SERTIJAB 1-10 MEI 2015

JABATAN KOMANDAN DENMAKO KOLINLAMIL DISERAHTERIMAKAN
Jakarta, Jum’at 8 Mei 2015-
Jabatan Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Bambang Trijanto kepada Letkol Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, Jumat kemarin (08/05/2015) di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bertindak selaku inspektur upacara pada acara Serah Terima (Sertijab) tersebut yaitu Panglima
Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos. yang dihadiri Kepala Staf Kolinlamil Laksmana Pertama TNI Pulung Prambudi, Irkolinlamil, para Asisten dan Kadis, Dansatlinlamil Surabaya dan Komandan KRI serta seluruh prajurit maupun PNS di lingkungan Mako Kolinlamil Jakarta. Dandenmako Mako Kolinlamil yang baru, Letkol Laut (P) Dewa Gede Oka Susila sebelumnya menjabat Kasubdit Litjut Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) sedangkan Letkol Laut (P) Bambang Trijanto selanjutnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar, Bali, yang sudah ditempatinya. Dalam amanatnya Pangkolinlamil mengatakan, serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan proses alamiah yang selalu terjadi, bukan saja diarahkan untuk regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan namun lebih dari itu diarahkan agar organisasi dapat berjalan dinamis dalam menjawab tantangan tugas kedepan. Oleh karenanya, serah terima jabatan Dandenma Mako Kolinlamil, diharapkan dapat membawa semangat baru dan penyegaran ide-ide dan pemikiran di lingkungan Denma Kolinlamil secara keseluruhan mampu menghasilkan keluaran yang lebih berkualitas.
Lebih lanjut Pangkolinlamil mengatakan, Detasemen Markas Komando Kolinlamil adalah salah satu unsur pelaksana pelayanan di tingkat Mako, yang berkedudukan langsung di bawah Panglima Komando Lintas Laut Militer. Dalam melaksanakan tugasnya, Denmako Kolinlamil menyelenggarakan berbagai fungsi yang meliputi, melaksanakan urusan dalam, melaksanakan perawatan personel, pemeliharaan material dan perbekalan, melaksanakan pengamanan penjagaan terhadap pejabat dan tamu penting Kolinlamil serta melaksanakan urusan protokoler maupun pelaksanaan upacara. (Dispen Kolinlamil)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26757/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL LAMPUNG
Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Suharto, S.H.,M.Si (Han) menyerahkan tongkat komando jabatan Danlanal Lampung kepada Kolonel Laut (P) Yana Hardiyana. Serah terima jabatan ini dilaksanakan dalam upacara militer di lapangan apel Mako Lanal Lampung Piabung Kec. Padang Cermin Kab. Pesawaran Lampung. Upacara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini, dipimpin oleh Komandan Lantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu dan Komandan Upacara oleh Mayor Laut (P) Mirza, S.E.,M.M. yang sehari-harinya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi Lanal Lampung. Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu unit Korsik dari Korem 043/Gatam, satu peleton Perwira Gabungan TNI/Polri, satu SSK Lanal Lampung, satu SSK Marinir dan unsur maritim Provinsi Lampung. Kemudian di tribun kehormatan terlihat Bupati Pesawaran Aries Shandi Dharma Putra, Asisten I Gubernur Lampung, Danlanud AT Menggala, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Wakil Danrem 043/Gatam, Dirbrimob Polda Lampung, Dirpolair Lampung yang mewakili Kapolda Lampung, Ketua Pengadilan Tinggi Lampung, Wakajati Lampung, Kapolresta Bandar Lampung, Kapolsek Padang Cermin dan tamu undangan lainnya.
