Sertijab 1-10 Agustus 2015

BENTENGI PERAIRAN WILAYAH LAUT KALIMANTAN BARAT, TNI AL DIRIKAN PANGKALAN UTAMA ANGKATAN LAUT XII
Guna membentengi perairan di wilayah Kalimantan Barat dari segala macam bentuk ancaman, gangguan, dan hambatan yang dapat mengancam keselamatan Negara, TNI AL mendirikan Pangkalan Utama TNI AL XII sebagai pangkalan baru melalui peningkatan status dari yang semula Pangkalan Kelas B (Lanal Pontianak) menjadi
Pangkalan Utama TNI Angkata Laut (Lantamal) XII.  Upacara peresmian berlangsung di Lapangan Mako Lantamal XII Pontianak, dan bertindak selaku inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Peningkatan kelas Pangkalan TNI AL Pontianak menjadi Pangkalan Utama  TNI Angatan Laut XII Pontianak didasari Perpang TNI No.12 tahun 2015 tanggal 9 Juni 2015 tentang Pengesahan Validasi Organisasi dan Tugas Lantamal XII Pontianak, Lantamal XIII Tarakan, dan Lantamal XIV Sorong. Peningkatan kelas ini juga didasari Peraturan Kasal Nomor 3  tahun 2015 tanggal 30 Juni 2015 tentang Peningkatan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kelas B Pontianak Menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII. Pada kesempatan tersebut dilantik pula Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si. menjadi Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak  menggantikan pejabat lama Komandan Lanal Pontianak Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi. Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si. yang promosi bintang satu ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pendidikan (Dirdik) Komando Pengembangan TNI AL (Kobangdikal) di Surabaya, sedangkan Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wadan Lantamal IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
Menurut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. peningkatan status Lanal Pontianak menjadi Lantamal XII  diharapkan dapat menambah gelar pangkalan TNI Angkatan Laut yang ideal guna meningkatkan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut yang beroperasi di perairan wilayah barat khususnya Alur Laut Kepulauan I (ALKI) I dan wilayah Provinsi Kalimantan Barat. “Perairan di wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya seperti di Laut Natuna dan Perairan Kepulauan Riau, selain memiliki potensi kekayaan sumber daya laut melimpah juga menjadi sasaran para pelaku illegal fishing maupun pencurian sumber daya lainnya. Perairan ini pun memiliki potensi kerawanan konflik perbatasan maritim dengan negara tetangga serta memiliki potensi tindakan kejahatan maritim lintas negara lainnya, maka menjadi suatu konsekuensi logis perlunya peningkatan status Pangkalan TNI Angkatan Laut di Pontianak,”  kata Kasal. Peningkatan status ini diikuti oleh naiknya kelas jabatan tampuk pimpinan di satuan tersebut, yang tadinya seorang pamen berpangkat kolonel menjadi perwira tinggi bintang satu. Sebanyak 1.300 personel ditargetkan menjadi bagian penguatan personel Lantamal XII Pontianak. Sebelumnya, saat berstatus Lanal, hanya diawaki oleh 280 personel.
