SERTIJAB 22-30 JUNI 2015

KOLONEL LAUT (P) LAUT (P) M. HAMZAH SOERYO WIDODO JABAT ASINTEL DANLANTAMAL IV
Tanjungpinang, Kamis 25 Juni 2015-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto,S.E,.M.Sc, memimpin serah terima jabatan Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal IV dari Kolonel Laut (P) Joni Sudianto kepada
Kolonel Laut (P) M. Hamsa Soerjo Widodo berlangsung di Makolantamal IV Tanjungpinang, (Kamis 25/6.) Dalam sambutannya Danlantamal IV Laksma TNI Sulistiyanto,S.E.,M.Sc mengatakan bahwa Serah terima jabatan yang kita laksanakan hari ini adalah merupakan suatu tuntutan kebutuhan organisasi yang biasa dan wajar untuk dilaksanakan dalam  rangka dinamisasi organisasi maupun pembinaan  personel secara utuh.
Oleh karenanya serah terima  jabatan  harus  dapat  memberikan angin segar dan nuansa baru dengan menciptakan hal-hal yang kreatif dan inovatif dalam dinamika gerak organisasi dengan tetap berorientasi kepada pencapaian sasaran dan tujuan organisasi. Sedangkan bagi pejabat tersebut merupakan jenjang untuk meniti karier menapak pada taraf yang lebih tinggi dan menambah pengalaman penugasan di tempat yang berbeda.Dikatakan pula bahwa seperti kita ketahui bersama, bahwa keberhasilan pencapaian tugas organisasi sangat tergantung pada kualitas pengawak organisasi terutama pemimpinnya. Pemimpin merupakan motor penggerak dinamika organisasi, terlebih lagi pemimpin merupakan pemegang peran sentral sebagai penentu arah dan kebijaksanaan strategis. Hal ini mengindikasikan bahwa tugas pada strata jabatan  di jajaran Lantamal IV akan semakin berat dan kompleks, terutama dihadapkan kepada perkembangan lingkungan yang sangat dinamis.
Untuk itu dukungan dan peran aktif anak buah perlu terus dipupuk serta dikembangkan melalui upaya pembinaan yang lebih profesional untuk meningkatkan kualitas pengabdian mereka.  Upaya tersebut harus diimbangi dengan perhatian terhadap permasalahan, kesejahteraan dan aspirasi anak buah, agar mereka dapat berperan secara optimal bagi organisasi,  hal yang lebih penting lagi adalah tampilan saudara sebagai pemimpin beserta keluarga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara haruslah mencerminkan  mantapnya kesetiaan total    terhadap kepentingan organisasi TNI/TNI AL, yang secara tegas   dinyatakan  dalam  Sapta  Marga,   Sumpah Prajurit, Trisila TNI Angkatan Laut dan Delapan Wajib TNI. Sehingga tuntutan tersebut, hanya dapat dicapai melalui peningkatan kualitas mental, intelektual dan profesi pribadi ke arah yang lebih tinggi, disertai upaya untuk mempererat hubungan dialogis yang mantap dan harmonis baik vertikal maupun horisontal.
Dikatakan pula bahwa secara obyektif harus kita akui bahwa selama ini Asintel Lantamal IV telah berhasil mengemban tugas, fungsi dan perannya dengan baik. apa yang telah dicapai tersebut merupakan     hasil kerja keras yang dilandasi oleh   semangat pengabdian yang tulus dari Asintel serta segenap anggota Intel Lantamal IV. Pada kesempatan disampaikan juga, atas nama pribadi dan seluruh jajaran Lantamal IV saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Joni Sudiyanto atas dedikasi, loyalitas dan sumbangan pemikirannya selama menjabat sebagai Asintel Danlantamal IV. dibawah kepemimpinan saudara, Sintel Lantamal IV telah mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan organisasi Lantamal IV. Selanjutnya menyampaikan salam saya kepada  Ny. Joni Sudiyanto atas jerih payahnya dalam mendampingi tugas-tugas suami, khususnya dalam keikutsertaan di pengurus Jalasenastri Kkorcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat. Dan kepada Kolonel Laut (P) M. Hamzah Soeryo Widodo, atas nama pribadi dan jajaran Lantamal IV saya menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan pemimpin TNI AL untuk memangku jabatan Asintel Komandan Lantamal IV. saya yakin, dengan pengalaman penugasan sebelumnya, saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.  kepada para pejabat dan perwira staf Lantamal IV saya perintahkan agar memberikan dukungan, bantuan dan kerja sama yang baik kepada pejabat Asintel yang baru. Asintel Danlantamal IV yang baru Kolonel Laut (P) M. Hamzah Soeryo Widodo sebelumnya berdinas di Lantamal IX Ambon sebagai Asintel sedangkan Kolonel Laut (P) Joni Sudiyanto akan menempati jabatan barunya di Sekmilpres Jakarta. (Dispen Lantamal IV)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27618/Default.aspx