Dalam amanahnya Danlantamal III mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Suharto yang telah berhasil menjabat sebagai Danlanal Lampung. “Secara obyektif saya menilai selama ini Danlanal Lampung telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Untuk itu atas nama pribadi dan seluruh jajaran Lantamal III saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Laut (P) Suharto, S.H.,M.Si (Han) yang telah bekerja maksimal sebagai Danlanal Lampung. Saya berharap keberhasilan dan pengalaman penugasan ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat dalam mengemban tugas di tempat yang baru,” ungkap Laksma TNI Aguk. Selain itu kepada Kolonel Yana, Danlantamal berharap agar jabatan Danlanal Lampung dapat mendorong motivasi untuk mengembangkan kemampuan pribadi. “ Kepada Kolonel Yana Hardiyana, saya berharap agar amanh dan kepercayaan yang baru ini, benar-benar dapat mendorong motivasi, kreatifitas dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi bagi terwujudnya Lanal Lampung yang baik. Manfaatkan jabatan ini sebaik-baiknyauntuk mengembangkan kemampuan pribadi dalam meningkatkan prestasi,” sambungnya. Usai upacara dilanjutkan dengan demonstrasi-demonstrasi yang diperagakan oleh personel Lanal Lampung, Brigif 3 Mar dan anak-anak sekolah binaan Lanal Lampung. Berbagai demonstrasi tersebut adalah bela diri yang diperagakan prajurit Brigif 3 Marinir, kemudian drum band oleh anak-anak MAN Bandar Lampung yang merupakan sekolah binaan Lanal Lampung. Dan pergaan terakhir dan membuat para penonton was-was adalah atraksi motor trail yang dimainkan oleh para prajurit Lanal Lampung. (Pen Lanal Lampung)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26699/SERAH-TERIMA-JABATAN-DANLANAL-LAMPUNG.aspx

PENGUKUHAN JABATAN ASRENA PANGARMABAR DAN SERTIJAB KADISKUMARMABAR
Jakarta, Rabu 6 Mei 2015-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmbar) Laksamana Muda (Laksda) TNI A. Taufiq R., menyerahan jabatan Asisten Perencanaan (Asrena) Pangarmabar kepada Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi dan memimpin acara serah terima jabatan Kepala Dinas Hukum Koarmabar (Kadiskumarmabar) dari Kolonel Laut (KH) Yuli Dharmawanto, S.H., M.H., kepada Kolonel Laut (KH) Anton Yuliarso, S.H., M.H., .di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat, Rabu (6/5). Menurut Pangarmabar, kedua jabatan tersebut merupakan unsur pembantu pemimpin dan unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmabar yang memegang peranan penting dan memiliki tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, Staf Perencanaan dan Anggaran bertugas tidak hanya menyalurkan anggaran yang telah dialokasikan oleh Komando Atas melalui RKA-KL yang diajukan, namun juga melaksanakan perencanaan, pengembangan dan pengkajian strategis yang matang guna kemajuan organisasi Koarmabar. Adapun Diskum Koarmabar bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan hukum serta dukungan hukum terhadap pelaksanaan tugas Koarmabar. Oleh karena itu, harus mampu mengembangkan, merumuskan dan menyiapkan petunjuk yang bersifat teknis di bidang pembinaan hukum, guna menumbuhkan kesadaran hukum di lingkungan Koarmabar.Selanjutnya Pangarmabar mengatakan, dengan segala keterbatasan yang ada, Satker-satker tersebut telah dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Keberhasilan itu banyak ditentukan karena adanya integritas dan sinergitas antar satker yang bersifat lintas fungsi dalam nuansa kebersamaan tanpa mengabaikan keberadaan fungsi masing-masing Satker dalam mendukung tugas pokok Koarmabar. Hadir pada acara itu antara lain Irarmabar, para Asisten Pangarmabar, Wadan Lantamal III, Kepala Dinas/Satuan Kerja dan Komandan Satuan Jajaran Koarmabar. (Dispenarmabar)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26689/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN PANGKALAN ANGKATAN LAUT TIMIKA
Timika, Selasa 5 Mei 2015-
Jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Mulyadi, S.E., kepada Letkol Laut (P) Victor Pardamean Y. Siagian, S.T., Upacara serah terima jabatan dilaksanakan pada hari Selasa 5 Mei 2015 bertempat di lapangan Markas Komando Lanal Timika Cargo Dock Amamapare. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke Kolonel Marinir F. Saud Tambatua  S.E. dengan Komandan Upacara Kapten Laut (P) Ardian Endar D, Perwira Operasi (Pasops) Lanal Timika. Sebelum menjabat sebagai Komandan Lanal Timika, Letkol Laut (P) Victor Pardamean Y. Siagian, S.T. menjabat sebagai Kasubditlat Akademi Angkatan Laut, sedangkan Letkol Laut (P) Mulyadi, S.E., selanjutnya mendapat promosi jabatan sebagai Komandan KRI Slamet Riyadi-352 Satuan Kapal Escorta Koarmatim Ujung Surabaya Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan personel. Makna utama dari suatu pergantian kepemimpinan di setiap tataran adalah adanya harapan dengan semangat baru untuk dapat meningkatkan kondisi yang lebih baik secara berkesinambungan, sehingga akan terwujudnya kemampuan Lanal Timika yang dapat merespon tantangan di masa mendatang. Tak lupa dalam sambutannya Komandan Lantamal XI Merauke menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sedalam-dalamnya kepada  Letkol Laut (P) Mulyadi, S.E. beserta Ny. Mulyadi yang telah memberikan pengabdian terbaik selama menjabat sebagai Dan Lanal Timika Pada kesempatan itu juga, disampaikan ucapan selamat datang dan selamat kepada pejabat baru Dan Lanal Timika Letkol Laut (P) Victor Pardamean Y. Siagian, S.T. beserta Ny Victor Pardamean atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI AL. Turut hadir dalam upacara sertijab tersebut sebagai undangan Aspers dan Aslog Dan Lantamal XI, Danlanal Aru, Bupati Kabupaten Mimika beserta beberapa Pejabat Pemkab Mimika, Para Dansat TNI dan Polri serta pejabat di lingkungan PT Freeport Indonesia dan masyarakat adat. Seluruh rangkaian kegiatan upacara dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.
(Pen Lanal Timika)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26709/Default.aspx

JABATAN KADISPROVARMABAR DISERAHTERIMAKAN
Jakarta, Selasa 5 Mei 2015-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kadisprovarmabar dari Kolonel Laut (PM) Drs. Audi Rahman kepada Kolonel Laut (PM) Nazali Lempo, S.H., M.H., di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Jalan Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat, Selasa (5/5).
Dalam amanatnya Pangarmabar antara lain menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi militer pada hakekatnya merupakan momentum formal, dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategis. Makna yang terkandung di dalamnya adalah terealisasinya peremajaan guna memperoleh pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran dengan selalu berorientasi kepada terwujudnya perilaku organisasi yang lebih dinamis dan menghasilkan output yang optimal. Perilaku organisai yang dinamis tersebut ditampilkan dalam wujud tercapainya berbagai kemajuan dan berbagai keberhasilan tugas yang semakin lama semakin meningkat kualitas dan kapasitasnya.
Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, peristiwa sertijab merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL, yang diberikan kepada para pejabat yang bersangkutan. Hal ini dilakukan dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dan upaya pembinaan personel secara menyeluruh. Kadisprovarmabar merupakan unsur pelaksana Koarmabar yang mempunyai tugas menyelenggarakan fungsi provos dalam penyediaan kekuatan untuk fungsi polisi militer dalam rangka penegakan tata tertib disiplin bagi personel Koarmabar.
Mengakhiri amanatnya Pangarmabar memberikan beberapa penekanan di antaranya gunakan kepercayaan yang telah diberikan pemimpin untuk mengembangkan jabatan dalam upaya meningkatkan hasil pembinaan, transformasikan kendala menjadi peluang untuk mencapai keberhasilan, serta jalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan jajaran Koarmabar maupun instansi terkait demi kelancaran dan keberhasilan tugas.
Hadir pada acara tersebut, para Asisten Pangarmabar, Wadan Lantamal III Jakarta para Kadis/Kasatker jajaran Koarmabar serta Komandan satuan jajaran Koarmabar.    (Dispenarmabar)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26656/JABATAN-KADISPROVARMABAR-DISERAHTERIMAKAN.aspx

DANSATKATARMABAR PIMPIN PENGUKUHAN KOMANDAN KRI KUJANG-642
Tanjung Uban Kepri, Senin 4 Mei 2015-
Bertempat di geladak KRI Kujang-642 yang bersandar di dermaga Fasharkan Mentigi Tg. Uban Kepri dilaksanakan upacara pengukuhan jabatan Komandan KRI Kujang-642 kepada Mayor Laut (P) Wiwit Wahyudi Putro, S.E. Pejabat Komandan KRI Kelas Kapal Cepat Rudal 40 (KCR 40) tersebut lulusan AAL Angkatan 45 tahun 1999. Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmabar, Kolonel Laut (P) Suwito, S.E. Dalam sambutannya Dansatkat menyampaikan bahwa pengukuhan jabatan Komandan ini merupakan tuntutan organisasi dimana setelah beberapa saat Pejabat Komandan yang lama melaksanakan pendidikan reguler seskoal di Jakarta sehingga belum terisi, dengan diresmikannya Jabatan Komandan KRI Kujang-642 yang baru ini diharapkan KRI Kujang-642 makin mantap dalam melaksanakan tugas operasi di laut. Selanjutnya Dansatkatarmabar menyatakan KRI Kujang-642 merupakan bagian dari unsur pencegah dan penindak awal di garis depan daerah operasi yang selalu siap dalam mengemban tugas yang diberikan Komando atas dengan Profesional.
