SERTIJAB 16- 30 NOVEMBER 2013


JABATAN KOMANDAN LANTAMAL VII KUPANG DISERAHTERIMAKAN
29 November 2013-
Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. melantik Kolonel Laut (P) Deddy Muhibah Pribadi S.H., A.M.P. sebagai Komandan Lantamal VII Kupang yang baru, dalam sebuah upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VII di Lapangan Apel Mako Lantamal VII, Jumat (29/11/2013) lalu. Kolonel Laut (P) Deddy Muhibah Pribadi S.H.,
A.M.P. sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Sekdisdikal) yang kemudian dilantik sebagai Komandan Lantamal VII yang ke-8 menggantikan Laksamana Pertama TNI Dedy Yulianto yang mendapat tugas selanjutnya sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya. Dalam amanatnya, orang nomor satu di jajaran Koarmatim itu mengatakan, Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VII merupakan wujud dinamika organisasi yang memiliki makna penting bagi kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan manajemen sesuai peran, tugas dan fungsi yang diemban. Selain itu, serah terima jabatan adalah proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel, terealisasinya regenerasi kepemimpinan untuk mendapatkan penyegaran, munculnya ide-ide dan pemikiran baru yang lebih inovatif serta kreatif. Semuanya itu diharapkan agar organisasi dapat terus bergerak menuju kondisi yang lebih baik, dalam menyongsong tuntutan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks. Lebih lanjut dikatakan, wilayah kerja Lantamal  VII termasuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan III yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia. Sejalan dengan semakin ramainya pengguna jalur laut dan makin maraknya pelanggaran wilayah maupun tindak pidana di laut seperti traficking, terorisme, illegal logging, illegal fishing, perompakan, penyelundupan senjata dan lain-lain, tentunya akan menjadi titik-titik wilayah yang berpotensi munculnya kerawanan yang membutuhkan perhatian. Untuk itu, Lantamal VII Kupang dituntut untuk mampu berperan aktif dan ikut bertanggung jawab dalam memberikan jaminan keamanan kepada pengguna jalur pelayaran di wilayah kerjanya. Setelah selesai upacara  serah terima jabatan Komandan Lantamal VII  diperagakan demonstrasi Kolone Senapan dari Anggota Yonmarhanlan VII yang dikolaborasikan dengan Tarian Jai yang diperagakan oleh Saka Bahari Lantamal VII. Turut hadir dalam kesempatan tersebut pejabat teras TNI dan Polri di wilayah Kupang, Wagub Provinsi Nusa Tenggara Timur, para Danlantamal jajaran Koarmatim, para Danlanal jajaran Lantamal VII, Muspida Propinsi Nusa Tenggara Timur dan undangan lainnya.
(Dispen Lantamal VII) source, http://www.tnial.mil.id
=====================
DANSATLINLAMIL SURABAYA LANTIK DUA KOMANDAN KAPAL PERANG
Surabaya, 29 November 2013-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Oc. Budi Susanto, Jumat (29/11/2013) melantik dua komandan kapal perang di jajaran Satlinlamil Surabaya, bertempat di geladak KRI Teluk Lampung-540. Kedua komandan KRI yang dilantik tersebut adalah Mayor Laut (P) Tarus Rostiyadi sebagai komandan KRI Teluk Ratai-509 dan Mayor Laut (P) Ahmad Muharam sebagai Komandan KRI Teluk Lampung-540 menggantikan Letkol Laut (P) Marwidji Harahap.
Dalam amanatnya, Dansatlinlamil Surabaya antara lain mengatakan bahwa  serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang wajar dan sering dilaksanakan dalam upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh, sekaligus sebagai penyegaran semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin komplek. Lebih lanjut Dansatlinlamil Surabaya mengatakan, hal ini juga merupakan bentuk refleksi dari suatu kepercayaan dan kehormatan serta suatu amanah yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut kepada pejabat yang bersangkutan, serta diharapkan dapat mengemban tugas-tugas dengan baik serta mampu mengembangkan kreativitas, kemampuan dan menerapkan kepemimpinannya dalam mengawaki organisasi guna mewujudkan tugas pokok secara optimal.
