1-4 Sept 2015

MAYOR MATHA NOVALIANTO JABAT KOMANDAN KRI KARANG PILANG-981
4 September 2015-
Komandan KRI Arun-903 Kolonel Laut (P) Patkuryanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Karang Pilang-981 dari Mayor Laut (P) Rudi Indratmoko kepada Mayor Laut  (P)  Novalianto. berlangsung di Geladak KRI Karang Pilang Jum’at,(04/9). Serah terima jabatan merupakan hal yang rutin dilaksanakan dilingkungan Koarmatim sesuai tuntutan dinamika organisasi, ini merupakan bentuk kaderisasi bagi generasi penerus guna memberikan kesempatan
dan peluang untuk mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan, sekaligus mewujudkan organisasi yang lebih segar, dan dinamis sehingga lebih fleksibel  dalam mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat. Hal tersebut disampaikan Komandan Satban Koarmatim Kolonel Laut (P) Sutarmono dalam amanatnya yang dibacakan Komandan KRI Arun-903  bertindak sebagai inspektur upacara. Selain itu setiap Komandan KRI khususnya di Lingkungan Satbanarmatim dituntut untuk dapat tetap membina kesiapan unsurnya sehingga setiap saat mampu hadir di Laut untuk menegakan dan dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan wilayah perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia. Upacara serah terima  jabatan dihadiri seluruh Perwira KRI dan Perwira Staf Satbanarmatim serta seluruh Abk KRI  Karang Pilang.
(Dispenamatim)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28968/Default.aspx

ACARA SERAH TERIMA JABATAN PALAKSA LANAL MATARAM
4 September 2015-
Komandan Lanal Mataram Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy  memimpin  acara  serah terima jabatan (sertijab) Palaksa Lanal Mataram Mayor Laut (P) Ari Krisdiyanto di Gedung R.E. Martadinata Mako Lanal Mataram, Jumat (04/09/2015). Selama sepuluh bulan jabatan Palaksa Lanal Mataram  di jabat oleh Mayor Laut (P) Ari Krisdiyanto yang kemudian  akan melaksanakan mutasi pindah untuk menempati tugas dan jabatan yang baru di Kolatarmatim.
Dalam acara sertijab Palaksa, Komandan Lanal Mataram menyampaikan sambutan bahwa, pergantian atau rotasi jabatan dalam organisasi TNI Angkatan Laut merupakan suatu hal yang biasa terjadi di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Mataram sebagai bagian dari dinamika dalam kedinasan, dimana setiap personel TNI Angkatan Laut akan mengalaminya. Kepada Mayor Laut (P) Ari Krisdiyanto “saya beserta seluruh Prajurit Lanal Mataram mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian, dedikasi, semangat serta loyalitas yang tinggi selama melaksanakan tugas sebagai Palaksa Lanal Mataram, mengakhiri sambutannya Komandan Lanal Mataram  mengucakan selamat kepada May Laut (P) Ari Kridiyanto untuk menempati tugas dan jabatan  di tempat yang baru, semoga sukses dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Selanjutnya untuk sementara pejabat Palaksa Lanal Mataram yang baru belum terisi, maka tugas wewenang  dan tanggung jawab  jabatan berada di Komandan Lanal Mataram sampai hadirnya  pejabat Palaksa yang baru. Hadir dalam acara, seluruh Perwira staf dan Kasatker Lanal Mataram. acara dilanjutkan ucapan selamat dari Komandan Lanal Mataram dengan diikuti oleh seluruh peserta acara serta penyerahan cendramata oleh Komandan Lanal Mataram kepada Mayor Laut (P) Ari Krisdiyanto.
(Pen Lanal Mataram)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28991/Default.aspx

LETKOL MARINIR FERYANTO P. MARPAUNG JABAT ASINTEL DANPASMAR-1
4 September 2015-
Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) memimpin serah terima jabatan Asintel Danpasmar-1 di Loby Mako Pasmar-1, Jl. A. Yani No.1A Gedangan, Sidoarjo, Jumat (04/09/2015). Pada serah terima jabatan Asintel Danpasmar-1 tersebut, diserah terimakan dari pejabat lama Letkol Marinir Supriyono, SE kepada Letkol Marinir Feryanto P. Marpaung yang sebelumnya menjabat sebagai Paban Lid Sintel Pasmar-1, sedangkan Letkol Marinir Supriyono, SE akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka).
Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan serah terima jabatan dalam organisasi pada hakekatnya merupakan proses dari dinamika organisasi yang memiliki makna penting berkaitan dengan aspek pembinaan personel dan kebutuhan organisasi secara berkesinambungan dalam rangka penyesuaian kinerja organisasi terhadap peran, tugas serta fungsinya, serah terima jabatan juga memiliki dimensi yang sangat penting dalam rangka kaderisasi serta reorganisasi untuk memberikan kesempatan kepada Perwira terpilih guna mengimplementasikan seni dan ilmu dalam berkarir pada sebuah organisasi, untuk itu dalam setiap momentum serah terima jabatan diharapkan adanya pemikiran yang kreatif, inovatif, rasional dan aplikatif untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas ke depan yang selalu berkembang dan dinamis. “Asisten Intelijen Pasmar-1 merupakan Perwira Staf yang bertugas membantu Komandan Pasmar-1 dalam merumuskan dan mengembangkan petunjuk Komandan di bidang Intelijen yang meliputi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan termasuk penerangan, oleh karena itu tugas, fungsi dan tanggung jawab yang diemban oleh Asisten Intelijen tidaklah ringan, amanah yang dipercayakan mengandung arti betapa besar dan tingginya harapan pemimpin terhadap kapabilitas serta kompetensi para Asisten di masa mendatang, yang berkontribusi terhadap pemilihan maupun penunjukan Perwira yang ditugaskan untuk menjalankan tugas serta fungsi Staf.”ujarnya.
Diakhir amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Marinir Supriyono, SE atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian selama menjabat sebagai Asintel Danpasmar-1, serta selamat atas jabatan baru sebagai Komandan Detasemen Jalamangkara semoga diberikan kemudahan dan kesuksesan. Kepada Letkol Marinir Feryanto Pardamean Marpaung selamat atas jabatan baru sebagai Asintel Danpasmar-1, saya percaya saudara mampu mengemban tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dengan baik, dengan bekal pengalaman dan kemampuan serta managerial yang telah dimiliki sebelumnya sebagai Paban Sintel Pasmar-1 saudara akan mampu melaksanakan tugas yang akan saudara emban. Pada akhir kegiatan Komandan Pasmar-1 memberikan cinderamata kepada Letkol Marinir Supriyono, SE serta mengucapkan selamat kepada pejabat baru.
Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, M. Tr (Han) para Asisten Danpasmar-1, para Dankolak/Satlak Pasmar-1 dan para pejabat teras di jajaran Pasmar-1.
(Dispen Kormar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28961/Default.aspx

SERTIJAB WAKIL KOMANDAN DAN PERWIRA STAF OPERASI RESIMEN ARTILERI-2 MARINIR
3 September 2015-
Komandan Resimen Artileri-2 Marinir (Danmenart-2 Mar) Letkol Marinir Jasiman Purba memimpin upacara serah terima jabatan Wakil Komandan dan Perwira Staf Operasi Resimen Artileri-2 Marinir, Bertepat di Ruang Rekreasi Resimen Artileri-2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (03/09/2015).
Letkol Marinir Wahyudi Sahputra yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi Menart-2 Mar dilantik sebagai Wakil Komandan Resimen Artileri-2 Marinir menggantikan Letkol Marinir Encep Wahyu Gumelar yang akan menempati jabatan sebagai Pabanren Slog Kormar, dan Letkol Marinir Ali Sumbogo yang sebelumnya menjabat sebagai Paban Sops Pasmar-2 dilantik menjadi Perwira Staf Operasi Menart-2 Mar menggantikan Letkol Marinir Wahyudi Sahputra. Dalam upacara yang sederhana dan penuh dengan khidmat tersebut Danmenart-2 Mar dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan tersebut merupakan hal yang sangat wajar serta penting bagi Menart-2 Mar karena untuk kaderisasi dan regenerasi sehingga organisasi harus tetap berjalan. "Dengan serah terima jabatan ini diharapkan dapat membawa semangat baru dan membangun Resimen Artileri-2 mar bertambah maju, solid, produktif, dan efektif agar dapat melahirkan ide-ide serta gagasan baru guna menghadapi tugas-tugas yang akan datang dan semakin kompleks", tegasnya. Usai Sertijab Wakil Komandan dan Perwira Staf Operasi juga dilaksanakan Sertijab Wakil Ketua Cabang-5 Menart-2 Mar dari Ny. Encep Wahyu Gumelar kepada Ny. Wahyudi Sahputra serta Sertijab Kasi Organisasi Cabang-5 Menart-2 Mar dari Ny. Wahyudi Sahputra kepada Ny. Ali Sumbogo. (Dispen Kormar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28947/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN KADISKES LANTAMAL XI
