SERTIJAB 1-10 MEI 2012


PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB ASRENA PANGARMABAR
8 Mei 2012-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangarmabar dari Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan kepada Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H., dalam suatu upacara di Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2012). Pangarmabar
Laksda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., mengatakan, serah terima jabatan merupakan dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh yang saling terkait antara aspek operasional, personel, manajemen dan situasi yang tengah berkembang. Oleh karenanya, pergantian jabatan merupakan suatu kebutuhan organisasi untuk menghasilkan kinerja organisasi agar lebih optimal dan merupakan jawaban dalam mengimplementasikan tugas, peran dan fungsi. Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, jabatan Asrena Pangarmabar adalah jabatan yang sangat penting dan kunci di Koarmabar, karena Asrena Pangarmabar merupakan pembantu utama Pangarmabar dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan di bidang perencanaan program dan penganggaran. Tugas, peran dan fungsi Asrena Pangarmabar tidak hanya menyalurkan anggaran yang telah dialokasikan oleh Komando atas melalui RKA-KL yang diajukan, tetapi juga melaksanakan pengkajian dan perencanaan strategis yang matang sekaligus menyusun sistem akuntabilitas kinerja Koarmabar dengan baik. Pada kesempatan tersebut, Pangarmabar menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan atas pengabdian, usaha-usaha dan pemikiran yang telah diberikan dalam upaya memajukan organisasi Koarmabar serta selamat bertugas, semoga meraih keberhasilan yang lebih baik pada jabatan dan bidang pengabdian yang baru. Pangarmabar juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Ny. Tiurma S.S Panjaitan yang telah mendampingi suami dalam mengemban tugas terutama dalam melaksanakan pembinaan Jalasenastri di Daerah Jalasenastri Armada Barat. Kepada Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H., Pangarmabar mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut. Diakhir amanatnya, Pangarmabar memberikan beberapa penekanan sebagai pengantar tugas bagi Asrena Pangarmabar yang baru yaitu gunakan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemimpin untuk mengembangkan kemampuan jabatan dalam upaya meningkatkan hasil pembinaan, optimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan fungsi-fungsi staf secara efektif dan efisien serta jalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan jajaran Koarmabar, maupun instansi terkait demi kelancaran dan keberhasilan tugas. Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Koarmabar Laksamana Pertama (Laksma) TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H., M.M., serta para Pejabat Teras Mako Koarmabar.  (Dispenarmabar)
 ========================================
DANSATLINLAMIL SURABAYA PIMPIN SERTIJAB DUA KOMANDAN KRI
Mei 2012-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni memimpin upacara serah terima jabatan dua Komandan KRI di jajaran Satlinlamil Surabaya dalam suatu upacara kemiliteran bertempat di Geladak KRI TBO-511 yang bersandar di Dermaga Ujung Surabaya  baru-baru ini. Jabatan Komandan yang diserahterimakan adalah jabatan Komandan KRI TBO-511 dari Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe kepada Letkol Laut (P) Ganda Permana. S.T., M.M. serta Komandan KRI TLP-540 dari Letkol Laut (P) Heru Wahyono kepada Letkol Laut (P) Marwidji Harahap. Selanjutnya Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe menempati jabatan baru sebagai Komandan KRI Teluk  Sampit-515 dan Letkol Laut (P) Heru Wahyono menempati jabatan baru sebagai Komandan Detasemen Markas Pangkalan Utama Angkatan Laut (Dandenma Lantamal) V Surabaya. Dansatlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Ferial Fahroni dalam amanatnya mengatakan, Pergantian pejabat dan pengalihan penugasan dalam suatu organisasi khususnya organisasi militer merupakan suatu hal yang sangat wajar, demikian pula halnya dengan kehidupan organisasi TNI Angkatan Laut. Pergantian Komandan, khususnya komandan KRI mutlak dilaksanakan untuk mengantisipasi dinamika, situasi dan kondisi yang berkembang saat ini, demikian dikatakan Dansatlinlamil Surabaya dalam amanatnya pada Upacara Serah Terima Komandan KRI TBO-511 dan KRI TLP-540. Lebih lanjut dikatakan bahwa semakin berat dan kompleknya tugas Satlinlamil Surabaya ke depan di dalam mendukung kegiatan operasi militer untuk perang (OMP) maupun kegiatan operasi militer selain perang (OMSP) menuntut Satlinlamil Surabaya selalu berupaya meningkatkan kemampuan sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan pelaksanaan tugas, tegasnya. Hadir pada upacara tersebut para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Surabaya, perwira Staf Satlinlamil Surabaya dan perwira KRI yang berada di pangkalan. (Dispen Kolinlamil)
 ========================================
KOMANDAN LANTAMAL VI PIMPIN UPACARA SERTIJAB DANLANAL KOTABARU
7 Mei 2012-
Upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kotabaru (Danlanal Kotabaru) dari Letkol Laut (P) Yudi Subiantoro, S.IP, MM. kepada Letkol Laut (P) Salmon Solikin dilaksanakan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Senin (7/5/2012). Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan ini adalah Danlantamal VI Brigadir Jenderal TNI Marinir M. Suwandi Thahir dengan pasukan upacara Personel Militer dan PNS Lantamal VI. Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan personel, guna memberikan kesempatan kepada para perwira terpilih untuk mengembangkan kemampuan dalam memimpin  satuan organisasi TNI AL. Diharapkan  akan  muncul  kader Pemimpin TNI AL masa depan yang dapat diandalkan untuk kemajuan organisasi.  Serah terima jabatan  juga merupakan  tuntutan organisasi agar  memperoleh masukan dan pemikiran baru, untuk meningkatkan kemampuan kinerja organisasi dalam menghadapi tugas yang lebih berat dan kompleks di masa mendatang.
