10-14 Jan 2016

DANKORMAR TERIMA LAPORAN KENAIKAN PANGKAT BRIGJEN TNI (MAR) NUR ALAMYSAH
14 Januari 2016-
Dispen Kormar (Jakarta). Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana S.E. secara resmi menerima laporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr (Han)., di Ruang Tengah Markas Komando Korps Marinir Jl. Prapatan No.40 Kwitang Jakarta Pusat, Kamis (14/01/2016).
Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah yang masih menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) ini selanjutnya akan menjabat sebagai Pati Sahli Kasal Bidang Ekojemen. Selain itu, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah juga dipromosikan menduduki jabatan strategis untuk melaksanakan tugas sebagai Sector
Central Commander pada misi PBB Unamid di Darfur Sudan dalam waktu dekat. Dalam kesempatan tersebut, Dankormar mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dan selamat bertugas di tempat penugasan yang baru.
Hadir dalam acara tersebut, Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hasanudin, Inspektorat Korps Marinir Kolonel Marinir Bambang Priambodo, para Asisten Komandan Korps Marinir dan Kepala Dinas Korps Marinir. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26746/Default.aspx

DANLANTAMAL II PIMPIN ACARA PENGUKUHAN JABATAN KAKUWIL LANTAMAL II
14 Januari 2016-
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Dindin Kurnadi memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal II kepada Letkol Laut (S) Agus Mujiburochman, S.Sos., di lobby Mako Lantamal II, Kamis (14/1/2016). Dalam amanat Danlantamal II menyampaikan, Keuangan wilayah merupakan organisasi baru di lingkungan TNI Angkatan Laut dan Lantamal II yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan keuangan di Lantamal II dengan cara mengkompilir laporan keuangan untuk selanjutnya melaporkan kepada Eselon I dan sekaligus sebagai coordinator pelaksana rekonsiliasi intern yang dilaksanakan oleh badan pengelola BMN, Badan Perencanaan dan Badan Keuangan. Lebih lanjut, tugas dan tanggung jawab tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui penyelenggaraan pengurusan dan pembinaan keuangan Negara guna meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja Lantamal II, sehingga sebagai satker baru Kakuwil akan berperan sebagai unsur pelaksana yang berkedudukan langsung di bawah Danlantamal serta dalam melaksanakan tugas sehari-hari dibawah koordinasi serta pengarahan Wadan Lantamal II.
Hadir dalam acara pengukuhan Kakuwil Lantamal II antara lain, Wadan Lantamal II Kolonel Laut (PM) Widhy Sutedjo, M.Tr (han), para asisten danlantamal II, para kadis/kasatker lantamal II, perwira, bintara, tamtama dan PNS lantamal. (Dispen Lantamal II)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26698/Default.aspx

KOMANDAN LANAL SEMARANG PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN KRI TERAPANG- 648
13 Januari 2016-
Bertempat di Dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Komandan  Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang Lantamal V Kolonel Laut (P) Elka Setyawan memimpin Upacara Serah terima Jabatan Komandan KRI Terapang-648, dari Mayor Laut (P) Lexy Effraim Dumais kepada Mayor Laut (P) Fitriyan Rupito, Rabu (13/1).
Kehadiran Danlanal Semarang sebagai Irup mewakili Komandan  Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo Suseno , yang berhalangan hadir. Sementara itu Komandan upacara di percayakan kepada Kapten Laut (P) M. Rachmat Firdaus yang kesehariannya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Terapang – 648. Sedangkan peserta upacara terdiri dari satu peleton Tamtama dan  Bintara KRI Terapang – 648, serta satu peleton Prajurit Pangkalan TNI AL Semarang. Beberapa pejabat Maritim di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang  juga turut hadir menyaksikan upacara sertijab tersebut. Dalam sambutannya yang dibacakan  oleh Irup, Dan Satkat Koarmatim  menyampaikan bahwa sertijab di lingkungan TNI AL merupakan salah satu bentuk Pembinaan Personil. Dimana pejabat lama maupun pejabat baru akan mendapatkan pengalaman, Ilmu dan kesempatan untuk menerapkan serta mengembangkan apa yang telah diperoleh selama ini.
Lebih lanjut menurut Albertus -sapaan akrab Dan Satkat ini,  bahwa Kepemimpinan itu adalah merupakan Seni yang harus dipelajari, didalami  dan pada akhirnya harus diterapkan untuk mencapai tujuan suatu Organisasi. (Dispen Lantamal V)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26703/Default.aspx

