SERTIJAB 24-30 APRIL 2012


SERTIJAB DANLANAL SIBOLGA
24 April 2012-
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Danlantamal ) II Brigjen (Mar) Gatot Subroto selaku Irup dalam upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut ( Danlanal ) Sibolga dari Letkol (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. kepada Letkol Laut (P) Evan Gatot Prijanto, SE di Lapangan Sepakbola Pandan, Tapteng Selasa  (24/4).

Dalam amanatnya Danlantamal II mengatakan, serah terima jabatan di
lingkungan TNI AL mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNI AL untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi, dengan serah terima jabatan akan terjadi regenerasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi. Pada sisi lain dengan serah terima jabatan akan menjamin adanya semangat pembaharuan dan semangat untuk maju pada seluruh personel satuan yang bersangkutan karena motor penggerak utama baru, karena itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dari waktu ke waktu, tegas Dan lantamal II. Pada akhir amanatnya Danlantamal II menyampaikan beberapa penekanan sebagai berikut, ciptakan lingkungan kerja yang kondusif, aspiratif dan komunikatif, selanjutnya tingkatkan kegiatan operasi keamanan laut di wilayah perairan Lanal Sibolga, jaga nama baik TNI dan citra TNI AL, mantapkan koordiansi dan kerjasama yang baik dengan instansi Pemda, TNI dan Polri, Swasta, masyarakat maritim, tokoh masyarakat dan media massa serta mantapkan ketaqwaan personel dan keluarganya. Setelah Upacara serah terima jabatan Danlanal Sibolga, digelar berbagai demo yang ditampilkan dari prajurit Lanal Sibolga antara lain demo karate , demo ketangkasan penyelamatan VIP, demo ketangkasan bongkar pasang senjata dengan mata tertutup serta ditutup dengan tari sapu tangan dari daerah pesisir Sibolga. Hadir pada acara tersebut jajaran perwira Lantamal II diantaranya Wadanlantamal II, para Asisten Danlantamal II, Danlanal Bengkulu, Kadisminpers Lantamal II, juga dihadiri Bupati Kab. Tapteng  Raja Bonaran Situmeang, SH, M. Hum, Wakil Bupati Tapteng Sukran Jamilan Tanjung, Walikota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, ketua DPRD Kota Sibolga Sahlul Umul Situmeang, Danrem 023/KS, Dandim 0211/ Tapteng, Dandim 0212/Tapsel, Kajari Sibolga, Ketua Pengadilan Sibolga, Kapolresta Sibolga, Kapolres Tapteng, Dandenpom1/2 Sibolga, Dansatradar 234 serta seluruh SKPD Kab. Tapteng. Usai Upacara Sertijab, acara dilanjutkan dengan pisah sambut di GOR Pandan. Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga berkenan mengulosi Danlantamal II beserta isteri dan diikuti serentak oleh jajaran Muspida plus Tapteng dan Sibolga kepada jajaran perwira Lantamal II, Letkol (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M., dan kepada Danlanal Sibolga baru Letkol Laut (P) Evan Gatot Prijanto, SE beserta isteri. Usai rangkaian acara Sertijab Danlanal Sibolga rombongan Danlantamal II bertolak dengan pesawat Cassa U- 621 ke Nias melaksanakan kunjungan ke Posal Gunungsitoli dan CC ke Walikota Gunungsitoli serta temu ramah dengan Bupati Nias, Bupati Nias Selatan, Bupati Nias Utara,  Bupati Nias Barat di Pendopo Walikota Gunung Sitoli.  (Pen Lanal Sibolga). Sumber, http://www.tnial.mil.id
=========================================
SERAH TERIMA KOMANDAN LANAL BANJARMASIN
24 April 2012-
Personel Lanal Banjarmasin mengikuti upacara serah terima jabatan Danlanal Banjarmasin dari Letkol Laut (P) Achmad Wibisono kepada penggantinya Letkol Laut (P) Antonius Widyoutomo, Selasa (24/04), di halaman Mako Lanal Banjarmasin. Bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara serah terima jabatan ini Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Brigjen TNI (Mar) M Suwandi Thahir.