Pada bagian akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Satlinlamil Surabaya ini mengingatkan seluruh prajurit KRI Teluk Ratai-509 maupun KRI Teluk Lampung-540, untuk tetap mendukung komandan yang baru dan mampu menampilkan inovasi yang lebih baik untuk kemajuan Satlinlamil Surabaya.
Pada acara Sertijab tersebut, selain dihadiri oleh Wadan Satlinlamil Surabaya, juga para komandan KRI yang berada di pangkalan, para perwira, serta seluruh prajurit KRI Teluk Ratai-509 maupun KRI Teluk Lampung-540. (Dispen Kolinlamil) source, http://www.tnial.mil.id
===================
LETKOL LAUT (P) ARIEF RUSTAMAN JABAT WADAN KOLATARMABAR
Jakarta Pusat, 26 November 2013-
Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Yudo Margono menyerahkan jabatan Wakil Komandan (Wadan) Kolatarmabar kepada Letkol Laut (P) Arief Rustaman dalam suatu upacara yang dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Kolatarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No. 67, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2013). Dankolatarmabar Kolonel Laut (P) Yudo Margono mengatakan, serah terima jabatan merupakan proses regenerasi dalam suatu organisasi dalam rangka pengembangan kemampuan konsepsional sebagai upaya pembinaan personel secara menyeluruh dalam membangun TNI Angkatan Laut yang lebih baik. Lebih Lanjut Dankolatarmabar mengatakan, keberhasilan suatu organisasi merupakan cerminan adanya pelaksanaan tugas dan kerjasama yang baik dari bidang-bidang yang berada di lingkungan organisasi. Oleh karena itu, keberhasilan ditentukan adanya integrasi usaha dan sinergi pemikiran antar bagian lintas fungsi dengan tingkat akurasi yang tinggi dalam nuansa kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan. Hadir pada upacara tersebut para Perwira, Bintara, dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kolatarmabar.
(Dispenarmabar) source, http://www.tnial.mil.id
======================
PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB KASARMABAR
Jakarta Pusat, 25 November 2013-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto, S.E., memimpin Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI M. Atok Urrahman kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Achmad Taufiqoerochman M., S.E., di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Senin (25/11/2013). Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto, S.E., dalam kesempatan tersebut  mengatakan alih tugas dan jabatan di lingkungan organisasi merupakan bagian dari proses pembinaan sekaligus kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan serta sebagai wujud kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada perwira terbaik dan terpilih. Kasarmabar merupakan pembantu dan penasehat utama Pangarmabar dalam bidang penyelenggaraan fungsi-fungsi staf, mengkoordinir para asisten dan staf lainnya untuk kelancaran tugas Koarmabar. Oleh karena itu, keberadaannya sangat strategis dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Pangarmabar. Pada kesempatan tersebut, Pangarmabar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Laksma TNI M. Atok Urrahman atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan kepada Koarmabar dan selamat menempati jabatan yang baru . Demikian pula kepada Laksma TNI Achmad Taufiqoerochman M., S.E. mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan serta kehormatan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut. Lebih lanjut Pangarmabar menyampaikan penekanan antara lain tumbuhkan kesadaran kinerja seluruh pengawak organisasi dengan berlandaskan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai kunci utama keberhasilan organisasi, jalin hubungan yang erat dengan sesama jajaran TNI Angkatan Laut, Komando Operasi TNI dan instansi terkait maupun dengan masyarakat untuk mengoptimalkan pencapaian sasaran pembinaan sesuai tugas pokok Koarmabar. Selain itu bina dan tumbuh kembangkan semangat kebersamaan dalam suasana dialogis di semua jajaran Koarmabar untuk mencapai kinerja organisasi yang lebih baik. Hadir pada acara tersebut Danlantamal I Belawan Laksma TNI Didik Wahyudi, S.E., Danlantamal II Padang Brigjen TNI (Mar) Soedarmien Soedar, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin, A.S., Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Agus Heryana, S.E., para Pejabat Teras Koarmabar serta para Komandan Satuan jajaran Koarmabar.
