SERTIJAB 11-21 MEI 2015

DANKOLATARMABAR KUKUHKAN JABATAN KOMANDAN PUSLAT KAPRANG
Jakarta, Kamis 21 Mei 2015-
Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Gregorius Agung W.D. mengukuhkan jabatan Komandan Puslat Kaprang Kolatarmabar kepada Mayor Laut (P) Chabib Shofhani, S.E., dalam suatu upacara militer di lapangan Kolatarmabar, Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Kamis (21/5). Dalam amanatnya Dankolatarmabar antara lain menyampaikan bahwa pengukuhan jabatan
merupakan momentum formal untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategis. Hal ini telah melalui berbagai pertimbangan guna pengembangan karier perwira dalam rangka meningkatkan dinamika organisasi, memelihara kesinambungan pengabdian, menyempurnakan kinerja dan sinergi satuan serta mempertahankan momentum regenerasi kepemimpinan. Lebih lanjut Dankolatarmabar mengatakan bahwa makna yang terkandung di dalamnya adalah terealisasinya upaya-upaya kaderisasi dan peremajaan guna memperoleh pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran dengan selalu berorientasi kepada terwujudnya perilaku organisasi yang lebih dinamis dan menghasilkan output lebih optimal dari waktu kewaktu. Dikatakan pula oleh Dankolatarmabar bahwa peristiwa ini juga merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dan upaya pembinaan personel secara menyeluruh guna membangun TNI yang lebih baik. Hadir pada upacara tersebut Wadan Kolatarmabar Letkol Laut (P) Arief Rustaman, para Perwira Staf, Bintara, Tamtama serta PNS Kolat Koarmabar. (Dispenarmabar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26976/Default.aspx

LETKOL LAUT (S) NOVA ROHIB NURDIN, S.E., M.M. JABAT ASRENA DANLANTAMAL IX AMBON
Ambon, Selasa 19 Mei 2015-
Jabatan Asisten perencanaan dan anggaran (Asrena) Danlantamal IX diserahterimakan dari Danlantamal IX Ambon Laksma TNI Nurhidayat, S.H. kepada Letkol Laut (S) Nova Rohib Nurdin, S.E., M.M. di ruang kerja Danlantamal IX Ambon, Selasa, (19/05/2015). Sebelum menjabat sebagai Asrena Danlantamal IX, Letkol Laut (S) Nova Rohib Nurdin, S.E., M.M. bertugas di  Srena Mabesal
sebagai Pabandya Lakprogar Ban IV Prograr.
Letkol Laut (S) Nova Rohib Nurdin, S.E., M.M. merupakan lulusan Akademi Angkata Laut (AAL) Angkatan ke – 41. Kegiatan pengukuhan Jabatan Asrena Danlantamal IX dihadiri Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Joko Supriyanto, para Asisten
Danlantamal IX serta Perwira Staf Mako Lantamal IX Ambon. Dalam amanatnya Danlantamal IX berpesan kepada Asrena Danlantamal IX agar menampilkan kemampuan dan melahirkan gagasan serta ide – ide cemerlang dalam rangka meningkatkan kinerja Lantamal IX. “Keberhasilan yang telah dicapai hendaknya tetap dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kinerja Staf perencanaan dan anggaran Lantamal IX Ambon semakin lebih baik”, terang Laksma TNI Nurhidayat. (Dispen Lantamal IX)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26974/Default.aspx

