1-9 Juni 2016

GUBERNUR AAL TERIMA PENYERAHAN JABATAN SEKLEM DAN DIRLOG AAL
= Kamis 9 Juni 2016 =
Gubernur Akademi Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., menerima penyerahan jabatan Sekretaris Lembaga AAL dari Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., dan Direktur Logistik AAL dari Kolonel Laut (T) Budi Raharjo pada acara penyerahan kedua jabatan tersebut pada hari Kamis (9/6) di lobi gedung R. Soebijakto AAL Bumimoro, Surabaya.
Penyerahan jabatan Seklem AAL sehubungan Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., telah menerima tugas dan tanggung jawab jabatan sebagai Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut Kobangdikal. Sementara itu, Kolonel Laut (T) Budi Raharjo akan menjabat sebagai Pengawas Pembangunan Platform Pengadaan Kapal Selam TNI AL di Korea Selatan. Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa merupakan suatu kebahagiaan bagi pemimpin ketika Perwira stafnya mutasi pindah ke jabatan yang lebih tinggi dari jabatan semula. “Komandan Kodikopsla dijabat oleh Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut bintang satu atau Laksamana Pertama TNI yang saat ini dijabat oleh Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T.”, ujarnya.

Acara penyerahan kedua jabatan tersebut diikuti oleh segenap pejabat utama AAL, Ketua Jalasenastri BS AAL Ny. Guntur IC Lelono bersama segenap pengurus Cabang BS Jalasenastri  AAL, dan perwakilan Dosen dan Pengasuh Taruna serta para Perwira AAL dan perwakilan anggota. (Pen AAL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29664/Default.aspx

KASAL TERIMA PELAPORAN KENKAT DUA PATI TNI AL
= Rabu 8 Juni 2016 =
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menerima pelaporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dua orang Perwira Tinggi (Pati) di jajaran TNI Angkatan Laut, Rabu (8/6/2016), di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. Kedua Pati yang melaksanakan pelaporan yaitu Laksda TNI Dwi Widjajanto yang menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI, serta  Brigjen TNI (Mar) Purnomo yang menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kamkonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI. Dikatakan oleh Kasal saat acara penerimaan Pelaporan Kenaikan Pangkat bahwa kenaikan pangkat merupakan bagian dari pembinaan karier prajurit dalam rangka menggerakkan roda organisasi. “Keputusan pemberian kenaikan pangkat dilakukan melalui proses yang berkesinambungan dengan didasarkan pada penilaian obyektif terhadap persyaratan administrasi dan kompetensi personel”, kata Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Lebih lanjut Kasal menyampaikan, kenaikan pangkat juga merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan. “Oleh karenanya, anugerah ini patut disyukuri dan dijadikan motivasi dalam meningkatkan kinerja pada pelaksanaan tugas yang diemban”, tegas Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Sebelum pelaksanaan pelaporan Kenkat kepada Kasal, keduanya juga telah melaksanakan Pelaporan Kenkat kepada Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Mabes TNI Cilangkap bersama dengan Perwira Tinggi dari TNI AD dan TNI AU. Turut hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi Kasal para pejabat utama Mabesal Cilangkap, para Panglima Komando Utama Angkatan Laut Wilayah Barat, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, dan tamu undangan lainnya. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29644/KASAL-TERIMA-PELAPORAN-KENKAT-DUA-PATI-TNI-AL.aspx


