Sertijab 22-31 Agustus 2015

JABATAN ASINTEL DAN ASOPS DANKORMAR DISERAHTERIMAKAN
31 Agustus 2015-
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana SE., memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Intelijen Komandan Korps Marinir (Asintel Dankormar) dan Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar), sekaligus menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasjim, S.T., M.Si (Han) dan Brigjen TNI (Mar)
Hasanudin di ruang Tengah, Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prapatan No. 40 Jakarta Pusat, Senin, (31/08/2015). Dalam acara Sertijab tersebut jabatan Asintel Dankormar diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasjim, S.T., M.Si (Han) yang saat ini menjabat sebagai Danpasmar-1 kepada Kolonel Marinir Markos yang sebelumnya menjabat sebagai Danlanal Mataram, sedangkan jabatan Asops Dankormar diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Hasanudin yang menjabat sebagai Danpasmar-2 kepada Kolonel Marinir Nur Alamsyah yang saat ini merangkap jabatan sebagai Dandenjaka. Dankormar dalam amanatnya mengatakan, Sertijab Asintel dan Asops Dankormar pada hakekatnya adalah sebagai proses kaderasasi dan peremajaan dalam sebuah organisasi sebagai upaya untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan performa kinerja organisasi dalam bidang intelejen dan pengamanan serta operasional dan latihan yang bersinerji dengan subsistem lainnya guna membantu tugas-tugas Komandan Korps Marinir dalam rangka menjawab tuntutan dan tantangan serta dinamika organisasi dan perkembangan lingkungan strategis tingkat nasional, regional sampai dengan global. “Seluruh komunitas Intelijen Korps Marinir dapat mengaktualisasikan perannya berupa tindakan-tindakan proaktif dalam penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas intelijen yang lebih penting, kemampuan deteksi dan cegah dini sebagai langkah preventif terhadap kemungkinan terjadinya permasalahan-permasalahan khususnya dalam bidang pengamanan personel dan material serta kegiatan. Dan untuk Staf Operasi Korps Marinir merupakan unsur staf pembantu Dankormar dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan bidang operasi dan latihan”,jelas orang nomor satu di jajaran Korps Baret Ungu tersebut. Pada kesempatan tersebut Dankormar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasjim, S.T., M.Si (Han) dan Brigjen TNI (Mar) Hasanudin atas segala pengabdian yang telah dilakukan selama mengemban jabatan sebagai Asintel dan Asops Dankormar, “selamat jalan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru sebagai Komandan Pasmar-1 dan Komandan Pasmar-2”, tambahnya. Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, para Pejabat Teras Korps Marinir dan Komandan Kolak Kormar.
(Dispen Kormar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28872/Default.aspx

KOMANDAN LANAL BALI PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN
31 Agustus 2015-
Komandan Pangkalan TNI AL Bali Letkol Laut (P) Bambang Trijanto mewakili Komandan Satrol Koarmatim Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan KRI Badau-841 dari Mayor Laut (P) Choirul Arif kepada Mayor Laut (P) Krido Satrio Utomo, S.E, dan Komandan KRI Pari-849 dari Mayor Laut (P) M. Noordin Mutaqien kepada Mayor Laut (P) Edi Herdiana di dermaga Selatan Pelabuhan Benoa Bali, Senin pukul 09.00 Wita (31/08). Dalam amanatnya Danlanal Bali membacakan amanat Dansatrol Armatim menyampaikan , tujuan dilaksanakannya Sertijab tersebut adalah guna penyegaran organisasi dalam rangka pembinaan personil untuk mengembangkan kepemimpinan dengan berbagai improvisasi dan inovasi serta daya kreatifitas, sehingga dapat menghasilkan organisasi yang sehat serta dinamis sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi. Lebih lanjut Dansatrol Koarmatim dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlanal Bali selaku Inspektur Upacara mengucapkan terima kasih kepada Mayor Laut (P) Choirul Arif dan Mayor Laut (P) M. Noordin Mutaqien atas dedikasi, loyalitas serta jerih payah dalam membina KRI Badau-841 dan KRI Pari-849 sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik. Sedangkan kepada Mayor Laut Laut (P) Krido Satio Utomo, S.E., dan Mayor Laut (P) Edi Herdiana Dansatrol Koarmatim mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Satrol Koarmatim sebagai Komandan KRI Badau-841 dan Komandan KRI Pari-849.
Turut hadir dalam upacara serijab Komandan KRI Badau-841 dan Komandan KRI Pari- 849 Palaksa Lanal Bali Mayor Laut (P) I Gusti Putu Wesnawa, Pasintel Lanal Bali Mayor Laut (E) Asryam Wahid, S.T., Dandenpomal Lanal Bali Mayor Laut (PM) Ageng Kurniawan serta segenap peserta upacara dari KRI Badau-849 dan KRI Pari-849. (Pen Lanal Bali)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28871/Default.aspx

JABATAN ASOPS DANPASMAR-2 DISERAHTERIMAKAN
31 Agustus 2015-
Komandan Pasmar-2 (Danpasmar-2) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hasanudin secara resmi memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Operasi Komandan Pasmar-2 (Asops Danpasmar-2), bertempat di Gedung Zaenal Abidin Mako Pasmar-2 Jalan Kwini II No. 06, Jakarta Pusat, Senin (31/08).                
