SERTIJAB 18-23 APRIL 2012


DANSATLINLAMIL SURABAYA PIMPIN PENYERAHAN
JABATAN KOMANDAN KRI TELUK SALEH-510
23 April 2012-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni memimpin upacara penyerahan jabatan Komandan KRI Teluk Saleh (TSA)-510 dalam suatu upacara militer bertempat di Geladak KRI TSA-510  Satlinlamil Surabaya, Ujung, Surabaya, Senin, (23/4). Upacara penyerahan jabatan Komandan KRI Teluk Saleh-510 dari Mayor Laut (P) Julsyah NYB. kepada Dansatlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni ini, berkaitan akan
berpindahnya Mayor Laut (P) Julsyah NYB. ke Diskomlek Kolinlamil.
Dalam Amanatnya Dansatlinlamil Surabaya mengatakan bahwa akan dinonaktifkannya KRI-TSA-510 dari dinas TNI Angkatan Laut, menekankan kepada seluruh ABK agar semangat  pengabdian yang cukup membanggakan tetap dipelihara dan dipertahankan, karena pengabdian para ABK tidak hanya di KRI TSA-510 saja melainkan masih banyak tempat di organisasi TNI Angkatan Laut yang membutuhkan pengabdian para ABK.
Lebih lanjut dikatakan kepada seluruh ABK KRI TSA-510  ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada ABK karena KRI bisa beroperasi dan menjalankan tugas-tugas negara maupun tugas-tugas kemanusiaan sampai dengan saat kapal dinyatakan dalam status konservasi. Selanjutnya kepada Mayor Laut (P) Julshah NYB. Dansatlinlamil Surabaya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Kasubdis Pernika Diskomlek Kolinlamil.
Hadir pada upacara tersebut para Komandan KRI di jajaran Satlinlamil Surabaya.
 (Dispen Kolinlamil). Sumber, http://www.tnial.mil.id
=======================================
DANLANTAMAL VII MEMIMPIN UPACARA SERTIJAB KOMANDAN LANAL PULAU ROTE SERTA, PENYERAHAN DAN PENGUKUHAN JABATAN KASATKER LANTAMAL VII KUPANG
22 April 2012-
Bertempat di lapangan apel Mako Lantamal VII Kupang tampuk pimpinan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote Senin (22/04), diserah- terimakan dari pejabat yang lama  Letkol Laut (P) Kusumastono kepada pejabat baru Letkol Laut (P) Patkuryanto. Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII Laksma TNI Karma Suta, SE. bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara serah terima jabatan tersebut. Dalam sambutannya Danlantamal VII mengatakan bahwa, upacara serah terima jabatan merupakan proses regenerasi dalam sebuah organisasi. Terkait dengan hal tersebut, serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL  Pulau Rote diharapkan akan membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi pangkalan TNI AL khususnya Pulau Rote, sehingga output atau keluaran yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kinerja organisasi TNI Angkatan Laut secara menyeluruh dan mempunyai dampak positif terhadap masyarakat. Perairan Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya kaya akan sumber daya alam yang sangat besar terutama disektor perikanan dan wisata kebaharian. Dalam pengelolaan sumber daya dibutuhkan jaminan keamanan yang memadai, apalagi posisi Pulau Rote sangat stategis dalam memberikan dukungan logistik operasional unsur - unsur TNI Angkatan Laut yang beroperasi di laut Sawu dan Samudera Hindia yang merupakan pintu masuk ALKI III A serta berbatasan langsung dengan Australia. Sebelum menjabat Komandan Lanal Rote yang baru, Letkol Laut (P) Patkuryanto melaksanakan tugasnya di Sub direktorat Pengendalian Operasi Pendidikan di Direktorat Pendidikan Kobangdikal. Sedangkan Pejabat lama Letkol Laut (P) Kusumastono nantinya akan menempati jabatan baru sebagai Paban Analev Sintel Guspurlabar. Selesai melantik komandan Lanal Pulau Rote, Komandan Lantamal VII memimpin  acara sertijab, penyerahan dan pengukuhan jabatan Kasatker yang ada di Lantamal VII Kupang, antara lain serah terima jabatan Kadisminpers Lantamal VII dari Letkol Laut (KH) Drs. Muriyanto kepada Letkol Laut (KH) Khairul Anwar, penyerahan jabatan Kadiskes Letkol Laut (K) Kuntoro Sudjiarto Sst. Ft, dan pengukuhan jabatan Kadisang Mayor Laut (T) Djoko Budi Purnomo, ST. serta pengukuhan jabatan Kaset Lantamal VII Kapten Laut (T) Subagio. Hadir dalam upacara sertijab tersebut antara lain Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Ketut Arya Budana,SE.  Danlanal Mataram Kolonel Marinir Donar Ph. Rompas, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ir. Suroso Hadi Wibowo, para asisten Danlantamal VII, Danlanudal Kupang, Danyonmarhanlan VII, serta tamu undangan lainnya.