SERTIJAB DAN PENGUKUHAN BEBERAPA JABATAN STRATEGIS SESKOAL
Jakarta, Senin 18 Mei 2015-
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M memimpin acara Serahterima dan Pengukuhan beberapa jabatan strategis di Seskoal yang dilaksanakan di Gedung Samadikun, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (18/05) dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H, para Pejabat Teras, Dosen dan Patun Seskoal serta undangan lainnya. Jabatan-jabatan tersebut adalah Direktur Pembinaan (Dirbin), Komandan Korps Siswa (Dankorsis), Kepala Operasi Pengajaran (Kaopsjar) dan Kepala Kesatuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal. Jabatan Dirbin Seskoal diserahterimakan dari pejabata lama Kolonel Laut (T) Aris Krisnadjaja, S.E yang akan menempati jabatannya yang baru sebagai Sekretaris Dinas  Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Sekdis Litbangal) kepada penggantinya Kolonel Laut (T) Tugas Eko Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kasatharmattim. Sementara Pengukuhan Jabatan Darkorsis, Kaopsjar dan Kasatkes Seskoal diserahkan dari Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M kepada Kolonel Marinir Herry Djuhaeri yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog Pasmar-II Jakarta, Kolonel Laut (P) Prio Budi Leksono yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Lantamal XI Merauke dan Letkol Laut (K/W) drg. Rumindang Bonassari LT. M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdepbang Ladokgi R.E Martadinata, Jakarta Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dalam sambutannya menagatakan bahwa Jabatan Direktur Pembinaan Seskoal memiliki peran yang strategis sebagai unsur pembantu pimpinan yang bertugas merencanakan, mengarahkan, melaksanakan dan mengendalikan pembinaaan personel dan logistik guna mendukung terlaksanakanya operasi pendidikan dan pengkajian. Begitupun jabatan Dankorsis dan Kaopsjar yang merupakan unsur pelaksana dalam penyelenggaraan pengajaran di bidang masing-masing yaitu bertugas untuk menyelenggarakan, mengatur, dan melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keberadaan perwira siswa selama menempuh pendidikan di Seskoal ini. Kaopsjar sebagai unsur pelaksana bertugas mengendalikan sistem pengajaran bagi pendidikan di Seskoal, menyusun dan melaksanakan jadwal pengajaran sebagai penjabaran kurikulum dan melaksanakan dukungan anggaran, alins dan alongins serta laboratorium bahasa. Yang tidak kalah pentingnya adalah jabatan Kasatkes Seskoal sebagai unsur pelayanan yang melaksanakan kegiatan pelayanan dan dukungan kesehatan bagi anggota militer, PNS dan keluarganya serta para Pasis.
“Jabatan baru adalah sebuah amanah dan sekaligus tantangan baru”, ujar Laksamana bintang dua ini. Pejabat baru harus mampu melakukan terobosan-terobosan yang aplikatif untuk meningkatkan kualitas kinerja terutama yang terkait dengan pelayanan yang lebih optimal, yang dapat diberikan lembaga kepada para Pasis guna mewujudkan Seskoal sebagai Center of Excellence, tambahnya. (Pen Seskoal)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26887/Default.aspx

PENGUKUHAN KADISFASLAN LANTAMAL VI
Senin 18 Mei 2015-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Laksamana Pertama TNI Rudito H.P. memimpin pengukuhan Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan (Kadisfaslan) Lantamal VI, bertempat di ruang kajaolalido Mako Lantamal VI. Senin (18/05/2015). Pengukuhan Jabatan Kadisfaslan Lantamal VI  yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal VI kepada Letkol Laut (KH) Hari Agus Hariyana, Komandan Lantamal VI dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan jabatan yang kita selenggarakan pada hari ini merupakan rangkaian dari pergantian pejabat di lingkungan TNI AL dan merupakan bagian dari pembinaan personel, dengan maksud untuk regenerasi kepemimpinan dengan harapan dapat memunculkan ide baru yang inovatif dan relevan dengan kondisi strategis yang berkembang di satuan kerja. Lebih lanjut Komandan Lantamal VI mengatakan, kita ketahui bersama bahwa, Dinas Fasilitas Pangkalan Lantamal VI adalah unsur pelaksana teknis yang menyelenggarakan pembinaan fasilitas pangkalan dan pelayanan jasa serta melaksanakan pembinaan teknis kepada unsur-unsur Lantamal VI sebagaimana diwenangkan, selain itu juga meiliki tanggung jawab pembinaan terhadap kesiapan teknik dan meningkatkan kemampuan personel untuk mendukung pelaksanaan tugas lantamal VI. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji, para Asisten DanLantamal VI, para Kadis/Kasatker Lantamal VI, Perwira Staf, Bintara/Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil. (Dispen Lantamal VI)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26884/PENGUKUHAN-KADISFASLAN-LANTAMAL-VI.aspx

