10-18 Mei 2016


SERAH TERIMA JABATAN PERWIRA STAF OPERASI KOLATMAR
= Rabu 18 Mei 2016 =
Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir Imam Sopingi memimpin serah terima jabatan Perwira Staf Operasi Kolatmar dari Letkol Marinir Dede Harsana kepada Letkol Tedy Basuki di ruang rapat Mako Kolatmar Grati Pasuruan, Rabu (18/05/2016). Dalam amanatnya, Dankolatmar menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan kesinambungan pembinaan satuan dan dinamisasi suatu organisasi, hal ini bukan saja diarahkan untuk mendorong semangat pembaruan dan peyegaran pemikiran ruang diorentasikan pada peningkatan kinerja organisasi. Pergantian jabatan juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas organisasi sehingga lebih efektif dalam melaksanakan tugas pokoknya dan mampu menghasilkan
output yang sesuai harapan dari waktu ke waktu. Sertijab tersebut, lanjut orang nomor satu dijajaran Kolatmar  juga sebagai peluang dan tantangan untuk membangun reputasi dan inovasi serta kemampuan konseptual yang dapat dikembangkan. Dengan harapan mampu membawa manfaat bagi organisasi dalam rangka menyikapi fenomena perkembangan lingkungan strategis yang multi dimensional. Kepada Letkol marinir Tedy Basuki, Komadan Kolatmar mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan Korps Marinir untuk menduduki jabatan Pasops Kolatmar yang baru. Serta Kepada Letkol Marinir Dede Harsana, Komandan Kolatmar beserta seluruh anggota Kolatmar mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas prestasi, dedikasi, loyalitas selama menjabat sebagai Pasops demi memajukan Kolatmar, dan mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Wakil Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir. Usai Sertijab, acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh Komandan Kolatmar kepada Letkol Marinir Dede Harsana dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Lobi Mako Kolatmar. Acara tersebut dihadiri oleh Komandan Puslatsus Letkol Marinir Abdus Samad, Komandan Puslatpasrat Letkol Marinir Bayu Kelana Putra, Komandan Puslatpurmar 3 Grati Letkol Marinir Argo Setiyono, Komandan Puslatpurmar 4 Purboyo Arif Miftakudin dan Komandan Puslatpurmar 7 Lampon Mayor Mar R.A. Purba serta seluruh Perwira Staf Kolatmar. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29184/Default.aspx

SERTIJAB KADISHARKAN LANTAMAL X DAN PENANDATANGANAN BERITA ACARA SERTIJAB KEPRIMKOPAL MAKO LANTAMAL X
= Rabu 18 Mei 2016 =
Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. bertindak selaku Irup dalam upacara penyerahan jabatan dari Letkol Laut (KH) Rofi'i Asnor kepada Danlantamal X dan penandatanganan berita acara Sertijab Keprimkopal Mako Lantamal X, Rabu (18/5/2016) di Gedung Aula Satkamla Lantamal X, Jalan Samratulangi, Jayapura. Upacara ditandai dengan penanggalan serta penandatanganan naskah serah terima jabatan, yang diakhiri dengan laporan resmi kepada Inspektur Upacara. Dalam amanatnya Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. mengatakan, mutasi jabatan, pindah penugasan baik yang bersifat tour of duty maupun tour of area di organisasi TNI Angkatan Laut, pada hakikatnya merupakan rangkaian pembinaan personel, proses pematangan dan pembekalan pengalaman pengawak organisasi. Dengan dilaksanakannya tour of duty maupun tour of area, diharapkan dapat menciptakan suasana baru, semangat baru dalam organisasi, serta mendorong kreatifitas dan semangt bagi setiap pengawak organisasi, apalagi dalam sebuah pangkalan TNI AL, tutur Danlantamal X. Fungsi Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan memegang peran penting dalam mengoptimalkan kondisi teknis Alutsista yang dimiliki, sehingga peran operasional kondisi dalam mengamankan perairan yang menjadi tanggung jawab pangkalan, lanjut Danlantamal X. Pada bagian lain Danlantamal X mengungkapkan, patut disyukuri dan diakui bahwa Disharkan Lantamal X, telah mamapu mendukung kegiatan operasional, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini tentunya karena sistem managerial dan kinerja yang diterapkan oleh pejabat Kadisharkan selama ini. Apalagi selama ini jabatan Kadisharkan juga merangkap jabatan Keprimkopal, yang mana diketahui bàhwa Keprimkopal selalu dituntut untuk mamapu memberi perhatian dalam mengantisipasi dan mendukung dinamika kegiatan, baik yang terprogam maupun yang insidentil. "Dan hal tersebut telah dilaksanakan dengan baik, begitu pula dalam menjalin hubungan kerja dengan mitra usaha, sehingga pada kesempatan yang baik ini, dan dengan telah dihasilkannya ketua Keprimkopal yang baru hasil Ràpat Anggota Luar Biasa hari Jumat (13/5/2016), kita menaruh harapan besar kepada Keprimkopal yang baru, agar upaya yang telah dirintis, dapat dilanjutkan, dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga Primkopal lebih dapat dirasàkan manfaatnya bagi seluruh Prajurit dan PNS," katanya. Hadir dalam acara tersebut Para Asinten Danlantamala X, Para Kadis/Kasatker Lantamal X, Pengurus Jalasenasteri Korcab X DJAT, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Mako Lantamal X. (Dispen Lantamal X)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29170/Default.aspx

