SERTIJAB 1- 15 DESEMBER 2013


DANLANTAMAL IV PIMPIN SERTIJAB DANLANAL RANAI
Kamis, 12 Desember 2013-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Heryana, S.E., memimpin pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai dari Kolonel Laut (P) Agoeng Moh
Kancana Satriawan, kepada Kolonel Laut (P) Agus Hariadi dalam suatu upacara di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No. I Batu Hitam, Tanjungpinang, Kamis (12/12/2013). Danlantamal IV pada kesempatan tersebut mengatakan, upacara serah terima jabatan ini bukanlah sekedar upacara yang bersifat seremonial saja, tetapi merupakan suatu bentuk penghormatan, kepercayaan dan sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan oleh para pejabat baru untuk membangun prestasi dan karya nyata yang lebih baik. Lebih lanjut dikatakan Danlantamal IV, Lanal Ranai selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah Lantamal IV, mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI AL baik KRI, Pesawat Udara dan Personel TNI AL, yang melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya serta melaksanakan tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Pangarmabar dan Kepala Staf TNI AL. Di sisi lain, wilayah operasional Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan. Disisi lain, wilayah operasional Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, mengingat di wilayah kerja Lanal ini terdapat jalur pelayaran internasional yaitu ALKI-1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Singapura dan Vietnam. Untuk itu, Lanal Ranai selaku satuan pelaksana dukungan operasi diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya, karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan dan keharusan serta merupakan bentuk pertanggungjawaban bagi pemegang komando yang mengindikasikan seberapa besar kapabilitas dan eksistensi kinerja Lanal Ranai sebagai salah satu pengemban dan pelaksana tugas pertahanan negara di laut. Danlantamal IV pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Agoeng Moh Kancana Satriawan Putra, atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras dalam memimpin Lanal Ranai selama ini, disertai doa semoga meraih sukses di tempat penugasan yang baru. Ucapan yang sama juga disampaikan Danlantamal IV kepada Nyonya Agoeng Moh Kancana Satriawan Putra dalam mendampingi tugas suami, khususnya dalam pembinaan Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat.
Selanjutnya kepada Kolonel Laut (P) Agus Hariadi, Danlantamal IV beserta jajaran Lantamal IV mengucapkan selamat datang serta selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas yang baru sebagai komandan Lanal Ranai, semoga dengan berbekal pengalaman dan berbagai penugasan sebelumnya dapat melaksanakan tugas dengan baik.
Upacara sertijab tersebut dihadiri Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M., dan para tamun undangan diantaranya Sekda Kota Tanjungpinang, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kepala Bea Cukai Tanjungpinang, Kepala Adpel Tanjungpinang, Pembantu Rektor II Umrah dan Ketua PPAL. (Dispen Lantamal IV) source, http://www.tnial.mil.id
==============
DUA JABATAN KEPALA DINAS DI LINGKUNGAN LANTAMAL IV DISERAHTERIMAKAN
Kamis, 12 Desember 2013-
Dua Jabatan Kepala Dinas di lingkungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang diserahterimakan dalam suatu acara serah terima jabatan di Loby Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No. I Batu Hitam, Tanjungpinang, Kamis (12/12/2013). Serah terima jabatan tersebut langsung dipimpin Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Heryana, S.E.
Dua jabatan yang diserahterimakan yakni Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal IV dari Letkol Laut (KH) Esru Raharjo, S.H. kepada Letkol Laut (KH) Priyambodo, S.H. dan Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Lantamal IV dari Letkol Laut (KH) Ir. Agus Wahyudi kepada Mayor Laut (T) M. Hamzah, S.T.
Danlantamal IV Laksma TNI Agus Heryana, S.E., dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bukan hanya sebagai bagian dari pembinaan personel dan kaderisasi semata, namun juga diarahkan untuk memantapkan manajeman organisasi agar lebih adaptif dan antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas di masa mendatang. Untuk itu, dalam setiap momentum serah terima jabatan selalu diharapkan muncul pemikiran dan ide yang kreatif, inovatif, rasional dan aplikatif, untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas ke depan yang selalu berkembang dan semakin kompleks.
Lebih lanjut Danlantamal IV mengatakan, Diskum Lantamal IV adalah unsur pelaksana teknis yang bertugas dan berkewajiban menyelenggarkan pembinaan hukum bagi personel Lantamal IV, komando, badan dan instansi TNI Angkatan Laut lainnya yang berada di lingkungan jajaran Lantamal IV. Sedangkan Disfaslan Lantamal IV adalah unsur pelaksana teknis yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pembinaan fasilitas pangkalan di lingkungan Lantamal IV. Selanjutnya Danlantamal IV mengatakan, tugas dan tanggung jawab kedua kedinasan tidaklah ringan jika dihadapkan kepada dinamika perkembangan lingkungan strategis yang perubahannya sangat cepat. Karena itu hasil kegiatan dari kedua satuan kerja yang baru diserahterimakan akan berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas pokok dan kinerja Lantamal IV selaku komando pelaksana dukungan Koarmabar dalam menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks dihadapkan kepada berbagai keterbatasan. Pejabat baru senantiasa dituntut untuk benar-benar mamahami dan melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. Disamping itu pejabat baru diharapan mampu berkreasi dan berinisiatif berdasarkan pengalaman penugasan, untuk dapat membina dan menggerakkan segenap potensi yang ada, baik personel, materiil serta potensi lainnya, agar senantiasa mampu mengatasi setiap permasalahan, ujar Danlantamal IV. Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H., M.M., Para Asisten Danlantamal IV, Kepala Dinas dan Perwira Menengah di Lingkungan Lantamal IV.