JELANG SERTIJAB, KADISKES LANTAMAL V PAMIT KEPADA SELURUH ANGGOTA LANTAMAL V
= Senin 6 Juni 2016 =
Jelang Serah Terima Jabatan Kadiskes Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V beberapa hari kedepan, Kolonel Laut (K) drg. Busi Santoso, Sp. BM., menjadi Irup dalam pelaksanaan Upacara Gabungan Penaikan Bendera, kesempatan tersebut juga digunakannya untuk pamitan kepada seluruh anggota Lantamal V. Upacara bendera yang digelar di Lapangan Yos Sudarso Mako Lantamal V, Senin (6/6) pagi tersebut, juga dihadiri para Kepala Dinas, Kasatker dan perwira staf Mako Lantamal V-
Pada kesempatan tersebut, Kadiskes Lantamal V menyampaikan ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa kepada seluruh anggota yang menjalankannya, bagi anggota yang tidak melaksanakannya diharapkan agar menghargai. Menurutnya, Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia dan disyariatkan dalam Islam. Dan setiap ibadah itu, tentu saja mengandung hikmah dan tujuan untuk kebaikan bagi umat yang melaksanakannya. Budi –sapaan akrab Kadiskes ini- menyampaikan  permohonan maafnya kepada seluruh anggota Lantamal V apabila selama melaksanakan tugas menjadi Kadiskes Lantamal V ada hal-hal yang kurang berkenan, secara pribadi dan keluarga pada kesempatan tersebut Ia memohon maaf, namun  Ia menyakinkan bahwa apa yang dilakukan berdasarkan atas perintah kedinasan. “Jika ada hal-hal yang kurang berkenan dan mengganjal didalam hati selama saya melaksanakan tugas sebagai Kadiskes, pada bulan yang penuh barokah ini secara pribadi dan atas nama keluarga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” terangnya. Tidak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh  anggota Lantamal  V atas bimbingan arahan  dan bantuan serta kerjasamanya  sehingga  bisa melaksanakan tugas  sebagai Kadiskes Lantamal V selama  satu tahun delapan bulan. “Dalam waktu dekat ini saya akan melaksanakan mutasi ke RSAL dr. Ramelan Surabaya sebagai Kadep Gigi dan Mulut, tali silaturrahmi yang sudah terjalin baik selama ini diharapkan jangan sampai terputus dan berlanjut sampai kapanpun,” pungkasnya. (Dispen Lantamal V)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29596/Default.aspx

SERAH TERIMA KUNCI MARKAS KOMANDO TNI AL BALIKPAPAN
= Minggu 5 Juni 2016 =
Balikpapan, Minggu 05 Juni 2016 bertempat di Markas Komando TNI AL Balikpapan pukul 13.00 Wita telah dilaksanakan serah terima kunci Mako Lanal Balikpapan dari Kolonel Laut (P) Arief Budiman kepada Letkol Laut (P) Irwan S.P. Siagian sebagai Komandan yang baru. Serah terima kunci diawali dengan penyambutan Komandan Lanal Balikpapan Letkol Laut (P) Irwan S.P. Siagian di depan penjagaan Lanal Balikpapan oleh Palaksa Letkol Laut (P) Rahardian Rahardi dan seluruh prajurit Lanal Balikpapan beserta Ibu-ibu Jalasenastri dengan pengalungan bunga  dan menyanyikan lagu selamat datang. Hal ini merupakan tradisi setiap pergantian Komandan Lanal. Dalam sambutannya Kolonel Laut (P) Arief Budiman mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan  loyalitas seluruh prajurit Lanal Balikpapan beserta Ibu, berkat Ibu juga bapak bisa bekerja dengan baik. Letkol Laut (P) Irwan S.P. Siagian sebagai Komandan baru juga memberikan ucapan terima kasih kepada prajurit Lanal Balikpapan atas sambutannya. Beliau menilai bahwa prajurit Lanal Balikpapan mempunyai loyalitas yang tinggi. Beliau juga menghimbau mari kita bekerja bersama-sama membangun Lanal, dan kota ini menjadi lebih baik. Acara serah terima kunci diakhiri dengan pengantaran Kolonel Laut (P) Arief Budiman menuju kendaraan di depan penjagaan Mako Lanal Balikpapan oleh Komandan Lanal yang baru diikuti seluruh prajurit Lanal dan Ibu-ibu Jalasenastri. (Dispen Lantamal XIII)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29615/Default.aspx

