersebut, para perwira staf Lanal Mataram dan seluruh ABK KRI Weling-822. (Pen Lanal Mataram)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26401/Default.aspx

DANLANAL DENPASAR HADIRI SERTIJAB ASLOG GUSKAMLATIM DI PELABUHAN BENOA BALI
21 April 2015-
Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmatim Laksamana Pertama TNI Robeth Wolter Tappangan, S.H., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Asisten Logistik (Aslog) Guskamlatim dari Kolonel Laut (T) Endro Legowo, S.E., M.A.P., kepada Letkol Laut (T) Budhiyono. Sertijab Aslog Guskamlatim tersebut bertempat di geladak Helly KRI Tongkol yang sedang bersandar di Pelabuhan Benoa Bali, Selasa (21/4). Hadir dalam acara setijab tersebut Kepala Staf (KS) Guskamlatim Kolonel Laut (P) Ahmadi Heri, Asintel Guskamlatim Kolonel Laut (E) Adin N.A, Pjs Danlanal Denpasar Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, Palaksa Lanal Denpasar, Dan KRI Tongkol, Pasintel Lanal Denpasar, Pasminlog Lanal Denpasar serta peserta upacara dari anggota KRI Tongkol yang sedang bersandar di Dermaga Selatan Pelabuhan Benoa Bali. Dalam amanatnya Danguskamlatim menyampaikan bahwa pergantian jabatan dalam lingkungan TNI AL adalah hal yang wajar dan merupakan rangkaian dari proses pembinaan personel dalam rangka memantabkan menejemen organisasi agar lebih dinamis dan responsif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dismaping itu, tentunya akan membawa semangat baru dan penyegaran serta munculnya ide-ide dan pemikiran yang kreatif dan inovatif didalam organisasi yang ada dijajaran lingkungan TNI AL. Diakhir sambutannya Danguskamlatim mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang lama atas dedikasi dan loyalitasnya yang tinggi selama bertugas di Guskamlatim, dan penyampaian penghargaan yang setinggi tingginya kepada keluarga yang telah mendapingi tugas sehingga dapat terselesaikan dengan baik. Dan untuk pejabat baru sebagai Asisten Logistik Guskamlatim diucapkan selamat atas tugas dan jabatan yang baru dan segera menyesuaikan dengan tugas yang diemban disatuan yang baru, karena tantangan kedepan akan semakin komplek dan dibutuhkan suatu kreatifitas dan inovatif dalam menjalankan tugas. Dan kepada seluruh anggota staf logistik untuk mendukung sepenuhnya tugas Aslog Guskamlatim dalam menjalankan tugasnya demi kemajuan dan keberhasilan Guskamlatim dalam menjalankan tugas-tugas mendatang. (Pen Lanal Denpasar)

SERAH TERIMA JABATAN PASPROGAR, KASILID, PAUROPS SERTA KAUR SAHAL LANAL BATAM
21 April 2015-
Selasa 21 April 2015 bertempat di ruang rapat Lanal Batam, telah dilaksanakan upacara serah terima jabatan Pasprogar dari Mayor Laut (S) Mangara Pangaribuan kepada penggantinya Kapten Laut (S) Parjuni, sementara Kasilid Sintel Kapten Laut (KH) Willy Zulkifli, Paurops Unit Intel Lanal Batam Lettu Laut (E) Adri Nira Vavirya serta Kaursahal Letda Laut (P) Sunaryo jabatan diserahkan kepada Komandan Lanal Batam.
Hadir dalam upacara tersebut seluruh Perwira Staf, Komandan Pos serta Komandan Patkamla Lanal Batam, Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut Komandan Pangkalan TNI AL Batam Kolonel Laut (P) R. Eko Suyatno S.E. Dalam sambutannya Komandan Lanal Batam mengatakan bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan satu mata rantai pembinaan personil organisasi di TNI-AL, dari kegiatan ini diharapakan adanya kesinambungan kepemimpinan dan program kerja sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik dan membanggakan dari waktu ke waktu.
Pada akhir amanatnya Komandan Lanal Batam menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras kepada pejabat lama kemudian kepada pejabat baru diharapkan secepatnya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. (Pen Lanal Batam)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26385/Default.aspx