Dalam Sertijab tersebut jabatan Asops Danpasmar-2 diserahterimakan dari Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., kepada Letnan Kolonel Marinir Asril Tanjung. Selanjutnya Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos. akan menempati jabatan baru sebagai sebagai Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir (Danbrigif-1 Mar). Sedangkan Letnan Kolonel Marinir Asril Tanjung sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Brigif-3 Marinir. Danpasmar-2 dalam sambutannya mengatakan bahwa Sertijab merupakan bagian dari proses pembinaan personel yang bertujuan agar roda organisasi menjadi semakin baik. Sertijab juga merupakan perlambang tumbuhnya semangat baru yang tentunya akan disertai dengan munculnya ide-ide segar yang dapat meningkatkan kinerja Pasmar-2 Korps Marinir ke depan.
“Sertijab memiliki dimensi yang penting dan strategis dalam rangka kaderisasi dan reorganisasi serta memberikan kesempatan kepada perwira terpilih untuk mengimplementasikan seni dan ilmunya dalam memimpin”, tegasnya. Sebelum mengakhiri amanatnya Danpasmar-2 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., atas Dedikasi, Loyalitas dan Pengabdiannya selama menjabat Asops Danpasmar-2. Selamat menjalankan tugas di tempat yang baru sebagai Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Pasmar-1, dan kepada Letnan Kolonel Marinir Asril Tanjung saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Asops Danpasmar-2 yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Brigif-3 Marinir. “Saya yakin dan percaya dengan bekal dan pengalaman, penugasan yang saudara miliki sebelumnya akan mampu melaksanakan tugas-tugas kedepan”, tambahnya. Sebelum acara Sertijab berlangsung bertempat di ruang rapat Staf Operasi Mako Pasmar-2, telah terlebih dahulu dilaksanakan acara memorandum dari Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., kepada Letkol Marinir Asril Tanjung untuk memberikan gambaran serta bahan masukan kepada Pejabat Asops yang baru agar dapat mengambil langkah-langkah kebijakan menuju terselenggaranya tugas yang lebih baik, sekaligus sebagai pertanggungjawaban pejabat yang lama tentang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab selama masa jabatannya. Hadir pada acara ini Wakil Komandan Pasmar-2 Kolonel Marinir Yuliandar Tuah K.D., Para Asisten Danpasmar-2, Dankolak/Satlak Pasmar-2, serta Pamen jajaran Pasmar-2. (Dispen Kormar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28860/JABATAN-ASOPS-DANPASMAR2-DISERAHTERIMAKAN.aspx

DANPASMAR-2 PIMPIN SERTIJAB ASOPS DANPASMAR-2
31 Agustus 2015-
Komandan Pasmar-2 (Danpasmar-2) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Hasanudin secara resmi memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Operasi  (Asops) Danpasmar-2, bertempat di Gedung Zaenal Abidin  Mako Pasmar-2,  Jl Kwini II No : 06, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2015) Dalam sambutan Danpasmar-2 menyampaikan bahwa sertijab merupakan bagian dari proses pembinaan personel yang bertujuan agar roda organisasi menjadi semakin baik, Sertijab juga merupakan perlambang tumbuhnya semangat baru yang tentunya akan disertai dengan munculnya ide-ide segar yang dapat meningkatkan kinerja Pasmar-2 Korps Marinir ke depan. selain itu Sertijab memiliki dimensi yang penting dan strategis dalam rangka kaderisasi dan reorganisasi serta memberikan kesempatan kepada perwira terpilih untuk mengimplementasikan seni dan ilmunya dalam memimpin. Sebelum mengakhiri amantnya Danpasmar-2 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., atas Dedikasi, Loyalitas dan Pengabdiannya selama menjabat Asops Danpasmar-2 selanjutnya selamat menjalankan tugas di tempat yang baru sebagai Komandan Brigade Infanteri -1 (Danbrigif-1) Marinir Pasmar-1, kepada Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Asril Tanjung saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Asops Danpasmar-2 yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan (Wadan) Brigif-3 Marinir, saya yakin dan percaya dengan bekal dan pengalaman, penugasan yang saudara miliki sebelumnya akan  mampuh melaksanakan tugas-tugas kedepan. Hadir pada acara ini Wakil Komandan Pasmar-2 Kolonel Marinir Yuliandar Tuah K.D., Para Asisten Danpasmar-2, Para Dankolak/Satlak Pasmar-2, serta Pamen jajaran Pasmar-2. Sebelum acara berlangsung bertempat di ruang rapat Staf Operasi Mako Pasmar-2, telah terlebih dahulu dilaksanakan acara memorandum antara pejabat lama Kolonel Marinir Sugianto, S.sos. dengan pejabat baru Letkol Marinir Asril Tanjung memorandum tersebut bertujuan memberikan gambaran serta bahan masukan kepada Pejabat Asops yang baru. Sehingga pejabat yang baru dapat mengambil langkah-langkah kebijakan menuju terselenggaranya tugas  yang lebih baik, dan sebagai pertanggung jawaban pejabat yang lama tentang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab selama masa jabatannya.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28853/DANPASMAR2-PIMPIN-SERTIJAB-ASOPS-DANPASMAR2.aspx

KOMANDAN KOBANGDIKAL LAKSANAKAN SERAH TERIMA MEMORANDUM
31 Agustus 2015-
