SERTIJAB 1-10 JANUARI 2013


DANLANAL SEMARANG LEPAS DUA PERWIRA MENUJU PENEMPATAN TUGAS BARU
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Ir. Antar Setiabudi menyelenggarakan acara pelepasan dua Perwiranya, yaitu Kasikumla Lanal Semarang Kapten Laut (KH) Sugeng Triono, S.H. dan Komandan Posal Rembang Lettu Laut (P) Agus Purwadi, di gedung serba guna (GSG) Karimun Jawa Markas Komando (Mako) Lanal Semarang, baru-baru ini. Acara pelepasan ini dihadiri oleh seluruh perwira staf dan seluruh personel Lanal Semarang.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Semarang mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada dua Perwira yang akan melaksanakan mutasi, karena telah bekerjasama, menunjukkan dedikasi, kerja keras dan menjalankan tugas dengan baik selama bertugas di Lanal Semarang. Untuk itu Komandan Lanal Semarang memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapten Laut (KH) Sugeng Triono, S.H. dan Lettu Laut (P) Agus Purwadi. Dengan harapan semoga pengalaman selama belajar di Pangkalan TNI AL Semarang bermanfaat dan dapat diaplikasikan di tempat tugas yang baru. Sebelum mengakhiri sambutannya Komandan Lanal Semarang memberikan ucapan selamat bertugas di tempat yang baru.Acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada Kapten Laut (KH) Sugeng Triono, S.H. dan Lettu Laut (P) Agus Purwadi, serta ucapan selamat dari seluruh Perwira Staf dan seluruh personel Lanal Semarang. 
 (Dispen Lantamal V)
--------------------
JABATAN WADAN LANTAMAL II DISERAHTERIMAKAN
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Laksamana Pertama TNI Pranyoto, S.Pi. bertindak selaku Irup dalam upacara serah terima jabatan Wadan Lantamal II dari Kolonel Laut (P) Inyoman Mandra, M.Sc. kepada Kolonel Laut (PM) Widhy Sutedjo di Lobi Mako Lantamal II Padang.  Danlantamal II Padang mengatakan, penyerahan jabatan bagi personel TNI Angkatan Laut merupakan suatu bentuk tanggung jawab seorang pejabat atas kinerja yang telah dilakukan selama menjabat, namun hendaknya disadari bahwa pengalaman dalam memangku jabatan adalah suatu cara guna meningkatkan kualitas kinerja dalam menghadapi tantangan tugas di masa depan sehingga kelak jika memangku jabatan yang lebih tinggi, organisasi yang dipimpinnya akan dapat berjalan dengan baik dan maju. Lebih lanjut dikatakan, jabatan Wakil Komandan Lantamal II Padang adalah membantu dan sebagai pelaksana utama Komandan Lantamal II Padang dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan Lantamal II Padang yang memiliki tugas kewajiban antara lain mengkoordinasikan kegiatan staf, Lakpus dan Satlak di tingkat Mako Lantamal II Padang, menjamin terpeliharanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi kegiatan, antar unsur maupun Satlak Lantamal II Padang, menjamin terselenggaranya dinas dalam, tata tertib dan kesiapan tugas Satker ataupun Satlak di bawah jajaran Lantamal II Padang serta mewakili Komandan Lantamal II Padang bila berhalangan melaksanakan tugas kewajibannya. Pada kesempatan tersebut, Danlantamal II Padang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Inyoman Mandra, M.Sc. atas dharma bhakti dan sumbangan pemikiran yang telah diberikan kepada Lantamal II Padang selama ini. Diakhir amanatnya, Danlantamal II Padang memberikan beberapa penekanan sebagai pengantar tugas kepada yaitu laksanakan tugas di tempat baru dengan dilandasi iman, takwa dan rasa ikhlas, tingkatkan kepekaan terhadap dinamika perkembangan lingkungan strategis dan perkembangan teknologi serta tumbuhkan motivasi dan inovasi melalui kemampuan profesionalisme dan pengalaman. Hadir pada acara tersebut Pejabat Teras Lantamal II Padang, perwira, bintara dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal II Padang.  (Dispen Lantamal II)