DANSATLINLAMIL SURABAYA PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN KRI TELUK RATAI-509
Surabaya, Senin 18 Mei 2015-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Teluk Ratai-509 dari Letkol Laut (P) Andi Anom Wibowo kepada Letkol Laut (P) Wijayanto,  bertempat di Geladak KRI Teluk Ratai-509 yang tengah sandar di Dermaga Semampir Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/05/2015). Dansatlinlamil Surabaya dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut pada hakekatnya merupakan dinamika organisasi yang senantiasa terus bergerak maju,dari waktu ke waktu, sehingga dengan adanya Sertijab ini diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan Kolinlamil serta munculnya ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif, sehingga kinerja Kolinlamil ke depan akan semakin meningkat. Lebih lanjut dikatakan Dansatlinlamil Surabaya, Satlinlamil Surabaya bertugas membina kemampuan unsur-unsur organiknya di dalam sistem Angkutan Laut Militer serta membina dan melaksanakan tugas-tugas berkenaan dengan fasilitas labuh Embarkasi atau Debarkasi yang berkaitan dengan dukungan logistik dan administrasi dalam rangka kesiapan operasi unsur-unsurnya. Pada akhir sambutannya Dansatlinlamil Surabaya menyampaikan terima kasih kepada Letkol Laut (P) Andi Anom Wibowo selama pengabdiannya sebagai Komandan KRI Teluk Ratai-509 yang selanjutnya akan menempati jabatan yang baru Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), sementara itu kepada Letkol Laut (P) Wijayanto, juga disampaikan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut, dan mengharapkan agar dapat meneruskan serta meningkatkan apa yang telah dicapai kepemimpinan pejabat lama dalam meningkatkan profesionalisme prajurit serta mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Turut hadir pada upacara tersebut, para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Surabaya, perwira staf Satlinlamil Surabaya dan perwira KRI yang berada di pangkalan Surabaya.
(Dispen Kolinlamil)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26883/Default.aspx

JABATAN DIRDIK AAL DISERAHKAN KEPADA GUBERNUR AAL
Surabaya, Jum’at 15 Mei 2015-
Jabatan Direktur Direktorat Pendidikan Akademi Angkatan Laut (AAL) yang selama ini dijabat Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal diserahkan kepada Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., di gedung R. Soebijakto, Mako AAL, Surabaya, Jumat (15/5). Pada acara penyerahan jabatan tersebut hadir Wagub AAL Laksma TNI Deddy Muhibah Pribadi, S.H., M.A.P., Seklem AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., dan para pejabat utama, Ketua Cabang B.S. Jalasenastri AAL Ny. Natalia Guntur IC Lelono, serta seluruh perwira AAL dan PNS sederajat. Penyerahan jabatan Dirdik AAL dilaksanakan dalam rangka Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal tengah mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2015 di Bandung, Jawa Barat, sejak 16 Maret 2015.  Menurut Gubernur AAL, penyerahan jabatan ini merupakan proses pembinaan personil agar manajemen organisasi AAL tetap berjalan. Selain itu peristiwa penyerahan jabatan ini merupakan momentum formal untuk memenuhi berbagai kepentingan baik itu perpindahan jabatan, maupun tugas belajar sebagai bagian persyaratan karir di TNI. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyerahan cinderamata dari Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E.,  kepada Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal. (Pen AAL)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26867/Default.aspx