(Dispen Lantamal IV) source, http://www.tnial.mil.id
=====================
MAYOR MARINIR EDI PRAYITNO JABAT DANYONMARHANLAN X JAYAPURA
Jayapura, 11 Desember 2013-
Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso melantik Mayor Marinir Edi Prayitno sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura dalam upacara Sertijab Danyonmarhanlan X di lapangan apel Lantamal X Jayapura, Papua, Rabu (11/12/2013).
Alumni Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan 51 tersebut dilantik sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura menggantikan pejabat lama Letkol Marinir Teddy Basuki yang akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Sekolah Bintara Kavaleri Kodikmar. Kegiatan yang dihadiri Wadan Lantamal X Kolonel Marinir Prasodjo Sumarto, Asintel Lantamal X Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Nurri A. Djatmika, Asops Pasmar-1 Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistiyanto, Aspers Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sukarno, Aslog Pasmar-1 Kolonel Marinir Aris Mudian, Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Siswoyo Hari Santoso dan pejabat TNI/Polri di wilayah Jayapura tersebut diikuti prajurit Yonmarhanlan X Jayapura, personel dari Lantamal X, Yonif 751 Raider, Lanud TNI AU Jayapura, Brimob Polda Papua, Basarnas dan PNS Lantamal X Jayapura. Dalam amanatnya Komandan Pasmar-1 mengatakan serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan proses wajar yang harus dilaksanakan, bukan untuk memenuhi proses pembinaan personel dalam peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan saja, namun diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan yang berkembang.
Selain itu, pergantian pejabat juga merupakan upaya pembinaan personel secara berkesinambungan sebagai langkah pembaharuan dan penyegaran pemikiran guna mendapatkan hasil pembinaan satuan yang optimal.
Yonmarhanlan X Jayapura, lanjutnya, merupakan satuan pelaksana Pasmar-1 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama TNI Angkatan Laut di wilayah Lantamal X Jayapura. Pembinaan satuan Yonmarhanlan X Jayapura merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-1, namun dalam penyelelnggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Lantamal X Jayapura.
“Dengan kondisi tersebut, maka Danyonmarhanlan harus mencermati dan memahaminya, sehingga dalam pembinaan satuannya dengan memanfaatkan kearifan lokal dan mengkomunikasikan dengan Pasmar-1, Lantamal X Jayapura maupun dengan satuan TNI/Polri serta masyarakat setempat agar tercipta hubungan saling menguntungkan yang dapat mendukung tugas Yonmarhanlan di wilayah Lantamal X Jayapura,” tegasnya. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Letkol Mar Teddy Basuki sebagai Dansebakav Kodikmar, kepada Mayor Marinir Edi Prayitno, Komandan juga mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura, dengan harapan dapat mempertahankan dan meningkatkan semua keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama.
Usai pelaksanaan serah terima jabatan, dilanjutkan dengan unjuk kebolehan anggota Jalasenastri Yonmarhanlan X membongkar pasang senjata dengan mata tertutup dan kolone senapan dari prajurit Yonmarhanlan X, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan Komandan Pasmar-1 kepada seluruh prajurit Yonmarhanlan X beserta keluarganya, penanaman pohon di halaman Mess Bintara dan penebaran benih ikan di kolam Yonmarhanlan X, sebelum meninggalkan Yonmarhanlan X, Komandan Pasmar-1 menerima paparan dari Danyonmarhanlan X Jayapura Mayor Marinir Edi Prayitno tentang tugas pokok, fungsi dan situasi di Yonmarhanlan X serta gelar pertahanan pantai yang dilakukan Yonmarhanlan X dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Pen Pasmar-1) source, http://www.tnial.mil.id
=============
LETKOL MAR AGUS GUNAWAN WIBISONO JABAT DANYONIF-3 MARINIR
Sidoarjo, 11 Desember 2013-
Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir Markos memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir, di lapangan Apel Bhumi Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Rabu (11/12/2013). Sejak dibentuk pada tanggal 16 Februari 1962 sampai dengan saat ini telah terjadi pergantian pejabat Komandan Batalyon sebanyak 30 kali, pada kesempatan ini serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir tersebut diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Marinir Dede Harsana kepada penggantinya Letkol Marinir Agus Gunawan Wibisono, Letkol Marinir Agus Gunawan yang merupakan alumni lulusan AAL Angkatan 42 tahun 1996 ini sebelumnya menjabat sebagai Komandan Puslatpurmar-5 Baluran, sedangkan.Letkol Marinir Dede Harsana yang merupakan alumni lulusan AAL Angkatan 41 tahun 1995 akan menempati jabatan baru sebagai Paban Opslat Sops Pasmar-1.