 (Penerangan Lantamal VII). Sumber, http://www.tnial.mil.id
========================================
DANLANAL MALANG PIMPIN SERTIJAB DANDENPOMAL LANAL MALANG
20 April 2012-
Bertempat di lapangan apel Lanal Malang, Danlanal Malang Kolonel Laut (P) R. Joko Heriyanto menjadi Irup pelaksanaan upacara  serah terima jabatan Dandenpomal Lanal Malang  dari Mayor Laut (PM) Wahyudi Irianto NRP 11037/P kepada Mayor Laut (PM) Muchsin Djoko Susatwo NRP 11616/P dengan Komandan upacara Kapten Laut (T) R. Didik Purwanto S. Sos yang sehari-hari menjabat sebagai Kasipam Sintel Lanal Malang. Jumat (20/04/12).

Dalam amanatnya Danlanal Malang menyampaikan “Serah terima jabatan pada hakekatnya bukan peristiwa biasa, namun memiliki makna penting bagi sebuah organisasi agar terus bergerak maju dari waktu ke waktu menjadi semakin baik. Jabatan merupakan kepercayaan dari Pemimpin untuk menjalankan organisasi agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan, sekaligus juga merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa juga kepada Bangsa dan Negara.

Oleh karena itu, adanya serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan organisasi TNI Angkatan Laut dan pemikiran inovatif, sehingga kinerja TNI AL, khususnya Lanal Malang akan semakin meningkat.” Lebih lanjut dalam amanatnya Danlanal menyampaikan, bahwa jabatan Dandenpomal Lanal Malang adalah unsur satuan yang bertugas pokok melaksanakan kebijakan dan wewenang Komandan Lanal Malang dalam bidang penegakan disiplin, tata tertib dan pengamanan fisik serta penegakan hokum di wilayah Lanal Malang. Mengakhiri amanatnya Danlanal Malang menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, secara pribadi maupun seluruh jajaran Lanal Malang kepada Mayor Laut (PM) Wahyudi Irianto atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini, serta rasa bangga dan puas atas kinerja yang ditunjukan selama menjabat sebagai Komandan Denpomal Lanal Malang. Selanjutnya kepada Mayor Laut (PM) Muchsin Djoko Susatwo selaku Dandenpomal Lanal Malang yang baru, Danlanal mengucapkan selamat atas jabatan baru ini dan selamat bertugas.Dalam upacara tersebut turut hadir para pejabat jajaran Lanal Malang antara lain Palaksa Mayor Laut (KH) Imam Muslim, Pasintel Mayor Laut (KH) Herlan Tismara, Pasprogar Mayor Laut (T) Kaliman, Pasops Kapten Laut (P) Noor Prasetya Utomo, Dansatma Kapten Laut (T) Achmad Nur, Pasmin Kapten Laut (T) Suyudi dan Perwira staf lainnya serta prajurit dan PNS di jajaran Lanal Malang.