JABATAN DANLANTAMAL II DISERAHTERIMAKAN
Laksamana Muda TNI A. Taufiq selaku Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang dari Laksamana Pertama TNI I Nyoman Nesa kepada Kolonel Laut (P) Dindin Kurnadi di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal II Padang Jalan Bukit Peti-Peti, Teluk Bayur, Padang.
Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan Lantamal II Padang merupakan Komando pelaksana dukungan operasional Koarmabar, yang bertugas menyelenggarakan fungsi dukungan logistik dan administrasi bagi satuan – satuan operasional TNI Angkatan Laut yang melaksanakan tugas operasi serta pemberdayaan wilayah pertahanan melalui pembinaan potensi maritim di wilayah Lantamal II, selain itu letak geografis wilayah kerja Lantamal II ini, sangat kompleksitas terhadap persoalan – persoalan yang tidak ringan oleh karenanya pada kesempatan ini saya menghimbau agar seluruh jajaran Lantamal II lebih proaktif dan adaptif serta membangun budaya kerja cerdas dalam menjawab berbagai tantangan guna memberikan rasa aman di perairan Barat Sumatera. Adapun penyampaian dari  Pangarmabar bahwa TNI Angkatan Laut akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan latihan bersama Multilateral Komodo 2016 yang akan dilaksanakan di perairan Barat Sumatera, TNI Angkatan Laut memprogramkan kegiatan latihan bersama yang akan melibatkan kapal perang angkatan laut dari 18 negara, selain penanganan bencana alam, latihan bersama ini juga untuk meningkatkan kerja sama secara professional sekaligus meningkatkan hubungan antar Angkatan Laut dan antar negara selain itu akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan serta melaksanakan kegiatan bantuan pembangunan sarana dan prasarana. Hadir pada upacara tersebut Para Danlantamal jajaran Koarmabar, Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wirabraja, Danlanud Padang, unsur Muspida Provinsi Sumbar, unsur Maritim kota Padang, Walikota Padang, para tamu undangan serta seluruh personil Lantamal II Padang. (Dispen Lantamal II)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26857/JABATAN-DANLANTAMAL-II-DISERAHTERIMAKAN.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III JAKARTA MEMIMPIN UPACARA DAN MENYERAHKAN JABATAN DANPOMAL LANTAMAL III
Jakarta, Rabu 13 Mei 2015-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., selaku Inspektur Upacara  pada upacara penyerahan jabatan Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (PM) Ade Permana di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/05). Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., usai menyerahkan jabatan Danpomal Lantamal III Jakarta, mengatakan bahwa penyerahan jabatan pada hakekatnya  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan dan pembinaan organisasi serta memberi kesempatan penugasan bagi personel TNI Angkatan Laut untuk mengembangkan diri dan kerier yang bersangkutan. Hal tersebut merupakan upaya untuk mendinamisasikan kinerja dan gerak organisasi agar senantiasa memiliki kualitas kinerja yang semakin baik dari waktu ke waktu. Lebih lanjut Danlantamal III Jakarta mengatakan bahwa, penyerahan jabatan  Danpomal Lantamal III  merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI Angkatan Laut, yang diberikan kepada pejabat yang bersangkutan dalam rangka pengembangan kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dari upaya pembinaan personel secara menyeluruh. Pomal Lantamal III adalah  unsur pelaksana teknis tingkat Mako Lantamal III yang bertugas melaksanakan penegakan hukum, disiplin, tata tertib serta pengamanan fisik di wilayah hukum Lantamal III, Kotama-Kotama  dan Satuan-Satuan TNI Angkatan Laut di Jakarta, memiliki peran sangat penting dalam upaya membentuk prajurit TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal III yang taat hukum, disiplin tinggi dan patuh pada aturan yang yang berlaku. Sebagai konsekuensi atas hal tersebut,. Prajurit Pomal harus mampu menjadi suri teladan dalam disiplin prajurit, baik dilingkungan TNI maupun dikalangan masyarakat karena pada dasarnya Pomal merupakan cermin kepatuhan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI Angkatan Laut. Dalam penegakan disiplin di lingkungan Lantamal III, selama ini Pomal senantiasa melaksanakan operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) dan operasi yustisi dengan tujuan untuk mencegah dan menindak segala bentuk pelanggaran hukum,  baik pelanggaran disiplin maupun pelanggaran pidana yang dilakukan oleh prajurit maupun pegawai negeri sipil (PNS) TNI Angkatan Laut. Diakhir amanatnya, Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu W.U., S.E., mengucapkan selamat datang dan bergabung di Lantamal III  serta selamat  atas kepercayaan yang diberikan pemimpin kepada Kolonel Laut (PM) Ade Permana untuk mengemban tugas baru sebagai Danpomal Lantamal III Jakarta. Turut hadir dalam upacara penyerahan jabatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta  Kolonel Marinir Suhono, Para Pejabat Polisi Militer (POM) TNI, Propam Polri, Asisten Danlantamal III Jakarta  dan Kasatker  jajaran Lantamal III Jakarta. (Dispen Lantamal III)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26825/Default.aspx

JABATAN KADISBEK LANTAMAL I BELAWAN DISERAHTERIMAKAN
“Selamat bergabung di Lantamal I dan Selamat bekerja, saya percaya dengan potensi yang saudara miliki, saudara akan mampu memberikan andil terhadap kemajuan Lantamal I.” Amanat yang dibacakan langsung oleh Danlantamal I Belawan Kolonel Laut (P) Yudho Margono,S.E dalam serah terima jabatan Kepala Dinas Perbekalan Lantamal I dari Letkol Laut (T) Edy  Cahyono,S.T kepada pejabat baru Letkol Laut (T) Suryo Triatmojo Soekarno,S.E yang berlangsung di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Belawan. Upacara sertijab yang berlangsung secara seremonial ini juga dihadiri oleh Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Prasodjo Sumarto, Para Asisten Danlantamal I, Kepala Dinas beserta Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal I Belawan. Setelah Pelaksanaan Upacara  yang ditandai dengan Penanda Tanganan berita acara serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan perkenalan Kadisbek Lantamal I yang baru kepada seluruh Peserta. (Dispen Lantamal I)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26815/Default.aspx