1-9 Peb 2016

PEMBACAAN MEMORANDUM SERTIJAB DANGUSKAMLATIM
9 Pebruari 2016-
Bertempat di Rumah Jabatan (Rumjab) Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Timur (Danguskamlatim), telah dilaksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan Komandan Guskamlatim dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., kepada Kolonel Laut (P) I.N.G. Sudihartawan. Surabaya. Senin, (09/02). Setelah menyerahkan jabatan Komandan Guskamlatim selanjutnya Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 1988 akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), sedangkan Kolonel Laut (P) ING Sudihartawan
yang merupakan Alumni AAL Tahun 1987 sebelumnya menjabat Staf Ahli Pangarmatim.
Pada kesempatan tersebut Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., menyampaikan program kerja Guskamlatim menyangkut apa yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh Guskamlatim serta  mengharapkan kepada Komandan Guskamlatim yang baru agar dapat meneruskan dan meningkatkan kinerja Guskamlatim dalam menghadapi tugas-tugas dimasa mendatang. Acara pembacaan memorandum tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Guskamla Kolonel Laut (P) Sutarmono, para Asisten Danguskamlatim serta para Perwira Guskamlatim. Diwaktu dan tempat yang sama juga dilaksanakan Memorandum Ketua cabang 12 Jalasenastri Armada Timur dari Ny. Robert Wolter Tapangan kepada Ny. Sudihartawan.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27082/PEMBACAAN-MEMORANDUM-SERTIJAB-DANGUSKAMLATIM.aspx

DANSTROL KOARMATIM MENERIMA JABATAN KOMANDAN KRI SURA-802
6 Pebruari 2016-
Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi selaku Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Komando Armada RI kawasan Timur (Koarmatim) memimpin jalannya penyerahan  jabatan Komandan KRI Sura-802 Mayor Laut (P) Agus Supriyo yang di gelar di ruang rapat Satrol Koarmatim. Sabtu (06/02). Dalam amanatnya Dansatrol Koarmatim mengucapkan terimakasih kepada Mayor Laut (P) Agus Supriyo  yang telah memimpin dan mendinamisasikan KRI Sura – 802, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas operasi yang diemban dengan baik. Mayor Laut (P) Agus Supriyo merupakan AAL angkatan 47 tahun pengangkatan1998-2001, setelah menyerahkan jabatan Komandan KRI Sura – 802 selanjutnya akan melaksanakan Dikreg Seskoal tahun 2016 di Cipulir, Jakarta. Penyerahan jabatan ini di hadiri oleh Komandan unsur Satrol, para Perwira unsur Satrol serta perwira Staf Satrol Koarmatim. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27070/Default.aspx

DANLANTAMAL V KUKUHKAN KEPALA KEUANGAN WILAYAH LANTAMAL V
3 Pebruari 2016-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.Ap. mengukuhkan Letkol Laut (S) Agus Mulyanto sebagai Kepala Keuangan Wilayah Lantamal V (Kakuwil) yang digelar di Lobi Utama Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Rabu, (3/2). Dalam acara pengukuhan Kakuil yang merupakan pejabat baru di jajaran Lantamal V ini dihadiri Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E., M.M., para Asisiten Danlantamal V, Para Kasatker, para Kadis, Pekas Lantamal V, Kepala Akun Lanal Cilacap, Lanal Tegal, Lanal Jogyakarta, Lanal Semarang, Lanal Batuporon, Lanal Banyuwangi, Lanal Malang dan Lanal Bali. Menurut Danlantamal V, pengukuhan jabatan Kakuil ini pada hakekatnya merupakan pemberian  tugas wewenang dan tanggung jawab jabatan sebagai Kepala Keuangan Wilayah dan juga sebagai bagian proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi di jajaran Lantamal V.