DANLANTAMAL III JAKARTA PIMPIN UPACARA SERTIJAB ASINTEL, KADISKES DAN PENYERAHAN JABATAN DANDENMA LANTAMAL III
= Jum'at 3 Juni 2016 =
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Asintel Lantamal III Jakarta dari Kolonel Laut (T) Wisnu Sumarto ST, M.Si (HAN) kepada Kolonel Laut (E) Jose Aldino dan Kadiskes Lantamal III dari Kolonel Laut (K) DR. Wiweka MARS kepada Letkol Laut (K) DR. Iswanto Budiman serta penyerahan jabatan Dandenma Lantamal III Jakarta dari Letkol Marinir Adi Suko Raharjo kepada Danlantamal III, di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Jumat (03/06). Dalam upacara Sertijab tersebut, Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., mengatakan bahwa serah terima jabatan kali ini merupakan proses dan bagian dari dinamika organisasi yang selalu di lakukan di lingkungan TNI Angkatan Laut. Melalui serah terima jabatan ini akan lahir pemikiran dan semangat baru yang mampu menciptakan perubahan serta kemajuan organisasi. Sehingga dapat menjamin tercapainya keselarasan, keseimbangan dalam program kerja di lingkungan kerja.
“Harapan yang paling penting adalah roda oraganisasi akan berjalan lebih dinamis serta menghasikan output yang lebih optimal dengan perkembangan lingkungan strategis. Organisasi yang dinamis tersebut yang ditampilkan dalam wujud kemajuan dan keberhasilan tugas serta semakin mantapnya kemampuan yang dimiliki,” kata Danlantamal III. Selanjutnya menurut Danlantamal III, dalam pelaksanaan tugas diperlukan kemampuan manajerial yang baik bagi pemegang komandonya dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal. Juga dituntut untuk mampu menjadi penggerak utama organisasi, cermat membaca perkembangan situasi sehingga mampu menentukan pemecahan masalah secara cepat dan tepat. Serta sekaligus menjadi tauladan bagi anak buah dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga muncul kreativitas anggota yang dapat mengoptimalkan roda oraganisasi. Dalam acara serah terima jabatan ini di hadiri oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Umar Arief, SE, para pejabat Lantamal III, Ibu-ibu Jasenastri Korcab III, serta perwakilan perwira, bintara, tamtama dan PNS di jajaran Lantamal III Jakarta. (Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29585/Default.aspx

JABATAN KOMANDAN KRI BANDA ACEH 593 DISERAHTERIMAKAN
= Jum'at 3 Juni 2016 =
Jabatan Komandan KRI Banda Aceh 593 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Edi Haryanto, S.E. kepada Letkol Laut (P) Budi Santosa, S.E., yang berlangsung dalam upacara militer dipimpin Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Andi Abdul Aziz, S.H., di Geladak Heli KRI Banda Aceh 593, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/6). Komandan KRI Banda Aceh 593 yang baru, Letkol Laut (P) Budi Santosa, S.E. adalah perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 42 tahun 1996, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon. Sedangkan pejabat lama yaitu Letkol Laut (P) Edi Haryanto, S.E. akan menempati jabatan baru di Staf Umum Perencanaan dan Anggaran (Srena) Mabes TNI Angkatan Laut sebagai Pabandya Binsismet Ban II Manajemen.
Komandan Satlinlamil Jakarta dalam amanatnya mengatakan jabatan Komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis dengan memiliki kewenangan serta power yang sangat luas. Oleh karena itu kepercayaan yang diberikan untuk menjadi komandan KRI, jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Lebih lanjut Dansatlinlamil Jakarta juga menekankan pentingnya wawasan kepemimpinan saat ini yang sangat diperlukan, terlebih lagi di masa yang akan datang. “Khusus bagi seorang Komandan harus mengetahui, menguasai, dan memahami kondisi peralatan dan kondisi seluruh anak buahnya dengan segala permasalahan yang ada pada diri mereka. Hendaknya seorang komandan dapat dijadikan sebagai guru, bapak juga sekaligus atasan, oleh karena itu bersikaplah dewasa, arif, dan bijaksana”, ujar Dansatlinlamil Jakarta. KRI Banda Aceh 593 merupakan kapal jenis landing platfrom dock yang dibangun dan di produksi oleh anak bangsa. Kapal perang buatan PT PAL yang diluncurkan pada tahun 2010 tersebut diproduksi untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia. KRI dibangun dengan menggunakan konstruksi lambung ganda (double bottom), Untuk memudahkan manuver, dan dilengkapi bow thruster yang berfungsi memecah gelombang. KRI ini digunakan untuk menunjang tugas dan operasi TNI Angkatan Laut di antaranya untuk Landing Craft Carrier, pendaratan pasukan, operasi amfibi, tank carrier, combat vehicle 22 unit, tactical vehicle 13 unit, dan total embarkasi 507 personel. Selain itu, operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana sudah menjadi tugasnya selain operasi militer perang, serta mampu berlayar selama 30 hari secara terus-menerus. Sebelum digunakan oleh TNI Angkatan Laut, kapal perang KRI Banda Aceh 593 sudah diuji coba, mulai dari kecepatan kapal, stabilitas kapal dan kemampuan berlayar. Hasil uji coba cukup memuaskan. Pada saat uji coba dilakukan kecepatan kapal mencapai 15,2 knots.
(Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29584/Default.aspx

