SERTIJAB 22-31 DESEMBER 2014

LAKSAMANA MADYA TNI ADE SUPANDI JABAT KEPALA STAF ANGKATAN LAUT
Jakarta, Rabu 31 Desember 2014-
Tampuk pimpinan tertinggi di jajaran TNI Angkatan Laut, yaitu Jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) resmi dijabat oleh Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. yang dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai Kasal di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 31 Desember 2014. Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E.
menggantikan Laksamana TNI Dr. Marsetio yang sudah memasuki masa pensiun.
Pejabat baru Kasal Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. adalah Perwira kelahiran Batujajar, Bandung, 26 Mei 1960 yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-28 tahun 1983. Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXVIII Tahun 1983.
Diantara beberapa nama yang pernah menjabat sebagai Kasal, Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. merupakan Kasal berdarah Pasundan setelah R.E. Martadinata yang menjabat tahun 1959-1966 di masa kepemimpinan Bung Karno. Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. juga meneruskan jejak Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno yang saat ini menjadi Menkopolhukam sebelum menjabat Kasal didahului menjabat sebagai Kasum TNI terlebih dahulu pada masa Panglima TNI Djoko Santoso tahun 2008.
Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, yakni Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada RI Wilayah Barat tahun 2009, dan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2010. Kemudian sebelum menjabat sebagai Asrena Kasal (2012), Ade Supandi menjabat sebagai Panglima Armada RI Wilayah Timur (Pangarmatim) pada tahun 2011 dan terakhir menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI pada 2014. Berbagai pendidikan militer telah ditempuhnya selain di AAL, di antaranya meliputi Sus Padiv (1983), CICWO Course (1988), ASW. Training Officer Course (1988) Sus Korban Tembakan (1989), Dikspespa Artileri Ang-3 (1989), Diklapa II Koum Angkatan-5 (1992), Dikpa Intelmar (1994), Sesko TNI Angkatan-29 (2002), dan Lemhannas RI (PPSA) Angkatan-17 (2011).
Atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara, berbagai tanda jasa bintang dan satyalencana diperoleh antara lain: Bintang Yudha Dharma Pratama ,Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Pratama, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Dwidya Sistha I, Satya Lencana Dwidya Sistha II, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Dharma Samudra, Satya Lencana Wira Dharma (perbatasan), dan Satya Lencana Kebaktian Sosial.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/24141/Default.aspx
--------------------
DANLANTAMAL III JAKARTA PIMPIN SERTIJAB KADISKUM DAN KADISANG LANTAMAL III SERTA PENANDATANGANAN PKS DENGAN PT. MULTICON INDRAJAYA TERMINAL
Jakarta Utara, Senin 29 Desember 2014-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal III Jakarta dari Letkol Laut (KH) Denny Bayu Nugraha, S.H kepada Letkol Laut (KH) Ali Ridlo, S.H., M.M., dan Kepala Dinas Angkutan (Kadisang) Lantamal III dari Letkol Laut (T) Parmanto kepada Letkol Laut (T) Muhamad Wansaputra di Gedung Serbaguna Markas Komando (Mako)  Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Jakarta Utara, Senin (29/12).
Pada sambutannya, Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., mengatakan serah terima jabatan yang dilaksanakan pada dasarnya merupakan suatu proses wajar yang harus dilaksanakan, bukan saja untuk memenuhi salah satu bagian penting dari proses pembinaan personel yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, namun lebih dari itu karena diarahkan pula untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan pro aktif dalam menyikapi fenomena baru yang berkembang. Dan diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi dan penyegaran ide-ide pemikiran, sehingga menghasilkan keluaran yang makin berkualitas dari waktu ke waktu.
Selanjutnya, jabatan Kadiskum Lantamal III dan Kadisang Lantamal III merupakan jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di jajaran Lantamal III, Kadiskum Lantamal III berkewajiban melaksanakan pembinaan hukum, penegakan hukum dan bantuan hukum bagi Lantamal III Jakarta dan Kadisang Lantamal III berkewajiban melaksanakan pengangkutan administratif personel dan materiil baik di dalam maupun keluar dari wilayah dukungan logistik Lantamal III sehingga dapat menentukan keberhasilan tugas pokok Lantamal III. Pada akhir amanatnya, Komandan Lantamal III Jakarta, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kadiskum dan Kadisang Lantamal III atas segala dedikasi, loyalitas dan prestasi yang telah diberikan kepada Lantamal III Jakarta. Danlantamal III juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran Lantamal III untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada pejabat baru, sehingga tugas yang diemban dapat terlaksana dengan lebih mudah dan dengan hasil yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., dengan Direktur PT. Multicon Indrajaya Terminal Hiendra Sujoto. Perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan piagam kesepakatan bersama antara PT. Multicon Indrajaya Terminal dengan TNI Angkatan Laut  tentang pemanfaatan sebagian aset Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah TNI Angkatan Laut di daerah Marunda. Turut hadir pada acara tersebut, Para Asisten Danlantamal III, Para Kepala Dinas (Kadis), Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal III dan perwakilan Perwira serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal III Jakarta. (Dispen Lantamal III)
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/24110/Default.aspx
--------------------
DANLANAL BALIKPAPAN PIMPIN SERTIJAB PALAKSA LANAL BALIKPAPAN
Balikpapan, Rabu 24 Desember 2014-
Bertempat di gedung pertemuan Yos Sudarso Mako Lanal Balikpapan, dilaksanakan serah terima jabatan Palaksa Lanal Balikpapan dari Letkol Laut (P) M. Bimo Sutopo kepada penggantinya Mayor Laut (P) Ardian Budi Dharma. Upacara dihadiri oleh seluruh Perwira Staf dan Kasatker di Jajaran Lanal Balikpapan. Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo bertindak sebagai Pemimpin Acara.