Dalam amanatnya, Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir mengatakan, serah terima jabatan pada dasarnya merupakan tuntutan alamiah dalam suatu organisasi militer, yang memiliki makna sangat strategis dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap perkembangan situasi dan tugas mendatang. Disamping itu serah terima jabatan juga bertujuan untuk pembinaan karir, serta memberikan kesempatan bagi Perwira terbaik untuk memimpin Batalyon Petarung dijajaran Brigade Infanteri-1 Marinir. “Batalyon Infanteri-3 Marinir adalah merupakan kekuatan utama Brigif-1 Marinir yang mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amphibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan Pulau-pulau terdepan yang bersifat strategis serta operasi-operasi tempur lainnya sesuai dengan kebijakan Komando Atas. Dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kekuatan inti Batalyon Tim Pendarat Amphibi, Yonif-3 Mar dituntut untuk terus menerus meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajuritnya agar tercapai tuntutan kemampuan yang dipersyaratkan sebagai pasukan pendarat. Kiprah Yonif-3 Marinir sampai dengan saat ini masih sangat membanggakan dalam setiap tugas operasi di daerah perbatasan, pengamanan pulua-pulau terdepan, maupun tugas-tugas yang diemban lainnya, prajurit Yonif-3 Marinir senantiasa menunjukkan prestasi dan hasil kerja yang patut diteladani, prestasi lainnya juga ditunjukkan oleh prajurit Yonif-3 Marinir dengan menjuarai berbagai event pertandingan olah raga ditingkat daerah sampai dengan nasional”  tegas orang nomor satu dijajaran Brigif-1 Marinir itu. Diakhir amanatnya, Komandan Brigif-1 Marinir mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Mar Dede Harsana  yang telah melaksanakan tugas-tugas dengan baik atas jerih payah dan pengabdiannya dalam memimpin Yonif-3 Marinir, serta ucapan selamat datang dan bergabung kepada Letkol Mar Agus Gunawana Wibisono dengan prajurit petarung Yonif-3 Marinir. Usai acara upacara parade, acara dilanjutkan dengan demontrasi “ Silent Platon” oleh prajurit-prajurit Macan Hitam Yonif-3 Marinir, dan dilanjutkan ramah tamah serta diakhiri dengan acara tradisi pelepasan pejabat lama. (Pen Pasmar-1) source, http://www.tnial.mil.id
===============
JABATAN KOMANDAN SEKOLAH BINTARA PUSDIKINTELMAR DISERAHKAN
Surabaya, 10 Desember 2013-
Setelah menjabat selama dua tahun delapan bulan tepatnya sejak 1 April 2011, Letkol Laut (KH) Drs. Luxembur Jason Sihombing, M.Si. secara resmi menyerahkan jabatan Komandan Sekolah Bintara Pusat Pendidikan Intelijen Maritim (Danseba Pusdikintelmar) kepada Komandan Pusdikintelmar Kolonel Laut (P) Sugiharno Andreas, S.E., M.A.P. di lapangan Apel Pusdikintelmar, Kesatrian Kodikopsla Ujung, Surabaya, Selasa (10/12/2013). Penyerahan jabatan dilaksanakan dengan upacara militer tersebut, dihadiri para Komandan Sekolah dijajaran Kodikopsla seperti Dansepa Pusdikintelmar Letkol Laut (T) Erwien AH. Ticoalu, Danselapa Letkol Laut (P) M. Nazif, Dansefung Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, Dansepaska Letkol Laut (T) A. Purwanto dan Komandan Sekolah Penyelam (Danseselam) Mayor Laut (KH) A. Fauzi.
Pamen melati dua kelahiran Lubuk Pakam, 22 Desember 1967 ini, selanjutnya akan menempati pos baru sebagai Pabandya-2 Pammat Paban V Pam Sintel Mabes TNI Jakarta. Selepas Sihombing -sapaan akrab mantan Danseba Pusdikintelmar ini- menyerahkan jabatan tersebut, untuk sementara jabatan tersebut kosong dan diserahkan kepada Komandan Pusdikintelmar Kolonel Laut (P) Sugiharno Andrea, S.E., M.A.P.
Komandan Pusdikintelmat dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang ditunjukkan selama memimpin jabatan Komandan Sekolah Bintara yang berada di bawah Pusdikintelmar Kodikopsla. Menurutnya, penyerahan jabatan merupakan hal yang biasa dilingkungan organisasi TNI AL, hal ini di karenakan pejabat pengganti belum ada sedangkan pejabat lama harus berangkat dan menempati jabatan ditempat yang baru. “Walaupun pejabat baru belum ada saya instruksikan kepada seluruh Staf Sekolah Bintara Pusdikintelmar agar tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas sehari hari,” pintanya. (Pen Kobangdikal) source, http://www.tnial.mil.id
================
KADISWATPERSAL PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN KABALURJALBAR
Jakarta Pusat, 9 Desember 2013-
Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Bambang Soesilo memimpin acara Serah Terima Jabatan Kepala Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkatan Laut Wilayah Barat (Kabalurjalbar) dari Kolonel Marinir L. Benny Lastaryo kepada Kolonel Laut (S) Bambang Sugiarto, S.E. di Ruang Serbaguna Balurjalbar Jl. Gunung Sahari V No. 66 Jakarta Pusat, Senin (9/12/2013). Dalam sambutannya Kadiswatpersal mengatakan serah terima jabatan merupakan bagian dari rangkaian proses pergantian jabatan di lingkungan TNI AL. Hal ini pada dasarnya juga merupakan bagian integral dari pembinaan personel secara keseluruhan. Melalui serah terima jabatan diharapkan dapat tercipta suasana kepemimpinan baru maupun ide-ide baru. Oleh Karenanya setiap terjadi pergantian pejabat akan selalu menimbulkan harapan baru bahwa kinerja organisasi akan lebih meningkat.
