15-22 Jan 2016

7 PERWIRA TINGGI TNI AL NAIK PANGKAT
20 Januari 2016-
Sebanyak tujuh Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya dihadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Inspektur Upacara dalam upacara kenaikan pangkat,  di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Rabu (20/1). Ketujuh Perwira Tinggi tersebut masing-masing: Laksda TNI Deddy Muhibah Pribadi, S.H., M.A.P., Laksma TNI Rudwin Thalib, S.E., Brigjen TNI (Mar) Matheas Dwi Putro T, S.H., M.A.P., Laksma TNI Yusup, S.E.,  Brigjen TNI (Mar) Suhartono, Laksma TNI Hendrawan Bayu Prewito dan Laksma TNI Drg. Andriani, Sp. Ort.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya mengatakan, kenaikan pangkat bagi perwira merupakan bagian dari sistem pembinaan personel yang dilakukan secara berkesinambungan didasarkan pada penilaian obyektif sesuai dengan persyaratan dan kompetensi yang telah ditentukan. Kenaikan pangkat juga merupakan  wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan.   Oleh karenanya, setiap perwira dituntut untuk selalu dapat memberikan keteladanan dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari yang didasari integritas sebagai hal mendasar yang harus dimiliki”, ujarnya. Dengan kenaikan pangkat ini, hendaknya para perwira lebih memahami tuntutan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar, serta memantapkan komitmen pengabdian dan mengembangkan kemampuannya sesuai dengan strata kepangkatan perwira tinggi”, tegas Kasal. Hadir dalam upacara tersebut Para Pejabat Utama Mabesal dan Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut. Demikian Press Release Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26806/7-PERWIRA-TINGGI-TNI-AL-NAIK-PANGKAT.aspx

KOLONEL MARINIR EDI JUARDI JABAT ASOPS DANKORMAR
20 Januari 2016-
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E., memimpin serah terima jabatan Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) di ruang Tengah, Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prapatan No. 40 Jakarta Pusat, Senin (20/01/2016). Pada acara sertijab tersebut jabatan Asops Dankormar diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han) kepada Kolonel Marinir Edi Juardi yang sebelumnya menjabat Danpusdiklatdiksarmil Kobangdikal, sedangkan Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han) akan menempati jabatan baru sebagai Sahli Kasal Bidang Ekojemen, dan akan bergabung dalam misi perdamaian PBB sebagai Komandan Sektor Satgas Kontingen Garuda Unamid Darfur Sudan.
Dankormar dalam amanatnya menyampaikan bahwa sertijab Asops Dankormar pada hakekatnya adalah sebagai proses kaderisasi dan peremajaan dalam sebuah organisasi sebagai upaya untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan performa kinerja organisasi dalam operasional dan latihan yang bersinerji dengan sub sistem lainnya guna membantu tugas-tugas Komandan Korps Marinir dalam rangka menjawab tuntutan dan tantangan serta dinamika organisasi dan perkembangan lingkungan strategis tingkat nasional, regional sampai dengan global. “Staf operasi Korps Marinir merupakan unsur staf pembantu Dankormar dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan bidang operasi dan latihan. Dalam bidang operasi adalah menyiapkan jajaran Korps Marinir untuk siap melaksanakan operasi yang diperintahkan oleh komando atas, dalam bidang latihan diharapkan mampu menjabarkan system pembinaan latiahan menjadi lebih efektif dan mampu meningkatkan profesionalitas Korps Marinir dalam menjawab tantangan penugasan di masa yang akan datang”, jelasnya. Pada kesempatan tersebut Dankormar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr.(Han) atas segala pengabdian yang telah dilakukan selama mengemban jabatan sebagai Asops Dankormar selamat jalan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26786/Default.aspx