LETKOL MARINIR BURHANUDIN JABAT KOMANDAN BATALYON INFANTERI-5 MARINIR
= Rabu 18 Mei 2016 =
Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos secara resmi melantik Letkol Marinir Burhanudin sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir yang baru dalam upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir di lapangan apel Kesatrian Suroto II Ujung, Surabaya, Rabu (18/5/2016). Mantan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI Merauke tersebut dilantik sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir menggantikan pejabat lama Letkol Marinir Freddy Ardianzah yang akan menempati jabatan baru di Kodikmar Kobangdikal. Dalam amanatnya, Komandan Brigif-1 Marinir mengatakan, serah terima jabatan pada hakekatnya mengandung dua makna strategis ditinjau dari aspek pembinaan yaitu sebagai bagian penting dari upaya mendinamisasikan organisasi agar tetap mampu menghadapi perkembangan lingkungan dan dinamika tantangan tugas ke depan serta sebagai bagian dari proses pembinaan Korps Marinir  agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Disamping itu, serah terima jabatan juga sebagai wujud kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan Korps Marinir TNI AL yang diberikan kepada pejabat yang bersangkutan Batalyon Infanteri-5 Marinir, lanjutnya, merupakan kekuatan utama Brigif-1 Marinir yang mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amfibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan pulau-pulau terluar yang bersifat strategis serta operasi kemanusiaan sesuai petunjuk komando atas. “Kita patut bersyukur,  walaupun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan sumber daya yang ada, Batalyon Infanteri-5 Marinir telah mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tuntutan yang berkembang dan mampu menggelar kekuatan sesuai dengan keinginan pimpinan,” tegas orang nomor satu di Brigif-1 Marinir itu. Dalam kesempatan itu, Kolonel asli Bone, Sulawesi Selatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Letkol Mar Freddy Ardianzah yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir, serta ucapan selamat bertugas sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir kepada Letkol Marinir Burhanudin. Selain itu, Komandan Brigif-1 Marinir juga berharap kepada seluruh prajurit dan keluarga besar Batalyon Infanteri-5 Marinir agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas pejabat yang baru. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Atam, Para Perwira Staf Brigif-1 Marinir, Para Komandan Satuan dijajaran Pasmar-1, Para Sesepuh Yonif-5 Marinir dan pejabat TNI, Polri di wilayah Surabaya. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29162/Default.aspx

PENGUKUHAN JABATAN KASUBDIS PSIPERS DAN KASUBDIS PSITERA DINAS PSIKOLOGI TNI ANGKATAN LAUT
= Selasa 17 Mei 2016 =
Pengukuhan jabatan dijajaran Dinas Psikologi Angkatan Laut antara lain jabatan Kasubdis Psipers saat ini resmi di jabat oleh Kolonel Laut (KH/W) Dra. Wiwin D. Handayani, M.Si., Psikolog. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdis Psitera dan Kasubdis Psitera saat ini resmi di jabat oleh Kolonel laut (KH) Drs. Bachrul Ulum, M.PPO., Psikolog. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdis Psitek hari ini Selasa tanggal 17 Mei 2016 pukul 07.00 wib dilaksanakan upacara pengukuhan jabatan tersebut yang dipimpin Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Drs. Mithra, MCOM., Psikolog. di ruang lobi atas Gedung Dinas Psikologi Jl. Raya Juanda Km 1 Sidoarjo. Acara berlangsung tertib dan hikmat. Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Drs. Mithra, MCOM., Psikolog. dalam sambutannya menyampaikan bahwa mutasi adalah hal biasa di lingkungan TNI, adapun pengukuhan jabatan Kasubdis Psipers dan Kasubdis Psitera di jajaran Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut merupakan suatu upaya organisasi TNI AL dalam rangka pembinaan personil. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai media penyegaran dan regenerasi dalam suatu organisasi. selain itu pergantian jabatan jajaran Dispsial memberikan kesempatan bagi personil yang bersangkutan dalam mengembangkan pola kepemimpinan guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir selanjutnya. Kepada Kolonel Laut (KH/W) Dra. Wiwin D. Handayani, M.Si., Psikolog. dan Kolonel laut (KH) Drs. Bachrul Ulum, M.PPO., Psikolog. saya ucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Kasubdis Psipers dan Kasubdis Psitera. Jabatan yang diterima ini bukan semata-mata penghargaan dari pimpinan, namun tidak terlepas dari kerja keras, prestasi kerja saudara dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian yang telah diberikan serta dukungan dari pasangan hidup saudara masing-masing. Saya percaya dengan bekal pendidikan dan pengalaman penugasan selama ini, saudara akan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan mampu memotivasi seluruh anak buah, sehingga kinerja Subdis Psipers dan Subdis Psitera yang saudara pimpin akan semakin meningkat. (Dinas Psikologi TNI AL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29121/Default.aspx