Selain itu pembangunan Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak sendiri direncanakan dimulai pada tahun 2016 mendatang, disertai pula dengan pembangunan berbagai fasilitas pendukung operasional lainnya seperti, pembangunan Mako Lanal Sambas, Mako Lanal Ketapang, perumahan bagi para personel dan penembatan satu Batalyon Korps Marinir di Mempawah. Dengan peningkatan status ini, maka konsentrasi penjagaan wilayah perairan Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga akan lebih maksimal. “Dengan peningkatan status ini, maka konsentrasi penjagaan wilayah perairan Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga akan lebih maksimal,” tegas orang pertama di jajaran TNI AL tersebut. Hadir pada upacara tersebut Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H., Ketua DPRD Kalbar M. Kebing, Walikota Pontianak Sutarmidji, Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin, pejabat utama Mabesal dan para Pangkotama TNI AL, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Toto Rinanto S., Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E., Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto M. Si., Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi beserta pengurus PP Jalasenastri, serta para pejabat sipil dan militer, serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Bertindak selaku Komandan Upacara, Letkol Laut (P) Hariyo Poernomo, S.E, M.M. yang jabatan sehari-harinya sebagai Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun, Kepri. Kasal juga menambahkan, terealisasinya peningkatan status Pangkalan TNI Angkatan Laut Pontianak ini, tidak terlepas dari dukungan dan bantuan Gubernur beserta seluruh jajaran Pemda Kalbar, khususnya walikota Pontianak, jajaran satuan TNI/Polri, instansi terkait dan segenap lapisan masyarakat di wilayah Pontianak. “Untuk itu, atas nama TNI Angkatan Laut, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, disertai harapan semoga bantuan dan dukungan serta koordinasi maupun kerja sama yang selama ini terjalin, dapat terus dipelihara dan ditingkatkan pada masa mendatang,” harap Kasal.
Benteng Samudera Wilayah Perairan Kalimantan Barat
Wilayah kerja Lantamal XIIl Pontianak terletak di Provinsi Kalimantan Barat yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan dan berada pada corong strategis  Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I serta berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia. Perairan ini memiliki kerawanan pelanggaran hukum di laut yang meliputi pelanggaran wilayah, illegal fishing, illegal logging, peredaran obat-obatan terlarang dan perdagangan manusia. Peran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak sangatlah vital dalam mendukung ketahanan operasional KRI dan Pesud dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan di wilayah Laut Cina Selatan. Dalam pencapaian tugas pokok TNI AL, peran pangkalan sangatlah penting karena operasi laut tidak akan berjalan dengan optimal tanpa diimbangi oleh aspek dukungan yang baik dan memadai dari sebuah pangkalan. Guna menempatkan kedudukan yang proporsional, maka peran maupun fungsi pangkalan sebagai tempat pemangkalan, pembekalan, penyelenggaraan, pemeliharaan  dan perbaikan unsur-unsur operasional TNI Angkatan Laut serta perawatan personel (dikenal dengan 5 R: Rebase, Replenishment, Repair, Rest, and Recreation) terus dikembangkan kemampuannya.
Atas dasar pertimbangan tersebut, maka Lanal Pontianak ditingkatkan statusnya dari Pangkalan Kelas B (Lanal) menjadi Pangkalan Utama (Lantamal). Kedudukan Lantamal XII merupakan  kepanjangan tangan dari Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) dan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Keterangan Foto:
1.Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. saat menyaksikan penandatangan berita acara oleh Komandan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si. (Foto : Dispenal)
2.Melaksanakan foto salam komando seusai upacara, dari kiri: Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E., Komandan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si., Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi. (Foto: Dispenal)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28312/Default.aspx

UPACARA PENYERAHAN JABATAN WADAN LANTAMAL IV
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.Sc mememimpin upacara penyerahan jabatan wakil Komandan Lantamal IV (Wadan Lantamal IV) yang di jabat Kolonel Laut (P) Wahyudi H.Dwiyono, M.M diserahkan kepada Komandan Lantamal IV berlangsung di Aula Serbaguna  Yos Soedarso Mako Lantamal IV Jl. Yos Soedarso No.1 Batu Hitam Selasa (04/08).
Dalam sambutanya Komandan Lantamal IV mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada  Kolonel Laut (P)Wahyudi H.Dwiyono, M.M atas kerjasama dalam mengkoordinir dan melaksanakan tugas pokok Lantamal IV dengan penuh loyalitas dan dedikasi, tak lupa  juga ucapan terimakasih  kepada Ny.Sudewi Indrijawati dan keluarga  yang telah mendampingi  dan banyak membantu  tugas –tugas suami selama  berdinas di Lantamal IV Tanjungpinang dan turut andil dalam kegiatan Jalasenastri Korcab IV  Daerah Jalasenastri Armada Barat(DJAB).