Lebih lanjut Kadiswatpersal menekankan, Balurjalbar merupakan Unit Pelaksana Teknis Diswatpersal mempunyai tugas pokok dalam menyiapkan tenaga kerja, peronel TNI AL yang siap disalurkan setelah memasuki masa pensiun. Untuk itu Balurjalbar harus meningkatkan motivasi dan dedikasi serta mengembangkan kreativitas yang lebih inovatif dengan menggunakan sumber daya yang ada guna meningkatkan kredibilitas tenaga kerja yang profesional, kata Kadiswatpersal. Hadir pada acara tersebut para Kasubdis Diswatpersal, Kakimal Lampung, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Balurjalbar.
source, http://www.tnial.mil.id
==============
SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN LANAL DUMAI
9 Desember 2013-
Komandan Lantamal I Laksamana Pertama Didik Wahyudi, S.E. bertindak sebagai Irup serah terima jabatan Komandan Lanal Dumai dari Kolonel Laut (P) Budi Purwanto, S.T. Kepada Kolonel Laut (P) Budi Siswanto,S.T., M.A.P., Senin (9/12/2013) di lapangan Apel Lanal Dumai. Hadir dalam acara tersebut Aspers Danlantamal I Letkol Laut (P) Apri Suryanta, S.E., Asrena Danlantamal I Letkol Laut (P) Idham Fala, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, M.M., M.Hum., Walikota Dumai, H. Khairul Anwar beserta seluruh unsur FKPD. Dalam amanatnya Komandan Lantamal mengatakan pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Laut Pada dasarnya merupakan bagian dari pembinaan personel dan tuntutan dari dinamika organisasi serta suatu hal yang biasa dalam rangka penyegaran dan regenerasi, namun di sisi lain merupakan amanah dari pemimpin TNI Angkatan Laut untuk memberikan kepercayaan bagi pejabat baru dalam mengembangkan kemampuannya agar dapat memberi ide atau pemikiran baru, sehingga organisasi akan semakin dinamis serta antisipasif terhadap perkembangan lingkungan yang selalu berubah.
Komandan Lanal Dumai dalam struktur organisasi Lantamal I adalah merupakan salah satu pejabat pembantu dan pelaksana utama Komandan Pangkalan Utama TNI AL I dalam menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik terhadap satuan operasi, pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan negara serta penyelenggaraan operasi laut khususnya di sepanjang Selat Malaka. Apabila kita mengikuti perkembangan situasi dalam negeri saat ini, salah satu permasalahan yang aktual dibicarakan adalah masalah wilayah perbatasan, ancaman di bidang keamanan yang terjadi di jalur internasional Selat Malaka dengan kasus perompakan, teror, penyenderaan oleh orang tak dikenal dan diperkeruh lagi dengan kegiatan illegal logging, illegal fishing, penyeludupan dan tindakan pelanggaran hukum lainnya terutama di daerah lintas batas antar negara. Demikian pula halnya dengan perkembangan lingkungan strategis yang saat ini semakin dinamis serta sulit diprediksi, tidak hanya ancaman yang bersifat konvensional namun juga ancaman bersifat non konvensional dan mengarah pada peperangan eloktronika (cyber warfare) yang dapat melemahkan kekuatan lawan tanpa harus diketahui dari mana asalnya. Maka dari itu tugas Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai tentunya akan semakin kompleks dan peran Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut sebagai kepanjangan tangan Pemimpin TNI Angkatan Laut di daerah sangatlah penting, agar mampu dan selalu siap melaksanakan tugas mengamankan laut dari segala bentuk ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri, guna mewujudkan Visi TNI Angkatan Laut yaitu “Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Handal dan Disegani serta Berkelas Dunia”. (Pen Lantamal I) source, http://www.tnial.mil.id
=============
TIGA JABATAN KOMANDAN BATALYON AAL DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, 6 Desember 2013-
Tiga jabatan Komandan Batalyon (Danyon) di jajaran Akademi Angkatan Laut (AAL), Senin (9/12/2013) diserahterimakan di Lapangan Arafuru AAL, Bumimoro Surabaya dalam suatu upacara dengan Inspektur Upacara Komandan Resimen AAL Kolonel Marinir Bambang Suswantono, S.H. Ketiga jabatan tersebut adalah Jabatan Danyon I Resimen AAL diserahkan dari Mayor Marinir Darwin Tambunan yang akan menjabat sebagai Danyon Bekpal-1 Marinir di Jakarta kepada Kolonel Marinir Bambang Suswantono, S.H. Jabatan Danyon II Resimen AAL diserahterimakan dari Mayor Laut (P) Ranu Samiaji yang akan menjabat sebagai PJS Operasi Resimen kepada Mayor Laut (E) Novi Primawan yang baru saja usai mengikuti Dikreg Seskoal di Cipulir Jakarta. Sementara Jabatan Danyon III Resimen AAL diserahterimakan dari Letkol Laut (T) Sugeng Priyono kepada Mayor Laut (T) Cornelius Hasiholan Sinaga yang baru usai melaksanakan Dikreg Seskoal. Pejabat lama akan segera menempati jabatan yang baru sebagai Perwira Staf Pasharmat Satfib di Koarmatim Surabaya. (Pen AAL) source, http://www.tnial.mil.id
=================
TIGA JABATAN KASATKER LANTAMAL III DISERAHTERIMAKAN
Jakarta Utara, 9 Desember 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Ikin Sodikin AS.,  memimpin upacara serahterima (Sertijab) tiga jabatan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) di lingkungan Lantamal III Jakarta, yang dihadiri Wadan Lantamal III Kolonel Laut (P) Muchammad Richad, para Asisten Danlantamal III  dan Kadis Jajaran Lantamal III Jakarta di gedung Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal III, Gunung Sahari No. 2, Jakarta Utara, Senin (9/12/2013).