----------------------
KOLONEL LAUT (P) WUSPO LUKITO JABAT KOMANDAN GUSKAMLATIM
Surabaya, 8 Januari 2013-
Kolonel Laut (P) Wuspo Lukito yang sebelumnya bertugas di Mabes TNI AL dipromosikan menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Timur (Guskamlatim). Serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. yang berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (8/1/2013). Kolonel Laut (P) Wuspo Lukito adalah Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 31 dan lulus pada tahun 1986. Kolonel Laut (P) Wuspo Lukito menggantikan pejabat lama Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji. Setelah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Guskamlatim, Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji akan mengemban tugas di Mabes TNI AL sebagai Wakil Asrena Kasal. Sertijab Komandan Guskamlatim yang dilaksanakan dalam suatu upacara militer ini dihadiri Kepala Staf Koarmatim Laksamana TNI Darwanto, S.H., M.A.P., para Komandan Lantamal jajaran Koarmatim, para Asisten Pangarmatim, Komandan Satuan Kapal dan undangan lainnya. Dalam sambutan Pangarmatim mengatakan, memperhatikan luasnya wilayah perairan Indonesia yang menjadi tanggung jawab Koarmatim, penyelenggaraan operasi keamanan laut di wilayah Timur Indonesia masih harus terus ditingkatkan, mengingat berbagai pelanggaran hukum di laut masih sering terjadi. “Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan, utamanya menyangkut sarana dan prasarana Kamla yang kita miliki,” kata Pangarmatim. Kendala lain, lanjut Pangarmatim, yang sering dihadapi adalah belum optimalnya penerapan kerja sama yang terpadu dan bersinergi di antara aparat penegak hukum terkait dalam menangani permasalahan pelanggaran di laut. Guna mengantisipasi kondisi tersebut, sebagai penegak hukum di laut, TNI AL dituntut memiliki kemampuan penguasaan dan pemahaman profesionalisme dalam melaksanakan tugas operasi Kamla sehingga permasalahan-permasalahan di lapangan dapat diselesaikan secara efektif, efisien dan proporsional. Terkait hal tersebut, kata Pangarmatim, Guskamla Koarmatim sebagai Komando pelaksana operasi guna menegakkan hukum nasional dan hukum laut internasional di wilayah perairan yurisdiksi nasional yang menjadi wilayah kerja Koarmatim, bertugas untuk melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut sehari-hari dalam bentuk patrol keamanan laut. (Dispenarmatim)
-------------------
LETKOL LAUT TOTOK SUGIHARTO JABAT KABAGKUM KOBANGDIKAL
8 Januari 2013-
Letkol Laut (KH) Totok Sugiharto, S.H. resmi menjabat Kepala Bagian Hukum (Kabagkum) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) menggantikan Mayor Laut (KH) Ida Kade Sadyana, S.H., M.H. Setijab yang digelar secara sederhana di loby Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kesatrian Bumimoro Kobangdikal tersebut, dipimpin langsung Dankobangdikal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo, Selasa (8/1/2013). Kade –begitu sapaan akrab Pamen melati satu di pundak kelahiran Singaraja, Bali, 27 Februari 1965 ini, selanjutnya akan menempati pos baru sebagai Kepala Sub Dinas Pelanggaran dan Penegakan Hukum (Kasubdisdardakum) Koarmatim