KASAL TERIMA BINTANG BHAYANGKARA UTAMA
= Senin 16 Mei 2016 =
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menerima penghargaan dan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama yang disematkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Badrodin Haiti di Rupatama Mabes Polri, Senin (16/5/2016).
Sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 10 TK tahun 2016 tentang penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama, penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama diberikan kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna. Tanda kehormatan tersebut merupakan tanda kehormatan yang bisa dianugerahkan kepada anggota Polri atau warga negara Indonesia bukan Polri, yang berjasa besar terhadap pengembangan institusi Kepolisian. Sehingga pemberian tanda kehormatan tersebut diberikan kepada panglima TNI dan para Kepala Staf termasuk juga kepada orang-orang sipil yang mempunyai jasa dalam pengembangan Kepolisian. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring dan Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo, S.H., S.E., M.M. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29079/KASAL-TERIMA-BINTANG-BHAYANGKARA-UTAMA.aspx

LETKOL MARINIR DODI MUGIAT, S.Pd. JABAT DANDENMAKO KOBANGDIKAL
= Senin 16 Mei 2016 =
Letkol Marinir Dodi Mugiat, S.Pd., resmi menjabat Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) setelah melaksanakan serah terima jabatan Dandenmako dari Letkol Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E. Serah terima jabatan yang digelar dalam upacara militer tersebut dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno. SE., M.M. di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kobangdikal Surabaya, Senin, (16/5). Letkol Marinir Dodi Mugiat, S.Pd sebelum menjabat Komandan Denmako Kobangdikal, menjabat Kadeplog Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kobangdikal sedangkan  Letkol Marinir Muharam Ahmad fauzi, S.E., selanjutnya menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Infantri Marinir (Danpusdikifmar) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kobangdikal. Komandan Kobangdikal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno. SE., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima jabatan sangat terkait dengan siklus penugasan personel dalam rangka memberi kesempatan dan peluang kepada personel terpilih untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan profesi dan kepemimpinannya. Melalui pembaruan kepemimpinan, diharapkan akan terjadi kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan guna memantapkan manajemen organisasi agar menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas ke depan yang menjadi tanggung jawabnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa  jabatan Komandan Denmako adalah jabatan yang penting dan strategis, karena sebagai unsur pelayanan di tingkat Mako Kobangdikal yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Kobangdikal, Denmako mempunyai tugas melaksanakan pelayanan urusan dalam yang meliputi kegiatan pembinaan, pengamanan personel, fasilitas perkantoran dan instalasi di lingkungan Mako Kobangdikal serta pembangunan material, fasilitas dan jasa di lingkungan Mako Kobangdikal. (Pen Kobangdikal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29101/Default.aspx

MEMORANDUM KOMANDAN SATLINLAMIL SURABAYA SEBELUM LAKSANAKAN SERTIJAB
= Senin 16 Mei 2016 =
Jakarta, 16 Mei 2016,- Jabatan Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya yang saat ini dijabat Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono akan segera diserahterimakan kepada calon penggantinya Kolonel Laut (P) Riduan Purnomo. Sesuai tradisi dan proses serah terima jabatan di TNI AL, Kedua pejabat yang bersangkutan melaksanakan proses memorandum yang berlangsung di Ruang Rapat Mako Satlinlamil Surabaya. Kegiatan memorandum yang merupakan ajang penyampaian informasi menyangkut tugas dan tanggung jawab jabatan yang diserahterimakan dari pejabat lama kepada pejabat baru.
Sebagai info, jabatan Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991 akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Personil (Aspers) Panglima Koarmabar, sedangkan Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo yang juga merupakan Alumni AAL 37 Tahun 1991 sebelumnya menjabat Staf Ahli Pangarmatim dan baru menyelesaikan Sesko TNI-nya.
Pada kesempatan tersebut Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono, menyampaikan program kerja Komandan Satlinlamil Surabaya menyangkut apa yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Satlinlamil Surabaya serta  mengharapkan kepada Komandan Satlinlamil Surabaya yang baru agar dapat meneruskan dan meningkatkan kinerja Satlinlamil Surabaya dalam menghadapi tugas-tugas dimasa mendatang. Pada acara pembacaan memorandum tersebut dihadiri Pjs. Wadan Satlinlamil Surabaya, para Komandan KRI dan perwira staf jajaran Satlinlamil Surabaya. Selain itu dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Memorandum Ketua cabang Jalasenastri Satlinlamil Surabaya dari Ny. Tedjo Sukmono kepada Ny. Riduwan Purnomo. (Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29100/Default.aspx