(Dispenarmabar) source, http://www.tnial.mil.id
====================
KOMANDAN SATLINLAMIL JAKARTA PIMPIN SERTIJAB TIGA KOMANDAN KRI
Tanjung Priok, Jakarta Utara, 22 November 201-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Umar Arief memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) tiga Komandan KRI di lingkungan Satlinlamil Jakarta, dilaksanakan dalam upacara militer di Gedung Laut Natuna, Marshaling Area, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (22/11/2013). Ketiga jabatan Komandan KRI yang diserahterimakan yaitu Komandan KRI Amboina (ABN)-503 dari Letkol Laut (P) Nouldy Jan Tangka yang akan menjabat sebagai Paban Binsis Srena Kolinlamil, kepada Letkol Laut (P) Heri Prihartanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pasops Satlinlamil Jakarta. Selanjutnya komandan KRI Teluk Manado (TMO)-537 dari Mayor Laut (P) Dewa Gede Oka yang akan menjabat sebagai Kasubditlitjut Seskoal, kepada Mayor Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) angkatan ke-51. Sedangkan Komandan KRI Teluk Hading (THG)-538, dari Mayor Laut (P) Tarus Rostiyadi untuk sementara diserahkan kepada Komandan Satlinlamil Jakarta. Dalam amanatnya Dansatlinlamil Jakarta antara lain mengatakan, bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang biasa dan rutin diselenggarakan sesuai dengan tuntutan organisasi serta memberikan kesempatan bagi perwira pilihan untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban.
Dansatlinlamil Jakarta juga mengingatkan, perlunya kesadaran bahwa wawasan kepemimpinan saat ini sangat diperlukan, terlebih lagi di masa yang akan datang. Khusus bagi prajurit yang berdinas di KRI lanjut Dansalinlamil Jakarta, tugas dan tanggung jawabnya adalah merawat dan memelihara seluruh elemen yang ada di kapal, sehingga kapal selalu berada pada kondisi yang siap. Pada akhir amanatnya Dansatlinlamil Jakarta berpesan kepada seluruh ABK agar tetap melaksanakan tugas yang diemban secara ikhlas dan maksimal, serta dukung komandan yang baru sama seperti yang telah anda lakukan selama ini terhadap komandan yang lama sehingga tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Toto Suharyanto, para Komandan KRI jajaran Satlinlamil Jakarta serta perwira staf Satlinlamil Jakarta dan undangan.
(Dispen Kolinlamil) source, http://www.tnial.mil.id
============
DANLANAL TEGAL PIMPIN SERTIJAB DANPOSAL TANJUNGSARI DAN DANPATKAMLA
21 November 2013-
Komandan Pangkalan TNI AL Tegal Letkol Laut (P) Joko Triwanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Tanjungsari Kab. Pemalang serta jabatan Komandan Patroli Keamanan Laut (Danpatkamla) Lanal Tegal di Lapangan Apel Mako Lanal Tegal, Kamis (21/11/2013). Jabatan Danposal Tanjungsari diserahterimakan dari Peltu Eko M. Mukhsin kepada Serma Mes Saeful Iman. Sedangkan jabatan Danpatkamla diserahterimakan dari Pelda Eko Arwan Safari kepada Serma Bah Aliyin. Dalam sambutannya Danlanal Tegal mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL pada hakikatnya merupakan bagian penting kesinambungan Kepemimpinan, dalam rangka mendinamisasikan kinerja organisasi agar senantiasa menjadi lebih baik. Jabatan Komandan Posal dan Komandan Patkamla adalah jabatan Strategis, utamanya dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan laut serta pemberdayaan potensi maritim. Berkaitan dengan perkembangan lingkungan baik regional maupun nasional, maka seluruh jajaran Lanal Tegal, khususnya Posal dan Patkamla hendaknya senantiasa mencermati, menganalisa dan mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari keberadaan Pangkalan TNI AL di Tegal. Upacara sertijab dikomandani oleh Komandan Unit Intel Lanal Tegal Letda Laut (KH) Eko Kawitono, S.H. serta diikuti oleh pasukan upacara dari Bintara Tinggi, Bintara dan Tamtama. Hadir pada upacara tersebut seluruh Perwira Staf Lanal Tegal. (Pen Lantamal V) source, http://www.tnial.mil.id
=======================