3 September 2015-
Kamis, 03 September 2015 bertempat di Gedung Mako Lantamal XI Merauke, Komandan Lantamal XI Brigadir Jenderal TNI (Mar) F. Saud Tambatua, S.E. memimpin acara serah terima jabatan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XI dari Letkol Laut (K) Lambang Prianggodo kepada Mayor Laut (K) Wahyu Eko Karyono. Selanjutnya Letkol Laut (K) Lambang Prianggodo menempati jabatan baru di Kobangdikal. Sedangkan Mayor Laut (K) Wahyu Eko Karyono sebelumnya menjabat sebagai Kasi Radiologi Umum RSAL dr. Ramelan Surabaya. Dalam amanatnya, Komandan Lantamal XI Brigadir Jenderal TNI (Mar) F. Saud Tambatua, S.E. menyampaikan, “Serah terima jabatan Kadiskes Lantamal XI hakikatnya adalah proses regenerasi di jajaran TNI Angkatan Laut, hal ini merupakan proses dari pembinaan personel yang dilakukan secara konsisten, terencana, terarah dan berkesinambungan dengan tujuan meningkatkan kwalitas kinerja organisasi Diskes Lantamal XI. Selanjutnya Komandan Lantamal XI menambahkan, “Tugas Diskes Lantamal XI bukanlah tugas yang ringan, karena menuntut semangat juang yang tinggi, sikap patriotik, serta semangat untuk maju dengan disiplin, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, sehingga mampu mengatasi segala permasalahan dengan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku dan kebijakan yang digariskan oleh pimpinan. Hadir dalam acara serah terima ini antara lain Asisten Komandan Lantamal XI, para Kasatker, dan perwakilan Perwira Lantamal XI. (Dispen_11)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28942/SERAH-TERIMA-JABATAN-KADISKES-LANTAMAL-XI.aspx

SERAH TERIMA JABATAN WAKIL KOMANDAN LANTAMAL XI
3 September 2015-
Kamis, 03 September 2015 bertempat di Gedung Mako Lantamal XI Merauke, Komandan Lantamal XI Brigadir Jenderal TNI (Mar) F. Saud Tambatua, S.E. memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Wakil Komandan Lantamal XI dari Kolonel Laut (PM) Totok Budisusanto kepada Kolonel Laut (P) Herman Prasetiyo. Kolonel Laut (PM) Totok Budisusanto selanjutnya menempati jabatan sebagai Staf Ahli Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur. Dalam acara yang berlangsung khidmat tersebut Komandan Lantamal XI dalam amanatnya menyampaikan, “Serah terima jabatan merupakan salah satu upaya untuk memacu semangat dan motivasi personel TNI AL agar selalu mengedepankan prestasi dan karya nyata yang bermanfaat bagi organisasi dan hendaknya dilihat sebagai suatu kehormatan, kepercayaan, sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan untuk membangun prestasi dan karya nyata yang lebih baik lagi”.
Lebih lanjut Komandan menyampaikan bahwa Wakil Komandan Lantamal XI merupakan salah satu jabatan strategis karena Wadan Lantamal adalah pembantu dan pelaksana utama Komandan dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan Lantamal agar terjalin sinkronisasi kegiatan antar unsur pembantu pimpinan dan staf dengan satuan-satuan pelaksana di lingkungan Lantamal XI atau dengan badan-badan pada tingkat Koarmatim sesuai dengan lingkup dan tingkat kewenangannya.
Hadir dalam upacara serah terima ini antara lain Asisten Komandan Lantamal XI, para Kasatker serta perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil. Selesai acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Ruang serbaguna Mako Lantamal XI.
(Dispen_11)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28939/Default.aspx

DANLANTAMAL V PIMPIN SERTIJAB KAFASHARKAN DAN KARUMKIT DR. OEPOMO
3 September 2015-
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kafasharkan) dan Kepala Rumah sakit TNI AL Dr. Oepomo yang digelar di Serambi Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal V, Surabaya, Kamis (3/9). Kafasharkan Surabaya diserahterimakan Kolonel Laut (P) Ir.  Eko Gajah Seno yang mendapat tugas baru sebagai Wakil Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum), Kobangdikal kepada  Kolonel Laut (T) Jusep Wildan, S.T., yang sebelumnya menjabat Kadepteknik AAL, sementara itu Karumkital Dr. Oepomo diserahkan Komandan Lantamal V kepada Letkol Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp. S. yang sebelumnya menjabat Kasi Rawat Jalan Subdep Saraf Dep Saware Rumkital Dr. Ramelan, Surabaya.
