1-9 Oktober 2015

JABATAN KOMANDAN KRI TELUK MANADO-537 DISERAHTERIMAKAN
Jakarta, Jum'at 9 Oktober 2015-
Jabatan Komandan KRI Teluk Manado-537 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, S.E., kepada Mayor Laut (P) Priyo Dwi Saputro dalam upacara serah terima jabatan di Geladak KRI Teluk Manado-537 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (9/10). Upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P.,

Mayor Laut (P) Priyo Dwi Saputro adalah alumni AAL 45 Tahun 1999 yang sebelumnya menjabat Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Banda Aceh-593. Sedangkan Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, S.E., yang merupakan alumni AAL 44 Tahun 1998 selanjutnya akan menjabat Perwira Staf Operasi Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. Dalam amanatnya, Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P.,  mengatakan bahwa serah terima jabatan dilingkungan TNI Angkatan Laut merupakan hal yang biasa dan rutin dilaksanakan sesuai dengan tuntutan organisasi dan memberikan kesempatan bagi perwira yang terpilih untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban. “Sebagai sebuah jabatan yang strategis, Komandan KRI memiliki kewenangan dan power yang sangat luas. Oleh karena itu berbanggalah bagi perwira yang dipercaya untuk mengemban jabatan tersebut” tandas Komandan Satlinlamil Jakarta.
Lebih lanjut ditambahkan, seorang Komandan KRI harus mengetahui, menguasai   dan memahami kondisi peralatan serta kondisi anak buah dengan segala permasalahannya.  “Seorang Komandan harus bersikap dewasa, arif dan bijaksana, cermati situasi yang ada dan perkembangannya. Jadilah guru, bapak dan atasan bagi seluruh anak buah” lanjutnya menegaskan.
Pada akhir amanatnya, Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P., mengharapkan kepada Komandan KRI Teluk Manado-537 yang baru untuk melanjutkan kinerja baik yang telah ditunjukkan Komandan KRI sebelumnya dan selanjutnya meningkatkan kinerja tersebut untuk menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis.  “Tingkatkan terus kualitas pengabdian kita kepada TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara” ujarnya mengakhiri. Turut hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut, Wakil Komandan Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Heri Prihartanto dan para Komandan KRI dijajaran Satlinlamil Jakarta. (Dispen Kolinlamil)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25379/Default.aspx

SERTIJAB KOMANDAN KRI BIRANG-831
Jum'at 9 Oktober 2015-
Serah terima jabatan Komandan KRI Birang-831 dari Mayor Laut (P) Frejohn Da Costa kepada Kapten Laut (P) Ahmad Makmur Ikhlas yang berlangsung diatas geladak KRI Birang-831 dengan Irup Komandan Satuan Keamanan Laut (Dan Satkamla) Mayor Laut (P) Mahfud Effendi. (Jum’at, 09/10/2015). Dalam sambutan inspektur upacara yang dibacakan langsung Komandan Satuan Keamanan Laut (Dan Satkamla) Mayor Laut (P) Mahfud Effendi menyampaikan, tuntutan tugas Lantamal VI dimasa mendatang cukup berat dan memerlukan perhatian khusus, oleh sebab itu, dengan segala keterbatasan setiap Komandan KRI, khususnya di lingkungan Satkamla Lantamal VI.
Dengan melihat cukup beratnya tantangan tugas Komandan KRI tersebut, kepada segenap KRI di masing masing jajaran tugas agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada Komandan yang baru serta senantiasa bersikap dan bertindak professional dan proporsional dalam mensukseskan embanan tugas pokok Koarmatim, lanjut Dan Satkamla. Komandan KRI Birang yang lama Mayor Laut (P) frejohn Da Costa akan melaksanakan tugas yang baru di Kobangdikal, sedangkan pejabata Komandan KRI Birang – 831 yang baru Kapten Laut (P) Ahmad Makmur Ikhlas baru saja menyelesaikan pendidikan Diklapa II. Upacara sederhana ini, dihadiri seluruh awak KRI Birang – 831 dan para undangan.
(Dispen Lantamal VI)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25376/SERTIJAB-KOMANDAN-KRI-BIRANG831.aspx

