SERTIJAB 08-15 JUNI 2011


Sertijab Danlantamal IV
14 Juni 2011-
Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Danlantamal IV) dari Laksamana Pertama TNI Djoko Teguh Wahojo kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Darwanto, S.H., MAP. yang digelar di Lapangan Markas Komando Lantamal IV Jl. Yos Soedarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Selasa (14/06).
Upacara yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno itu setidaknya juga dihadiri Mantan Kasal
Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh.
Pasukan Upacara terdiri dari 1 Kompi TNI AD, 3 Kompi TNI AL, 1 Kompi Marinir, 1 Kompi TNI AU, 1 Kompi Polri, 1 Kompi PNS, 1 Kompi Gabungan Maritim dan 1 Kompi Stikes Hang Tuah Tanjungpinang dibawah Pimpinan Komandan Upacara Letkol Marinir Trio Frederansy yang sehari-hari menjabat Pasmin Yonmarhanlan IV.
Dalam amanatnya Kasal mengatakan; Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu dinamika yang wajar dan akan terus dilaksanakan. Hal tersebut tuntutan alamiah sebagai bentuk dinamika organisasi serta refleksi kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin. Selain itu Pergantian Jabatan juga merupakan salah satu bentuk dari proses kaderisasi, sehingga diharapkan roda organisasi akan dapat bergerak menjadi lebih baik, guna menyongsong tuntutan tugas yang semakin kompleks dan dinamis.
Kebersamaan dan kekuatan jalinan batin diantara kita semua, terutama diantara para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di jajaran Lantamal IV, selain dapat membendung pengaruh-pengaruh negatif juga sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas kedepan. Hal ini penting, mengingat secara geografis posisi Lantamal IV memegang peranan penting dalam mengawasi dan menangani permasalahan keamanan maritim. Untuk itu sebagai salah satu choke point strategi dunia dan bahkan menjadi pusat perhatian masyarakat pengguna laut, maka jajaran Lantamal IV sudah seharusnya dapat memberikan jaminan pelayaran.
Lebih lanjut Kasal mengatakan; Lantamal memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan potensi Nasional menjadi kekuatan pertahanan Negara di bidang Maritim. Dimana Lantamal IV bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menciptakan stabilitas keamanan di perairan Kawasan Barat, khususnya Selat Malaka, Selat Singapura dan Laut Cina Selatan.
Laksamana Pertama TNI Djoko Teguh Wahojo akan menempati jabatan baru sebagai Kasarmatim Surabaya, sedangkan Kolonel Laut (P) Darwanto, S.H., MAP sebelumnya berdinas di Paban II Ops Mabesal Jakarta.
Usai Upacara dilaksanakan Demo Pembebasan Sandera oleh Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang.
Hadir dalam acara tersebut Asops Kasal, Aspers Kasal, Kasarmabar, Danguspurlabar, Danguskamlabar, Danlantamal II, Danlantamal III, Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Kapolda Kepri, Danrem/033 Wira Pratama, Wadan Lantamal IV, Danwing Udara-2, Para Asisten Danlantamal IV, Kajati TPI, Walikota TPI, Para Danlanal jajaran Lantamal IV, Danlanudal TPI, Dan Lanud TPI, Para Kadis/Kasatker Lantamal IV dan undangan lainnya. (Dispen Lantamal IV).