PENGUKUHAN JABATAN ASINTEL DANLANTAMAL XIV
= Senin 16 Mei 2016 =
Pada tanggal 16 Mei hari Senin 2016 bertempat di ruang loby gedung Mako Lantamal XIV, Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Samsudin Safari Panjaitan, M.Si (Han) mengukuhkan Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan sebagai Asintel Danlantamal XIV. Turut hadir pada acara pengukuhan tersebut para pejabat utama Lantamal XIV dan perwira serta anggota Lantamal XIV Sorong.
Pengukuhan jabatan ini merupakan salah satu realisasi pola pembinaan personel TNI Angkatan Laut khusunya di jajaran Lantamal XIV, dalam rangka merespon perkembangan lingkungan strategis saat ini dan masa yang akan datang. Diharapkan dalam pengabdian tugas nantinya dapat menunjukkan potensi yang dimiliki dengan melahirkan gagasan atau ide-ide cemerlang dan brilian dalam upaya meningkatkan kinerja satker yang dipimpin. Pada amanatnya Danlantamal XIV menyampaikan bahwa jabatan Asintel Danlantamal XIV merupakan unsur pembantu pimpinan di lingkup Lantamal XIV yang memiliki peran yang penting dan bertugas membantu Danlantamal XIV dalam merumuskan serta mengembangkan kebijakan dibidang intelijen, penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan penerangan diwilayah kerja jajaran Lantamal XIV. Sehingga diharapkan dengan pengukuhan Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan sebagai Asintel Danlantamal XIV dapat lebih memberdayakan segenap potensi yang ada secara maksimal yang merupakan amanah, kepercayaan, kehormatan sekaligus kebanggaan agar dapat berkarya secara optimal demi peningkatan kinerja organisasi. Selain itu Komandan Lantamal XIV juga menegaskan bahwa tantangan tugas TNI-AL ke depan semakin kompleks, untuk itu kita harus bekerja keras dengan berpedoman pada perencanaan strategis yang telah digariskan untuk mewujudkan TNI-AL yang handal dan disegani yang berkelas dunia.
(Dispen Lantamal XIV)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29095/PENGUKUHAN-JABATAN-ASINTEL-DANLANTAMAL-XIV.aspx

RODA MUTASI JABATAN KOMANDAN SATUAN JAJARAN KOARMATIM KEMBALI BERGULIR
= Sabtu 14 Mei 2016 =
Roda mutasi jabatan Komandan Satuan jajaran Koarmatim kembali bergulir. Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan proses alamiah sebagai bagian penting dari manajemen organisasi dan pembinaan personel. Pada kesempatan kali ini serah terima jabatan terjadi pada jabatan orang nomor satu di jajaran Satuan Kapal Patroli (Dan Satrol) Koarmatim dan Komandan Komando Satuan Pasukan Katak (Dan Satkopaska) Koarmatim. Serah terima jabatan Dan Satrol dan Dan Satkopaska Koarmatim dilaksanakan dalam suatu upacara militer di Dermaga Mako Koarmatim dipimpin langsung oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto,S.H., M.A.P, Sabtu (14/5). Jabatan Komandan Satrol Koarmatim diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Pundhi Rusbandi kepada Kolonel Laut (P) Haris Bimo Bayu Seto merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 40 dan lulus pada tahun 1994 yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lanal Banjarmasin. Sedangkan Serah terima Dan Satkopaska Kolonel Laut (E) Yudhi Bramantyo NS. Kepada Letkol Laut (P) Henricus Prihantoko merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 41 dan lulus pada tahun 1995 yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Satkopaska Koarmabar Untuk Selanjutnya Kolonel Laut (P) Pundhi Rusbandi merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 dan lulus pada tahun 1991 saat ini sedang melaksanakan Pendidikan di Sekolah Staf Komando (Sesko) TNI. Sedangkan  Kolonel Laut (E) Yudhi Bramantyo NS. merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 38 dan lulus pada tahun 1992 saat ini sedang melaksanakan Pendidikan di Sekolah Staf Komando (Sesko) TNI. Dalam sambutannya Pangarmatim menyampaikan, bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan proses wajar dalam dinamika organisasi yang mengandung makna penting bagi pembinaan dan pengembangan organisasi. Disamping itu keberhasilan tugas Koarmatim akan sangat tergantung pada kesungguhan dan keterpaduan kinerja unsur-unsur organisasi Koarmatim, baik unsur pembantu pimpinan dan staf, unsur pelaksana staf/pelayanan, unsur pelaksana pusat tingkat Makoarmatim maupun komando pelaksana. Pangarmatim juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kolonel Laut (P) Pundhi Rusbandi dan Kolonel Laut (E) Yudhi Bramantyo NS. beserta keluarga atas segala karya yang telah di curahkan dalam mengemban tugas sebagai Dan Satrol dan Dan Sat Kopaska Koarmatim.
Kolonel Laut (P) Haris Bimo Bayu Seto dan Letkol Laut (P) Henricus Prihantoko Pangarmatim menyampaikan beberapa penekanan untuk di pedomani dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas yang baru sebagai Kadisminpers, antara lain selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh dan amalkan nilai luhur Trisila TNI AL, kembangkan terus gagasan yang inovatif dan penuh kreatifitas, pertahankan dan terus tingkatkan kesiapan Alutsista agar selalu siap untuk melaksanakan tugas serta tingkatkan terus koordinasi dan kerjasama, baik dilingkungan Koarmatim maupun Instansi Luar.
Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G Ariawan, S.E.,M.M., Para Pejabat Utama Koarmatim dan para Staf ahli Pangarmatim.
(Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29081/Default.aspx