Dalam amanatnya, Danlantamal VI mengatkan Serah Terima jabatan  merupakan bagian dari pembinaan  personel  dan diarahkan  untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap lingkungan dan tantangan tugas kedepan. untuk itu kepada perwira terpilih diberi kesempatan dan kepercayaan agar dapat mengembangkan kemampuan dalam memimpin  satuan organisasi tni angkatan laut khususnya lanal banjarmasin, sehingga dapat diharapkan akan muncul kader-kader pemimpin  tni angkatan laut di masa depan yang dapat diandalkan untuk kemajuan organisasi tni al yang menjadi tanggung jawabnya. Irup juga menyampaikan beberapa penekanan sebagai bekal mengawali tugas sebagai berikut:  tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, laksanakan  semua tugas dengan penuh rasa ikhlas, tanggung jawab dan loyalitas, utamanya dalam memelihara jati diri sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang dijiwai oleh sapta marga dan sumpah prajurit serta tradisi  terbaik tri  sila tni angkatan laut serta ciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif, aspiratif dan komunikatif  agar setiap anggota jajaran lanal banjarmasin termotivasi untuk memberikan pengabdian terbaik sesuai peran dan fungsinya sehingga terwujud produktifitas kerja yang berdaya guna dan berhasil guna. Pada kesempatan ini Komandan  Lantamal VI dan atas nama pribadi mengucapkan  selamat  jalan  dan terima  kasih serta   penghargaan  yang tinggi     kepada Letkol Kaut (P) Achmad Wibisono  yang telah memberikan kemampuan terbaiknya selama menjabat sebagai komandan pangkalan tni angkatan laut di jajaran lantamal vi.  pada kesempatan ini  juga,  saya  sampaikan  terima kasih kepada ibu Achmad Wibisono yang telah mendampingi suami selama menjabat sebagai   danlanal   banjarmasin. Kepada Letkol Laut (P) Antonius Widyoutomo saya mengucapkan  selamat  datang  di  Lanal jajaran Lantamal VI  dan selamat atas jabatan baru sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin. Letkol Laut (P) Achmad Wibisono akan menerima tugas baru sebagai Komandan KRI Yos Sudarso 353, sedangkan Letkol Laut (P) Antonius Widyoutomo yang sebelumnya menjabat Komandan KRI Diponegoro 365. Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Kapolda Kalsel Brigjen Syafruddin, Muspika tingkat I dan II Kalimantan Selatan serta para pejabat Lantamal VI, dan tamu undangan lainnya. (Pen Lantamal VI) Sumber, http://www.tnial.mil.id
========================================
LIMA JABATAN STRATEGIS JAJARAN LANTAMAL IV DISERAHTERIMAKAN
24 April 2012-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H., M.AP.pimpin langsung serah terima 5 (lima) jabatan Strategis di jajaran Lantamal IV. Jabatan strategis yang diserahterimakan diantaranya; Komandan Lanal (Danlanal) Tarempa, Komandan Pomal Lantamal IV, Kasatkom Lantamal IV, Kadisminpers Lantamal IV serta Kadispen Lantamal IV, bertempat di Markas Komando Lantamal IV Jl. Yos Soedarso No. 1 Batu Hitam Tanjungpinang. Selasa (24/04/12)

Jabatan Danlanal Tarempa diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Azwan Yusuf kepada Letkol Laut (P) Agung Jaya Saktika. Danpomal Lantamal IV dari Letkol Laut (PM) Hendra Gunawan, BE.,SH kepada Letkol Laut (PM) R. Pentardjo Adi P., SH. Sedangkan jabatan Kadisminpers Letkol Laut (KH) Drs. Heri Samodra, Kasatkom Letkol Laut (P) Jatmiko Hariyono dan Kadispen Mayor Laut (E) Jannes Sitanggang diserahterimakan jabatannya kepada Komandan Lantamal IV Tanjungpinang. Letkol Laut (P) Azwan Yusuf akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Departemen Strategi Seskoal, sedangkan Letkol Laut (P) Agung Jaya Saktika sebelumnya menjabat Pabandya Latgab Sops Kasal. Letkol Laut (PM) Hendra Gunawan, BE., SH menjabat sebagai Kama Hartib Pomal Kobangdikal, Letkol Laut (PM) R. Pentardjo Adi P., SH sebelumnya menjabat Wadan Pomal Lantamal V. Sedangkan Letkol Laut (P) Jatmiko Haryono mejabat Kasubdet Lanpasa Juang Seskoal, Letkol Laut (KH) Heri Samodra menjabat Pabanpers Spers Kolinlamil dan Mayor Laut (E) Jannes Sitanggang menjabat sebagai Pabandya Analev Sintel Guspurlabar.