Dalam amanatnya Komandan Lanal Balikpapan menyampaikan bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan dan pembinaan organisasi, serta memberi kesempatan penugasan bagi personel TNI AL untuk mengembangkan tugas dan karier yang bersangkutan, untuk regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, memantapkan manajemen organisasi agar lebih responsif, adaftif dan antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas yang terus berkembang secara dinamis di masa mendatang.
Lanjutnya, beliau mengajak dan memerintahkan kepada semua jajaran Lanal Balikpapan, jangan pernah menurunkan semangat, motivasi dan kinerja yang telah mampu diraih, menunjukkan dengan sungguh-sungguh kemampuan yang sebenarnya, dengan demikian diharapkan Lanal Balikpapan mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih dan ditiingkatkan lagi prestasi di masa mendatang.
Kemudian, atas nama pribadi dan selaku Komandan Lanal Balikpapan beserta seluruh jajaran,beliau mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada Letkol Laut (P) M. Bimo Sutopo yang selama ini telah dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Palaksa Lanal Balikpapan dengan baik, begitu pula disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Nyonya Dinar Bimo Sutopo atas pengorbanan dan dukungan yang telah diberikan kepada suami sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dan segala upaya, dukungan dan kinerja yang telah ditampilkan selama menjabat sebagai Wakil Ketua Cabang 5 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada Timur.
Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan memberikan arahan dan penekanan kepada seluruh jajaran Lanal Balikpapan agar selalu perkuat soliditas, kerjasama dan koordinasi antar para perwira di segala lini, sehingga Lanal Balikpapan tetap mampu menunjukkan prestasi dan kinerja yang terbaik, “berlarilah kalian lebih kencang, kuatkan otot kalian, pertajamkan otak kalian dan berkeringatlah kalian sampai basah kuyup, serta jangan lupa untuk selalu berdoa lebih khusuk, sehingga apapun tantangan tugas di depan kita, tidak gentar dan pantang surut kita menghadapinya”, demikian sambutan Komandan Lanal Balikpapan. (Pen_LanalBpp)
(Pen Lanal Balikpapan)
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/24074/Default.aspx
--------------------
DANSATLINLAMIL JAKARTA PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN KRI TELUK HADING-538
Jakarta Utara, Selasa 23 Desember 2014-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Teluk Hading-538 dari Letkol Laut (P) Rapy Tadung kepada penggantinya Mayor Laut (P) Rikrik Permadi Sobana bertempat di Geladak KRI Teluk Hading-538, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (23/12/2014).
Dansatlinlamil Jakarta dalam amanatnya mengatakan jabatan Komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis dengan memiliki kewenangan serta power yang sangat luas, oleh karena itu kepercayaan yang diberikan untuk menjadi komandan KRI, jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Lebih lanjut Dansatlin Jakarta juga menekankan pentingnya wawasan kepemimpinan saat ini yang sangat diperlukan, terlebih lagi di masa yang akan datang.
“Khusus bagi seorang Komandan harus mengetahui, menguasai dan memahami kondisi peralatan dan kondisi seluruh anak buahnya dengan segala permasalahan yang ada pada diri mereka, hendaknya seorang komandan dapat dijadikan sebagai guru, bapak juga sekaligus atasan, oleh karena itu bersikaplah dewasa, arif dan bijaksana”, ujar Dansatlinlamil Jakarta.
Pada bagian lain amanatnya Dansatlinlamil Jakarta berpesan kepada seluruh ABK KRI, agar tetap melaksanakan tugas yang diemban secara ikhlas dan maksimal, serta harus mendukung sepenuhnya kepada Komandan yang baru seperti yang dilakukan selama ini terhadap Komandan yang lama.
Pada akhir sambutannya, Dansatlinlamil Jakarta menyampaikan terima kasih kepada Letkol Laut (P) Rapy Tadung selama pengabdiannya sebagai Komandan KRI Teluk Hading-538 yang selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Amboina-503, kemudian kepada Mayor Laut (P) Rikrik Permadi yang sebelumnya menjabat sebagai Palaksa KRI Banda Aceh-593, Dansatlinlamil Jakarta menyampaikan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut, dan mengharapkan agar dapat meneruskan serta meningkatkan apa yang telah dicapai kepemimpinan pejabat lama dalam meningkatkan profesionalisme prajurit serta mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Turut hadir pada upacara tersebut, para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Jakarta, perwira staf Satlinlamil Jakarta dan perwira KRI yang berada di pangkalan Jakarta.
(Dispen Kolinlamil)
sumber,ttp://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/24040/Default.aspx