KOMANDAN KRI TELUK MANDAR-514 DISERAHTERIMAKAN
Kamis 8 Oktober 2015-
Bertempat di geladak helly KRI TMR-514 (KRI Teluk Mandar) Komadan Satuan Kapal Amphibi (Satfib) Koarmatim Kolonel Laut (P) Bambang Irawan, S.E. selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya serah terima jabatan Komandan KRI TMR-514. Jabatan Komandan KRI TMR-514 yang semula dijabat oleh Letkol Laut (P) Yoyok Nurkarya S.,S.T.,M.T. secara resmi diserahkan kepada Mayor Laut (P) Agus Joko Sulistyo, S.T., Kamis (08/10). Pria kelahiran Sidoarjo 39 tahun silam ini adalah alumni Angkatan 45 Akademi Angkatan Laut (AAL) yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditjar Direktorat Pendidikan Akademi Angkatan Laut. Sedangkan Letkol Laut (P) Yoyok Nurkarya S.,S.T.,M.T. nantinya akan menjabat sebagai Paban III Sopsal Mabesal. Dalam amanatnya Inspektur Upacara mengatakan, serah terima jabatan Komandan KRI merupakan hal yang mutlak dan wajar dalam suatu organisasi sebagai wujud penyegaran regenerasi, selain itu serah terima jabatan juga menggambarkan adanya kedinamisan dalam pembinaan personel di lingkungan TNI AL, dengan demikian dapat memberikan suatu wadah kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan bagi para perwiranya guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir selanjutnya. Beliau menambahkan, dengan serah terima jabatan ini diharapkan dapat membawa angin segar di dalam organisasi, sekaligus memantapkan dan meningkatkan hasil yang telah dicapai dijajarannya. Kepada Mayor Laut (P) Agus Joko Sulistyo, S.T. beliau mengucapkan selamat datang dan berpesan agar dalam pelaksanaan tugas harus selalu berpedoman pada Tri Sila TNI AL yang merupakan dasar utama bagi prajurit TNI AL dalam mewujudkan TNI AL yang besar, kuat dan profesional. Serta dalam pembinaan personel agar tetap memperhatikan sikap yang asah asih dan asuh, sehingga akan terwujud suasana kerja yang harmonis antara atasan dengan anggota tanpa menghilangkan sikap disiplin dan hirarki prajurit. Diakhir amanatnya, Komadan Satfib Koarmatim juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Letkol Laut (P) Yoyok Nurkarya S.,S.T.,M.T. atas dedikasi, loyalitas yang telah diberikan kepada organisasi selama menjabat sebagai Komandan KRI TMR-514. Rangkaian acara serah terima jabatan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh prajurit KRI TMR-514 dengan Komandan Satfib Koarmatim dan Komandan KRI TMR-514 di geladak helly.
(Dispenarmatim)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25377/KOMANDAN-KRI-TELUK-MANDAR514-DISERAHTERIMAKAN.aspx

LETKOL TEGUH PRASETYA JABAT DANLANAL TANJUNG BALAI ASAHAN
Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E. melantik Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan (Danlanal TBA) dari Letkol Laut (P) Edward Halomoan Sibuea kepada Pejabat baru Letkol Laut (P) Teguh Prasetya, S.T. di Lapangan Mako Lanal Tanjung Balai Asahan. Upacara serah terima jabatan Danlanal TBA yang dihadiri oleh unsur Muspida Kota Tanjung Balai, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama ini, juga dihadiri oleh Asintel Danlantamal I, Aspers Danlantamal serta Kadisbek Lantamal I. Dalam Amanatnya sebagai Irup pada Upacara sertijab ini, Laksmana Pertama TNI Yudo Margono,SE menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Letkol Laut (P) Edward Halomoan Sibuea atas dedikasi, Loyalitas serta kinerja terbaiknya untuk kemajuan Lanal TBA. Begitu juga dengan ungkapan yang sama dari ketua Korcab I DJAB yang disampaikan Irup untuk Ibu Edward Halomoan Sibuea yang telah dengan sabar mendampingi suami dalam membina Jalasenastri cabang 7 Korcab I DJAB, dan mengharapkan agar meraih kesuksesan ditempat penugasan baru. Mengakhiri amanatnya Laksamana berpangkat Bintang satu ini juga mengucapkan selamat bertugas sebagai Danlanal TBA kepada Pejabat baru Letkol Laut (P) Teguh Prasetya,S.T serta berpesan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan secepatnya menyesuaikan diri dengan keadaan dan tempat tugas baru, serta mengharapkan untuk tetap membina hubungan yang baik dengan Pemerintah daerah, Instansi terkait, Tokoh Agama dan Masyarakat.
(Dispen Lantamal I)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25329/Default.aspx