Kakuil lanjut Rudy -sapaan akrab Danlantamal V ini- Kuil adalah organisasi badan keuangan dilingkungan TNI AL yang baru diwujudkan dengan dibentuknya organisasi keuangan wilayah (Kuwil) dan membawahi sekaligus sebagai koordinator para Ka-akun (pekas) disatker-satker di lingkungan TNI AL.
Organisasi Kuwil ini lanjutnya diharapkan dapat menyiapkan perangkat dan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pemberlakuan organisasi keuangan yang berbasis Dipa Daerah (Dipa otorisasi) yang bertujuan untuk mempercepat penyaluran mekanisme anggaran sampai ke pengguna anggaran.
Hal ini mengacu kepada peraturan Panglima TNI (Perpang) TNI no 42 tanggal 2 Desember 2015. Dengan pentingnya pengukuhan Kuwil ini, Danlantamal V mengharapkan kepada seluruh Akun (pekas) untuk melaksanakan administrasi sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini, sehingga setelah pelaksanaan pengukuhan ini dapat diteruskan dan  diterapkan disetiap satker masing-masing.
Tentang pelaksanaan pengelolaan dana APBN tahun 2016 yang disalurkan melalui Dipa Daerah dan proses pengalihan administrasi belanja pegawai dari KPPN ke satker. (Dispen Lantamal V)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26991/Default.aspx

MAYOR LAUT (P) ERWIN BAHARUDIN JABAT KOMANDAN KRI TELUK GILIMANUK-531
1 Pebruari 2016-
Komandan Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatfibarmabar) Kolonel Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M., memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan KRI Teluk Gilimanuk-531 dari Mayor Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo kepada Mayor Laut (P) Erwin Baharudin, Senin (1/2). Sertijab tersebut dilaksanakan di Geladak Utama KRI Teluk Gilimanuk-531 yang tengah sandar di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Dansatfibarmabar dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa serah terima jabatan Komandan KRI merupakan wujud dari kepercayaan dan penghormatan Pemimpin TNI AL yang diberikan kepada pejabat yang bersangkutan serta merupakan perwujudan dari suatu organisasi yang dinamis agar tercipta suasana dan semangat baru di lingkungan organisasi. Lebih lanjut dikatakan Dansatfibarmabar, dinamika tantangan tugas Armada Republik Indonesia khususnya Koarmabar di masa mendatang tentunya akan semakin berat dan kompleks. Untuk itu setiap Komandan KRI memiliki tugas dan tanggung jawab untuk selalu membina kesiapsiagaan serta kemampuan alutsista, maupun personel agar senantiasa siap, profesional serta memiliki semangat juang yang tinggi, sehingga senantiasa mampu hadir di laut guna melaksanakan tugas pokok yakni menjaga keutuhan wilayah, menegakkan dan mempertahankan kedaulatan negara serta menegakkan hukum di wilayah laut Nusantara. Pada kesempatan tersebut, Dansatfibarmabar memberikan beberapa penekanan kepada segenap Prajurit KRI Teluk Gilimanuk-531, untuk senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengembangkan pola-pola pembinaan dalam mengemban fungsi komando operasioal untuk membina kesiapsiagaan dan kemampuan alutsista, menjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan satker jajaran Koarmabar, meningkatkan kreativitas serta inovasi dalam rangka optimalisasikan pembinaan dan  pendayagunaan sumber daya yang ada untuk mendukung keberhasilan tugas operasional.