Tiga jabatan yang diserahterimakan yaitu,  Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Lantamal III Jakarta dari Letkol Laut (KH) Yudiana Subarkah Haris kepada Letkol Laut (E) Prasetyo Triyudanto, S.T., M.A.P., dan Kepala Dinas Pembekalan (Kadisbek) Lantamal III Jakarta dari Letkol Laut (T) Agus Fathur Rohyan, S.E., M.M., kepada Mayor Laut (T) Fendy Guntoyo serta Komandan Tim Intelijen (Dantim Intel) Lantamal III Jakarta dari Letkol Laut (KH) Gatot Tirtadi, S.H., M.H., kepada Mayor Laut (E) Yulianus Arinando. Menurut  Danlantamal III Jakarta,  serah terima jabatan dilingkungan Lantamal III Jakarta adalah merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari Pemimpin TNI Angkatan Laut, yang diberikan kepada pejabat yang bersangkutan dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dari upaya pembinaan personel secara menyeluruh dalam membangun TNI Angkatan Laut pada umumnya dan Lantamal III Jakarta pada khususnya.
Selanjutnya, Danlantamal III Jakarta mengatakan, bahwa Dinas Administrasi Personel (Disminpers) Lantamal III Jakarta adalah unsur pelaksana teknis Lantamal III Jakarta yang bertugas menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi rencana program administrasi personel yang meliputi pemenuhan kebutuhan personel, pendidikan, penugasan, perawatan, pengendalian karier, pemisahan serta penyaluran personel di jajaran Lantamal III Jakarta. Sedangkan Dinas Pembekalan (Disbek) Lantamal III Jakarta mengemban peran penting dalam kedinasan yaitu memberikan dukungan perbekalan baik untuk satuan operasi maupun pemenuhan kebutuhan bekal bagi personel maupun semua Satker dilingkungan Lantamal III Jakarta dan jajarannya dalam bentuk bekal personel, bekal cair, bekal kantor maupun suku cadang kapal.
Sedangkan Tim Intelijen Lantamal III Jakarta adalah merupakan Satker yang relatif baru di jajaran Lantamal III Jakarta yang masih membutuhkan perhatian dalam pengembangan organisasinya sehingga fungsi dan kemampuannya dapat semakin ditingkatkan dan dipertajam. Pada akhir amanatnya, Komandan Lantamal III Jakarta, mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya dan terima kasih Kepada Kadisminpers Lantamal III Jakarta, Kadisbek Lantamal III Jakarta dan Dantim Intel Lantamal III Jakarta atas segala dedikasi, loyalitas dan prestasi yang telah diberikan kepada Lantamal III Jakarta.
(Dispen Lantamal III) source, http://www.tnial.mil.id
===========
SERTIJAB DANYONMARHANLAN IX DI LANTAMAL IX AMBON
Ambon, 9 Desember 2013-
Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon dari Mayor Marinir Rusmo kepada Mayor Marinir Datuk Sinaga di lapangan apel Markas Komando Lantamal IX Ambon, Senin (9/12/2013). Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso mengatakan bahwa serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan proses wajar yang harus dilaksanakan, bukan saja untuk memenuhi proses pembinaan personel dalam peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, namun lebih dari itu diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan yang berkembang. Pergantian pejabat juga merupakan upaya pembinaan personel secara berkesinambungan sebagai langkah pembaruan dan penyegaran pemikiran guna mendapatkan hasil pembinaan yang optimal. Yonmarhanlan IX Ambon adalah satuan pelaksanaan Pasmar-1 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama Angkatan Laut di wilayah Lantamal IX Ambon. Pembinaan satuan Yonmarhanlan IX Ambon merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-1, namun dalam penyelenggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Lantamal IX Ambon. Kondisi tersebut merupakan posisi yang harus dicermati dan dipahami oleh Danyonmarhanlan, sehingga dalam pembinaan satuannya dengan memanfaatkan kearifan lokal harus pandai mengkomunikasikan baik dengan Pasmar-1, Lantamal IX Ambon maupun satuan TNI/Polri serta masyarakat setempat hingga mampu terciptanya hubungan saling menguntungkan yang dapat mendukung tugas Yonmarhanlan di wilayah Lantamal IX Ambon. Pembinaan satuan Yonmarhanlan IX Ambon dihadapan keterbatasan sumber daya yang ada, mampu menampilkan karya serta pengabdian yang sangat membanggakan Pasmar – 1 dengan menampilkan sosok prajurit yang profesionalisme, penuh semangat dan gembira. Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal IX Kolonel Mar Tory Subiyantoro, Para Asisten Danlantamal IX, Para Asisten Danpasmar-1,  Wakil Walikota Ambon, Dansat Brimob Maluku, Dandim 1504 Binaiya, Kapolres Ambon dan Pulau Lease, LO Kodam XVI/PTM, Para Kasatker Lantamal IX dan Jalasenastri Korcab Pasmar-1, Jalasenastri Korcab IX Daerah Armatim serta para undangan lainnya.