Sehari Jelang Serah Terima Jabatan (Sertijab), Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E.  membacakan sekaligus menyerahkan naskah Memorandum Sertijab Komandan Kobangdikal kepada calon penggantinya Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.A.P., di ruang Joglo Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal,  Senin, (31/8). Selain pejabat lama dan baru Komandan Kobangdikal, hadir dalam acara tersebut pejabat teras Kobangdikal diantaranya Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Mar Gunung Heru, T.W.J., S.H, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Semi Djoni Putra, Inspektur Kobangdikal, Direktur Perencanaan, Direktur Pendidikan, Direktur Logistik, Direktur  Pengkajian dan Pengembangan, Direktur Keuangan Kobangdikal, para Komandan Kodik dan Puslat Kobangdikal. Sebelum dilaksanakan pembacaan memorandum terlebih dahulu Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E memperkenalkan para pejabat teras Kobangdikal yang hadir dalam pelaksanaan penyerahan Memorandum. Dalam kesempatan tersebut disampaikan pogram kerja dan anggaran yang akan, sedang dan telah dilaksanakan selama masa kepemimpinannya. Selain itu juga disampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi, solusi yang dijalankan serta hasil dari upaya pemecahan masalah yang dilaksanakan.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28849/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KRI BADAU-841
31 Agustus 2015-
Benoa, bertempat di dermaga Benoa hari Senin 31 Agustus 2015, dilaksanakan kegiatan serah terima jabatan Komandan KRI Badau-841 dari Mayor Laut (P) Choirul Arief kepada Mayor Laut (P) Krido Satriyo U, S.E. Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Letkol Laut (P) Bambang Trijanto, bersamaan dengan kegiatan tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan Komandan KRI Pari-849 dari Mayor Laut (P) M Noordin Mutaqien kepada Mayor Laut (P) Edi Herdiyana S.T. Sebelum menjabat sebagai Komandan KRI Badau-841, Mayor Laut (P) Krido Satriyo U., S.E. menjabat sebagai Palaksa Lanal Timika, sedangkan Mayor Laut (P) Choirul Arief selanjutnya mendapat promosi jabatan di Koarmatim. Hadir sebagai pasukan upacara dalam kegiatan upacara sertijab tersebut seluruh prajurit dari KRI Badau-841 dan KRI Pari-849 dengan deputasi undangan di hadiri oleh perwira staf Lanal Denpasar dan KRI Pulau Rote-721 yang sedang melaksanakan bekul di Lanal Denpasar. Dalam Sambutan yang disampaikan oleh inspektur upacara mengatakan bahwa serah terima jabatan dilingkungan TNI AL adalah merupakan proses regenerasi agar organisasi dapat berjalan dengan lebih dinamis dan mampu untuk menjawab setiap tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks. Oleh karenanya, serah terima jabatan Komandan KRI Badau-841 diharapkan akan dapat membawa semangat baru dan ide-ide pemikiran untuk memajukan KRI Badau dan Satrol Koarmatim pada Khususnya. Tak lupa dalam sambutannya Komandan Lanal Denpasar mewakili Dansatrol Koarmatim menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sedalam-dalamnya kepada Mayor Laut (P) Choirul Arief selaku pejabat lama yang telah memberikan pengabdian terbaik selama berdinas di KRI Badau-841. Pada kesempatan itu juga, disampaikan ucapan selamat datang dan selamat kepada pejabat baru Komandan KRI Badau-841 Mayor Laut (P) Krido Satriyo U., S.E atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI AL, mengingat saat ini KRI Badau-841 sedang melaksanakan operasi Lintas Nusa-15 BKO Guskamlatim. Seluruh rangkaian kegiatan upacara dapat berjalan dengan aman dan tertib.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28844/SERAH-TERIMA-JABATAN-KOMANDAN-KRI-BADAU841.aspx

MAYOR LAUT (P) MAKFUD ABDULLAH JABAT DANSATKAMLA LANTAMAL IX AMBON
31 Agustus 2015-
Setelah melaksanakan upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal IX Ambon di Gedung Manggala Loka Lantamal IX Ambon.  Mayor Laut (P) Makfud Abdullah yang merupakan Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 47 tahun 2001 resmi menjabat sebagai Dansatkamla Lantamal IX Ambon. Senin, (31/08/2015) Sertijab Dansatkamla Lantamal IX, diserahterimahkan dari Mayor Laut (P) Raden Muhamad Candra W., kepada Mayor Laut (P) Makfud Abdullah yang sebelumnya menjabat sebagai Palaksa KRI Teluk Ratai – 509. Selaku Inspektur Upacara (Irup) Danlantamal IX Ambon Laksma TNI Nurhidayat, S.H., dan Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (KH)  M. Muthohar, S.Pd. Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Joko Supriyanto, Asrena Danlantamal IX Letkol Laut (S) Nova Rohib N., Komandan KRI Panana – 817 Kapten Laut (P) Jasmin Mudianto, S.H., para Kadis / Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX Ambon. Dalam amanatnya, Danlantamal IX menyampaikan bahwa jabatan Dansatkamla Lantamal IX merupakan jabatan Strategis dimana dipilih para Perwira yang memiliki kapabilitas yang baik sesuai bidang penugasannya. “Sertijab ini diharapkan dapat memunculkan ide – ide dan pemikiran yang kreatif, strategis, rasional dan aplikatif yang semuanya diarahkan untuk mendukungn pelaksanaan tugas – tugas Lantamal IX.” terang Laksma TNI Nurhidayat, S.H. Selanjutnya Mayor Laut (P) Raden Muhamad Candra W. akan menjabat sebagai Pabandya Dalops Sops Armatim di Surabaya. Kegiatan diakhiiri dengan pemberian ucapan selamat dan cindera mata.