Upacara sertijab tersebut dihadiri para Perwira Staf Satfibarmabar serta diikuti seluruh prajurit KRI Teluk Gilimanuk-531. (Dispenarmabar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26950/Default.aspx

JABATAN DANLANTAMAL IV TANJUNGPINANG DISERAHTERIMAKAN
1 Pebruari 2016-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R. bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Parade Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV dari Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc, kepada Kolonel Laut (P) S. Irawan, S.E. yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lantamal IV Batu Hitam Tanjungpinang, Senin (1/2/2016). Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc. menjabat sebagai Danlantamal IV sejak 18 Juli 2014 s/d 1 Februari 2016, pada hari ini akan diserahterimakan dalam suatu upacara militer, selanjutnya beliau akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Komandan (Wadan) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir Jakarta. Sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (P) S. Irawan, S.E. sebelumnya menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmabar. Dan pada hari ini Senin 1 Februari 2016 secara resmi menjabat sebagai Komandan Lantamal IV Tanjungpinang yang ke-12, pria berasal dari suku Jawa kelahiran Fak-Fak ini merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan-33. Sejak mengawali kariernya di TNI AL beliau dibesarkan  di satuan pasukan khusus TNI AL yaitu Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), beberapa jabatan yang di sandang antara lain Komandan Detasemen-1 Sabotase/Anti Sabotase Satuan Komando Pasukan Katak Armada Barat yang berkedudukan di Jakarta, pada tahun 2000 dipercaya menjabat sebagai Dansatrol Lantamal I Belawan, setelah menyelesaikan Dikseskoal kembali dipercaya menjabat sebagai Komandan KRI Layang dan pada tahun 2004 menjabat sebagai Pasops Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim Surabaya, selanjutnya tahun 2005-2008 dipercaya sebagai Komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar Jakarta yang bermarkas di Pondok Dayung Jakarta, pada tahun 2008 dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Lanal Banten, tahun 2010 menjabat sebagai Asintel Gugus Tempur Laut (Guspurlatim) Armada Timur, selanjutnya tahun 2011 dipercaya sebagai Asintel Pangkolinlamil Jakarta, pada tahun 2013 menjabat sebagai Asintel Pangarmabar dan berdasarkan Telegram Kasal Nomor 016/SPER/0116 TWU 0120 1030 mendapatkan kepercayaan promosi jabatan sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Tanjungpinang. Lantamal IV adalah salah satu Komando Pelaksana Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang berkedudukan di Tanjungpinang, membawahi beberapa Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di antaranya Lanal Batam, Lanal Ranai, Lanal Tarempa, Lanal Dabo Singkep, Lanal Tanjung Balai Karimun dan satu Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi. Sedangkan tugas-tugas yang berhubungan dengan patroli keamanan laut Lantamal IV dan pangkalan di bawah jajarannya didukung   Kapal Angkatan Laut (KAL), Patroli Keamanan Laut (Patkamla) serta speed boat, combat boat, sea rider. Lantamal IV mempunyai tugas pokok melaksanakan  dukungan logistik dan administrasi bagi satuan operasional TNI Angkatan Laut atau unsur-unsur Koarmabar maupun unsur lainnya yang melaksanakan operasi di wilayah kerja Lantamal IV. Dalam amanatnya, Pangarmabar menegaskan bahwa “Lantamal IV akan terus meningkatkan kinerja dan kerjasama dengan semua komponen dalam mengamankan wilayah perairan kepulauan Riau, sehingga predikat perairan Indonesia, khususnya Selat Malaka yang dipersepsikan sebagai the most dangerous waters yaitu perairan yang tidak aman dan berbahaya, dapat ditekan seminimal mungkin.