Kolonel Laut(P) Wahyudi H.Dwiyono, M.M menjabat sebagai Wadan Lantamal IV sejak 19 Maret 2014 s/d 04 Agustus 2015, selanjutnya mendapat jabatan baru sebagai Komandan Pangkalan Utama (Danlantamal) XIII  Tarakan yang dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut.
Turut hadir dalam penyerahan jabatan tersebut, para Asisten Danlantamal IV,Komandan Wing Udara 2,  Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV serta perwira Mako Lantamal IV.
(Dispen Lantamal IV)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28254/UPACARA-PENYERAHAN-JABATAN-WADAN-LANTAMAL-IV.aspx

JABATAN DIREKTUR PENDIDIKAN KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN
Jabatan Direktur Pendidikan (Dirdik) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahkanterimakan dari Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si (Han) kepada Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E. Adapun prosesi serah terima jabatan yang berlangsung secara sederhana ini, dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., di ruang rapat Inspektorat Gedung Ki Hadjar Dewantara Kesatrian Bumimoro Kobangdikal, Selasa, (4/8). Jabatan Dirdik Kobangdikal ini diserahterimakan kepada Dankobangdikal, karena pejabat yang lama yaitu Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si (Han) akan segera melaksanakan tugas yang baru sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), sementara penggantinya belum ada.
Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., dalam amanatnya mengucapkan selamat dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si (Han), selama menjabat sebagai Dirdik Kobangdikal. Semoga kepercayaan dan amanah dari pemimpin dapat direfleksikan dalam bentuk peningkatan semangat pengabdian yang tulus kepada bangsa dan Negara khususnya TNI Angkatan Laut tercinta, sekaligus ucapan terima kasih kepada Ny. Heru Santoso yang telah setia mendampingi Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si (Han), melaksanakan tugas-tugas di Kobangdikal, sekaligus peran sertanya dalam kegiatan cabang 1 Jalasenastri kobangdikal.bDiakhir amanatnya, Komandan Kobangdikal menyampaikan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru. Dengan bekal pendidikan dan pengalaman di berbagai penugasan, Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si (Han) akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Semoga Tuhan Yang maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungann-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian pada TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara dimanapun berada”, tegasnya.
(Pen Kobangdikal)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28248/Default.aspx

SERTIJAB KOMANDAN KAL SAMALONA i-6.02
Serah terima jabatan Komandan KAL Samalona i-6.02 dari Letda Laut (P) Mochamad Haris kepada Letda laut (P) Hadi Sutopo bertempat di Dermaga Layang Lantamal VI, 04/08/2015.
Dalam Amanat Irup yang dibacakan Dansatkamla Mayor Laut (P) Mahfud E. mengatakan upacara sertijab ini merupakan salah satu realisasi pola pembinaan personel TNI AL dalam rangka kaderisasi pemimpin – pemimpin TNI AL di masa kini maupun di masa mendatang. Disisi lain serah terima jabatan merupakan kesempatan maupun peluang bagi para perwira untuk mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan konseptualnya sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih sebar dan dinamis. Lebih lanjut dikatakan, KAL Samalona I-6.02 mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan patrol keamanan laut dalam rangka penegakan hukum di laut untuk menjaga keamanan yuridiksi perairan Indonesia dari berbagai ancaman dan tindakan pelanggaran laut, sehingga diperlukan pengawasan secara terus menerus dalam menjamin keamanannya. Karena itu KAL Samalona I-6.02 merupakan salah satu unsur patroli di jajaran Lantamal VI Makassar yang diharapkan mampu melaksanakan patrol laut sehingga tercipta stabilitas keamanan dilaut yang berada diwilayah tugas dan tanggung jawabnya Sertijab Komandan KAL Samalona I-6.02 dihadiri  seluruh anggota KAL Samalona dan perwakilan Bintara Tamtama Lantamal VI.
(Dispen Lantamal VI)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28233/SERTIJAB-KOMANDAN-KAL-SAMALONA-i602.aspx