(Dispen Lantamal IX)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28840/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN LANAL LHOKSEUMAWE
Komandan Lantamal I Laksmana Pertama TNI Yudo Margono SE bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Serah Terima Jabatan dari Kolonel Marinir Agus Dwi Laksono Kepada Letkol Marinir Nasrudin,di hadiri oleh Asintel Danlantamal I, Aslog Danlantamal I, Aspers Danlantamal I, Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Komandan Lanal Simeulue, Komandan Lanal Sabang, Kafasharkan Sabang dan seluruh FKPD Aceh Utara. Serah Terima Jabatan ini pada dasarnya hal yang wajar dilaksanakan di lingkungan TNI  Angkatan Laut khususnya Lantamal I, sebagai wujut pembinaan personil dari pembinaan personil dan tuntutan dinamika Organisasi dilingkunan TNI Angkatan Laut. sekaligus memberi kasempatan kepada para personil untuk mengaktualisasikan ide yang inovatif dan kreativ,serta sebagai sarana promosi dalam pengembangan karir, sehingga TNI Angkatan Laut dapat terus berkembang sebagai jawaban dari tantangan perkembangan situasi global saat ini.
Salah satu tugas Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe adalah menyelenggarakan  dukungan Logistik dan Atministrasi terhadap Satuan Operasional KRI Pesut dan Marinir. Untuk itu Lanal Lhokseumawe mampu malaksanakan dukungan tersebut perlu dilengkapi dengan fasilitas labuh, fasilitas Pembekalan,fasilitas Pemmeliharaan, Perbaikan,fasilitas Perawatan Personil dan fasilitas Pembinaan Pangkalan. Secara umum kemampuan fasilitas yang di miliki oleh Lanal Lhokseumawe saat ini masih sangat terbatas, selain itu juga dihadapkan pada daerah yang jauh dari Satuan Komando Atas. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan dan kepemimpinan seorang Komandan agar dapat mengatasi setiap permasalah dengan fasilitas yang serba terbatas. Untuk itu atas mana pribadi dan kedinasan Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Yuda Margono SE, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Kolonel Marinir Agus Dwi Laksana atas dedikasi dan sumbangsihnya untuk Lanal Lhokseumawe, semoga di tempat penugasan yang baru saudara dapat lebih sukses didalam pengabdian dan karir. Kepada Komandan Lanal Lhokseumawe yang baru, Letkol Marinir Nasrudin Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono SE mengucapkan selamat atas kepercayaan Pimpinan TNI Angkatan Laut kepada saudara. Saya yakin dengan pengalanan dan kedinasan yang telah dilalui, saudara akan mampu malaksanakan tugas dengan baik
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28823/Default.aspx

JABATAN ASINTEL DANLANTAMAL VII DAN BEBERAPA KASATKER DISERAHTERIMAKAN
27 Agustus 2015-
Pergeseran mutasi kembali bergulir dibeberapa pejabat di lingkungan Lantamal VII yang berlangsung di Ruang Serbaguna  Mako Lantamal VII pada hari Kamis tgl 27 Agustus 2015. Jabatan yang diserahterimakan diantaranya yaitu Jabatan Asintel Danlantamal VII, Kadisang Lantamal VII, Karumkit Samuel J. Moeda Lantamal VII dan Kadiskes Lantamal VII. Upacara  Serah Terima Jabatan (sertijab) dipimpin oleh Komandan
Lantamal VII Brigjen TNI Marinir Denny Kurniadi, S.Mn. Keempat jabatan tersebut yaitu Asintel Danlantamal VII diserahterimakan dari Kolonel Laut (E) Yusrizal NRP 10397/P kepada Letkol Laut (T) Achmad Nizar NRP 11167/P, Kadisang Lantamal VII dari Mayor Laut (T) Made Sumyarto, S.T. NRP 13984/P kepada Mayor Laut (T) Muhamad Yunus Abdullah, S.T. NRP 12256/P, Karumkit Samuel J. Moeda Lantamal VII dari Mayor Laut (K) DRG. Arif Rachman SP. RPOS., M.M. NRP 13567/P kepada Mayor Laut (K) dr. Slamet Rahardja SP.B. NRP 14581/P, Kadiskes Lantamal VII dari Letkol Laut (K) dr. I Nyoman Adnyana S.Pan NRP 10840/P kepada Mayor Laut (K) DRG. Arif Rachman SP. RPOS.M.M. Dalam amanatnya Komandan Lantamal VII menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan atau Mutasi dilingkungan TNI AL merupakan hal wajar dan biasa, selain sebagai penyegaran, proses mutasi merupakan bagiandari pembinaan karier.  Komandan Lantamal VII mengucapkan selamat jalan dan terima kasih kepada Asintel Danlantamal VII dan para Kasatker yang lama atas dedikasi dan sumbangsihnya selama di Lantamal VII dan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Lantamal VII kepada Asintel dan beberapa Kasatker yg baru. Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal VII, para Danlanal dijajaran Lantamal VII, Kasatker  dan seluruh perwira Lantamal VII.