KOLONEL LAUT (P) M. ZAINUDIN JABAT KADISPEN TNI AL
Jakarta, Rabu 24 Juni 2015-
Jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) resmi diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc. kepada pejabat baru Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H., Rabu (24/6), di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. Upacara serah terima jabatan Kadispenal dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., serta dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Widodo, M.Sc., para Irjenal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, serta para Kasatker Mabesal lainnya. Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. dalam amanatnya mengatakan, bahwa Dispenal yang bertugas membantu Kasal dalam pelaksanaan kegiatan penerangan meliputi penerangan pasukan, penerangan umum serta pembinaan sejarah di lingkungan TNI AL, sangat penting perannya dalam mempublikasikan, dan mensosialisasikan, berbagai kegiatan kedinasan dan kebijakan pemimpin  TNI AL, kepada seluruh personel TNI AL dan masyarakat. “Muara dari tugas berat yang dipikul tersebut adalah untuk mewujudkan citra positif TNI AL di tengah masyarakat,” katanya. Kasal menambahkan, dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional maupun nasional maka ke depan tugas TNI AL semakin kompleks  dan penuh dengan tantangan. Dalam era globalisasi dan keterbukaan informasi saat ini, peranan publikasi sangat penting sebagai brand making setiap institusi dalam mewujudkan tujuannya. disamping itu publikasi juga digunakan sebagai image building, untuk mewujudkan kepercayaan publik terhadap institusi yang bersangkutan. “Kepercayaan publik menjadi modal utama setiap insitusi dalam menjalankan misi dan mencapai visinya. Untuk itu Dispenal harus terus meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan fungsi penerangan, yang ditujukan untuk memberikan penerangan dan informasi yang aktual kepada masyarakat dan seluruh anggota TNI AL beserta keluarganya yang pada gilirannya dapat membangun dan meningkatkan opini positif tentang TNI AL,” tegas Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.
Pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H. yang saat ini duduk sebagai orang nomor satu di jajaran Penerangan Angkatan Laut, sebelumnya  menjabat sebagai Sekretaris Lembaga di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), dan merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-32 tahun 1987. Perwira Korps Pelaut kelahiran Magetan 3 Maret 1962 yang akan mendapat promosi bintang satu tersebut selama dinas di TNI AL banyak dihabiskan di lingkungan Armada, lembaga pendidikan, dan perencanaan, diantaranya pernah menjabat sebagai Komandan KRI Pulau Raas-722 dan Komandan KRI Nuku-373, Kadepdik Pusdikopsla Kodikal, Danlanal Bangka, Asops Lantamal X Jayapura, dan Asrena Pangkolinlamil serta  Asrena Pangarmabar.
Sebelum sertijab telah dilaksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan Kadispenal mencakup berbagai tugas dan program kerja yang telah, sedang dan yang akan dilaksanakan Dispenal ke depan oleh Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc. kepada Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H. dihadiri para Perwira Dispenal, bertempat di ruang rapat Dispenal, gedung B-4, lantai-1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Serta telah dilaksanakan pula serah terima jabatan Ketua Ranting D Gabungan Jalasenastri Mabesal dari Ny. Manahan Simorangkir kepada Ny. Zainudin.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27604/Default.aspx

EMPAT PATI TNI AL NAIK PANGKAT
Jakarta, Rabu 24 Juni 2015-
Empat orang Perwira Tinggi TNI AL memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Keempat Perwira Tinggi tersebut adalah Laksamana Muda TNI Bambang Riatmadji, S.E., M.M., menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Laksamana Muda TNI Sulaeman B. Nahor, S.E.,  menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil Panglima TNI, Mayjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan menjabat Dankodiklat TNI, dan Laksamana Pertama TNI Sudi Samiyono menjabat Pati Sahli Kasal Bid. Sumda Hanneg.
Upacara pelaporan kenaikan pangkat dihadapan Kepala Staf Angkataan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. dilakukan di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/6), setelah sebelumnya juga telah melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat di hadapan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur. “Atas nama pribadi dan segenap jajaran TNI AL, saya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi,” kata Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.  di hadapan keempat Perwira Tinggi yang naik pangkat tersebut. Kenaikan pangkat, lanjut Kasal, merupakan wujud pengakuan dan penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab pada jabatannya. Menurut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. Kenaikan pangkat juga merupakan kehormatan bagi para perwira, dengan konsekuensi untuk selalu menjaga, memelihara dan memberikan suri teladan dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari. “Oleh karena itu, dengan kenaikan pangkat ini hendaknya para perwira dapat lebih memahami tuntutan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar, serta memantapkan komitmen pengabdian dan mengembangkan kemampuannya sesuai dengan strata kepangkatan perwira tinggi,” pinta Kasal. Upacara pelaporan kenaikan pangkat empat Perwira Tinggi TNI AL tersebut digelar di gedung utama Mabesal dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Widodo, S.E, M.Sc., Irjenal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, serta para kasatker Mabesal. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27613/Default.aspx