DUA JABATAN STRATEGIS KODIKMAR KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN
Dua jabatan strategis di lingkungan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahterimakan. Dua jabatan tersebut adalah Komandan Pusat Pendidikan Artileri (Danpusdikart) dan Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri (Danpusdikkav) yang keduanya merupakan unsur Pelaksana dibawah Kodikmar Kobangdikal. Adapun serah terima jabatan kedua Komandan Pusdik tersebut dipimpin langsung Komandan Kodikmar Kobangdikal Kolonel Marinir I Made Wahyu S.
Komandan Pusdikart Kodikmar diserahterimakan dari Kolonel Marinir C.T.O. Sinaga kepada Letnan Kolonel Marinir Aris Setiawan, Kolonel Marinir C.T.O Sinaga selanjutnya menjabat LO Kodam XII Tanjung Pura Pontianak sedangkan Letnan Kolonel Marinir Aris Setiawan sebelumnya menjabat Kasetum Kormar. Untuk jabatan Komandan Pusdikkav Kodikmar diserah terimakan dari Kolonel Marinir Herdry Wardaya kepada Kolonel Marinir Herculanus Herry S, Kolonel Hendry Wardaya selanjutnya menjabat Gumil Opsgab Seskoal Jakarta sedangkan Kolonel Marinir Herculanus Herry S sebelumnya menjabat Komandan Menkav I Pasmar I Surabaya .
Komandan Kodikmar Kobangdikal Kolonel Marinir I Made Wahyu S dalam sambutanya menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan pada hakekatnya merupakan wujud dari dinamika organisasi. Makna yang terkandung adalah sebagai upaya kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan pembinaan Kodikmar sesuai dengan peran, tugas dan fungsi yang diembannya sebagai bagian dari Komando Pelaksana Kobangdikal dengan harapan dapat tercipta suasana yang baru serta diharapkan timbulnya ide – ide baru yang segar, sehingga proses pembinaan dan penyiapan calon–calon Prajurit Marinir akan terus meningkat kualitasnya dari waktu ke waktu. Lebih lanjut disampaikan bahwa Jabatan Komandan Pusdikart Marinir mempunyai peranan penting dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan Pendidikan Dasar Kecabangan Perwira Kejuruan Artileri, Pendidikan Pembentukan Bintara, Pendidikan Kejuruan Bintara, Pendidikan Kejuruan Tamtama, serta melaksanakan pengkajian Taktik Dasar Pertempuran Kesenjataan Artileri, sesuai strata pendidikan peserta didik, serta melaksanakan pembinaan terhadap keseluruhan kekuatan Pusdik Artileri Kodikmar termasuk sarana dan prasarana pendukungnya, menjamin terselenggaranya koordinasi dan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan institusi di dalam maupun di luar lingkungan Pusdik Artileri Kodikmar, sesuai batas kewenangan dan tanggung jawabnya.
Sedangkan jabatan Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri Marinir mempunyai peranan penting dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan Pendidikan Dasar Kecabangan Perwira Kejuruan Kavaleri, Pendidikan Pembentukan Bintara, Pendidikan kejuruan Tamtama, serta melaksanakan pengkajian Taktik Dasar Pertempuran Kesenjataan Kavaleri, sesuai strata pendidikan peserta didik, serta melaksanakan pembinaan terhadap keseluruhan kekuatan Pusdik Kavaleri Kodikmar termasuk sarana dan prasarana pendukungnya, menjamin terselenggaranya koordinasi dan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan institusi di dalam maupun di luar lingkungan Pusdik Kavaleri Kodikmar, sesuai batas kewenangan dan tanggung jawabnya.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25325/Default.aspx