(Dispen Lantamal VII)
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28811/Default.aspx

SERTIJAB KASUBDISBANGKOM DISKOMLEKAL
Pada tanggal 27 Agustus 2015 pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Diskomlekal Mabesal Gedung B4 lantai 8 dilaksanakan Upacara Serah terima Jabatan Kasubdisbangkom dari Kolonel Laut (P) Untung Sukoco kepada Letkol Laut (P) I Made Wira Hady A.W. Sebagai Irup Kadiskomlekal, yang dalam amanatnya Kadiskomlekal mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang selama ini telah menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, Kadiskomlekal mengharapkan agar pejabat yang baru dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya lebih baik penuh inovatif dengan ide-ide baru yang dapat memajukan organisasi sesuai kemajuan saat ini sesuai yang diharapkan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut, sehingga kedepan Diskomlekal dapat mendukung tugas tugas TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dengan hasil yang maksimal. Sebelum acara Sertijab Kasubdisbangkom dilaksanakan, pada tanggal 26 Agustus 2015 diadakan pembacaan Memorandum oleh Kasubdisbangkom Kolonel Laut (P) Untung Sukoco dengan didampingi oleh calon pejabat baru Letkol Laut (P) I Made Wira Hady A.W. dihadapan seluruh anggota Subdisbangkom di Ruang Rapat Diskomlekal Gedung B4 Lantai 8, acara tersebut dimaksudkan agar pejabat yang baru dapat melanjutkan kinerjanya secara berkesinambungan sehingga apa yang telah, sedang dan akan dikerjakan dalam waktu mendatang dapat dijalankan sesuai rencana.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28767/SERTIJAB-KASUBDISBANGKOM-DISKOMLEKAL.aspx

DANLANTAMAL VIII PIMPIN UPACARA PENGUKUHAN JABATAN WADAN LANTAMAL VIII SERTIJAB DANLANAL GORONTALO SERTIJAB KARUMKITAL DR. WAHYU SLAMET BITUNG DAN PENYERAHAN JABATAN DANTIM INTEL LANTAMAL VIII DI MAKO LANTAMAL VIII MANADO
Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., memimpin langsung pelaksanaan acara kepada Kolonel Marinir Yuniar Ludfi, Sertijab (Serah Terima Jabatan) Danlanal (Komandan Lanal) Gorontalo yaitu dari Letkol Laut (P) Baroyo Eko Basuki kepada Letkol Laut (E) Sadikin Rijali,  Sertijab Karumkital (Kepala Rumah Sakit TNI AL) Dr. Wahyu Slamet Bitung yaitu dari Letkol Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, Sp.B., kepada Letkol Laut (K) dr. I Putu Eka Sukayasa, Sp.KJ., serta Penyerahan Jabatan Dantim (Komandan Tim) Intel Lantamal VIII yaitu Letkol Laut (KH) Agus Prabowo, S.H., kepada Danlantamal VIII, bertempat di Ruang Serbaguna Mako Lantamal VIII Manado Jalan Yos Sudarso No. 01 Kairagi Manado. Selesai rangkaian acara Sertijab, dilaksanakan acara ramah tamah dan pisah sambut pejabat lama dan baru. Manado, Jum’at (28/08/2015).
Pergantian jabatan, Pengukuhan Jabatan Wakil Komandan Lantamal VIII, Sertijab Danlanal Gorontalo dan Karumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung serta Penyerahan Jabatan Dantim Intel Lantamal VIII dilaksanakan dalam Upacara Militer, yang dihadiri oleh para Asisten Komandan Lantamal VIII, para Komandan Lanal jajaran Lantamal VIII Manado yaitu Komandan Lanal Nunukan, Komandan Lanal Tolitoli, Komandan Lanal Tahuna, dan Komandan Lanal Melonguane, Komandan Yonmarhanlan VIII Bitung, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal VIII, Pamen/Pama dan PNS sederajat Lantamal VIII.
Pengukuhan Jabatan Wadan (Wakil Komandan) Lantamal VIII dari Komandan Lantamal diserahterimakan kepada Kolonel Marinir Yuniar Ludfi, karena jabatan Wadan Lantamal VIII sebelumnya tidak ada pejabatnya  maka jabatan tersebut diserahkan langsung dari Danlantamal VIII kepada Kolonel Marinir Yuniar Ludfi, dan pejabat baru Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Yuniar Ludfi, sebelumnya bertugas di Pasmar (Pasukan Marinir)-2 Jakarta sebagai Wakil Komandan (Wadan).
Sertijab Komandan Pangkalan TNI AL Gorontalo (Lanal Gorontalo) yaitu dari Letkol Laut (P) Baroyo Eko Basuki, kepada Letkol Laut (E) Sadikin Rijali, pejabat lama Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Baroyo Eko Basuki, selanjutnya menempati tugas yang baru di Koarmatim (Komando Armada RI Kawasan Timur) Surabaya sebagai Wadan (Wakil Komandan) Satpaska (Satuan Pasukan Katak) dan pejabat baru Danlanal Gorontalo Letkol Laut (E) Sadikin Rijali, sebelumnya bertugas di Spamal (Staf Pengamanan Angkatan Laut) Jakarta sebagai Pabandya  Minprod. Sertijab Karumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung dari Letkol Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, Sp.B., kepada kepada Letkol Laut (K) dr. I Putu Eka Sukayasa, Sp.KJ., Pejabat lama Karumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung dari Letkol Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, Sp.B., selanjutnya menempati tugas yang baru di Diskesal (Dinas Kesehatan Angkatan Laut) Mabesal Jakarta sebagai Kadisfaslan dan pejabat baru Karumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung Letkol Laut (K) dr. I Putu Eka Sukayasa, Sp.KJ., sebelumnya  dinas di Rumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung bertugas di Pusnerbal (Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut) Surabaya, serta penyerahan jabatan Dantim (Komandan Tim) Intel Lantamal VIII dari Letkol Laut (KH) Agus Prabowo, S.H., kepada Danlantamal VIII karena belum ada penggantinya dan selanjutnya Letkol Laut (KH) Agus Prabowo, S.H., bertugas di Lantamal XIII Tarakan sebagai Paban Lid Sintel Lantamal XIII Tarakan.