Surabaya, sementara itu Totok –sapaan akrab Putra Kelahiran Malang, 4 Januari 1965 ini, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal VI Makassar. Sebelum menjabat Kabagkum, Pamen melati dua di pundak ini, telah banyak jabatan yang diembanya. Setelah lulus Sekolah Perwira Militer Wajib (Sepamilwa) ABRI tahun 1992, Ia ditempatkan sebagai Pama Subdisbinkum Diskum Lantamal IV Makasar, Kasi Laankum Diskum Lantamal IV Makasar (1995), Pasops Lanal Ambon (1995), Kasubsi Indok Diskumal Mabesal (2000), Kasubsi Litjian Diskumal (2002), Pasops Lanal Malang (2004), Kasubdisbinkum Diskum Koarmatim (2006), Palaksa Lanal Maumere (2007), Kasubdiskumlater Diskum Koarmatim (2009) dan  Kadiskum Lantamal VI Makasar (2010). Sementara itu pendidikan militer yang pernah ditempuh pria suku Jawa ini adalah Sepawamil ABRI (1992), Orientasi Matra Laut (1992), Suspariksa (1993), Diklihpa Angkatan ke-28 (1997), Suspajarah Angkatan ke-12 (2001), Aplikasi Diklapa I (2001). Sedangkan tanda jasa yang telah diraihnya selama berdinas di TNI AL antara lain Satia Lancana (SL) Kesetian VIII dan SL Kebaktian Sosial. Dankobangdikal mengatakan, sertijab merupakan dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan karier personel. Makna utama dari pergantian pejabat dalam suatu organisasi, adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. ”Jadikan filosofi Hari Ini Lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini dipedomani guna mewujudkan kemampuan TNI AL secara kuantitas dalam merespon tantangan zaman saat ini dan dimasa yang akan datang,” pintanya. Dalam melaksanakan setiap kegiatan, lanjutnya Bagkum yang merupakan unsur pelayanan tingkat Mako berkedudukan langsung di bawah Dankobangdikal bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan hukum, bantuan Hukum dan kesadaran hukum terhadap pelaksanaan tugas Kobangdikal. ”Saya berharap dengan pembinaan hukum yang kontinyu terhadap personil Kobangdika,l kedepan seluruh prajurit dapat memahami masalah hukum sehingga pelanggaran –pelanggaran Hukum bisa diminimalisir sekecil mungkin guna mendukung pelaksanaan tugas yang diembankan oleh Organiasasi TNI AL bangsa dan Negara,” pungkasnya.
 (Pen Kobangdikal)
---------------------
LETKOL MARINIR ABDUS SAMAD DANDENMA KOBANGDIKAL BARU
8 Januari 201-
Di awal tahun 2013 Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) miliki Komandan Detasermen Markas (Dandenmako) baru, hal tersebut ditandai dengan diserahterimakannya Jabatan Komandan Denmako dari Letkol Marinir Ludy Prasetyono kepada Letkol Marinir Abdus Samad, Selasa (8/1/2013).Prosesi Serah terima jabatan tersebut, dipimpin langsung Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo dengan upacara militer di Lapangan Laut Seram Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya. Ludy –sapaan akrab pamen melati dua kelahiran Tulung Agung, 31 Maret 1970 ini, selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Komandan Pangkalan Marinir (Wadan Lanmar) Surabaya, sementara penggantinya, Abdus Samad –sapaan akrab pamen melati dua kelahiran Pamekasan, Madura, 5 Desember 1968 ini, sebelumnya menjabat Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Pasmar-2, Jakarta. Sebelum menempati jabatan Dandenma Kobangdikal, pria berdarah Madura yang tinggal di Jalan Nangka VI/06 Perumnas Kamal Madura ini, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1993, mengawali pengabdianya di TNI Angkatan Laut sebagai Danton 2 Kompi -A Yonranratfib