Dikatakan pula “Keberhasilan Western Fleet Quick Response (WFQR) Koarmabar/Lantamal IV dan jajaran Lanal-Lanal dalam mengatasi dan menindak pelaku kejahatan perompakan di Selat Malaka telah mendapatkan apresiasi yang positif dari negara-negara Asia Tenggara serta mendukung terhadap apa yang telah dilakukan oleh Koarmabar/Lantamal IV dengan Tim WFQR-nya untuk mengatasi dan menindak pelaku kejahatan perompakan di Selat Malaka.” Lebih lanjut Pangarmabar menegaskan “Dengan kepercayaan tersebut, kata Danlantamal IV kami akan menggunakan setiap aset yang ada di bawah komando Lantamal IV sesuai dengan kewenangan yang dimiliki dan terus meningkatkan operasi intelijen untuk mendeteksi dan memerangi setiap kejahatan di laut, utamanya yang terkait dengan kejahatan lintas negara atau transnational crimes.” Berbagai prestasi dan kemajuan telah dicapai Lantamal IV Tanjungpinang selama kepemimpinan Laksma TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., dari hasil data operasi Lantantamal IV selama tahun 2015 berhasil memeriksa kapal sebanyak 118 kapal, diijinkan melanjutkan pelayaran 82 kapal sedangkan yang diproses hukum 36 kapal. Selama tahun 2015 pelanggaran terhadap penangkapan ikan oleh Kapal Ikan Asing (KIA) tanpa dilengkapi dokumen yang sah sangat menonjol hal ini dibuktikan selama kurun waktu 2015 diwilayah Kepulauan Riau yang menjadi wilayah kerja Lantamal IV sudah menenggelamkan sebanyak 23 Kapal Ikan Asing (KIA) yang telah berkekuatan hukum tetap dengan rincian Lanal Ranai 14 Kapal Ikan Asing (KIA), Lanal Tarempa 9 Kapal Ikan Asing (KIA). Sementara itu kecelakaan laut/SAR selama tahun 2015 terjadi 12 kali terjadi kecelakaan laut.
Beberapa prestasi yang telah ditorehkan Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV selama tahun 2015 antara lain sebagai berikut :
1. Pada 5 Maret 2015 berhasil menangkap 6 perompak yang mencoba melakukan aksinya di Tanjung Uncang Batam.
2. Pada 7 April berhasil menangkap 5 orang perompak yang beroperasi di Selat Singapura dan Selat Malaka tepatnya di pantai Sungai Langkai Batam Kepri.
3. Pada 28 Mei 2015 Tim WFQR IV Lanal Batam berhasil mengamankan 2 orang WNA Inggris yang berupaya melakukan pembuatan film documenter tentang perompakan di selat Malaka tanpa ijin.
4. Pada 20 Juni 2015 Tim WFQR IV Lanal Batam menemukan Tug Boat Malabo di perairan Batam yang digunakan sebagai sarana melakukan perompakan MT. Orkim Harmony.
5. Pada 3 Juli 2015 Tim WFQR Lanal Batam gagalkan penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu di pantai Nongsa Beach Batam, berawal dari penangkapan TKI illegal dari Malaysia senilai 500 juta.
6. Pada 28 Agustus 2015 Team WFQR Lanal Batam menangkap pelaku pembajak MT. Orkim Harmony yang berinisial A.J.
7. Pada 22 Oktober 2015 Team WFQR Lanal Tanjung Balai Karimun berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti dari hasil perompakan di perairan Pulau Parit Tanjung Balai Karimun (Kelompok MZ).
8. Pada 20 Oktober 2015 KRI Kujang-642 menggagalkan aksi Perompakan BBM TB Bukit Prima 01 dan menangkap 1 buah boat pancung serta 4 orang tersangka di perairan Tanjung Datuk Kepri.
9. Pada 15 Nopember 2015 Tim WFQR IV Lanal Tanjung Balai Karimun dan Koarmabar berhasil mengamankan 12 orang tersangka perompak 7 (tujuh) orang tergabung dalam kelompok perompak MV. Merlin, sedangkan 5 (lima) orang tergabung dalam kelompok perompak MV. Diamond Star.
10.Pada 15 Desember 2015 Tim WFQR berhasil menangkap dan membongkar sindikat besar perompak BBM MT. Joaquim berbendera Singapura.
Turut menghadiri acara Upacara Parade serah terima jabatan diantaranya Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Kabinda Kepri, Danrem 033/WP, Kapolda Kepri, Ketua DPRD Kepri, Kajati Kepri, Danlantamal I Belawan, Danlantamal III Jakarta, Danlantamal XII Pontianak, Danguskamlabar, dan Danlanud Tanjungpinang.
(Dispen Lantamal IV)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26943/Default.aspx