GUBERNUR AAL PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN RESIMEN
19 Januari 2016-
Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Resimen AAL dari Kolonel Marinir Suhartono, M.Tr. (Han) kepada Kolonel Laut (S) Dr. Ivan Yulivan, S.E. M.M., di Lapangan Arafuru, Bumimoro, Surabaya, pada hari Selasa (19/1). Hadir pada kesempatan itu, Wagub AAL Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M., Seklem AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., para Pejabat Utama AAL, serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS AAL. Kolonel Marinir Suhartono, M.Tr.(Han) yang merupakan Alumni AAL angkatan ke 34, selanjutnya mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke. Sedangkan Komandan Resimen AAL yang baru, Kolonel Laut (S) Dr. Ivan Yulivan, S.E.,M.M., yang merupakan Alumni AAL angkatan ke 36, baru saja mengikuti Dikreg Sesko TNI angkatan XLII Tahun 2015 di Bandung. Dalam sambutannya, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., mengatakan bahwa sertijab ini merupakan bagian penting dalam pembinaan personel AAL khususnya  Resimen AAL dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap tantangan tugas mendatang.  Melalui proses serah terima jabatan ini, lanjut Gubernur, diharapkan dapat dihasilkan ide pemikiran yang kreatif dan inovatif yang nantinya akan dapat lebih memantapkan manajemen organisasi Resimen AAL untuk menghasilkan performa kinerja yang lebih baik, responsif, dan antisipatif dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis guna mewujudkan AAL yang berkelas dunia.
Lebih lanjut Gubernur AAL mengatakan bahwa jabatan Komandan Resimen AAL memiliki peran yang strategis dengan konsekuensi tanggung jawab yang tidak ringan, khususnya dalam melaksanakan tiga metode pendidikan  di AAL yaitu, pengajaran, pelatihan dan pengasuhan guna membentuk karakter dan kepribadian Taruna AAL. “Sebagai satuan kerja di AAL, Resimen harus mampu ikut serta  membentuk Taruna AAL sebagai calon-calon Pemimpin TNI dan TNI AL masa depan yang profesional serta memiliki moral, kepribadian dan kesamaptaan jasmani yang baik dalam menjalankan tugas,” ujarnya.
Keberhasilan Taruna AAL dalam melaksanakan program pendidikan di AAL merupakan barometer bagi keberhasilan Komandan Resimen AAL beserta jajaran dalam melaksanakan  program pengasuhan bagi Taruna AAL. “Untuk itu, Komandan Resimen AAL beserta jajaran diharapkan mampu melaksanakan tugas yang telah ditetapkan secara profesional dengan penuh tanggung jawab,” tegas Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E. Pada bagian akhir amanatnya, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada  Kolonel  Marinir Suhartono, M.Tr.(Han) atas segala upaya dan kerja keras serta sumbangan pemikiran yang telah dilakukan demi kemajuan Resimen AAL. “Semoga pengalaman kolonel dapat dijadikan bekal di dalam melaksanakan tugas selanjutnya,” ujarnya. Sedangkan kepada Kolonel Laut (S) Dr. Ivan Yulivan, S.E.,M.M., Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas. “Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki, kolonel akan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pengasuhan Taruna AAL di masa mendatang,” ujar Gubernur AAL. (Pen AAL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26784/GUBERNUR-AAL-PIMPIN-SERTIJAB-KOMANDAN-RESIMEN.aspx

MEMORANDUM SERTIJAB ASOPS DANKORMAR
19 Januari 2016-
Menjelang dilaksanakannya Serah Terima Jabatan Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar), dilaksanakan pembacaan memorandum dari pejabat lama Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah kepada kepada pejabat baru Kolonel Marinir Edi Juardi di ruang rapat Staf Operasi Mako Kormar, Gedung Agoes Soebekti, Jl. Prapatan No. 40 Jakarta Pusat, Selasa (19/01/2016). Dengan dilaksanakannya memorandum tersebut bertujuan memberikan gambaran situasi dan bahan masukan kepada pejabat Asops Dankormar yang baru sehingga dapat mengambil langkah-langkah kebijakan agar dapat terselenggara tugas dengan lebih baik, juga sebagai pertanggugjawaban tentang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pejabat lama selama masa jabatannya. Dalam memorandumnya Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah selain menyampaikan tentang tugas pokok Staf Operasi untuk mendukung segala kegiatan Korps Marinir, juga memaparkan tentang kegiatan yang belum dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan di bidang Operasi Korps Marinir kepada pejabat baru. Lebih lanjut, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Perwira dan anggota Staf Operasi atas segala dukungan, loyalitas dan dedikasi dalam mengemban tugas selama di Staf Operasi Markas Komando Korps Marinir.
Selanjutnya, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah akan menempati jabatan baru sebagai Pati Staf Ahli Kasal bidang Ekojemen, sedangkan Kolonel Edi Juardi sebelumnya menjabat Danpuslatdiksarmil Kobangdikal.
Usai penandatanganan naskah memorandum, dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh pejabat baru kepada pejabat lama serta foto bersama. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26781/MEMORANDUM-SERTIJAB-ASOPS-DANKORMAR.aspx