(Dispen Lantamal IX) source, http://www.tnial.mil.id
=================
UPACARA PENGUKUHAN PASOPS LANAL MATARAM
6 Desember 2013-
Komandan Pangkalan TNI AL Mataram Kolonel Marinir Suhono memimpin upacara Pengukuhan Perwira Staf Operasi Lanal Mataram di Gedung RE. Marthadinata Mako Lanal Mataram, Jumat (6/12/2013). Komandan Lanal Mataram menyerahkan jabatan Perwira Staf Operasi Lanal Mataram kepada Mayor Laut (P) Deddy Harliyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Palaksa KRI Soputan-921 di jajaran Satban Koarmatim. Mengawali amanatnya, Komandan Lanal Mataram menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Mayor Laut (P) Deddy Harliyanto di Lanal Mataram. Regenerasi jabatan Perwira Staf Operasi seperti ini mempunyai makna penting yang terkandung diantaranya terealisasinya upaya kaderisasi guna mendapatkan pembaharuan yang positif dan penyegaran pikiran dalam melaksanakan tugas pokok ke depan. Hadir dalam acara serah terima, seluruh Perwira Staf dan Kasatker Lanal Mataram. Acara dilanjutkan ucapan selamat kepada pejabat Pasops dari Komandan Lanal Mataram dengan diikuti oleh seluruh peserta acara, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.
(Pen Lanal Mataram) source, http://www.tnial.mil.id
=================
MAYOR MARINIR GUGUN SAEFUL RACHMAN KOMANDA SEKOLAH TAMTAMA PUSLATDIKSARMIL
6 Desember 2013-
Di akhir tahun 2013 Sekolah Tamtama Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Seta Puslatdiksarmil) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) miliki Komandan baru, hal tersebut ditandai dengan diserahterimakannya Jabatan Danseta Puslatdiksarmil dari Mayor Marinir Danuri kepada Mayor Marinir Gugun Saeful Rachman, Jumat (6/12/2013). Prosesi Serah terima jabatan tersebut, dipimpin langsung Komandan Puslatdiksarmil Kobangdikal Kolonel Marinir Suap Yanu Hardani dengan upacara militer di Lapangan Kawah Candradimuka Pulatdiksarmil Juanda Sidoarjo. Danuri –sapaan akrab pamen melati satu kelahiran Indramayu 2 November 1974 ini, selanjutnya akan menempati  jabatan baru sebagai Komandan batalyon Infanteri (Yonif) -7 Brigif-3 Pesawaran Lampung, sementara penggantinya, Gugun –sapaan akrab pamen melati satu kelahiran Subang, 13 September 1976 ini, sebelumnya menjabat Kasubsidikbangum Disdikal Mabesal Jakarta . Sebelum menempati jabatan Danseta Puslatdiksarmil, pria berdarah Sunda yang tinggal di Komplek Citra Indah Wijaya Kusuma K-2/7 Subang ini, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1998, mengawali pengabdiannya di TNI Angkatan Laut sebagai Danton 3 Kompi -E Yonif-4 Brigif-2 Jakarta (1999), Danton Pan-1 Kie Pan-2 Yonif- 4 Brigif 2 (2000), Danton Ki Pan 3 Brigif 2 (2002), Wadan Kie YonIf -4 Brigmar BS (2003), Dan Kie F Yonif-4 Brigif -2 (2004), Dansatma Denma Pasmar-2 (2005), Wakil Pasi-2 Yonif -4 Pasmar-2 (2007), Kasie Rengar Sops Brigif-2 (2008), Kasubsi Dikbangum Disdikal Mabesal (2009).
Sementara itu pendidikan militer yang telah ditempuh selama berdinas di TNI AL antara lain AAL Angkatan ke-44 (1998), Dikpasis Angkatan-11 (1999), Diklapa I Marinir Angkatan ke-17 (2002), Diklapa II Kopur Angkatan ke-11 (2008) dan Dikreg Seskoal Angkatan Ke-51 (2013). Adapun penghargaan yang telah diterima selama dinas di TNI AL antara lain Satya Lancana (SL) Kesetiaan VIII dan SL Kesetiaan Bhakti . Komandan Puslatdiksarmil mengucapkan terima kasih kepada Mayor Marinir Danuri yang telah menjabat Komandan Sekolah Tamtama selama ini dengan penuh dedikasi yang cukup tinggi dalam menjalankan setiap tugasnya sebagai Danseta dengan baik. Begitu juga ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Mayor Marinir Gugun Saeful Rachman, semoga kedepan bisa membawa perubahan ke arah organisasi yang lebih baik. Menurut orang nomor satu dijajaran Puslatdiksarmil tersebut, sertijab yang ditandai penyerahan tongkat komando, merupakan rangkaian tour of duty dan tour of area di lingkungan Puslatdiksarmil Kobangdikal khususnya dan TNI AL pada umumnya. Regenerasi kepemimpinan dan pergantian pejabat dalam suatu organisasi adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. ”Sekolah Tamtama Puslatdiksarmil merupakan satuan pelaksana di bawah Puslatdiksarmil Kobangdikal yang bertugas mendukung pelaksanaan tugas pokok Puslatdiksarmil dalam upaya melahirkan prajurit-prajurit matra laut strata tamtama yang tangguh bermoral dan profesional dan berani dalam setiap penugasan,” jelasnya.