Menurut Danlantamal V dalam amanatnya mengatakan bahwa,  serah terima jabatan pada hakekatnya adalah merupakan simbol pelimpahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan, juga sebagai bagian proses pembinaan organisasi dan personel yang senantiasa kita laksanakan seiring dengan tuntutan tugas TNI AL ke depan yang semakin kompleks sekaligus demi terciptanya kaderisasi personel sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan produktif. Kafasharkan lanjutnya, adalah kepala pelaksana teknis yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Lantamal V, bertugas menyelenggarakan dukungan pemeliharaan dan perbaikan kepada unsur-unsur KRI Koarmatim dan unsur-unsur KRI lainnya, menyiapkan alat apung serta alat pendukung KRI yang ada di Lantamal V, juga termasuk membina potensi jasa maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana jasa maritim yang tersedia di sekitar Fasharkan Surabaya. Sementara itu Karumkital Dr. Oepomo adalah pelaksana tehnis dukungan kesehatan, berkedudukan langsung di bawah Komandan Lantamal V, bertugas menyusun dan melaksanakan rencana dan program pelayanan kesehatan bagi personel Lantamal V dan keluarga, serta masyarakat umum disekitar Surabaya, melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan dan rehabilitasi bagi penderita, meningkatkan kemampuan pelayanan kesehatan, melaksanakan dukungan kesehatan secara terbatas bagi satuan-satuan operasional TNI AL, merencanakan, melaksanakan , mengawasi dan mengevaluasi program kerja Rumkital Dr. Oepomo serta mengajukan pertimbangan dan saran kepada Komandan Lantamal V sesuai bidang tugasnya. Berkaitan dengan itu tegas Rudy – sapaan akrab Danlantamal V ini, Kafasharkan Surabaya dan Karumkital Dr. Oepomo harus mampu mengadakan penyesuaian – penyesuaian, upaya pembinaan yang lebih intensif, efisien secara profesional dan proporsional agar mampu menampilkan hasil kerja terbaiknya sesuai yang kita harapkan dalam melaksanakan tugas pokok Lantamal V. Kolonel Laut (T) Jusep Wildan, S.T., adalah putra kelahiran kota Kembang Bandung tahun 1970 silam, Ia adalah lulusan AAL 37 Tahun 1991. Sebelumnya banyak jabatan yang sukses diembannya, seperti tahun 1992 usai menjalani Dikpasis ia langsung menjabat sebagai As Padinlu KRI  Teluk Kau-504 Kolinlamil, ini merupakan jabatan perdana yang ia emban, kemudian 1993 menjabat Wakadepsin KRI Nusa Telu, 1995 Kadepsin KRI karimata -960 Satlinlamil Jakarta, 1999 Kasi Progar Subdis Ren Disharkap Kolinlamil, 2000 Kadepsin KRI Teluk Bayur-502, 2002 Kasatharkan SatlinLamil Surabaya. Pada  2004 Ia dipercaya sebagai Kabengmes Fasharkan Surabaya, 2006 Kafasharkan KRI Koharmat Koarmatim, 2007 Kadisharkan Lantamal VI Makasar, 2009 Kataud Slog Kasal, 2010 Kasubdis Ada Dismatbek koarmatim, 2013 Aslog Danlantamal XI Merauke, 2014 Kadepteknik AAL, dan pada 31 Agustus 2015 berdasarkan Surat Perintah Danlantamal V nomor Sprin/1051/VIII/ ditetapkan sebagai Kafasharkan Surabaya. Sementara itu Letkol Laut (K) dr. Imam Hidayat Sp. S., adalah putra kelahiran Kota Pahlawan Surabaya pada tanggal 26 Februari 1970 dan merupakan lulusan Spamilsuk ABRI Tahun 