 (Pen Lanal Malang). Sumber, http://www.tnial.mil.id
=========================================
Letkol Laut (P) Dede Burhanudin Jabat Komandan KRI dr.Soeharso-990
19 April 2012-
Letkol Laut (P) Dede Burhanudin menjabat sebagai Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso-990 yang baru . Kamis (19/4)  menggantikan pejabat lama Letkol Laut (P) Ari Widyatmoko. Serah terima jabatan ini dilaksanakan dalam upacara militer dengan Inspektur Upacara Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo. Diatas geladak KRI dr. Soeharso-990 yang bersandar di dermaga Semampir, Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo selaku Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmatim (Dan Satban Koarmatim) pada kesempatan itu juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Nanang Nurgiyanto sebagai Komandan KRI Karang Tekok-982 yang baru. Mayor Laut (P) Nanang Nurgiyanto sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa ) KRI Teluk Penyu-513.

Dan Satban Koarmatim dalam amanatnya antara lain mengatakan serahterima jabatan Komandan ini diperlukan untuk proses pembinaan dalam satuan tugas yang dipimpinnya agar dapat menjamin kesinambungan pembinaan selanjutnya. Hal ini dikarena tuntutan tugas yang selalu membutuhkan kesiapsiagaan operasional. Tegas Dansatban Koarmatim

Upacara yang digelar dengan tenue (seragam) Pakaian Dinas Upacara (PDU) 1 itu diikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama dilingkungan Satban Koarmatim. Usai serahterima jabatan dilanjutkan dengan pemberian Ucapan selamat oleh Dansatban Koarmatim yang kemudian diikuti oleh seluruh hadirin. (Dispenarmatim).
=========================================
Dua Jabatan Komandan KRI Jajaran Satfib Koarmatim Diserahterimakan
18 April 2012-
Dua jabatan Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di jajaran Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) diserahterimakan. Kegiatan tersebut berlangsung di atas Geladak Heli KRI Teluk Ende-517 yang bersandar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Rabu (18/4), bertindak selaku Irup Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi.
Jabatan ke dua Komandan KRI yang diserahterimakan tersebut, yaitu jabatan Komandan KRI Ende-517 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) D. Burhanudin kepada penggantinya Letkol Laut (P) Kuntho Tjahyono. Sementara itu, Komandan KRI Teluk Sampit-515 Letkoil Laut (P) I.N. Surya menyerahkan jabatan Komandan KRI tersebut kepada Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi.
Dalam sambutan Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi mengatakan, bawasannya pergantian pimpinan suatu komando diharapkan dapat membawa angin segar di dalam organisasi, sekaligus memantapkan dan meningkatkan hasil yang telah dicapai dijajarannya. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan motivasi kepada anak buah untuk memacu prestasi dan semangat dalam mengemban tugas untuk mengawaki alutsista yang rata-rata umurnya sudah tidak muda lagi.
 “Pada kesempatan yang baik ini, saya sampaikan beberapa perhatian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, diantaranya adalah tugas pembinaan personel. Saya menekankan agar menerapkan Tri Sila TNI AL yang merupakan dasar utama bagi prajurit TNI AL dalam mewujudkan TNI AL yang besar, kuat dan profesional,”kata Komandan Satfib Koarmatim.
Lebih lanjut Komandan Satfib Koarmatim mengatakan, untuk pembinaan material perlu diingat bahwa masih dihadapkan pada keterbatasan anggaran harkap. Untuk itu, perlu adanya peningkatan efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran harkap melalui metode skala prioritas pemeliharaan, pengadaan suku cadang serta bekal secara cermat dan tepat.
Dalam bidang latihan agar tetap mengikuti arahan-arahan dari pimpinan untuk menciptakan kapal yang siap operasi dan kemampuan profesi prajurit diantara unsur-unsur khususnya Satfib Koarmatim, agar dilaksanakan secara rutin dan berkala, baik di pangkalan atau di luar pangkalan.