LAKSMA TNI DEDY YULIANTO JABAT WAKIL GUBERNUR AAL
Surabaya, 19 November 2013-
Laksamana Pertama TNI Dedy Yulianto yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL (Danlantamal) VII Kupang, resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut menggantikan Laksma TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E. setelah diserahterimakan dalam suatu acara Serahterima Jabatan yang dipimpin Gubernur AAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E. di Gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (19/11/2013). Pejabat lama Laksma TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E. yang telah menjabat sebagai Wagub AAL sejak bulan Maret 2012 lalu dan telah mendampingi 3 Gubernur AAL ini akan segera menempati jabatannya yang baru sebagai Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) di Jakarta. Kedua pejabat ini adalah Alumni AAL Angkatan 30 Tahun 1985. Gubernur AAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE dijumpai disela-sela acara mengatakan bahwa jabatan Wagub AAL merupakan jabatan strategis sebagai unsur pembantu dan pelaksana utama Gubernur AAL dalam melaksanakan fungsi komando terhadap unsur-unsur di bawahnya, mengkoordinasikan dan memberikan pengarahan kepada unsur-unsur di lingkungan AAL dalam menyusun petunjuk, rencana dan program kerja anggaran AAL serta mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan rencana program kerja AAL, personel, materiil dan keuangan AAL. “AAL memiliki peran dan tugas yang strategis dalam mewujudkan visi AAL yaitu terwujudnya AAL yang mampu menghasilkan perwira-perwira TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas”, ujar pejabat nomor satu di AAL ini. Acara yang dihadiri para pejabat teras AAL, Perwira, Bintara, serta PNS dan Taruna AAL ditandai dengan pelepasan dan pemasangan tanda pangkat dan jabatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyerahan cendera mata dari Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E. kepada Laksma TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E., Ketua Cabang Jalasenastri BS AAL Ny Rohita Ary Atmaja kepada Ny. Taufiqoerrochman, dan kenang-kenangan masing-masing dari Korps Wanita TNI AL (Kowal) AAL, Komandan Resimen (Danmen) AAL Kolonel Marinir Bambang Suswantono, S.H. dan Taruna AAL kepada pejabat lama yang dilanjutkan dengan tradisi pelepasan. (Pen AAL)
==============
LETKOL LAUT (P) ARIEF BUDIMAN JABAT DAN KRI BANDA ACEH-593
Jakarta, 19 November 2013-
Letkol Laut (P) Arief Budiman menjabat sebagai Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 yang baru menggantikan pejabat lama Letkol Laut (P) Yana Hardiyana.
Serah terima jabatan ini dilaksanakan dalam upacara militer dengan Inspektur Upacara Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Umar Arief, di atas geladak KRI Banda Aceh-593 yang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/11/2013). Dansatlinlamil Jakarta dalam amanatnya  antara  lain  mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal biasa dan rutin diselenggarakan sesuai dengan tuntutan organisasi, serta memberikan kesempatan bagi perwira pilihan untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban. Jabatan Komandan KRI merupakan jabatan yang strategis oleh karena itu kepercayaan yang diberikan untuk menjadi Komandan KRI jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Lebih lanjut Dansatlinlamil mengatakan, seorang komandan harus mengetahui, menguasai, memahami kondisi peralatan dan seluruh kondisi anak buah dengan segala permasalahannya yang ada pada mereka. Hendaknya seorang komandan bisa dijadikan guru, bapak sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya. Oleh sebab itu bersikaplah dewasa, arif dan bijaksana, cermati setiap situasi yang ada dan senantiasa mampu mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sesuai perkembangan lingkungan strategis yang ada. Letkol Laut (P) Arief Budiman adalah Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 41 lulus pada tahun 1995, sebelumnya menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Ratai-509 Satlinlamil Surabaya. Sedangkan Letkol Laut (P) Yana Hardiyana selanjutnya menjabat Sebagai Asrena Danlantamal X Jayapura. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Toto Suharyanto,S.T., para Komandan KRI jajaran Satlinlamil Jakarta serta perwira staf Satlinlamil Jakarta dan pejabat di lingkungan Mako Kolinlamil sebagai undangan. (Dispen Kolinlamil)