(Pen Kobangdikal) source, http://www.tnial.mil.id
================
PENGUKUHAN JABATAN KOMANDAN DENMA AAL
6 Desember 2013-
Gubernur AAL Laksda TNI Ary Atmaja, S.E. mengukuhkan Jabatan Komandan Denma Akademi Angkatan Laut Letkol Marinir Daniel Kreuta dalam suatu upacara militer di Gedung Aru, Kampus AAL, Kamis (6/12/2013) Dalam upacara tersebut Gubernur menyampaikan bahwa pengukuhan jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut pada dasarnya merupakan suatu proses alamiah yang sering terjadi, bukan diarahkan untuk peremajaan dan kesinambungan kepemimpinan namun lebih diarahkan agar organisasi TNI Angkatan Laut berjalan lebih dinamis agar dapat menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks. Acara pengukuhan Komandan Denma AAL diharapkan dapat membawa semangat baru dan penyegaran ide-ide pemikiran di lingkungan kedinasan masing-masing sehingga secara sinergis mampu menghasilkan karya nyata terbaik dan berkualitas guna mewujudkan AAL yang lebih baik.
Secara obyektif harus diakui bahwa selama ini jajaran Denma AAL telah berhasil mengemban tugas dalam fungsi dan peranan dengan baik dan apa yang telah dicapai merupakan hasil kerja keras yang dilandasi keikhlasan dan semangat pengabdian yang tulus. Gubernur AAL menyampaikan kepada Letkol Marinir Daniel Kreuta bahwa jabatan yang diemban pada hakekatnya merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Laut atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukan. Harapan Gubernur agar pengalaman penugasan yang dimiliki Letkol Marinir Daniel Kreuta dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan pengabdian terbaik di Akademi Angkatan Laut.
(Pen AAL) source, http://www.tnial.mil.id
================
KADISKESAL PIMPIN SERTIJAB KALADOKGI TNI AL YOS SUDARSO MAKASSAR
6 Desember 2013-
Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Adi Riyono, Sp.K.L. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada acara serah terima jabatan Kepala Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Yos Sudarso Makassar dari Letkol Laut (K) drg. Agus Gamal Putra, Sp.Perio. kepada Letkol Laut (K) drg. Agung May Setiono, Jumat (6/12/2013) di Aula Ladokgi TNI AL Yos Sudarso, Makassar. Dalam amanatnya Kadiskesal mengatakan, sertijab di lingkungan TNI merupakan cara untuk merefleksikan semangat pembaharuan dan kaderisasi pemimpin secara alamiah. Dinamisasi organisasi akan menciptakan suasana baru dalam lingkungan organisasi dan bersamanya akan muncul ide-ide baru yang segar dan inovatif. Letkol Laut (K) Agung May Setiono sebelum menjabat sebagai Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso menjabat sebagai Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) Marinir Jakarta, sementara Letkol Laut (K) drg. Agus Gamal Putra, Sp. Perio Selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Kadep Litbang di Ladokgi RE. Martadinata Jakarta. Ladokgi adalah salah satu dari tujuh unit pelaksanana teknis Diskesal yang mempunyai tugas dan kewajiban melaksanakan pembinaan kesehatan gigi dan mulut. Mengingat berada di jantung kota Makassar, Ladokgi Yos Sudarso harus menjadi Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL yang dapat dibanggakan dalam kiprahnya mendukung kegiatan TNI AL maupun instansi pemerintah
Hadir pada upacara sertijab Kaladokgi Yos Sudarso, Kepala Rumah Sakit TNI AL Dr, Ramelan Laksamana Pertama dr. Nelson Pandaleke, Sp.PD., Kaladokgi RE. Martadinata Laksamana Pertama TNI drg. Bambang Haryoto, Sp.Ortho., pejabat kesehatan TNI AL, Aspers Danlantamal VI beserta Kadis-Kasatker Lantamal VI dan Dekan Kedokteran Gigi Unhas. (Dispen Lantamal VI) source, http://www.tnial.mil.id
====================
MAYOR LAUT INDIRASAPATA HERU SETIAWAN, S.T. JABAT DANSEPA PUSDIKTEK KOBANGDIKAL
5 Desember 2013-
Mayor Laut (T) Indirasapata Heru Setiawan, S.T. resmi menjabat Komandan Sekolah Perwira (Dansepa) Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kobangdikal menggantikan Letkol Laut (T) Dedi Noferi. Setijab yang digelar secara sederhana di lapangan Apel Pusdiktek, Kodikdukum Kesatrian Bumimoro, Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) tersebut, dipimpin langsung Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) A. Mulyadi, Kamis (5/12/2013). Dedi –begitu sapaan akrab Pamen melati dua di pundak kelahiran Payakumbuh Sumatera Barat, 13 Nopember 1973 ini, selanjutnya akan menempati pos baru sebagai Calon Pengawak Kepala Departemen Mesin (Cawak Kadepsin) MRLF Kapal-2 Koarmatim Surabaya, sementara itu Indira –sapaan akrab Putra Kelahiran Mojokerto, 11 September 1976 ini, sebelumnya menjabat Kasubdisbekca Disbek Lantamal V Surabaya. Sebelum menjabat Dansepa Pusdiktek, Pamen melati satu di pundak ini, telah banyak jabatan yang diembanya. Setelah lulus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1998,  Ia mengawali kedinasan di TNI AL sebagai Ass Kadiv MPK KRI Yos-353 Satkor Koarmatim, Kadiv Motor Bantu KRI SRI-352 Satkor Koarmatim (2001), Kadepsin Barakuda-814 Satban Koarmabar (2005), Pasminlog Lanal Cirebon Lantamal III Jakarta (2006), Pasminlog Lanal Dumai lantamal I (2006), Kasubdisbekca Disbek Lantamal V Surabaya. Sementara itu pendidikan militer yang pernah ditempuh pria yang beralamatkan Jl. Adelia II no 1 Perum Garden Juanda ini adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-44 (1998), Dikpasis Angkatan-11 (1999), Sus Kadep (2001), Dik STTAL Jurusan Teknik Mesin Angkatan ke-23 (2005), Dikreg Seskoal Angkatan ke-51 (2013). Sedangkan tanda jasa yang telah diraihnya selama berdinas di TNI AL antara lain Satya Lancana (SL) Kesetian VIII. Danpusdiktek Kolonel Laut (T) A. Mulyadi mengatakan, sertijab merupakan dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan karier personel. Makna utama dari pergantian pejabat dalam suatu organisasi, adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. ”Jadikan filosofi Hari Ini Lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini dipedomani guna mewujudkan kemampuan TNI AL secara kuantitas dalam merespon tantangan zaman saat ini dan dimasa yang akan datang,” pintanya. Sekolah Perwira Pusdiktek yang berada di bawah Pusat Pendidikan Teknik Kodikdukum lanjutnya, merupakan satuan pelaksana di bawah Pusdiktek yang bertugas mendukung pelaksanaan tugas pokok Pusdiktek, berperan dan berfungsi menentukan pelaksanaan pendidikan sekolah perwira Pusdiktek, yang berkualitas hasil didik untuk dapat melahirkan prajurit-prajurit Korps Teknik strata Perwira yang tangguh bermoral dan profesional dalam setiap penugasan.