1993,  sebelumnya berdinas di PS Ka BP Selatan Rumkit Diskes Armatim, 2011 Kasi Rawat Jalan Subdep Saraf Dep Saware Rumkital DR Ramelan, dan pada tanggal 31 Agustus 2015 berdasarkan Surat Perintah Danlantamal V  nomor Sprin 1053/VIII/2015 ditetapkan sebagai Karumkital Dr. Oepomo yang lama kosong pasca mutasinya Letkol Laut (K) dr. Syamsudin Sp. M. yang menempati jabatan baru sebagai Kadep KAIA rumkital Dr. Midianto Diskesal mabesal. Hadir dalam acara sertijab tersebut Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E., Asrena, Asops, Asintel, Aspers, Aslog, Danpomal Lantamal V, Kadiskes, Danlanal Batuporon, para kasatker  dan para Pamen di jajaran Lantamal V lainnya. (Dispen Lantamal V)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28932/Default.aspx

KOMANDAN RESIMEN ARTILERI-1 MARINIR TERIMA PENYERAHAN JABATAN PASLOG
2 September 2015-
Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir F. Simanjorang menerima penyerahan jabatan Paslog Menart-1 Mar di ruang rekreasi Batalyon Arhanud-1 Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (02/09). Jabatan Paslog Menart-1 Mar diserahkan oleh Mayor Marinir Edward Zaldy kepada Komandan Resimen Artileri-1 Marinir, selanjutnya Mayor Marinir Edward Zaldy akan menempati jabatan baru sebagai Kasiaplatgab Kodiklat TNI. Sebelum acara penyerahan jabatan Paslog Menart-1 Mar, didahului dengan penyematan Brevet Artileri Korps Marinir kepada Mayor Marinir Edward Zaldi dan Komandan Batalyon Arhanud-1 Marinir Mayor Marinir Hervianto Nugroho. Dalam amanatnya Danmenart-1 Mar mengatakan, penyerahan jabatan tersebut merupakan prosedur diseluruh organisasi di lingkungan TNI AL, termasuk juga di lingkungan Korps Marinir dalam rangka pelaksanaan tugas suatu jabatan sehingga proses administrasi tidak mengalami hambatan. “Dengan Brivet Artileri Korps Marinir yang sudah melekat di dada anda, itu bukan hiasan, tapi mengandung konsekuensi tanggung jawab besar bagi anda,” ujar Danmenart-1 Mar. Di akhir amanatnya, Danmenart-1 Marinir mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mayor Marinir Edward Zaldy atas darma bakti, pengabdian serta dedikasi yang tulus selama menjabat sebagai Paslog Menart-1 Mar, dengan harapan semoga di tempat tugas yang baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan dengan baik. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Menart-1 Mar Letkol Marinir Ainur RofIq, Para Perwira Staf dan Komandan Satlak di jajaran Menart-1 Mar.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28914/Default.aspx

SERTIJAB DANYON ARHANUD-1 MARINIR
2 September 2015-
Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir F. Simanjorang memimpin serah terima jabatan Komandan Batalyon Arhanud-1 Marinir di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (02/09/2015).
Jabatan Komandan Batalyon Arhanud-1 Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Marinir Gunawan Tri Utomo kepada Mayor Marinir Hervianto Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Puslatpur Antralina, sedangkan Letkol Marinir Gunawan Tri Utomo akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Puslatpur Baluran.