Dalam kesempatan Upacara Serah Terima Jabatan tersebut, Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., dalam amanatnya antara lain menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan kegiatan yang alami dan pasti, karena di dalamnya terkandung maksud untuk melaksanakan regenerasi dan penyegaran ide yang dapat memberikan nuansa baru, dan juga tantangan baru baik bagi pejabat yang digantikan maupun yang menggantikan. Penggantian tersebut sebagai bagian dari dinamika pembinaan organisasi dan pembinaan personel yang dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan, berdasarkan tatanan sistem pembinaan yang telah ditentukan. Serah Terima Jabatan selalu terkait dengan tuntutan kebutuhan dalam rangka pembinaan karier dan peningkatan kinerja organisasi dalam implementasi tugas, peran dan fungsinya yang harus dilakukan secara kreatif dan inovatif.
Pada kesempatan yang baik tersebut, Komandan Lantamal VIII Manado bahwa atas nama pribadi, keluarga dan segenap jajaran Lantamal VIII menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Laut (P) Baroyo Eko Basuki, Letkol Laut (K) Dr. Sujoko Purnomo, Sp.B, dan Letkol Laut (KH) Agus Prabowo, S.H., atas dedikasi dan kerja kerasnya dan kontribusi yang positif bagi kemajuan Lanal dan Lantamal VIII. Komandan Lantamal VIII juga yakin bahwa pencapaian dan keberhasilan yang saudara-saudara tunjukkan, mencerminkan loyalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi serta kesungguhan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.
Dalam upacara Sertijab tersebut, turut hadir antara lain Komandan Lantamal VIII beserta Ketua Korcab VIII DJAT Ny. M. Simorangkir, Wadan Lantamal VIII, Para Asisten Danlantamal VIII beserta Ibu, para Kadis/Kasatker Lantamal VIII, para Danlanal jajaran Lantamal VIII beserta Ibu, para Pamen/Pama, dan PNS sederajat, Pengurus dan Anggota Jalasenastri Lantamal VIII.      
(Dispen Lantamal VIII)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28808/Default.aspx

KOLONEL GUNTUR WAHYUDI RESMI JABAT WADAN LANTAMAL IV TANJUNGPINANG
26 Agustus 2015-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.Sc., mengukuhkan Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi sebagai Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IV yang sebelumnya menjabat sebagai Danlanal Pontianank. pengukuhan berlangsung di Loby Mako Lantamal IV, Kepulauan Riau, Rabu (26/8). Dalam sambutanya Danlantamal IV mengatakan bahwa pada hakekatnya serah terima jabatan di jajaran TNI Angkatan Laut merupakan suatu proses yang wajar dan alamiah, merupakan suatu proses pembinaan personel, yaitu peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan dan merupakan upaya untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan lebih proaktif dalam menyikapi fenomena yang berkembang dewasa ini. Lebih lanjut Danlantamal IV mengharapkan dengan acara serah terima jabatan ini, akan tumbuh semangat baru, ide-ide baru yang lebih kreatif, inovatif serta antisipatif sehingga organisasi Angkatan Laut khususnya Lantamal IV akan semakin berkualitas dan meningkat dari waktu ke waktu sesuai dengan organisasi dan prosedur Lantamal IV.  Selanjutnya, Danlantamal IV menambahkan, Jabatan Wadan Lantamal IV merupakan pembantu dan pelaksana utama Danlantamal dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan. Dengan demikian Wadan Lantamal memiliki tugas untuk mengoordininasikan seluruh kegiatan staf dan satuan pelaksana di tingkat Mako Lantamal IV serta menyusun dan menyiapkan rencana program sebagai penjabaran tugas pokoknya. Selain itu juga melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap terselenggaranya seluruh kegiatan sesuai dengan program yang telah direncanakan.  Pada akhir sambutannya Danlantamal IV berpesan kepada pejabat baru untuk segera beradaptasi di lingkungan baru dan supaya dapat mengembangkan hasil-hasil yang telah dicapai pejabat lama serta menciptakan ide-ide baru untuk lebih meningkatkan hasil pembinaan di jajaran Lantamal IV. Hadir dalam kesempatan tersebut, seluruh pejabat utama Lantamal IV dan segenap undangan sekalian.
Demikian berita Dinas Penerangan Koarmabar
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28772/Default.aspx

Pangarmabar Pimpin Sertijab Asrena dan Kadiskesarmabar
26 Agustus 2015-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R. memimpin acara serah terima jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangarmabar dari Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi, M.Tr.(Han)., kepada Kolonel Laut (P) Tunggul Suropati, S.E., M.Tr. (Han)., dan Kadiskesarmabar dari Kolonel Laut (K) Dr. Ganesha Wandawa,drg., Sp..Perio kepada Kolonel Laut (K) dr. Mozart di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Selasa (26/8).
Dalam amanatnya Pangarmabar antara lain mengatakan, serah terima jabatan merupakan kebutuhan organisasi untuk menghasilkan kinerja organisasi secara lebih optimal dalam mengimplementasikan tugas, peran dan fungsi satuan kerja. Hal ini merupakan proses alami yang dilakukan di lingkungan TNI Angkatan Laut.  Menurut Pangarmabar, jabatan Asrena dan Kadiskes merupakan unsur pembantu pimpinan dan unsur pelaksana pusat pada tingkat Mako Koarmabar yang memegang peranan penting dan memiliki tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pangarmabar juga mengatakan bahwa Srena Koarmabar bertugas mengalokasikan anggaran melalui RKA-KL yang diajukan dan melaksanakan pengkajian, evaluasi serta perencanaan strategis yang matang sekaligus menyusun sistem akuntabilitas kinerja organisasi. Sedangkan Diskes berperan dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan prajurit khususnya di Koarmabar. Pada kesempatan itu Pangarmabar memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi, M.Tr.(Han).,dan Kolonel Laut (K) Dr. Ganesha Wandawa,drg. Sp. Perio, beserta istri yang telah mengabdikan dirinya di Koarmabar dalam turut serta memajukan organisasi Koarmabar maupun Daerah Jalasenastri Armada Barat.