Selanjutnya dikatakan bahwa secara geografis sebagian wilayah Lanal Kotabaru berada pada jalur ALKI II yang merupakan perairan yang  sangat  ramai digunakan oleh kapal-kapal domestik maupun kapal-kapal dari atau dunia internasional, baik sebagai jalur lalu lintas laut (sea lane of communication) maupun sebagai (sea lane of trade) yang harus dijamin keamanan dan keselamatan. Menyikapi hal tersebut, kepada Danlanal Kotabaru dan jajarannya dituntut adanya ide-ide baru sehingga tidak mengurangi kesiapsiagaan operasional prajuritnya dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang mungkin timbul di wilayah kerja Lanal Kotabaru, bahkan sedapat mungkin tetap melaksanakan latihan secara intensif disertai dengan pembinaan potensi maritim secara berlanjut. Danlantamal VI juga menyampaikan beberapa penekanan kepada pejabat baru untuk dipedomani diantaranya: Pertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan tugas.  Laksanakan  semua tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan loyalitas. Ciptakan iklim yang kondusif di lingkungan kerja di semua lapisan dan jajaran Lanal Kotabaru. Tingkatkan penguasaan profesionalisme prajurit,  termasuk di dalamnya penguasaan dan pemahaman perundang-undangan bidang kemaritiman. Tanamkan landasan semangat kerja sama yang kokoh, saling membantu dan saling mengisi serta  memperkecil perbedaan pendapat dengan semua pihak demi kepentingan bangsa dan negara. Danlantamal VI juga menambahkan bahwa keberhasilan pelaksanaan tugas Lanal Kotabaru tidak hanya tergantung dari kemampuan komandannya.  Melainkan  ditentukan  pula oleh  dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, baik dukungan personel Lanal, unsur penegak hukum yang terkait dan terlebih dari pemerintah daerah Dan diakhir sambutannya, Danlantamal VI menyampaikan ucapan  terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Laut (P) Yudi Subiantoro, S.IP, MM. yang telah memberikan kemampuan terbaiknya selama menjabat sebagai Danlanal Kotabaru, dan kepada Ny. Yudi  Subiantoro yang telah mendampingi suami selama menjabat sebagai Danlanal Kotabaru. Selanjutnya Danlantamal VI mengucapkan  selamat atas jabatan baru Kepada Letkol Laut (P) Salmon Solikin, sebagai  Danlanal   Kotabaru dan kepada Ny. Salmon Solikin sebagai Ketua Jalasenastri cabang Kotabaru. Hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Pulung Prambudi, para Asisten, Kafasharkan Makassar, para Danlanal di jajaran Lantamal VI, LO AL Kodam VII, Kadis, Kasatker, para Perwira dan undangan instansi unsur maritim di Makassar.
 (Pen Lantamal VI)
 =====================================
KOMANDAN LANTAMAL VI PIMPIN UPACARA SERTIJAB DANSATKAMLA 
2 Mei 2012-
Upacara serah terima jabatan Komandan Satuan Keamanan Laut  (Dansatkamla) Lantamal VI dari Mayor Laut (P) Andri Kristianto Kepada Mayor Laut (P) Pilipus Sri Suharto dilaksanakan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar. Bertindak sebagai Inspektur pada upacara serah terimajabatan ini Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal TNI Marinir M.Suwandi Thahir  sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara Mayor Laut (P) Abdul Kadir Mulku dengan pasukan upacara personel Militer dan PNS Lantamal VI.
Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa serah terimajabatan merupakan salah satu realisasi pola pembinaan personel  TNI AL dalam rangka  kaderisasi pemimpin-pemimpin  TNI AL dimasa kini maupun  dimasa mendatang. Selanjutnya dikatakan bahwa Lantamal VI mempunyai tugas dan tanggung jawab yang luas dan kompleks, dihadapkan pada kondisi geografi  yang sangat strategis, dimana Selat Makassar sebagai jalur  Lintas Pelayaran Internasional   (ALKI II).  Karena itu Satkamla Lantamal  VI sebagai salah satu unsur pelaksana Lantamal VI yang mempunyai tugas pokok dalam menyelenggarakan patroli keamanan laut secara terbatas dalam penegakan hukum di laut dituntut untuk mampu menciptakan stabilitas keamanan di laut yang berada di wilayah tugas dan tanggung jawabnya. Danlantamal VI juga menyampaikan beberapa penekanan kepada pejabat baru untuk dipedomani diantaranya; Pelihara jati diri sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang berpegang teguh pada nilai-nilai luhur  yang  terkandung didalam Sapta Marga dan   Sumpah   Prajurit  serta tradisi terbaik TNI AL. Tingkatkan profesionalisme sebagai prajurit yang bermoral, beretika, utamanya dalam penguasaan dan pemahaman Hukum   bidang   maritim   dengan  latihan-latihan yang aplikatif di lapangan. Pemahaman peraturan perundang-undangan bidang maritim baik nasional maupun internasional akan menambah keyakinan dalam menangani pelanggaran yang terjadi di laut. Hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Pulung Prambudi, para Asisten, Kafasharkan Makassar, LO AL Kodam VII, Kadis, Kasatker, para Perwira dan  undangan instansi unsur maritim di Makassar. (Pen Lantamal VI)