Menbanpur (1995), Wadan Kie- B Yonranratfib (1997), Dankie B Yonranratfib (1998) dan Papers Yoranratfib Menbanpur (1999). Kemudian pada tahun 2001, Ia dipercaya menjadi Pasi-2 Yon Kapa Menkav Pasmar 1, Kasiwatpers Spers Menkav (2002), Danyon RRF Menkav (2007), Pasops Menkav (2009), Paban Renum Srena Pasmar 1 (2010) dan terakhir menjabat Dandenma Pasmar 2 Jakarta (2011) . Sementara itu pendidikan militer yang telah ditempuh selama berdinas di TNI AL antara lain AAL-39 (1993), Dikpara Dasar (1994), Dikpasis Angkatan-6 (1994), Lattap Danton Marinir (1995), Lattap Dankie Marinir (1996), Tar Sospol ABRI (1996), Scuba Diver (1996), Sus Mengemudi Ranpur (1997), Sus Menunggang Kuda Militer (1997), Sarcabkav Abit Capa Angkatan ke-4 (1997), Penataran Ham dan Hukum Humaniter (2000) Diklapa II Kopur Angkatan ke-16 (2002), Seskoal Angkatan Ke-45 (2007), Susgati Bintal TNI Angkatan ke-34 (2009). Adapun penghargaan yang telah diterima selama dinas di TNI AL antara lain Satya Lancana (SL) Kesetianna VIII, SL Kesetiaan XVI, SL Dwidya Sistha, SL Dwidya Sistha I dan SL Dharma Nusa. Menurut Komandan Kobangdikal, sertijab yang ditandai penyerahan tongkat komando dan bendera pataka, merupakan rangkaian tour of duty dan tour of area di lingkungan TNI AL. Regenerasi kepemimpinan dan pergantian pejabat dalam suatu organisasi adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. Menurutnya, Denmako mengemban tugas sebagai pelayanan dan pelaksanaan meterial dan fasilitas di lingkungan Kobangdikal serta mengatur urusan protokoler baik dalam upacara maupun penerimaan tamu penting Kobangdikal.”Keberhasialan tugas Denmako merupakan tampilan Markas Kobangdikal, dari keberhasilan Denmako inilah menjadi tolok ukur, citra dan penilaian Kobangdikal secara keseluruhan dimata Institusi luar Kobangdikal,” jelasnya. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Sturman Panjaitan, Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Laksma TNI Aswad, S.E., M.M., Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (T) Tri Sunu Prasetyo, para Asisiten Kobangdikal dan para pejabat Kobangdikal lainnya.
 (Pen Kobangdikal)
  -------------------
DANSATLINLAMIL JAKARTA PIMPIN UPACARA PENGUKUHAN WADAN DAN SERTIJAB PASOPS SATLINLAMIL JAKARTA
Jakarta, 4 Januari 2013-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dan Satlinlamil) Jakarta, Kolonel Laut (P) Tri Satrya Wijaya, S.E., memimpin upacara pengukuhan Wakil komandan (Wadan) dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Perwira Staf Operasi (Pasops) Satlinlamil Jakarta, di ruang rapat Satlinlamil Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (4/1/2013).
Dalam amanatnya Dansatlinlamil Jakarta mengatakan, Jabatan Wadan Satlinlamil merupakan jabatan yang sangat strategis sebagai wakil dan pembantu utama Komandan Satlinlamil Jakarta dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan dari semua eselon di bawahnya agar program-program Satlinlamil Jakarta dapat berjalan baik dan terarah. Letkol Laut (P) Toto Suharyanto yang dikukuhkan sebagai pejabat Wadan Satlinlamil Jakarta yang sebelumnya adalah Komandan KRI Teluk Amboina-503 sedangkan Pasops Satlinlamil yang diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Bambang Triyanto  kepada Letkol Laut (P) Heri Prihartanto yang sebelumnya Komandan KRI Teluk Manado-537. Sedangkan Letkol Laut (P) Bambang Triyanto akan menduduki jabatan baru sebagai Komandan Detasemen Markas Komando Lintas Laut Militer.