MAYOR LAUT (T) M. QOMARODIN JABAT KOMANDAN SETA PUSDIKTEK KOBANGDIKAL
Rabu 7 Oktober 2015-
Mayor Laut (T) M. Qomarodin resmi menjabat Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum)  Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) menggantikan Letkol Laut (T) Fajar Sukmana. Serah terima jabatan yang berlangsung secara sederhana tersebut dipimpin langsung Komandan Pusdiktek Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) Widiyantoro, S.E di Aula Gedung E.H Thomas Pusdiktek Kesatrian Bumimoro Kobangdikal, Rabu, (7/10). Mayor Laut (T) M. Qomarodin sebelum menjabat Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum)  Kobangdikal menjabat Kasubbag Renjiandik Pusdiktek Kodikdukum Kobangdikal sedangkan Letnan Kolonel Laut (T) Fajar Sukmana selanjutnya menduduki jabatan Pabanbek Staf Logistik Guspurlatim Surabaya. Komandan Pusdiktek Kodikdukum Kobangdikal Kolonel Laut (T) Widiyantoro, S.E dalam sambutanya menyampaikan bahwa serah terima jabatan ini merupakan dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan personil. Adapun makna utama dari pergantian kepemimpinan ini adalah adanya harapan dan semangat baru yang disandarkan kepada pejabat pengganti untuk mampu meningkatkan kondisi yang lebih baik secara berkesinambungan dengan dilandasi filosofi bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Lebih lanjut disampaikan bahwa TNI Angkatan Laut sebagai kekuatan matra laut yang menggunakan peralatan teknologi modern selalu berbenah agar semakin maju dan terus berkembang. Hal ini menuntut personil-personil sebagai pengawak alat utama TNI yang professional. “Saya berharap agar seluruh personil jajaran Pusdiktek untuk selalu belajar dan menambah ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga betul-betul dapat menghasilkan sumber daya manusia yaitu peserta didik yang siap pakai dan professional.” ajak Pamen melati tiga dipundak ini.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25322/Default.aspx

MEMORANDUM SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN GUSKAMLA ARMABAR
Batam, Rabu 7 Oktober 2015-
Menjelang serah terima jabatan Komandan Guskamlaarmabar dari Laksma TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. kepada calon penggantinya Laksma TNI Muhammad Ali, S.E. dilaksanakan pembacaan dan penyerahan Memorandum Sertijab Danguskamla Armabar di ruang rapat Mako Guskamlabar Batam (7/10).
Dalam pelaksanaan acara tersebut, Danguskamlabar Laksma TNI Abdul Rasyid, K.SE.,MM memaparkan mengenai kegiatan Guskamlabar yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan baik dari bidang intelijen, operasional dan logistik. Setelah pemaparan dari Danguskamlabar selesai, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Laksma TNI Muhammad Ali,SE yang menyatakan pada prinsipnya menerima dan mengerti isi dari Memorandum tersebut yang selanjutnya akan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kedepan. Sementara itu, pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan pembacaan dan penyerahan memorandum Sertijab Ketua Cabang V DJAB dari Ny. Abdul Rasyid K kepada Ny. Muhammad Ali di Gedung Nakula Mako Guskamlabar.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25321/Default.aspx

PENGUKUHAN WAKIL KOMANDAN LANTAMAL XIV SORONG
Sorong, Selasa 7 Oktober 2015-
Bertempat di Lobby Mako Lantamal XIV Sorong, Selasa 06 Oktober 2015, Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI SS. Panjaitan, M.Si (Han) mengukuhkan Wakil Komandan Lantamal XIV Sorong Kolonel Marinir Ichwan Dargianto, dalam suatu acara pengukuhan jabatan yang dihadiri seluruh pejabat dan perwira serta anggota Lantamal XIV Sorong.
Dalam sambutan Komandan Lantamal XIV mengatakan bahwa pengukuhan pejabat baru merupakan salah satu realisasi pola pembinaan personel TNI Angkatan Laut khususnya di jajaran Lantamal XIV, dalam rangka merespon perkembangan lingkungan strategik saat ini maupun di masa mendatang. di sisi lain, momen ini merupakan kesempatan bagi perwira yang bersangkutan untuk mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan konseptualnya, guna meningkatkan kinerja organisasi yang lebih segar, sehat dan dinamis. Lebih lanjut dikatakan Komandan Lantamal XIV, secara obyektif harus diakui bahwa upaya-upaya untuk mengerakan roda organisasi Lantamal XIV telah banyak dilakukan dan telah menghasilkan berbagai peningkatan yang positif dengan kinerja prajurit yang maksimal, untuk itu kepada pejabat yang dikukuhlan agar lebih memberdayakan segenap potensi yang ada secara maksimal, guna mewujudkan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas (World Class Navy) dalam mengawaki Lantamal XIV Sorong. (Dispen Lantamal XIV)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25340/PENGUKUHAN-WAKIL-KOMANDAN-LANTAMAL-XIV-SORONG.aspx