Dalam amanatnya Dansatkatarmabar, Kolonel Laut (P) Suwito, S.E. mengatakan, tujuan dilaksanakannya pengukuhan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan operasi yang sejalan dengan peningkatan tuntutan pencapaian tujuan organisasi agar memenuhi sasaran program dan tugas pokok yang telah ditetapkan.
Selanjutnya Dansatkatarmabar mengatakan bahwa kesiapan operasional KRI harus diikuti dengan kesiapan teknis dan kesiapan personel  oleh karena itu Dansatkatarmabar memberikan penekanan kepada Komandan KRI Kujang - 642, agar secara aktif merencanakan dan mengkoordinasikan upaya-upaya untuk mencapai kesiapan kapal sesuai dengan fungsi asasinya, dimana tolak ukur keberhasilan pembinaan kemampuan kapal adalah terpenuhinya semua komitmen operasi yang diamanahkan dan dedikasi yang telah ditunjukkan KRI Kujang – 642 selama ini. Dalam bidang teknis, Komandan kapal dituntut agar dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang maju dan inovatif dengan memanfaatkan sumber daya dan prasarana yang ada secara optimal dengan penentuan prioritas kerja yang tepat waktu dan tepat guna. Hal mendasar yang harus dilakukan adalah koordinasi ketat dengan staf terkait, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penyelesaian, demikian pula dalam hal perawatan  atau pemeliharaan kapal dilakukan secara maksimal sesuai SPT (Sistem Pemeliharaan Terencana)  dengan tetap menerapkan prinsip zero accident.
Ditekankan juga oleh Dansatkatarmabar perlunya terus peningkatan kesiapan tempur dan latihan bagi KRI. Komandan KRI harus dapat menjamin terselenggaranya Interfacing antara peralatan tempur dengan prajurit KRI sebagai pengawak, sehingga dapat menjamin kesiapan operasi sesuai dengan standar yang telah ditentukan, melalui latihan secara bertingkat dan berlanjut. KRI Kujang 642 merupakan salah satu unsur alutsista TNI AL yang berada dibawah jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmabar, karena dimensinya yang kecil dan mempunyai kemampuan kecepatan yang tinggi, memiliki kemampuan hit and run untuk menghancurkan musuh serta sudah dilengkapi dengan senjata Strategis TNI AL, yaitu Rudal C - 705 buatan Tiongkok, sehingga memiliki daya getar dalam melaksanakan operasi laut dan menghadapi ancaman.
Diakhir amanatnya Dansatkatarmabar mengajak kepada peserta upacara untuk mengahayati kembali keberadaan dan jati diri masing-masing prajurit, bahwasanya tugas pengabdian adalah sebuah amanah yang wajib dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya yang kelak akan kita pertanggung jawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26638/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN ASPERS DANLANTAMAL II
Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI I Nyoman Nesa bertindak selaku Inspektur Upacara  dalam rangka Serah Terima Jabatan Asisten Personel (Aspers) Danlantamal II dari Letkol Laut (E) Daniel Guyana kepada pejabat baru Letkol Laut (P) Salmon Sulikin S.E. yang dilaksanakan di Lobi Mako Lantamal II Padang.