DANLANTAMAL III PIMPIN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL BANTEN
19 Januari 2016-
Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) R.M Trusono, S.Mn memimpin upacara serah terima jabatan Danlanal Banten dari Kolonel Laut (P)  Judijanto M.Si., M.A  kepada Kolonel Laut (P) Dadang Somantri di dermaga PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP)  Merak. Banten (Selasa, 19/01/2016) Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari peleton Satsik, Grup 1 Kopassus, Korem 064/Maulana Yusuf, Kodim Cilegon, Lanal Banten,  Brimob Polda Banten, Satpol PP, Security, SMK 4 Pelayaran Cilegon dan Pramuka. Danlantamal III selaku Irup dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan pada dasarnya merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk bergerak maju, dengan adanya serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru serta muncul ide-ide dan pemikiran kreatif dan inovatif sehingga kinerja Lanal Banten ke depan akan semakin meningkat. Perlu kita ketahui bersama bahwa Lanal Banten adalah merupakan satuan pelaksana Lantamal III yang bertugas menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI AL serta menyelenggarakan Binpotmar menjadi kekuatan Hankamneg di Laut.
Wilayah perairan Banten memiliki letak geografis yang sangat strategis bagi kepentingan nasional, regional dan internasional sehingga kehadiran unsur-unsur TNI AL diperairan Banten menjadi prioritas dalam rangka tegaknya kedaulatan NKRI dan penegakan hukum dilaut. Selain itu, mewakili jajarannya, Danlantamal III juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Laut (P) Judijanto yang telah bekerja maksimal sebagai Danlanal Banten dan saya berharap keberhasilan dan pengalaman dalam penugasan ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat dalam mengemban  tugas ditempat yang baru. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ibu dr. Dani Oktavia Judijanto atas dukungan, pengabdian, pengorbanan dan kesabarannya selama mendampingi suami dengan setia, serta dalam memimpin dan membina organisasi Jalasenastri  di Lanal Banten dengan baik. Danlantamal III juga menyampaikan ucapkan selamat datang di jajaran Lantamal III Kepada Kolonel Laut (P) Dadang Somantri dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas baru sebagai Komandan Lanal Banten. Upacara sertijab Danlanal Banten tersebut dihadiri oleh Wakapolda Banten, Danrem 064/Maulana Yusuf Serang, Dan Group-1 Kopassus, Dandim 0623 Cilegon, Ditpolairda Banten, Dansatbrimob Polda Banten, Kapolres Cilegon, Kepala Kesbangpol Provinsi Banten mewakili Gubernur Banten, Sekda Kota Cilegon, Para Pejabat Staf dan Jalasenastri Lantamal III serta unsur Muspida Kota Cilegon. (Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26773/Default.aspx

PENGUKUHAN KAKUWIL LANTAMAL XIII
18 Januari 2016-
Tarakan,18 Januari 2016, Dalam rangka Penempatan jabatan baru di wilayah Lantamal XIII, Komandan lantamal XIII Laksma TNI Wahyudin H. Dwiyono M.M mengukuhkan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) kepada  Mayor Laut (S) Beny Wahyu Fatrio.
Dalam amanatnya Komandan Lantamal XIII menyatakan bahwa jabatan Kakuwil merupakan jabatan baru dalam organisasi Lantamal berdasarkan Perkasal nomor 2 tahun 2015 tentang peraturan organisasi dinas keuangan  dilingkungan TNI AL dengan tugas menyelenggarakan pengurusan keuangan Negara yang bersumber dari DIPA daerah. Tugas ini merupakan implementasi dari peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan Nomor 67 Tahun 2013 dimana secara  bertahap mulai tahun 2015 s/d tahun 2019 diharapkan seluruh pengelolaan anggaran Kemhan dan TNI akan beralih ke DIPA Daerah., yang berarti akun belanja akan terdistribusi langsung ke satker-satker dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tugas pokok tiap-tiap satker untuk mencari sasaran out put. Selain itu juga menyelusurun keakuratan penggunaan keuangan Negara dengan data belanja barang yang tercatat dalam SIMAK-BMN yang dirangkum dalam laporan keuangan, selanjutnya laporan keuangan versi Lantamal akan dibandingkan dengan laporan keuangan Dirjen Perbendaharaan Kemkeu lingkup Kanwil dan hasilnya menjadi sumbangan bagi laporan keuangan TNI AL secara keseluruhan apabila terdapat masalah maka akan turut mempengaruhi  laporan keuangan  TNI  AL secara umum yang pada akhirnya akan mempengaruhi opini BPK terhadap kinerja TNI AL. Pelaksanaan pengukuhan Kakuwil berlangsung dengan lancar. (Dispen Lantamal XIII)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26758/PENGUKUHAN-KAKUWIL-LANTAMAL-XIII.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III JAKARTA PIMPIN PENGUKUHAN JABATAN KAKUWIL LANTAMAL III JAKARTA
18 Januari 2016-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta kepada Letkol Laut (S) Sunaryadi, S.E., di Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (18/01). Dalam amanat Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., menyampaikan bahwa Keuangan Wilayah merupakan organisasi baru di lingkungan TNI Angkatan Laut dan Lantamal III yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan keuangan di Lantamal III. Lebih lanjut Danlantamal III Jakarta mengatakan, tugas dan tanggung jawab tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui penyelenggaraan pengurusan dan pembinaan keuangan negara guna meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja Lantamal III, sehingga sebagai satuan kerja (Satker) baru, Kakuwil akan berperan sebagai unsur pelaksana yang berkedudukan langsung di bawah Danlantamal III Jakarta serta dalam melaksanakan tugas sehari-hari dibawah koordinasi serta pengarahan Wadan Lantamal III Jakarta. Pada akhir amanatnya, Danlantamal III Jakarta menekankan kepada Kakuwil Lantamal III Jakarta sebagai pengantar tugas sebagai berikut : Laksanakan tugas dengan penuh semangat serta dedikasi yang tinggi, penuh tanggung jawab melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Tri Sila TNI Angkatan Laut dan Sebelas Asas Kepemimpinan TNI. Turut hadir dalam acara pengukuhan Kakuwil Lantamal III antara lain, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, S.E., M.M., para asisten Danlantamal III Jakarta dan para Kadis/ Kasatker Lantamal III Jakarta.
(Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26754/Default.aspx