KOLONEL LAUT (S) SUPRIHANDONO, S.E., M.A.P. JABAT DIRKU KOBANGDIKAL
= Sabtu 14 Mei 2016 =
Kolonel Laut (S) Suprihandono, S.E., M.A.P.,  resmi menjabat Direktur Keuangan (Dirku) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) menggantikan Kolonel Laut (S) Sigit Agung Wibowo, S.E., M.A.P. Serah terima jabatan yang dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno. SE., M.M., dilaksanakan di Rupat Inspektorat Gedung Kihadjar Dewantara Kesatrian Bumimoro Kobangdikal Surabaya, Sabtu (14/5).
Kolonel Laut (S) Suprihandono, S.E., M.A.P sebelum menjabat Direktur Keuangan Kobangdikal menjabat Kasubdis Dalku Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) Mabesal Jakarta sedangkan Kolonel Laut (S) ) Sigit Agung Wibowo, S.E., M.A.P., melaksanakan tugas belajar Dikreg Sesko TNI di Bandung.
Komandan Kobangdikal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno. SE., M.M. dalam sambutannya menyampaikan  bahwa serah terima jabatan dalam organisasi TNI Angkatan Laut, pada hakekatnya merupakan proses dinamika organisasi. Pergantian pejabat memiliki makna penting dan strategis karena berkaitan dengan aspek pembinaan personel dan kebutuhan organisasi secara berkesinambungan serta dalam rangka penyesuaian kinerja organisasi dalam peran, tugas dan fungsinya.
Lebih lanjut disampaikan Jabatan Dirku semakin berat dan kompleks tugasnya seiring dengan validasi organisasi badan keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang bertugas menyelenggarakan pengurusan dan pembinaan keuangan Negara, serta pembinaan personel fungsi komando terhadap badan keuangan guna penyusunan laporan keuangan di Kobangdikal sesuai Jukbinku Kemhan beserta peraturan dan perundang-undangan lainnya di lingkungan TNI AL. (Pen Kobangdikal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29102/Default.aspx

DANLANTAMAL VI PIMPIN UPACARA PENYERAHAN JABATAN WADAN LANTAMAL VI MAKASSAR DAN SERTIJAB ASRENA DANLANTAMAL VI
= Sabtu 14 Mei 2016 =
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI  Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., menerima penyerahan jabatan Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji  dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal VI dari Kolonel Laut (P) Sigit Santoso kepada Letkol Laut (P) Muhammad Syamsudin , bertempat Markas Komando Lantamal VI, Sabtu (14/05/2016) Dalam amanatnya, Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup S.E., M.M mengatakan  kita harus akui bahwa upaya – upaya untuk memajukan kinerja organisasi Lantamal VI telah banyak dilaksanakan dan menghasilkan berbagai peningkatan yang positif. Semua tugas, peran dan fungsi tersebut telah berhasil dilaksanakan dengan baik oleh Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji selama menjabat Wadan Lantamal VI dan Kolonel Laut (P) Sigit Santoso selama menjabat Asrena Danlantamal VI, terbukti semua kegiatan yang dilaksanakan Lantamal VI dapat terselenggara dengan baik dan hasil cukup optimal, terang Danlantamal VI.
Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan kepada Ibu Dhian Suryo Aji  serta Ibu Listiyanti Sigit Santoso keterlibatannya secara aktif dikepengurusan Korcab VI daerah Jalasenastri Armada Timur.
Kepada pejabat baru Asrena Danlantamal VI  Letkol Laut (P) Muhammad Syamsudin  saya mengucapkan selamat datang di Lantamal VI dan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI AL . lanjut  Komandan Lantamal VI mengakhiri amanatnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Danlantamal VI, Lo Kodam VII/WRB Para Komandan Lanal Jajaran Lantamal VI, para Kadis dan Kasatker Lantamal VI (Dispen Lantamal VI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29076/Default.aspx

KAPTEN LAUT (P) PUNGKASDIYAN JABAT KOMANDAN KAL SULUH PARI
= Jum'at 13 Mei 2016 =
Serah terima jabatan Komandan Kal Suluh Pari – I-6-60 dari Kapten Laut (P) Senopati Yudho kepada Kapten Laut (P) Pungkasdiyan Setriyanto, S.H. berlangsung diatas geladak Kal Suluh Pari – I-6-60 dengan Irup Komandan Satuan Keamanan Laut (Dan Satkamla) Mayor Laut (P) Mahfud Effendi, Jumat (13/05/2016). Dalam sambutannya Komandan Satuan Keamanan Laut (Dan Satkamla) Mayor Laut (P) Mahfud Effendi menyampaikan, tuntutan tugas Lantamal VI dimasa mendatang cukup berat dan memerlukan perhatian khusus, oleh sebab itu, dengan segala keterbatasan setiap Komandan KRI, khususnya di lingkungan Satkamla Lantamal VI. Dengan melihat cukup beratnya tantangan tugas Komandan KAL tersebut, kepada segenap KAL di masing masing jajaran tugas agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada Komandan yang baru serta senantiasa bersikap dan bertindak professional dan proporsional dalam mensukseskan embanan tugas pokok Koarmatim, lanjut Dan Satkamla. Komandan Kal Suluh Pari – I-6-60 yang lama Kapten Laut (P) Senopati Yudho  akan melaksanakan melanjutkan pendidikan Diklapa II, sedangkan pejabat Komandan yang baru Kapten Laut (P) Pungkasdiyan Setriyanto baru sebelumnya menjabat perwira operasi (Pasops) Lanal Gorontalo. Upacara sederhana ini, dihadiri seluruh awak KRI Suluh Pari  dan para undangan
(Dispen Lantamal VI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29051/Default.aspx