 (Dispen Kolinlamil)
-----------------------
DANSATLINLAMIL JAKARTA PIMPIN SERTIJAB LIMA KOMANDAN KAPAL PERANG
Jakarta, 3 Januari 2013-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dan Satlinlamil Jakarta) Kolonel Laut (P) Tri Satrya Wijaya, S.E., memimpin serah terima jabatan (Sertijab) lima komandan kapal perang di lingkungan Satlinlamil Jakarta, di Geladak Heli KRI Tanjung Kambani (KBI)-971, yang tengah sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/1/2013). Dalam amanatnya Dansatlinlamil Jakarta mengatakan, bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang biasa dan rutin diselenggarakan sesuai dengan tuntutan organisasi serta memberikan kesempatan bagi perwira pilihan untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban. Jabatan komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis yang memiliki kewenangan dan power yang sangat luas. oleh karena itu berbanggalah kepada para perwira yang dipercaya oleh TNI AL dan negara untuk menjadi seorang komandan KRI. Lebih lanjut dikatakan Dansatlinlamil Jakarta, Kita perlu menyadari bahwa wawasan kepemimpinan saat ini sangat diperlukan terlebih lagi dimasa yang akan datang. ”Bagi prajurit yang berdinas di KRI, tugas dan tanggung jawab anda adalah merawat dan memelihara seluruh elemen yang ada dikapal, sehingga kapal selalu berada pada kondisi yang siap yang pada akhirnya kapal dan ABK akan selalu siap untuk melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepada kalian,” tegasnya. Pada bagian lain Dansatlinlamil menekankan, khusus bagi seorang komandan harus mengetahui, menguasai dan memahami kondisi peralatan dan kondisi seluruh anak buah dengan segala permasalahannya yang ada pada mereka. Hendaknya seorang komandan dapat dijadikan sebagai guru, bapak sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya. oleh sebab itu bersikaplah dewasa, arif dan bijaksana, cermati setiap situasi yang ada dan senantiasa mampu mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang ada. Sedangkan kepada seluruh ABK, Dansatlinlamil Jakarta berpesan agar tetap melaksanakan tugas yang di emban secara ikhlas dan maksimal, serta dukung komandan yang baru dengan dukungan sepenuhnya sama seperti yang telah anda lakukan selama ini terhadap komandan yang lama sehingga tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik. pertahankan prestasi yang telah ada dan berusaha untuk semakin ditingkatkan, jika ada permasalahan yang tidak dapat kalian atasi jangan berusaha untuk mengatasinya dengan cara-cara yang konyol. yang akhirnya dapat merugikan diri sendiri dan merugikan kesatuan, sampaikan permasalahan kalian kepada atasan secara berjenjang. Serah terima jabatan kelima komandan KRI yaitu KRI Tanjung Kambani (KBI)-971 dari Letkol Laut (P) Dadang Somantri yang akan menempati jabatan baru sebagai Padiklat Disadal Mabesal kepada Letkol Laut (P)Teguh Imam Wibowo yang sebelumnya Komandan KRI Teluk Hading (THG)-538, KRI Tanjung Nusanive (NSV)-973 dari Letkol Laut (P) Heri Widodo yang akan menempati jabatan baru sebagai Pabandya Anglamil Sopsal Mabesal kepada Letkol Laut (P) Irwan Sondang P., yang sebelumnya Komandan KRI Teluk Parigi, KRI Teluk Amboina (ABN)-503 dari dari Letkol Laut (P) Toto Suharyanto yang akan menempati jabatan baru sebagai Wadan Satlinlamil Jakarta kepada Mayorl Laut (P) Nouldy Jan Tangka yang sebelumnya mantan siswa Dikkreg Seskoal angkatan 50, KRI Teluk Manado (TMO)-537 dari Letkol Laut (P) Heri Prihartanto yang akan menempati jabatan baru sebagai Pasops Satlinlamil Jakarta kepada Mayor Laut (P) Dewa Gede Oka yang sebelumnya mantan siswa Dikkreg Seskoal angkatan 50, Dan KRI Teluk Hading (THG)-538 dari Letkol Laut (P)Teguh Imam Wibowo kepada Mayor Laut (P) Tarus Rostiadi yang sebelumnya mantan siswa Dikkreg Seskoal angkatan 50. 
 (Dispen Kolinlamil)