LAKSMA TNI PULUNG PRAMBUDI JABAT KASKOLINLAMIL
20 April 2015-
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda  TNI Aan Kurnia memimpin acara serah terima jabatan Kepala Staf Kolinlamil (Kaskolinlamil) dari Laksamana Pertama TNI Karma Suta, S.E., yang diserahkan kepada penggantinya Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi, bertempat di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/04/2015). Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan ( Danlantamal I Belawan) sedangkan Laksma TNI Karma Suta S.E., selanjutnya akan berdinas di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).
Selain Sertijab Kaskolinlamil, Pangkolinlamil sebelumnya juga memimpin serah terima jabatan Asops Pangkolinlamil dari Kolonel Laut (P) Umar Arief S.E., yang selanjutnya akan menjabat sebagai Sekdisminpersal di Mabes TNI AL dan diserahkan kepada penggantinya Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi S.E., yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) serta penyerahan jabatan Aspers Pangkolinlamil dari Pangkolinlamil kepada Kolonel Laut (P) Djatmoko, S.T., yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpers Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal). Dalam sambutannya Pangkolinlamil mengatakan, serah  terima  jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh, sekaligus pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin kompleks, hal ini juga terkait dengan siklus penugasan personel TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan prestasi serta pemberian kesempatan dan peluang untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kepemimpinannya sehingga dapat mewujudkan organisasi yang responsif dan lebih dinamis terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan strategis.   Pangkolinlamil juga menambahkan, bahwa jabatan Kaskolinlamil merupakan pejabat utama di Kolinlamil begitu juga dengan jabatan Asops Pangkolinlamil dan Aspers Pangkolinlamil yang keduanya merupakan unsur staf yang bertugas membantu Panglima Kolinlamil, tugas ini menuntut dedikasi dan mobilitas kerja yang tinggi terutama dalam mendukung dan melaksanakan tugas pokok Kolinlamil sebagai Kotama operasional yang dituntut untuk selalu mampu meningkatkan kesiapan operasional kapal dan kemampuan personelnya dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).(Dispen Kolinlamil)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26364/Default.aspx

MEMORANDUM SERTIJAB KASKOLINLAMIL
17 April 2015-
Dalam rangkaian serah terima jabatan Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) melaksanakan pembacaan memorandum  antara Laksamana Pertama TNI Karma Suta S.E., kepada penggantinya Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, bertempat di ruang rapat Pangkolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara,  Jumat (17/04/2015).
Dalam pembacaan memorandum itu, Kaskolinlamil Laksamana Pertama TNI Karma Suta S.E., menyampaikan secara garis besar tentang pelaksanaan tugas  sebagai Kepala Staf Kolinlamil baik yang telah, sedang dan akan dilaksanakan. Selanjutnya juga disampaikan, sekilas tentang kegiatan yang meliputi bidang intelijen, operasi dan latihan, bidang personel, bidang logistik, bidang perencanaan dan anggaran serta bidang pengawasan dan pemeriksaan serta sebelumnya dilaksnakan dengan perkenalan dari seluruh Kepala Satuan kerja kepada pejabat yang baru. Sedangkan dalam rangkaian acara Sertijab Kaskolinlamil tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan Apel Khusus dengan dihadiri oleh seluruh anggota Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang dipimpin oleh Kaskolinlamil. Dalam apel khusus tersebut, Kaskolinlamil mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua anggota yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam mendukung tugasnya selama menjabat sebagai Kaskolinlamil.
(Dispen Kolinlamil)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26350/MEMORANDUM-SERTIJAB-KASKOLINLAMIL.aspx

JABATAN DANLANAL TERNATE DAN DANLANAL TUAL DISERAHTERIMAKAN DI LANTAMAL IX AMBON
Ambon, Jum’at 17 April 2015-
Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama (Laksma) TNI Nurhidayat, S.H., memimpin jalannya upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lanal Ternate dan Komandan Lanal Tual di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Ambon. Jabatan Danlanal Ternate diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Uki Prasetia, S.T., M.M., kepada Letkol Laut (P) Djoko Prijatin. Sedangkan Danlanal Tual diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto kepada Letkol Laut (P) Dede Burhanudin, S.H., Jum’at. (17/04/2014). Danlantamal IX dalam amanatnya menyampaikan bahwa, upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Ternate dan Komandan Lanal Tual merupakan suatu dinamika yang wajar dan akan terus dilaksanakan. Hal tersebut merupakan tuntutan alamiah sebagai bentuk dinamika organisasi serta kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI Angkatan Laut. Selain itu, pergantian jabatan juga merupakan salah satu bentuk dari proses kaderisasi sehingga diharapkan roda organisasi akan dapat bergerak menjadi lebih baik, guna menyongsong tuntutan tugas yang semakin kompleks dan dinamis. Lanal Ternate dan Lanal Tual yang merupakan jajaran Lanal di bawah Lantamal IX telah mampu mengemban tugas dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari peran kepemimpinan Kolonel Laut (P) Uki Prasetia, S.T., M.M., dan Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto. Komandan Lantamal IX beserta keluarga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian serta keberhasilan selama melaksanakan tugas sebagai Komandan Lanal Ternate dan Komandan Lanal Tual. Setelah upacara selesai dalam acara pisah sambut Komandan Lanal Ternate dan Komandan Lanal Tual, Danlantamal IX berpesan kepada Kolonel Laut (P) Uki Prasetia, S.T., M.M., yang akan melanjutkan tugas sebagai Asops Danguspurlabar dapat lebih sukses ditempat penugasan yang baru. Begitupula kepada Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto yang akan menempati jabatan sebagai Dosen SBS Logistik di Seskoal, Jakarta. Lebih lanjut, Danlantamal IX mengucapkan selamat kepada Letkol Laut (P) Djoko Prijatin selaku Komandan Lanal Ternate dan Letkol Laut (P) Dede Burhanudin, S.H., selaku Komandan Lanal Tual atas jabatan baru. Jabatan merupakan kepercayaan, kehormatan dan amanah. Dengan bekal pengalaman dan prestasi yang telah ditunjukkan selama ini, Danlantamal IX yakin keberhasilan yang telah dicapai pejabat lama hendaknya tetap dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kinerja Lanal Ternate dan Lanal Tual semakin baik.
Dalam kesempatan yang sama juga telah dilaksankan Sertijab Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab IX Daerah Jalasenastri Armatim dari Ny. Uki Prasetia kepada Ny. Djoko Prijatin dan Ketua Jalasenastri Cabang 2 Korcab IX Daerah Jalasenastri Armatim dari Ny. Hari Widjajanto kepada Ny. Dede Burhanudin yang diresmikan oleh Ketua Jalasenastri Korcab IX Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Nurhidayat.
Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Para Asisten Danlantamal IX, Komandan Lanal Saumlaki, Komandan Lanal Morotai, para Kadis/Kasatker Lantamal IX, dan Ketua Jalasenastri Korcab IX Daerah Jalasenastri Armatim beserta para pengurus Jalasenastri Korcab IX Daerah Jalasenastri Armatim, para Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)
sumber, http://lantamal9.koarmatim.tnial.mil.id/BERITA/tabid/63/articleType/ArticleView/articleId/827/Default.aspx

PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN LANTAMAL I BELAWAN
Medan, 16 April 2015,--
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat  (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R.,  memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan dari Laksamana Pertama (Laksma)  TNI Pulung Prambudi kepada Kolonel Laut (P) Yudo Margono, di Markas Komando (Mako) Lantamal I Belawan, Medan, Kamis (16/4). Dalam amanatnya Pangarmabar antara lain menyampaikan, serah terima jabatan merupakan proses kesinambungan pembinaan dan upaya pengembangan organisasi dalam rangka penyegaran, pengembangan karir dan peningkatan kinerja guna mencapai tujuan organisasi agar senantiasa responsif dan antisifatif terhadap tantangan tugas ke depan yang selalu berubah. Pada sisi lain, pergantian pejabat merupakan salah satu proses pembinaan personel guna memotivasi dan memacu semangat untuk maju berkembang dalam kompetisi yang sehat dalam rangka melahirkan ide-ide yang cemerlang dan up to date, sehingga mampu mendukung keberhasilan tugas pokok Koarmabar. Lebih lanjut dikatakan Pangarmabar, Lantamal I merupakan pelaksana dukungan Koarmabar yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan fungsi pangkalan yaitu Replenishment, Repair, Rest and Recreation bagi satuan-satuan operasional di jajaran TNI AL serta menyelenggarakan pertahanan pangkalan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah kerjanya. Wilayah kerja Lantamal I membentang mulai dari perairan Pulau Rondo, sepanjang Selat Malaka sampai dengan pantai timur Provinsi Kepulauan Riau dan sebagian berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti India, Malaysia dan Thailand. Luasnya wilayah kerja ini  kata Pangarmabar, membutuhkan perhatian yang serius bagi semuanya untuk menjamin rasa aman dan keselamatan pelayaran terutama di Selat Malaka, mengingat perairan ini merupakan wilayah yang sangat strategis sebagai lalu lintas pelayaran internasional. Sehubungan dengan hal tersebut, Lantamal I mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian operasi laut secara ketat, intensif dan konsisten guna menekan berbagai tindak pidana di laut serta selalu siap untuk kegiatan SAR laut. Mengakhiri amanatnya, Pangarmabar menyampaiakan beberapa atensi dan harapan sebagai pengantar tugas kepada Danlantamal I yang baru antara lain, bina serta pimpinlah jajaran Lantamal I dengan penuh ketulusan dan keikhlasan berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, gunakan kepercayaan yang telah diberikan pimpinan untuk mengembangkan kemampuan jabatan dalam meningkatkan profesionalisme dan kesiapan satuan, laksanakan tugas secara profesioanal sesuai koridor hukum, bangun sinergitas dengan instansi setempat dan masyarakat serta hormati adat istiadat setempat, amankan wilayah perairan Indonesia khususnya wilayah Lantamal I  dari berbagai macam gangguan dan pelanggaran serta tindak tegas sesuai hukum yang berlaku, hindari tindakan arogansi dan tindakan kekerasan dalam kehidupan sosial serta ciptakan suasana kerja yang kondusif agar seluruh anggota termotivasi untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi organisasi. Kegiatan sertijab Danlamtamal I Belawan tersebut dihadiri para pejabat Muspida Provinsi Sumatra Utara, Komandan Guskamlaarmabar, para Komandan Lantamal jajaran Koarmabar dan instasi pemerintah daerah  serta mitra kerja Lantamal I Belawan.
sumber, http://koarmabar.tnial.mil.id/BERITA/Beritamiliter/tabid/71/articleType/ArticleView/articleId/4387/Default.aspx