Dalam upacara serah terima jabatan tersebut juga digelar kendaraan tempur BVP-2, Rantis Unimog dan Jeep Kia sebagai latar belakang, sedamngkan bertindak sebagai Komandan upacara Kapten Marinir Sugiarto yang sehari harinya menjabat Pasi Intel Batalyon Arhanud-1 Marinir. Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir F. Simanjorang dalam amanatnya mengatakan, pergantian jabatan di lingkungan TNI, khususnya Korps Marinir merupakan kegiatan wajar yang secara priodik harus dilakukan dalam rangka pembinaan personel agar terjadi suatu penyegaran dan dinamika organisasi serta memberikan kesempatan kepada perwira terpilih untuk mengembangkan kepemimpinannya. Selain itu juga sebagai bagian dalam proses pembinaan karir seorang perwira Korps Marinir TNI AL dengan harapan  akan selalu muncul ide-ide baru yang lebih segar dan inovatif sekaligus membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi, sehingga senantiasa responsif dalam mengantisipasi dan menghadapi berbagai tantangan tugas di masa depan. Penempatan jabatan kepada perwira, lanjutnya, merupakan suatu kepercayaan, kehormatan, oleh karena itu hendaknya dilaksanakan dengan sungguh sungguh dan penuh rasa tanggung jawab dan dapat menyelenggarakan program penyiapan dan peningkatan kemampuan personel dan material agar selalu siap melaksanakan tugas yang di emban. Di akhir amanatnya, orang nomor satu di Menart-1 Mar itu mengucapkan terima kasih kepada Letkol Marinir Gunawan Tri Utoma dan Ny. Gunawan atas segala jeri payah, upaya dan kerja keras, dalam memimpin Yonarhanud-1 Mar dan Jalasenastri Arhanud-1 Marinir, dengan harapan berbekal pengalaman dan loyalitas yang di tunjukkan selama ini akan mampu menjalankan tugas dengan baik di tempat yang baru, kepada Mayor Marinir Hervianto Nugroho dan Ny. Hervianto, Komandan mengucapkan selamat datang, dengan harapan dapat melakukan yang terbaik untuk Batalyon Arhanud-1 Marinir.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28911/SERTIJAB-DANYON-ARHANUD1-MARINIR.aspx

KOMANDAN KRI TELUK BANTEN-516 DISERAH TERIMAKAN
2 September 2015-
Komandan KRI Teluk Banten-516 di Jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmatim diserah terimakan dari Letkol Laut (P) Dados Raino kepada Mayor Laut (P) Muhammad Junaidi, S.E., berlangsung di atas Geladak KRI Teluk Banten-516 yang bersandar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Rabu,(02/9). Komandan Satfib Koarmatim  Kolonel Laut (P) Bambang Irawan, S.E. dalam sambutanya mengatakan serah terima jabatan merupakan hal yang biasa terjadi dan bersifat rutin, dalam pelaksanaan sertijab ini akan membuka kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir berikutnya, serta menjaga kesegaran dan dinamika organisasi. Diharapkan adanya penerusan informasi yang lengkap dan jelas dalam semua aspek pembinaan untuk menjamin keseimbangan pembinaan selanjutnya. Hal ini dikarenakan tututan tugas dalam mendukung kegiatan Operasi dan Latihan yang diemban. Selain itu berpesan kepada seluruh prajurit KRI Teluk Banten agar meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moril dan amalkan dalam kehidupan sehari hari, bantu tugas-tugas Komandan, tingkatkan terus profesionalisme dengan belajar berlatih serta laksanakan pemeliharaan alutsista dan sarana yang ada di KRI. Hadir dalam upacara diantaranya Perwira Staf Satfib Koarmatim, Perwira KRI dan seluruh Anggota KRI Teluk Banten.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28903/Default.aspx

DUA JABATAN STRATEGIS KODIKDUKUM KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN
Dua jabatan Strategis di lingkungan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahterimakan. Dua Jabatan tersebut adalah Wakil Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Wadan Kodikdukum) dan Komandan Pusat Pendidikan Elektronika (Danpusdiklek) Kodikdukum. Adapun serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung Komandan Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr.(Han) di lapangan Apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kobangdikal dalam upacara militer. Wadan Kodikdukum diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Catur Sudarsono, S.A.P kepada Kolonel Laut (T) Ir. Eko Gajah Seno. Sedangkan Komandan Pusdiklek diserah terimakan dari Kolonel Laut (E) Suhari, S.T. kepada Kolonel Laut (E) Idham Faca, S.T,, Kolonel Kolonel Laut (T) Catur Sudarsono, S.A.P dan Kolonel Laut (E) Suhari, S.T selanjutnya akan menempuh pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan) sedangkan Kolonel Laut (T) Ir. Eko Gajah Seno sebelum menjabat Wadan Kodikdukum menjabat Kepala Fasharkan lantamal V Surabaya. Kolonel Laut (E) Idham Faca, S.T sebelum menjabat Komandan Pusdiklek menjabat Asrena Lantamal I Belawan. Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr.(Han) menyampaikan bahwa serah terima jabatan Wadan Kodikdukum dan Komandan Pusdiklek Kodikdukum Kobangdikal merupakan suatu proses yang berkembang secara dinamis sesuai dengan tuntutan pembinaan personel dan tantangan tugas kedepan. Oleh karenanya melalui serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru secara berkesinambungan dengan dilandasi filosofi hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