Dalam amanatnya Komandan Lantamal II menyampaikan tugas Aspers Danlantamal II adalah pembantu dan pelaksana utama Komandan Lantamal II dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan dibidang pembinaan personel baik militer maupun pegawai negeri sipil Lantamal II. Mengakhiri amanatnya Komandan Lantamal II meyampaikan agar melaksanakan tugas Aspers Komandan Lantamal II dengan penuh semangat dan penuh tanggung jawab melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur TNI : Sapta marga, Sumpah Prajurit , Delapan wajib TNI, Trisila TNI AL dan Sebelas Asas kepemimpinan TNI. Hadir dalam upacara tersebut Wadan Lantamal II Kolonel Laut (PM) Widhy Sutedjo, para  Asisten Lantamal II dan para Kadis Lantamal II. (Dispen Lantamal II)
Sumber,http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26628/SERAH-TERIMA-JABATAN-ASPERS-DANLANTAMAL-II.aspx

KOMANDAN SATFIBARMATIM PIMPIN SERTIJAB DUA KOMANDAN UNSUR AMFIBI
Surabaya, Senin 4 Mei 2015-
Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmatim (Satfibarmatim) Kolonel Laut (P) Bambang Irawan, S.E. memimpin upacara serah jabatan dua Komandan KRI jajaran Satfibarmatim yang dilaksanakan di Tank Deck KRI Makassar-590 yang merapat di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya, Senin (4/5).
Dua jabatan Komandan yang diserahterimakan didalam perut kapal perang buatan Korea Selatan tersebut adalah Komandan KRI Makassar-590 dan Komandan KRI Teluk Ende-517. Komandan KRI Makassar-590 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Setyo Widodo kepada Letkol Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar yang sebelumnya menjabat KRI Teluk Ende-517. Sedangkan Komandan KRI Teluk Ende-517 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar kepada Letkol Laut (P) Dwi Atmojo yang sebelumnya menjabat Kadep Puslatopslekdalsen Kobangdikal. Sedangkan Letkol Laut (P) Setyo Widodo akan menempati jabatan baru sebagai Pabanlit Sintelarmatim. Dalam amanat Komandan Satfibarmatim mengatakan bahwa serah terima jabatan Komandan KRI merupakan hal yang wajar dalam suatu organisasi sebagai wujud penyegaran dan regenarasi, selain itu juga menggambarkan adanya kedinamisan dalam pembinan prsonil di lingkungan TNI AL, sehingga dapat memberikan suatu kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan bagi para perwiranya guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir selanjutnya. Lebih lanjut dikatakan, pergantian pimpinan suatu komando diharapkan dapat membawa angin segar di dalam organisasi, sekaligus memantapkan dan meningkatkan hasil yang telah dicapai dijajarannya.
Hadir dalam kegiatan tersebut para Komandan KRI jajaran Satfibarmatim yang berada di Pangkalan Surabaya, Palaksa dan Kadepsin unsur satfinarmtim serta seluruh perwira, bintara dan tamtama KRI Makassar-590 dan KRI Teluk Ende-517.(Dispenarmatim)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26620/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN ASRENA DANLANTAMAL XI, KADISMINPERS LANTAMAL XI DAN PENYERAHAN JABATAN KADISBEK LANTAMAL XI
Merauke, Senin 4 Mei 2015-
Bertempat di Ruang Serbaguna Mako Lantamal XI Merauke, Komandan Lantamal XI Kolonel Marinir F.Saud Tamba Tua, S.E. memimpin Acara Serah Terima Jabatan Asrena Danlantamal XI dari Kolonel Laut (P) Prio Budhie Leksono kepada Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., Kadisminpers Lantamal XI Letkol Laut (KH) DRS. Niam Maskuri kepada Letkol Laut (KH) Franky Freddy D,S. S.H M.M. dan Penyerahan Jabatan Kadisbek Lantamal XI dari Letkol Laut (KH) Aris Karyawan kepada Komandan Lantamal XI . “Serah terima jabatan dan penyerahan jabatan merupakan suatu dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan personel. Makna utama dari suatu pergantian kepemimpinan di setiap tataran adalah adanya harapan dengan semangat baru sehingga akan terwujud  kemampuan TNI AL secara kuantitas yang dapat merespon tantangan zaman saat ini dan di masa mendatang ”. Tegas Komandan Lantamal XI selaku Pemimpin Acara dalam amanatnya.