PANGARMATIM PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN SATUAN KOARMATIM
= Jum'at 3 Juni 2016 =
Pergantian Pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Laut dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok Koarmatim, bertempat di Dermaga Madura Ujung Koarmatim Surabaya, Jum’at, (03/06). Demikian disampaikan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam amanatnya saat memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim, Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim, serta Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Koarmatim. Lebih lanjut Pangarmatim Laksda TNI Darwanto S.H., M.A.P. mengatakan, perlu diketahui bersama bahwa Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmatim dan Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim adalah Komando Pelaksana Pembinaan yang bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan, dan kemampuan tempur unsur-unsur organik sesuai dengan asasinya, dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmatim. Demikian pula dengan Detasemen Markas Komando (Denmako) Koarmatim, yang juga merupakan unsur pelaksana staf, juga memiliki tugas yang penting untuk menyelenggarakan pelayanan bagi dan dalam lingkungan Mako Koarmatim. Komandan Satkat Koarmatim yang semula dijabat oleh Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S. diserahterimakan kepada Kolonel Laut (P) Retiono Kunto H., S.E. merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 38 yang sebelumnya berdinas sebagai Staf Ahli Pangarmatim. Komandan Satban Koarmatim yang semula dijabat oleh Kolonel Laut (P) Fadelan, S.E., M.M., saat ini dijabat oleh Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 39 yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Dalantamal VIII Manado. Sedangkan Dandenmako Koarmatim yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Laut (P) Irwan Sondang P. Siagian saat ini dijabat oleh Letkol Laut (P) Muhammad Junaidi. Mengingat fungsi dan peran unsur-unsur Mako Koarmatim yang begitu penting dan strategis dalam proses pembinaan dan pencapaian tugas Koarmatim, maka semua satuan kerja dan kedinasan dituntut untuk senantiasa meningkatkan pembinaan fungsi satuan kerja masing-masing secara optimal.
Mengakhiri sambutannya, Pangarmatim menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, segala upaya dan kerja nyata yang telah diberikan oleh Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S., Kolonel Laut (P) Fadelan, S.E., M.M. dan Letkol Laut (P) Irwan Sondang P. Siagian. Pangarmatim juga memberikan penekanan kepada ketiga Pejabat yang baru saja menjabat agar terus mengembangkan gagasan yang penuh inovatif dan penuh kreatifitas dalam bekerja guna menunjang pembinaan kemampuan dan kekuatan Koarmatim. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/29540/Default.aspx