Lebih lanjut disampaikan bahwa Jabatan Wadan Kodikdukum dan Komandan Pusdiklek merupakan jabatan penting dan stratgis di lingkungan Kodikdukum, karena bertugas membantu Komandan Kodikdukum Kobangdikal dalam mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan setiap pembekalan siswa serta membina kekuatan termasuk sarana dan prasarananya guna terselenggaranya fungsi-fungsi Kodikdukum dalam tugas penyiapan dan mewujudkan kemampuan Personil TNI AL dalam mengawaki organisasi secara professional serta menjadikan Organisasi TNI AL berkelas dunia. (Dispen Kobangdikal)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28891/Default.aspx

LETKOL MARINIR TOTOK NURCAHYANTO JABAT DANYONBEKPAL-2 MARINIR
1 September 2015-
Komandan Resimen Bantuan Tempur- 2 Marinir (Danmenbanpur-2 Mar) Letnan Kolonel Marinir Yudi Hidayat memimpin upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Perbekalan dan Peralatan (Yonbekpal-2 Mar), bertempat di lapangan Apel “Deki Nur Rifa’i“ Menbanpur-2 Mar Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (01/09/2015). Letnan Kolonel Totok Nurcahyanto yang sebelumnya menjabat sebagai  Pasintel Brigif-3 Mar dilantik sebagai Komandan Batalyon Bekpal-2 Mar menggantikan Letkol Marinir Moh. Maftukin yang akan menempati jabatan sebagai Pabanpers Pasmar-2. Dalam upacara yang sederhana dan penuh khidmat tersebut  Danmenbanpur 2 Mar dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan tersebut merupakan hal yang harus dilaksanakan dan sangat  penting  bagi  Menbanpur-2 Mar, karena Batalyon Bekpal-2 Mar merupakan salah satu kekuatan inti Menbanpur-2 Mar dalam mendinamisasikan tugas. “Dengan Sertijab ini diharapkan dapat membawa semangat baru dalam organisasi yang lebih produktif, efektif dan efisien serta melahirkan ide-ide yang cemerlang dan inovatif sehingga akan menghasilkan program-program yang berkualitas guna menghadapi tugas-tugas yang akan datang serta mampu melaksanakan tugas pokok” ungkapnya. Usai Sertijab Danyonbekpal-2 Mar juga dilaksanakan Sertijab Ketua Jalasenastri Ranting C Cabang-4 Menbanpur-2 Mar dari Ny. Moh. Maftukin kepada Ny. Totok Nurcahyanto, bertempat di ruang Jalasenastri Menbanpur-2 Mar.
(Dispen Kormar).
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28886/Default.aspx

JABATAN KOMANDAN KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN
1 September 2015-
Jabatan Komandan Komando Pengembangan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Ary Atmaja, S.E. kepada penggantinya Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. Upacara berlangsung Selasa (1/9) di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya. Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Pejabat lama, Laksamana Muda TNI Ary Atmaja, S.E., memegang tampuk pimpinan di lembaga pendidikan selama sebelas bulan, lima hari. Selanjutnya Pati TNI AL kelahiran Denpasar 22 Maret 1960 ini menduduki jabatan baru sebagai Staf Khusus Kasal.
Sementara itu, Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., sebelum dilantik menjadi Dankobangdikal menempati jabatan Sesmilpres Kemsetneg RI. Masa pengabdian pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini sebagian besar tercurah di jajaran Armada, baik di jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur maupun Barat. Setelah menamatkan pendidikan militer di AAL (Angkatan ke-31) tahun 1986 dengan pangkat letnan dua, pria kelahiran 19 Januari 1963 ini mengawali masa pengabdiannya di KRI Mandau-621 Satuan Kapal Cepat Koarmatim (1986), selanjutnya Kadep Senbah dan Kadep Ops KRI Singa (1994), Palaksa KRI Badik-623 (1995), Pabanda Yawanda Spers Mabes ABRI (1996), Komandan KRI IBL-383 Satkor Koarmabar (1999), Pabandya Rahgunkuat Sops Mabes TNI (2011), Danguspurla Koarmabar (2012), Kadisminpersal (2013), Sesmilpres Kemsesneg (2014). Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No Kep/593/VII/2015 mendapatkan amanah untuk mengemban tugas sebagai Komandan Kobangdikal. Pendidikan militer yang telah diselesaikan oleh suami dari Ny. Adik Wuri Hermawati ini, antara lain, Suspaja (1986), Sus Protis 1989), Diklapa-I/Artileri angkatan ke-5 (1992), Diklapa-II/Koum angkatan ke-8 (1995), Sus PBU Athan angkatan ke-8 (1998), Seskoal angkatan ke-39 (2001), dan Dikreg Sesko TNI angkatan ke-37 (2010).
