SERTIJAB 08-15 OKT 2011

Sertijab Danlanal Tj Balai
10 Oktober 2011-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H., M.AP pimpin serah terima Jabatan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tanjung Balai Karimun dari Letkol Laut (P) Fauzi kepada Letkol Laut (P) Sawa dalam Upacara Militer bertempat di lapangan Mako Lanal Tanjung Balai Karimun. Senin (10/10/11).
Danlantamal IV dalam amanatnya mengatakan; Secara geografis wilayah kerja Lanal Tanjung Balai Karimun sebagian besar merupakan laut dan berbatasan langsung dengan Selat Singapura dan Selat Malaka, dimana kita ketahui bersama selat tersebut merupakan salah satu selat yang paling padat lalu-lintas lautnya yang mencapai 63 ribu kapal tiap tahunnya. Selat Singapura dan Selat Malaka merupakan kawasan yang digunakan sebagai perlintasan berbagai jenis kapal dari berbagai negara, membuat kedua selat ini menjadi Sea Lanes of Comunication (SLOC) dan Sea Lanes of Oil Trade (SLOT) dunia yang sangat vital.
Dengan ditetapkannya karimun sebagai area Free Trade Zone (FTZ), menambah aktivitas perdagangan di wilayah tersebut akan semakin ramai, sehingga wilayah laut Tanjung Balai Karimun sangat rawan terhadap berbagai macam tindak pidana di laut yang perlu mendapat pengawasan serta perhatian yang serius, yang menjadi tanggung jawab dari Lanal Tanjung Balai Karimun. Untuk itulah Lanal Tanjung Balai Karimun dituntut untuk selalu siap melaksanakan tugas pokoknya, yaitu disamping menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, pembinaan peran TNI, pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di laut juga melaksanakan operasi keamanan laut di wilayah kerjanya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tugas Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun cukup berat, dimana kinerjanya dituntut lebih baik dan efektif karena dapat berpengaruh terhadap stabilitas dan kondisi perekonomian nasional, khususnya perekonomian daerah Karimun. Pelaksanaan tugas tersebut akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila dilandasi dengan semangat kerja keras dan disiplin dalam memanage sumberdaya yang ada, sedangkan dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum di laut yang diselenggara-kan dengan operasi keamanan laut, disamping diperlukan tingkat kemampuan profesionalisme yang tinggi tidak kalah pentingnya yaitu harus didukung dengan tingkat moralitas yang baik serta keberanian bertindak, sehingga dapat dikatakan bahwa profesional, moral dan berani menjadi syarat mutlak yang tidak dapat di pisahkan dalam mencapai keberhasilan yang sesungguhnya.
Dalam akhir amanatnya Danlantamal IV mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pejabat instansi terkait baik Pemerintah, TNI, Polri maupun swasta serta tokoh dan masyarakat di wilayah Tanjung Balai Karimun dan sekitarnya, atas kerja sama serta koordinasi yang telah berjalan baik selama ini, berharap hal ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dimasa yang akan datang. Upacara sertijab berlangsung meriah, digelar berbagai macam atraksi diantaranya; demonstrasi Kolone Senapan dan Karate oleh Prajurit dan Putra/Putri anggota Lanal TBK. Usai Upacara Danlantamal IV menandatangani Prasasti Rumdis Type-45/2 Unit dan Rumdis Type 74/2 Unit Lanal TBK, dilanjutkan pengarahan kepada seluruh Prajurit, PNS dan Ibu Jalasensatri Lanal TBK. Hadir dalam acara tersebut, KS Guskamlabar, Bupati beserta Ketua DPRD Kabupaten Karimun, para Asisten Danlantamal IV, Danwing Udara-2 TPI, Komadan Lanal jajaran Lantamal IV, Danlanudal TPI, Komandan Satuan TNI/Polri di wilayah Karimun serta Pejabat Instansi Pemerintah dan Swasta. (Dispen Lantamal IV).