 “Pembinaan bidang metode harus tetap menjadi perhataian kita, karena masih dihadapkan pada kondisi yang memerlukan penyempurnaan perangkat lunak dan administrasi KRI, terutama buku-buku dan paket instruksi dalam rangka menunjang proses regenerasi personel serta penataan administrasi pembekalan di KRI,”tegas Komandan Satfib Koarmatim. (Dispenarmatim)
========================================
KOMANDAN PASMAR-1 PIMPIN SERTIJAB DANYONMARHANLAN VII KUPANG 
18 April 2012-
Komandan Pasmar-1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara melantik Mayor Marinir Sumarsono sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VII Kupang dalam suatu upacara yang digelar di Lapangan Apel Yonmarhanlan VII Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/04) lalu.

Sebelum diserahkan kepada Mayor Marinir Sumarsono, Jabatan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VII Kupang dijabat oleh Letkol Marinir Nanang Purwoko..
Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, serah terima jabatan (sertijab) merupakan proses alamiah untuk regenerasi kepemimpinan, namun lebih diarahkan agar organisasi dapat berjalan dengan dinamis dalam menjawab tantangan tugas kedepan, juga dapat membawa semangat baru dan pemikiran segar di lingkungan Yonmarhanlan VII Kupang guna menghasilkan keluaran yang lebih berkualitas. Lebih lanjut Komandan Pasmar-1 mengucapkan atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pasmar-1 menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Marinir Nanang Purwoko atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Danyonmarhanlan VII Kupang dan selamat bertuas pada jabatan baru sebagai Paban Pamgal Sintel Pasmar-2 dan ucapan kepada Mayor Marinir Sumarsono selamat datang dan selamat atas jabatan baru sebagai Danyonmarhanlan VII Kupang, dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya, akan mampu melaksanakan tugas.Pada akhir amanatnya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan penekanan yang perlu diperhatikan untuk dipedomani, Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral dalam menjalankan kehidupan baik sebagai prajurit, kehidupan berumah tangga maupun kehidupan bermasyarakat, Kedua, Cintai lingkungan bersih dan sehat di ruangan, di Ksatrian dan di lapangan sebagai upaya pelestarian alam di sekitar kita, Ketiga, Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan harmonis dengan sesama prajurit Yonmarhanlan VII Kupang serta antara bawahan dan atasan untuk mendapatkan inovasi, kreasi dan solusi dalam menuntaskan setiap tugas dan pekerjaan, Keempat, Tingkatkan profesionalisme sebagai pasukan pendarat yang mengutamakan sinergitas dan ditopang dengan tiga kemampuan pokok yaitu menembak, berlari dan berenang, Kelima, Tingkatkan ketrampilan bela diri setiap prajurit Yonmarhanlan VII Kupang  untuk mendasari jiwa antisipatif, sportifitas, dan percaya diri dalam menghadapi setiap tugas dan pekerjaan, Keenam, Hayati dan wujudkan “Zero Accident” pada setiap kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pasca kegiatan baik di kesatuan, di daerah latihan maupun di daerah penugasan, Ketujuh, Jalin kebersamaan dengan prajurit Yonmarhanlan VII Kupang, TNI/ POLRI, keluarga dan masyarakat.dengan dilandasi kegembiraan, soliditas dan saling menghargai demi kejayaan korps Marinir. Hadir dalam kesempatan itu, Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI Karma Suta. SE, Para Asisten Danlantamal VII Kupang, Aspers Pasmar-1, dan pejabat TNI/Polri di wilayah Kupang. Selesai kegiatan Sertijab Danyonmarhanlan VII Kupang, pada keesokan harinya pada hari Kamis tanggal 19 April 2012  Komandan Pasmar-1 berkesempatan melaksanakan kunjungan ke Satgas Mar Pam Pulau terluar di Pulau Dana dan Pulau Batek di Kupang, Nusa tenggara timur dengan menggunakan Heli.
 (Dispen Kormar). Sumber, http://www.tnial.mil.id