Mengakhiri amanatnya, Pangarmabar menekankan agar mempergunakan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemimpin untuk mengembangkan kemampuan jabatan dalam upaya meningkatkan hasil pembinaan. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas dengan melaksanakan fungsi-fungsi staf secara efektif dan efisien serta menjalin koordinasi dan kerja sama yang baik dengan jajaran Koarmabar maupun instansi terkait demi kelancaran dan keberhasilan tugas. Hadir pada upacara tersebut antara lain para Asisten Pangarmabar, Wadan Lantamal III Jakarta, para Kadis Koarmabar dan deputasi Pamen Koarmabar.
Demikian berita Dinas Penerangan Koarmabar
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28748/Default.aspx

PENYERAHAN JABATAN WAKABIN RUMKITAL DR. RAMELAN
26 Agustus 2015-
Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra DI., Sp. B, Sp. BTKV (K), menerima penyerahan jabatan Wakil Kepala Bidang Pembinaan (Wakabin) Rumkital Dr. Ramelan di Gedung Serba Guna Rumkital Dr. Ramelan, Surabaya. Rabu (26/8). Jabatan Wakil Kepala Bidang Pembinaan (Wakabin) Rumkital Dr. Ramelan tersebut diserahkan oleh Kolonel Laut (K) drg. Bambang Sucahyo, Sp. Ort kepada Karumkital Dr. Ramelan, selanjutnya Kolonel Laut (K) drg. Bambang Sucahyo, Sp. Ort akan menjabat sebagai Kaladokgi R.E. Martadinata. Dalam amanatnya, Karumkital Dr. Ramelan mengatakan, bahwa jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut pada hakekatnya mengandung kepentingan strategic di tinjau dari aspek pembinaan secara menyeluruh, yang merupakan bagian penting dari upaya improvisasi untuk lebih mendinamisasikan organisasi agar mampu menghadapi perkembangan lingkungan strategik dan dinamika tnatangan tugas kedepan. Diakhir sambutannya, Karumkital Dr. Ramelan Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Rumkital Dr. Ramelan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (K) drg. Bambang Sucahyo, Sp. Ort, atas segala sumbangan pemikiran serta usaha–usaha yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Wakabin Rumkital Dr. Ramelan yang telah banyak memberikan kontribusi positif berupa sumbangan pemikiran konseptual bagi kemajuan Rumkital Dr. Ramelan yang kita cintai. Turut hadir dalam kesempatan ini, Kapokli Rumkital Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Sumartono, Wakamed Rumkital Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Tony E. Parengkuan, Sp. JP, Para Kadep, Kasubdep, Kabag, Karuangan dan Kapoliklinik Rumkital Dr. Ramelan.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28743/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN
Komandan Lantamal Laksaamana Pertama  TNI Yudho Margono, S.E bertindak sebagai Irup dalam rangka Serah terima jabatan Asrena Danlantamal I, Aslog danlantamal I serta pengukuhan Karumkital Dr. Komang Makes dan bertindak sebagi  Danup Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Prasojo Sumarto dikuti oleh Para Asisten, Kadis, Pamen, Pama dan Pns Golongan III Lantamal I bertempat di gedung Yossudarso. Serah terima jabatan yang di selenggarakan ini pada dasarnya merupakan tuntutan dari organisasi. Dengan demikian diharapkan dapat tercipta suasana kepemimpinan baru dijajaran Lantamal I, sehingga kinerja dan perilaku organisasi senantiasa memiliki out put yang semakin baik dari waktu ke waktu. Beban tugas yang kompleks serta perannya selaku penyelenggara dukungan bagi unsur satuan satuan operasi maka dibutuhkan  personel yang tangguh dan berkualifikasi baik dalam penyelesaian tugasnya .
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28700/SERAH-TERIMA-JABATAN.aspx

SERAH TERIMA JABATAN ASPERS DAN ASLOG DANLANTAMAL III JAKARTA
25 Agustus 2015-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn.,  selaku Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan (Seretijab) Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III  dari  Kolonel  Laut  (P)  Rudy Sutanto, S.IP, M.M   kepada Letkol Laut (P) Untung S.M., M.AP dan Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal III dari Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto kepada Kolonel Laut (T) Deddy Coredikris, di Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Selasa (25/08). Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., mengatakan  serah terima  jabatan ini merupakan upaya untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih responsive terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas mendatang, dengan harapan dapat membawa semangat dan penyegaran ide-ide pemikiran baru untuk menghasilkan keluaran yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu. Lebih lanjut, Danlantamal III Jakarta menyampaikan bahwa jabatan Aspers dan Aslog Danlantamal III merupakan jabatan yang penting di lingkungan Lantamal III dikarenakan jabatan tersebut bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi yang berperan langsung dalam proses kegiatan pembinaan di jajaran Lantamal III. Oleh karena itu diharapkan dengan kompleksnya tantangan tugas Lantamal III  dan jajarannya dimasa mendatang, dan bergeraknya roda organisasi yang semakin dinamis, serta peningkatan profesionalitas prajurit maka TNI Angkatan Laut melalui proses seleksi yang ketat telah menunjuk perwira-perwira terbaiknya untuk dipercaya menduduki jabatan strategis ini guna meneruskan tongkat estafet kepemimpinan para pejabat terdahulu yang juga memiliki kredibilitas yang membanggakan. Adalah suatu realita yang tidak dapat kita hindari bahwa tantangan tugas yang dihadapi Lantamal III dan jajarannya dari waktu ke waktu semakin kompleks, untuk itu dengan berbekal profesionalitas, moral dan keberanian terus berupaya melakukan perubahan-perubahan positif yang terarah dan terukur, jelas, tegas dan bertanggung jawab dalam mengikuti dinamika perkembangan lingkungan. Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel  Laut  (P)  Rudy Sutanto, S.Ip, M.M   selaku Aspers Danlantamal III dan Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto selaku Aslog Danlantamal III atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat. Selanjutnya kepada Kolonel Laut (T) Deddy Coredikris, S.Ip,. M.AP., dan  Letkol  Laut (P) Untung, S.M., M.AP., selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas jabatan yang baru supaya dapat mendorong motivasi dan kreativitas serta dedikasi  dan loyalitas yang tinggi bagi terwujudnya Lantamal III yang lebih baik.
Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Marinir Suhono, Para Asisten Danlantamal III dan Kasatker  jajaran Lantamal III Jakarta.
Demikian Berita Penerangan Lantamal III Jakarta.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28698/Default.aspx

DANLANTAMAL VII KUPANG MEMIMPIN SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL MATARAM
24 Agustus 2015-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII/Kupang Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi, S.Mn. memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram dari Kolonel Marinir Markos kepada Kolonel Marinir Rachmad Djunaidy, Senin (24/08/2015). Pada Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Mataram yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Mataram bertindak selaku Komandan Upacara Pasops Lanal Mataram Mayor Laut (P) Hapsoro A.P dengan pasukan upacara dari unsur TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, KPLP, Basarnas, SMK Pelayaran Kota Mataram dan Siswa Siswi SMA Hanh Tuah 3 Mataram serta Pramuka Saka Bahari. Hadir dalam upacara tersebut Setda Prov. NTB, Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Danlanud Rembiga, unsur FKPD Provinsi NTB dan tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya Komandan Lantamal VII menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan proses alamiah yang selalu terjadi, bukan saja untuk regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan namun lebih dari itu diarahkan agar organisasi TNI Angkatan Laut dapat berjalan lebih dinamis dalam menjawab tantangan tugas kedepan. Oleh karenanya, serah terima jabatan Komandan Lanal Mataram diharapkan dapat membawa semangat baru dan munculnya ide-ide segar di lingkungan Lanal sehingga secara Komprehensif mampu melaksanakan tugas pokok dengan baik. Lanal Mataram adalah merupakan satuan pelaksana Lantamal VII yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI AL (Kapal, Pesud, Marinir), melaksanakan Operasi dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritime dengan memamfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun Instansi yang terkait di wilayahnya. Oleh karena itu terhadap Perwira yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Komandan Pangkalan mutlak dituntut untuk mampu berperan secara optimal dan terus berupaya melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan tugas. Banyak celah di perairan Flores dari Utara dengan Pulau Sulawesi dari Barat yaitu Pulau Bali dan dari  Timur dengan Pulau Flores yang memungkinkan menjadi jalur imigran gelap dengan tujuan Australia. Untuk itu harus melaksanakan antisipasi dini serta koordinasi yang baik antar instansi terkait serta melaksanakan fungsi pembinaan dengan mengedepankan langkah persuasif. Selain itu juga melaksanakan pengawasan yang optimal dengan menjadikan Pos Pengamat TNI AL sebagai mata dan telinga bagi pelaksanaan tugas operasi Kamla yang dilaksanakan oleh unsur KRI maupun Kal mengingat wilayah kerja Lanal Mataram yang merupakan lintasan jalur ALKI II. Berkaitan dengan hal tersebut beliau menyampaikan bahwa TNI AL memiliki Paradigma baru yang merupakan suatu instrumen pendukung dalam pencapaian visi “TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia”, untuk dijadikan sebagai pedoman dan arah kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut yang meliputi pembangunan sumber daya manusia, alutsista, organisasi dan kemampuan operasinya. Mengakhiri amanatnya Komandan Lantamal VII menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Markos atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat Komandan Lanal Mataram. Penghargaan yang sama juga disampaikan kepada Ibu Markos atas bhakti, pengabdian dan kesetiaannya dalam mendampingi dan mendukung suami selama penugasan di Lanal Mataram. Kepada Kolonel Marinir Rachmad Djunaidy, Danlantamal VII mengucapkan selamat atas jabatan yang baru kedepan terbentang tantangan tugas yang semakin berat untuk meningkatkan peran dan kinerja Lanal Mataram agar selaras dengan tuntutan perkembangan lingkungan yang semakin komplek. Dalam kesempatan yang sama bertempat di Ruang R.E. Martadinata Mako Lanal Mataram juga telah dilaksanakan Serah Terima Jabatan Ketua Jalasenastri Cabang 2 Korcab VII Daerah Jalasenastri Armatim dari Ny. Markos kepada Ny. Rachmad Djunaidy yang diresmikan oleh Ketua Jalasenastri Korcab VII Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Denny Kurniadi. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Dharma Wanita Provinsi NTB, Ketua Persit Chandra Kirana Korem 162/WB, Ketua Pia Ardhia Garini Lanud Rembiga, Pengurus Jalasenastri Korcab VII, Pengurus Jalasenastri Cabang 2 Korcab VII Daerah Jalasenastri Armatim dan undangan lainnya.
Acara diakhiri dengan ramah tamah dan acara tradisi pelepasan Kolonel Marinir Markos dan ibu serta penerimaan Danlanal Mataram yang baru.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28696/Default.aspx