Dalam amanatnya Komandan Lantamal IV mengatakan; Lanal Tarempa adalah satuan pelaksana Lantamal IV yang tugas pokoknya menyelenggarakan dukungan logistik  dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL yang melaksanakan operasi di wilayah kerjanya.  Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Lanal Tarempa menyelenggarakan berbagai fungsi, antara lain menyusun dan melaksanakan rencana dan program pembinaan kemampuan, menyediakan fasilitas labuh, melaksanakan dukungan pembekalan, perawatan personel, membina kekuatan dan kemampuan, latihang ladi tugas tempur serta penyelenggaraan tugas dan kegiatan lainnya sesuai perintah komando atas.  Sebagaimana kita ketahui bersama, potensi maritime dan letak geografis Lanal Tarempa dan sekitarnya merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap kemungkinan terjadinya tindak pidana tertentu di laut, khususnya pada alur laut Kepulauan Indonesia-I (Alki-I), maka perlu adanya pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfaatan laut serta pulau-pulau terdepan yang saat ini sedang menjadi prioritas untuk dikembangkan, sehingga kedepannya setiap polemik ataupun konflik yang terjadi dapat diantisipasi dan di cegah sedini mungkin. Sedangkan Pomal Lantamal IV merupakan unsur pelaksana pusat tingkat Mako Lantamal IV yang bertugas dan berkewajiban melaksanakan pembinaan tata tertib dan disiplin, serta menyelenggarakan fungsi-fungsinya antara lain menyusun dan melaksanakan rencana dan program Pembinaan tata tertib, pengamanan fisik terhadap personel maupun materiil, pemeliharaan tata tertib dan penyidikan dilingkungan Lantamal IV, serta memberikan pengarahan dan bimbingan teknis kepada satuan-satuan dan unit-unit Denpomal di lingkungan Lantamal IV. Lebih lanjut Danlantamal IV mengatakan; pemimpin merupakan motor penggerak dinamika organisasi, terlebih lagi pemimpin merupakan pemegang peran sentral sebagai penentu arah dan kebijaksanaan strategis.  Hal ini mengindikasikan bahwa tugas pada   strata    jabatan    di  jajaran Lantamal IV akan semakin berat dan kompleks,  terutama dihadapkan kepada perkembangan lingkungan yang sangat dinamis.
Secara obyektif harus kita akui bahwa selama ini Satkom, Disminpers dan Dispen Lantamal IV telah berhasil mengemban tugas, fungsi dan perannya dengan baik.   Apa yang telah dicapai tersebut merupakan   hasil    kerja  keras yang dilandasi oleh semangat   pengabdian   yang tulus dari pejabat Kasatkom, Kadisminpers dan Kadispen serta segenap anggotanya.
Turut hadir pada acara tersebut Wadan Lantamal IV Kolonel Marinir Rudy Andi Hamzah, Danwing Udara-2 TPI, para Asisten Danlantamal IV, Para Komandan Satuan TNI/Polri wilayah Kepri, para Danlanal jajaran Lantamal IV, Kadis/Kasatker Lantamal IV, Danlanudal TPI, Ketua beserta Pengurus Jalasenastri Korcab IV DJAB, Sekda Pemkab Anambas, para Kepala Kantor/Dinas wilayah Tanjungpinang.
 (Dispen Lantamal IV). Sumber, http://www.tnial.mil.id