KOLONEL LAUT (P) I KOMANG TEGUH WARDANA JABAT KADISMINPERS KOARMATIM
= Jum'at 13 Mei 2016 =
Kolonel Laut (P) I Komang T. Wardana yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal XIV, Sorong di promosikan menjabat sebagai Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Komando Armada RI kawasan Timur (Koarmatim). Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., yang dilaksanakan di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya. Jum’at, (13/05). Kolonel Laut (P) I Komang T. Wardana adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 41 dan lulus pada tahun 1995. Kolonel Laut (P) I Komang T. Wardana menggantikan pejabat lama yaitu Kolonel Laut (E) Tarsius SusiloS.T., M.Psdm., Setelah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Kadisminpers Koarmatim, Kolonel Laut (E) Tarsius SusiloS.T., M.Psdm., saat ini sedang melaksanakan Pendidikan di Sekolah Staf Komando (Sesko) TNI. Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima jabatan bukan hanya menjadi bagian dari pembinaan personel dan kaderisasi kepemimpinan, namun juga di harapkan untuk memantapkan kualitas menejemen organisasi agar lebih renponsif dan antisipatif terhadap dinamika lingkungan.dan tantangan tugas di masa mendatang. Selain itu, Pangarmatim juga menyampaikanbahwa Dinas Administrasi personel (Disminpers) Koarmatim merupakan unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmatim yang bertugas membina dan melaksanakan administrasi personel di lingkungan Koarmatim. Pangarmatim juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kolonel Laut (E) Tarsius SusiloS.T., M.Psdm.,beserta keluarga atas segala karya yang telah di curahkan dalam mengemban tugas sebagai Kadisminpers Koarmatim.
Kepada Kolonel Laut (P) I Komang T. Wardana, Pangarmatim menyampaikan beberapa penekanan untuk di pedomani dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas yang baru sebagai Kadisminpers, antara lain selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh dan amalkan nilai luhur Trisila TNI AL, pelihara dan tingkatan kualitas personel yang profesional dan bersih guna, tingkatkan upaya-upaya untuk melanjutkan mekanisme kerja yang telah berjalan dan kemitraan yang sudah dibangun, tingkatkan terus koordinasi dan kerjasama, baik dilingkungan Koarmatim maupun Instansi Luar serta tingkatkan pembinaan organisasi dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen modern dengan mengedepankan efisiensi. Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G Ariawan, S.E.,M.M., Para Pejabat Utama Koarmatim dan para Staf ahli Pangarmatim. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29077/Default.aspx