18 PERWIRA TINGGI TNI NAIK PANGKAT
Jakarta, Rabu 24 Juni 2015-
Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko menerima laporan Korps Kenaikan Pangkat 18 Perwira Tinggi (Pati) TNI di ruang hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/6/2015).
Para Pati yang naik pangkat sebagai berikut : TNI AD 11 orang, yaitu Mayjen TNI Ruslian Hariadi (Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbud HAM Panglima TNI), Mayjen TNI Anas Alwi (Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI), Mayjen TNI Hadi Prasojo (Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI), Mayjen TNI Karsiyanto, S.E., (TA. Pengkaji Bid. Politik Lemhannas), Mayjen TNI dr. Ponco Agus Prasojo, Sp.B., KDB., (Kapuskes TNI), Brigjen TNI Slamet Basuki (Pa Sahli Tk.II Bid. Wassus dan LH  Panglima TNI), Brigjen TNI Iskandar M. Munir (Dirkomcad Ditjen Pothan Kemhan), Brigjen TNI Kasim Genawi, S.I.P., (Kasgartap I/Jkt), Brigjen TNI dr. Hardjanto, Sp.B., (Ka RSPAD GS Ditkesad), Brigjen TNI Ilyas Alamsyah (Waaspam Kasad), dan Brigjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS., (Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan Penjamin Mutu Unhan).
TNI AL 4 orang, yaitu Laksda TNI Bambang Riatmadji, S.E., M.M., (Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI), Laksda TNI Sulaeman B. Nahor, S.E., (Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil Panglima TNI), Mayjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan (Dankodiklat TNI), dan Laksma TNI Sudi Samiyono (Pati Sahli Kasal Bid. Sumda Hanneg) dan TNI AU 3 orang, yaitu Marsda TNI Dedy Nita Komara, S.E.,  (TA. Pengajar Bid. Ideologi Lemhannas), Marsda TNI Supomo, S.I.P., M. Sc., (Waka Bais TNI), dan  Marsma TNI Umar Sugeng Hariyono, S.I.P., S., M.M., (Danlanud Halim PK).
Panglima TNI dalam sambutannya mewakili seluruh prajurit TNI ikut bangga, hormat  dan menaruh harapan atas kenaikan pangkat tersebut, dibalik kenaikan pangkat ada suatu harapan dan harapan tersebut sangat tinggi untuk itu kita harus merenung apa yang sudah kita berikan buat prajurit kita, harapannya begitu tinggi tetapi kita kadang-kadang suka abai terhadap harapan prajurit. Harapan prajurit itu sederhana, yaitu seorang pemimpin yang selalu memberikan kebajikan kepada bawahannya. Apabila kita memberikan kebajikan kepada bawahan kita pasti bawahan akan memberikan loyalitasnya kepada organisasi, loyal kepada negara dan itulah bentuk kesetiaan. “Saya berharap kenaikan pangkat ini memberi dorongan bagi kita agar semakin baik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada prajurit kita serta selalu menebarkan kebajikan kepada prajurit kita, agar terjalin keharmonisan didalam organisasi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai”, ucap Panglima  TNI. Hadir pada acara tersebut,  Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, Kasum TNI Marsdya TNI Dede Rusamsi, para Asisten Panglima TNI dan Angkatan, Kapuspen TNI serta ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Koes Moeldoko beserta Ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Pertiwi. (Puspen TNI)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27596/18-PERWIRA-TINGGI-TNI-NAIK-PANGKAT.aspx

LETKOL LAUT (E) IWAN SETIAWAN JABAT ASINTEL DANLANTAMAL IX AMBON
Ambon, Senin 22 Juni 2015-
Letkol Laut (E) Iwan Setiawan resmi menjabat sebagai Asintel Danlantamal IX Ambon, setelah melaksanakan acara Serah terima jabatan (Sertijab) Asintel Danlantamal IX dari Kolonel Laut (P) Moch. Hamzah Soerjo Widodo, S.E. kepada Letkol Laut (E) Iwan Setiawan di kantor Urpam Denma Lantamal IX Ambon. Senin, (22/06/2015). Kegiatan tersebut, dihadiri Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Joko Supriyanto, para Asinten Danlantamal IX, Komandan KRI Teluk Ende – 517 Letkol Laut (P) Dwi Atmojo, para Kadis/Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX Ambon. Letkol Laut (E) Iwan Setiawan merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke – 41. Sebelum bertugas di Setmil Presiden RI sebagai Kasubbag Pamsus Lidpamsus. Sebelum dilaksanakan acara serah terima jabatan Asintel Danlantamal IX dilaksanakan peresmian Kantor Urpam dan penyerahan secara simbolis motor Walsus kepada Asintel Danlantamal IX Ambon. Dalam amanatnya, Danlantamal IX menyampaikan bahwa hasil renovasi kantor Urpam (Urusan Pengamanan) Denma Lantamal IX merupakan hasil kerja keras dari Sintel Lantamal IX beserta staf. Selain itu, dukungan dari keluarga dan istri dapat menjadikan kantor Urpam Lantamal IX menjadi lebih baik. Kolonel Laut (P) Moch. Hamzah Soerjo Widodo, S.E., selanjutnya akan menjabat sebagai Asintel Danlantamal IV Tanjung Pinang. Kegiatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat, pemberian cindera mata dan buka puasa bersama.
(Dispen Lantamal IX)
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27570/Default.aspx