Sebagai wujud penghargaan negara atas dharma baktinya selama 29 tahun pada nusa dan bangsa, ayahanda dari Salsabil Herdiati dan Muhammad T. ini dianugerahi beberapa tanda jasa, antara lain, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Bhakti, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, dan Satya Lencana Wira Siaga, Satya Lencana Wira Dharma, Satya Lencana Wira Nusa dan Satya Lencana Dharma Nusa. Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. menyampaikan bahwa jabatan Komandan Kobangdikal merupakan jabatan yang penting. Hal ini berkaitan dengan   tugas mulia yang diemban Kobangdikal dalam menyelenggarakan pendidikan formal TNI Angkatan Laut, yang meliputi pendidikan pertama, pendidikan pembentukan, pengembangan  umum, pengembangan spesialisasi, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disamping itu, Kobangdikal juga bertugas melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut dan doktrin operasi amfibi tingkat taktik, serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut dan operasi amfibi tingkat taktik.  “Oleh karenanya, pejabat Komandan Kobangdikal telah dipilih secara selektif dan terhormat, dan merupakan perwira-perwira tinggi pilihan, yang dipercaya oleh negara untuk mengemban amanat ini,” tegas Kasal. Hadir pada upacara yang berlangsung khidmat tersebut Gubernur Jawa Timur Dr.H. Soekarwo, Pangdam V Brawijaya  Mayjen TNI Sumardi, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur, para Pejabat Utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, dan undangan lainnya. Upacara yang diikuti oleh 1.565 prajurit siswa dan anggota tetap  Kobangdikal tersebut terasa lebih semarak dengan tampilnya orkes simponi yang diperagakan oleh 75 personel dari Satuan Musik Kobangdikal. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28857/JABATAN-KOMANDAN-KOBANGDIKAL-DISERAHTERIMAKAN.aspx

LAKSDA TNI TRI WAHYUDI SUKARNO, S.E., M.M. JABAT KOMANDAN KOBANGDIKAL
1 September 2015-
Sesudah menjabat selama 11 bulan lima hari tepatnya sejak 26 September 2014 lalu, jabatan Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., kepada penggantinya Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. Prosesi serah terima Jabatan komandan di ’kawah candradimukanya’ prajurit matra laut tersebut, dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E M.A.P dengan upacara militer di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, Selasa, (1/9). Laksamana Muda TNI Ary Atmaja, S.E., lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-29 tahun 1984 yang dilahirkan di Denpasar 22 Maret 1960 ini, selanjutnya mendapat amanah untuk mengemban tugas sebagai Staf Khusus Kasal. Sedangkan penggantinya Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., yang dilahirkan di Malang, Jawa Timur, 19 Januari 1963 ini sebelumnya menjabat Sesmilpres Kemsetneg Jakarta. Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P mengatakan bahwa serah terima Jabatan dilingkungan TNI Angkatan Laut merupakan dinamika organisasi yang berkesinambungan. Pergantian pejabat berkaitan erat dengan aspek pembinaan personel, kebutuhan organisasi dan perkembangan situasi yang dihadapi. Karena dari proses ini diharapkan dapat memantapkan manajemen organisasi yang lebih baik responsif dan adaptif serta penyesuaian kinerja organisasi dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat. Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia profesional, berkualitas dan mampu menghadapi tantangan tugas kedepan, dibutuhkan penyempurnaan manajemen pendidikan. Hal ini dilaksanakan melalui peningkatan pengelolaan pendidikan dan relevansi pembelajaran dengan menyediakan kurikulum dan paket-paket instruksi yang adaptif dan mampu menjawab tantangan teknologi mutakhir Alut Sista. Selain itu Prajurit lulusan Kobangdikal diharapkan memiliki integritas tinggi dan berkarakter bahariwan sebagai implementasi paradigma TNI angkatan laut yang berkelas dunia. “Tidak dapat dipungkiri bahwa jabatan Komandan Kobangdikal merupakan jabatan penting. Hal ini berkaitan dengan tugas Kobangdikal yaitu menyelenggarakan pendidikan formal meliputi pendidikan pertama, pendidikan pembentukan, pendidikan pengembangan, pendidikan spesialisasi dan pengembangan doktrin pada tingkat operasi laut dan opersi amphibi pada tingkat taktik” jelas orang nomor satu dijajaran TNI AL ini. (Dispen Kobangdikal)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28874/Default.aspx