===============
DUA KOMANDAN PUSDIK DI BAWAH KODIKMAR DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, 18 November 2013-
Di penghujung tahun 2013, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kobangdikal miliki dua pejabat baru, yakni Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Danpusdikif) dan Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri (Danpusdikav). Hal tersebut ditandai dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) kedua jabatan strategis di Kodikmar ini dan dipimpin langsung Dankodikmar Kobangdikal Kolonel Marinir Much. Sulchan di Lapangan Kesatrian Ewa Pangalila Gunungsari, Surabaya, Senin, (18/11/2013). Danpusdikif diserah terimakan Kolonel Marinir Bambang Sukarno yang akan menempati jabatan baru sebagai Aspers Pasmar-1 kepada Kolonel Marinir Sumarto yang sebelumnya menjabat Kadisminpers Kormar. Sementara itu Danpusdikkav diserah terimakan Kolonel Marinir Listiyarto yang bergeser mejadi Perwira Laison Officer (LO) TNI AL di Kodam II Sriwijaya kepada Letkol Marinir Hendry Wardaya S. yang sebelumnya menjabat Wadan Kolatmar. Danpusdikif baru adalah putra kelahiran Demak 27 Juli 1965. Alumni AAL angkatan 38 tahun 1992 ini, mengawali pengabdian di TNI AL sebagai Danton 3 Kompi B Yonif 2 Mar (1993), Danton Ban Kompi A Yonif 2 Mar (1995), Danton 3 Kompi B Yonif 2 Mar (1996), Wadan Kompi A Yonif 2 Mar (1996), Danki A Yonif 2 Mar (1998), Pasi 3 Yonif 2 Mar (1998), Pabandya Progar  Banren Spers Kormar (2000), Kasi Patjab Subdis Dalpersmil Disminpers Kormar (2001), Pasops Denma Kormar (2004), Palaksa Denma Pasmar-2 (2006). Pada tahun 2007, Ia mulai dipercaya sebagai Komandan Yonmarhanlan Tanjung Pinang, Komandan Yonif-7 (2009), Paban Dalpers Spers Kormar (2009), Kadispen Kormar (2010), Kadisminpers Kormar (2013), selanjutnya sejak tanggal 18 Nopember 2013 mendapatkan amanah untuk mengemban tugas sebagai Komandan Pusdikif Kodikmar Kobangdikal. Sementara itu Hendry –sapaan akrab pamen melati dua berlambang keris Samudera ini adalah putra kelahiran Bandung 20 April 1968 yang juga alumni AAL angkatan ke-38. Selepas menamatkan pendidikan AAL tahun 1992, mengawali karier sebagai Danton di Menbanpur (1992), Wadan Ki A Yontankfib Menbanpur (1995), Danki A Yontankfib Menbanpur (1996), Wapasi-2 Yontankfib Menbanpur (1998), Pasiops Yontankfib Menbanpur (2000), Danden Kavaleri Brigmar BS (2001), Wadan Yontankfib Pasmar-1 (2002), Paslog Menkav Pasmar-1 (2004). Pada tahun 2007 menjabat sebagai Komandan Yontankfib-1 Pasmar-1 (2006), Komandan Denmatan Grup “B” Paspampres (2009), Pasbangtik Kolatmar (2010), Wadan Menkav Pasmar-1 (2011), Wadan Kolatmar (2012), selanjutnya sejak tanggal 18 Nopember 2013 mendapatkan amanah untuk mengemban tugas sebagai Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri Komando Pendidikan Marinir Kobangdikal. Menurut Dankodikmar, sertijab merupakan dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan karier personel. Makna utama dari pergantian pejabat dalam suatu organisasi, adalah adanya harapan dan semangat baru yang diusung oleh pejabat baru untuk lebih memajukan organisasi yang dipimpinnya. Hadir dalam acara tersebut Wadan Kodikmar Kolonel Marinir Lasmono, Komandan Pusdikbanpur Kolonel Marinir Chairudin Thayib, Komandan Pusdikart Kolonel Marinir Nana Supriyatna dan Pejabat teras Kodikmar lainnya. (Pen Kobangdikal)