Hadir dalam acara ini, Wakil Komandan Lantamal XI dan para Asisten Danlantamal XI, Kasatker dan seluruh perwira Lantamal XI. Setelah pelaksanaan serah terima jabatan, dilanjutkan acara lepas sambut Asrena Danlantamal XI, Kadisminpers Lantamal XI dan Kadisbek Lantamal XI di Ruang Serba Guna Mako Lantamal XI. (Dispen Lantamal XI)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26601/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN PASINTEL DAN PENGUKUHAN PASOPS LANAL BALIKPAPAN
Balikpapan, Jumat 1 Mei 2015-
Bertempat di koridor Mako Lanal Balikpapan, Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo memimpin acara serah terima jabatan Pasintel Lanal Balikpapan dari Mayor Laut (P) Robinson H. Etwiory kepada penggantinya Mayor Laut (P) Hananto Widhi Nugroho dan pengukuhan Pasops Lanal Balikpapan Mayor Laut (P) Sigit Sugihartono. Dalam sambutannya Komandan Lanal Balikpapan menyampaikan serah terima jabatan Pasintel dan pengukuhan jabatan Pasops Lanal Balikpapan yang kita selengarakan hari ini, pada hakekatnya merupakan suatu proses dan bagian dari dinamika organisasi. Pengukuhan jabatan memiliki makna penting dan strategis, karena berkaitan erat dengan aspek pembinaan personel dan kebutuhan organisasi secara berkesinambungan, serta dalam rangka penyesuaian kinerja organisasi dalam mengimplementasikan peran, tugas dan fungsinya, selain itu dengan kehadiran pejabat yang baru merupakan suatu bentuk penyegaran bagi organisasi, dengan demikian diharapkan dapat menghadirkan hal-hal lebih positif bagi organisasi tersebut, tugas Pasintel dan Pasops pada hakekatnya dalam pelaksanaannya bagaikan dua sisi mata uang, dimana kedua sisi tersebut memiliki nilai dan bobot yang sama serta tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu Pasintel dan Pasops diharapkan  dapat bekerjasama dan berkoordinasi, bahu-membahu dan saling mengisi dalam melaksanakan tugas membantu Komandan, para pejabat yang baru, diharapkan pula mampu menghadirkan pemikiran kreatif dan inovatif terhadap lingkungan strategis, guna menemukan sejumlah opsi untuk dapat dicapai sasaran tugas yang telah ditetapkan dengan hasil yang terbaik.
Pada kesempatan yang baik ini atas nama seluruh jajaran Lanal Balikpapan, saya mengucapkan selamat kepada Pasintel Lanal Balikpapan, Mayor Laut (P) Hananto Widhi Nugroho dan Pasops Lanal Balikpapan, Mayor Laut (P) Sigit Sugihartono, atas jabatan yang baru saudara-saudara, saya percaya dengan berbekal pengalaman penugasan dan pendidikan saudara-saudara selama ini, kinerja staf Intelijen dan staf Operasi Lanal Balikpapan akan semakin meningkat dan berkualitas dari waktu ke waktu, manfaatkan kesempatan jabatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan kemampuan pribadi dan meningkatkan prestasi, sehingga mampu menghasilkan prajurit Lanal Balikpapan yang profesional, handal dan dapat dibanggakan, selain itu jabatan yang dipercayakan kepada saudara-saudara adalah merupakan amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dipertanggung jawabkan. Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Lanal Balikpapan beserta seluruh jajaran dan atas nama pribadi, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mayor Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory yang selama ini telah dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Pasintel Lanal Balikpapan dengan baik, saya sangat menghargai segala upaya yang telah saudara laksanakan guna meningkatkan kinerja Lanal Balikpapan, secara khusus saya pun perlu menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah saudara tampilkan dalam membantu saya mejalankan roda organisasi, ucapan yang sama saya sampaikan pula kepada Nyonya Shinta Robinson yang telah dengan ikhlas mendukung dan mendampingi suami dalam melaksanakan tugas kedinasan dan berperan aktif dalam mendukung kegiatan di kepengurusan Jalasenastri Cabang 5 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada Timur dan Dharma Pertiwi Daerah F. Hadir dalam acara serah terima jabatan Pasintel dan pengukuhan Pasops Lanal Balikpapan Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada Timur Nyonya Dian Condrowibowo beserta pengurus, dan Komandan KRI Salawaku-842 dan KRI Sampari-862. (Pen Lanal Balikpapan)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26595/Default.aspx