KASAL PIMPIN PERINGATAN HARI PENDIDIKAN ANGKATAN LAUT
= Kamis 12 Mei 2016 =
KASAL: LEMBAGA PENDIDIKAN TNI ANGKATAN LAUT SIAP MEMBENTUK PRAJURIT PROFESIONAL YANG BERKARAKTER
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-70, Kamis (12/5) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya.
Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa dinamika lingkungan strategis menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas pertahanan yang lebih baik untuk menjawab berbagai tantangan di masa mendatang. Peningkatan kemampuan pertahanan tersebut sangat memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kualitas kompetensi yang komprehensif meliputi aspek intelektual (tanggap), aspek kepribadian (tanggon) dan aspek fisik (trengginas). Kualitas tersebut dapat dibentuk melalui lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut yang mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kasal juga menegaskan bahwa sistem pendidikan di lingkungan TNI Angkatan Laut menerapkan pola dan struktur longitudinal dengan mengintegrasikan sistem pendidikan yang dapat mengakomodir delapan aspek pendidikan dan sepuluh komponen pendidikan, serta mengadopsi teknologi informasi menyesuaikan sistem yang telah diterapkan oleh kementerian riset dan pendidikan tinggi. “Selain itu, kompetensi prajurit harus terukur dan terintegrasi dengan sistem pendidikan yang ada, sehingga TNI Angkatan Laut perlu membentuk lembaga sertifikasi profesi bekerja sama dengan badan nasional sertifikasi profesi”, terang Kasal.
Melalui tema “Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Siap Membentuk Prajurit Profesional Yang Berkarakter guna Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Handal dan Disegani serta Berkelas Dunia”, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menjelaskan tema ini memberikan pesan bahwa hasil didik lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut memiliki tingkat profesionalisme yang mampu mewujudkan visi TNI Angkatan Laut. “Oleh karenanya, melalui semangat Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut ke-70 ini, lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut menyatakan komitmennya untuk mencapai hasil yang lebih baik melalui visi ”The Center Of Excellence On Naval And Maritime Studies”, lanjut Kasal.
Selain diisi dengan parade dan defile, peringatan Hardikal kali ini diwarnai penampilan GS Taruna AAL, atraksi Pembebasan sandera yang dikombinasikan dengan Bela Diri Militer (BDM), senam balok, dan Semapore. Dalam kegiatan demontrasi ketangkasan tersebut sedikitnya 700 siswa yang tengah menempuh pendidikan di Kobangdikal turut terlibat. Ke 700 siswa tersebut adalah siswa Pendidikan Pembentukan Perwira angkatan ke-45, siswa Pendidikan Pertama Bintara angkatan ke-35, dan siswa Pendidikan Pembentukan Bintara angkatan ke-45. Dalam rangkaian upacara tersebut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. M.A.P., juga memberikan  penganugerahan Satya Lencana Dwija Sistha kepada para instruktur diantaranya: Kolonel Laut (T) Widiantoro, Kapten Mar Didi Mahdi, Serka TTG Wahyu Setiawan dan Pembina IV/A Soekarno. Hadir pada upacara Hardikal ke-70 antara lain, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jawa Timur, Pejabat Utama Mabesal, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, serta undangan sipil dan militer lainnya. Adapun rangkaian kegiatan yang telah digelar dalam peringatan Hardikal tahun 2016 ini, diantaranya Lomba instruktur dan bingsis teladan, lomba Peraturan Baris-berbaris antar SLTP dan SLTA se Jawa Timur, lomba menembak  pistol eksekutif, olahraga bersama, bazar murah dan lomba melukis anak. Selain perlombaan, panitia juga menggelar kegiatan yang sifatnya sosial diantaranya kunjungan sosial dan menggelar Donor Darah yang diikuti oleh 902  prajurit, siswa, dan PNS Kobangdikal. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29003/Default.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III JAKARTA PIMPIN PENYERAHAN JABATAN WADAN LANTAMAL III
= Rabu 11 Mei 2016 =
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., memimpin upacara penyerahan jabatan Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta kepada Kolonel Laut (P) Umar Arief di Gedung serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (11/05).
Dalam upacara tersebut, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., mengatakan bahwa penyerahan jabatan Wadan Lantamal III Jakarta yang dilaksanakan kali ini merupakan konsekuensi logis dari keputusan penempatan jabatan yang bersifat alamiah dan diharapkan tercipta pembinaan personel secara konsisten, terencana, terarah dan berkesinambungan. Selain itu terjadinya giliran penugasan baik dalam bentuk tour of duty maupun tour of area yang akan memberikan nilai tambah bagi personel yang bersangkutan, karena terjadi proses pengkayaan pengalaman dan perluasan wawasan.
“Hendaknya kita sadari bahwa sampai saat ini Lantamal III yang kita cintai masih menghadapi berbagai keterbatasan dan kendala dalam berbagai aspek namun demikian kita sadari pula bahwa keterbatasan dan kendala tersebut bukan hanya menjadi kewajiban Lantamal III sendiri untuk memecahkannya. Namun juga diperlukan peran serta pihak lain dari luar Lantamal III. Keterlibatan dan dukungan instansi pemerintah dan yang lainnya memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pelaksanaan tugas pokok Lantamal III di masa depan,” tegas Danlantamal III Jakarta. Selain penyerahan jabatan Wadan Lantamal III Jakarta kepada Kolonel Laut (P) Umar Arief yang  sebelumnya menjabat Sekdisminpersal di Mabesal Cilangkap, juga dilaksanakan upacara penyerahan jabatan Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal III Jakarta kepada Letkol Laut (P) Agus Lukman.  Serta upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal III Jakarta dari Letkol Laut (KH) Aditia Bazar kepada Letkol Laut (P) Agus Sujatmiko, S.M dan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal III Jakarta dari Mayor Laut (KH) Budi Amin SE. kepada Mayor Laut (KH) Ign. M. Pundjung T., S.Sos., M.Sc.
(Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29006/Default.aspx

DANLANTAMAL I PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN ASPERS DANLANTAMAL I
= Rabu 11 Mei 2016 =
Komandan Lantamal I Brigadir Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto bertindak sebagai Irup dalam rangka serah terima jabatan Aspers Danlantamal 1 dari Kolonel Laut (P) Apri Suryanto, S.E. kepada Kolonel Laut (E) Prasetyo Tri Yudanto, S.T., M.A.P., Rabu (11/5/2016) di gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I
Yang dihadiri Asisten Danlantamal 1, Kasatker/Kadis Lantamal 1, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal 1 yang bertempat.
Dalam amanatnya Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa serah terima jabatan akan terjadi regenerasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inofatif dalam menjalankan roda organisasi.
Pada sisi yang lain serah terima jabatan Aspers Danlantamal I akan memberikan gairah semangat pembaharuan dan semangat untuk terus maju pada masing-masing personel TNI AL, kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dari waktu ke waktu, lanjut Danlantamal I.
Acarat tersebut dihadiri oleh Asisten Danlantamal I, Kasatker/Kadis Lantamal I, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal I.
(Dispen Lantamal I)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28991/Default.aspx