(Pen Kobangdikal) source, http://www.tnial.mil.id
====================
JABATAN KADISPROV KOLINLAMIL DISERAHTERIMAKAN
Tanjung Priok, Jakarta 3 Desember 2013-
Jabatan Kepala Dinas Provos (Kadisprov) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) diserahterimakan dari Mayor Laut (PM) Mohammad Fatih kepada Mayor Laut (PM) Firdaus Agus Cahyadi E., dalam sebuah upacara yang dipimpin langsung oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI SM. Darojatim di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (3/12/2013). Dalam amanatnya, Pangkolinlamil antara lain mengatakan bahwa serah terima jabatan adalah, merupakan upaya pembinaan personel dan organisasi secara utuh, guna memperoleh output yang semakin baik dari waktu ke waktu, dan pada akhirnya bermuara kepada terwujudnya pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi secara optimal.
Hal tersebut juga merupakan bentuk kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut, kepada para perwira terpilih, agar dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dalam mengawaki organisasi TNI Angkatan Laut khususnya Kolinlamil. Pangkolinlamil lebih lanjut mengatakan, Disprov Kolinlamil merupakan unsur pelaksana pada tingkat Mako Kolinlamil dengan tugas membina dan melaksanakan fungsi pembinaan tata tertib, disiplin dan penegakkan hukum di lingkungan Kolinlamil.
Pada kesempatan tersebut Pangkolinlamil memerintahkan kepada pejabat yang baru untuk menajamkan fungsi Disprov dalam rangka meningkatkan disiplin anggota  dan menegakkan ketertiban di lingkungan Kolinlamil. Di akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Kolinlamil itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayor Laut (PM) Mohammad Fatih atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat Kadisprov Kolinlamil, dan mengucapkan selamat kepada Mayor Laut (PM) Firdaus Agus Cahyadi E., atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut untuk menjabat sebagai Kadisprov Kolinlamil. Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Karma Suta, S.E., Inspektur Kolinlamil, para asisten Pangkolinlamil, Komandan Satlinlamil Surabaya dan Jakarta, serta para Kadis Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil) source, http://www.tnial.mil.id
================
TIGA JABATAN PERWIRA LANTAMAL I DISERAHTERIMAKAN
3 Desember 2013-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, S.E., memimpin upacara Serah terima Jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Hukum Lantamal I (Kadiskum), Letkol Laut (KH) Leonard Marpaung, S.H., kepada Mayor Laut (KH) Farid Maruf, S.H., Kepala dinas Personel (Kadisminpers), Letkol Laut (KH) Dede Komarudin, Spd kepada Mayor Laut (KH) Murdatmo Budhi Santoso, S.Sos., M.M. serta Dan Tim Intel Lantamal I Letkol Marinir Eddy H. Panjaitan, S.H. kepada Mayor Laut (P) Mochamad Irfan Riyanto, Selasa (3/12/2013). Pada upacara serah terima jabatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Dedi Suhendar dan para Asisten Komandan Lantamal I, lebih lanjut Komandan Lantamal I menyampaikan kata sambutannya, pada serah terima jabatan merupakan tuntutan dari dinamika organisasi melalui serah terima jabatan ini, di harapkan dapat tercipta suasana kepemimpinan baru di lingkungan Lantamal I, sehingga kinerja dan perilaku organisasi senantiasa memiliki out put yang semakin baik dari waktu ke waktu. Beban dan tugas yang kompleks di samping perannya selaku penyelenggara dukungan logistik, Lantamal I juga memiliki fungsi administrasi baik di bidang hukum maupun personel dan tidak kalah pentingnnya peran intelijen yang saat ini dilaksanakan tim Intelijen dibawa kewasgiatan sintel Lantamal I oleh karena itu dibutuhkan personel yang tangguh dan berkualifikasi dalam menyelesaikan tugasnya seperti yang sudah di kerjakan oleh para Pejabat yang lalu. Pada Kesempatan yang baik ini selaku pribadi ataupun selaku pimpinan di Mako Lantamal I ini, saya sampaikan ucapan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejabat lama dan yang baru.
(Pen Lantamal I) source, http://www.tnial.mil.id