LETKOL LAUT (PM) HOTMATUA, S.H., M.H. DANPOMAL KE 5 LANTAMAL XI
= Rabu 11 Mei 2016 =
Merauke, Pada hari Rabu 11 Mei 2016, Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bertidak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Polisi Militer Lantamal XI Merauke di Loby Mako Lantamal XI. Diikuti oleh seluruh perwira Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI upacara berlangsung khidmat dimana Komandan Pomal sebelumnya Letkol Laut (PM) Syafrizal, S.H.  menyerahkan jabatan kepada Letkol Laut (PM) Hotmatua, S.H., M.H. sebagai Komandan Pomal yang baru. Dalam sambutannya Komandan Lantamal XI, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL, pada prinsipnya mengandung dua makna penting bagi Organisasi. Pada satu sisi merupakan proses kesinambungan kepemimpinan dalam rangka mendinamisasikan Organisasi agar senantiasa responsive dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan, dengan demikian diharapkan dapat terciptannya Susana baru dalam lingkungan yang lebih kondusif, sehingga kinerja Organisasi akan semakin efektif dan terus bergerak dinamis dari waktu ke waktu. Serah terima jabatan bukanlah sekedar upacara seremonial belaka, namun harus dilihat sebagai suatu kehormatan dan kepercayaan dari pemimpin TNI Angkatan Laut untuk meraih reputasi dan prestasi dalam jabatan baru. Namun yang tidak kalah utamanya adalah sebagai amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada pemimpin dan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai salah satu unsur pelaksana pembinaan tingkat Mako Lantamal XI, Pomal Lanamal XI mempunyai tugas melaksanakan pembinaan tta tertip dan disiplin di seluruh satlak jajaran Lantamal XI. Di samping itu juga menyelanggarakan fungsi Kepolisian Militer Kewilayahan di jajaran Lantamal XI, seperti menangani Penyelidikan Kriminal, Pengamanan Fisik, Penegakan Hukum, Penengakan Disiplin dan Tata Tertip Militer, Penyidik dan Pengurusan Tahanan yang terjadi di jajaran Lantamal XI tegas orang nomer satu di Lantamal XI. Acara di akhiri dengan rama tamah dan Pemberiaan Cedera Mata Komandan Lantamal XI kepada pejabat lama. Turut Hadir dalam upacara ini Wakil Komandan Lantamal XI, para Asisten Danlantamal, Kasatker serta seluruh Perwira Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI. (Dispen Lantamal XI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28981/Default.aspx

SERAHTERIMA JABATAN WAKIL KOMANDAN BATALYON HOWITZER-1 SURABAYA
= Selasa 10 Mei 2016 =
Komandan Batalyon Howitzer-1 Mar Mayor Marinir Marhabang,S.H.,M.Tr.Hanla. memimpin Serah terima jabatan Wakil Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir dari Mayor Marinir Adi Jaya S.H kepada Mayor Marinir Andi Nurmawan S.H di ruang Rekreasi Batalyon Howitzer-1 Marinir Karang Pilang Surabaya. Selasa (10/05/2016).
Mayor Marinir Andi Nurmawan S.H Alumni Taruna Angkatan 48 tersebut dilantik sebagai Wakil Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir yang sebelumnya menjabat sebagai Dankima Resimen Artileri-1 Marinir menggantikan pejabat lama Mayor Marinir Adi Jaya S.H yang akan menempati jabatan baru sebagai Pabandya Penempatan Jabatan dan Kepangkatan Spers Kormar Jakarta. Dalam amanatnya, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNI untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi.di satu sisi dengan serahterima jabatan akan terjadi regererasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi. “Wakil Komandan Batalyon adalah penasehat utama Komandan Batalyon, serta mengkoordir dan mengarahkan staf-staf dalam rangka perumusan kebijaksanaan dan perencanaan pelaksanaan keputusan Komandan Batalyon, semua tugas tersebut bukanlah tugas yang ringan, untuk itu diperlukan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang handal,” Ujarnya.
Diakhir amanatnya, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayor Marinir Adi Jaya S.H yang telah melaksanakan tugas sebagai wakil Komandan Batalyon dengan baik dan sukses, semoga dengan berbekal pengalaman selama menjabat sebagai wakil Komandan Batalyon akan dapat meraih sukses dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru. Selanjutnya kepada Mayor Marinir Andi Nurmawan S.H, saya ucapkan selamat datang di Batalyon Howitzer-1 Marinir dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin kepada saudara untuk mengemban tugas baru sebagai Wakil Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir dan saya berharap saudara secepatnya dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.
Hadir dalam kegiatan tersebut Pasiops Yon Howitzer-1 Mayor Marinir Sarman, Pasi Intel Yon Howitzer-1 Kapten Marinir Samuel Nugroho, Pasi Pers Yon Howitzer-1 Kapten Marinir Suriyadi, Pasi Log Yon Howitzer-1 Kapten Marinir Yanwar S.H, Danrai MA Yon Howitzer-1 Kapten Marinir Robin Yusron, Danrai Alfa Kapten Marinir Yeyen Tuhardi, Danrai Bravo Lettu Marinir Wahyudi dan seluruh perwira serta anggota Batalyon Howitzer-1 Mar.
(Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28973/Default.aspx