JELANG SERTIJAB, WAGUB AAL PIMPIN APEL GABUNGAN
13 Januari 2016-
Satu hari menjelang acara serah terima jabatan, Wakil Gubernur (Wagub) Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Pertama TNI Deddy M. Pribadi, S.H., M.AP., memimpin apel gabungan yang dihadiri para pejabat utama AAL, seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta seluruh Taruna AAL di Lapangan Arafuru, AAL, Bumimoro, Surabaya, hari ini, Rabu (13/1).
Pada kesempatan apel gabungan tersebut, Laksamana Pertama TNI Deddy M. Pribadi, S.H,. M.AP., yang menjabat Wagub AAL sejak tanggal 20 Januari 2015 itu, menyampaikan ucapan permohonan diri serta memohon maaf kepada seluruh anggota AAL. “Atas nama pribadi dan keluarga saya mohon diri serta mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan kami sekeluarga khususnya selama saya menjabat sebagai Wagub AAL,” ujarnya. Pelaksanaan apel gabungan ini terasa semakin spesial, saat diadakan penyerahan cinderamata dari seluruh anggota AAL kepada Wagub AAL. Cinderamata diserahkan oleh PNS Darmaji yang keseharian bertugas menjadi tukang pangkas rambut di AAL, termasuk Wagub AAL yang sudah menjadi pelanggan setianya. Saat ditemui setelah upacara, PNS Darmaji mengaku sangat bangga mendapat kepercayaan menjadi perwakilan anggota AAL untuk menyerahkan cindera mata. “Saya seneng banget mendapat kepercayaan ini, tapi saya sempat demam panggung, sampai-sampai kaki saya gemeteran,” ujar PNS yang sudah mengabdikan dirinya selama 33 tahun di AAL. Dalam amanatnya, Wagub AAL mengingatkan kembali tentang jati diri sebagai prajurit matra laut yang merupakan bagian integral dari TNI yang bertugas sebagai komponen utama pertahanan negara dilaut, maupun sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa yang ikut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di negara ini. “Dalam menyikapi masalah tersebut, kita dituntut untuk selalu bekerja keras, disiplin dan profesional di dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi,” ujarnya. Wagub meminta kepada seluruh personel AAL dan Taruna agar senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Tri Sila TNI AL di dalam menjalankan tugas. Implementasi dari pengamalan tersebut adalah dengan selalu menegakkan disiplin, kerjasama dan koordinasi antar satker jajaran AAL serta penerapan dinas dalam yang baik. “Saya yakin dengan melaksanakan hal-hal tersebut di atas secara proporsional dan bertanggung jawab, kita dapat menciptakan situasi yang kondusif dilingkungan kita, yang akan berdampak pada keberhasilan pencapaian tugas pokok kita untuk membentuk Taruna AAL menjadi perwira TNI AL yang kita harapkan,” ujar Wagub AAL. Pada bagian akhir amanatnya, Wagub AAL menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran AAL yang telah mendukung secara maksimal selama menjabat sebagai Wagub AAL. Wagub juga menghimbau kepada seluruh jajaran AAL agar selalu tetap disiplin, bekerja keras dengan berpegang teguh pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. (Pen AAL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26697/Default.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III JAKARTA PIMPIN UPACARA SERTIJAB WADAN LANTAMAL III
12 Januari 2016-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta dari Kolonel Marinir Suhono kepada Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, S.E., M.M., di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Selasa (12/01).
Dalam upacara Sertijab Wadan Lantamal III tersebut, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., mengatakan bahwa serah terima jabatan Wadan Lantamal III kali ini pada hakekatnya mengandung dua makna strategik ditinjau dari aspek pembinaan, yaitu : Pertama merupakan bagian penting dari upaya mendinamisasikan organisasi agar tetap mampu menghadapi perkembangan lingkungan dan dinamika tantangan tugas masa depan;  Kedua, merupakan bagian dari proses membina, membangun dan mengembangkan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal III, agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan demikian, diharapkan tumbuh gagasan-gagasan baru dalam aspek pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka pencapaian tugas pokok Lantamal III secara optimal. Lebih lanjut Danlantamal III Jakarta mengatakan, hendaknya kita sadari bahwa seiring dengan perkembangan lingkungan yang sangat dinamis, tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan mencakup dimensi yang luas. Adanya komitmen nasional yang menempatkan sektor kelautan sebagai salah satu andalan pembangunan nasional di masa mendatang, menuntut TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal III Jakarta berperan yang lebih besar dalam mendukung operasional Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dalam menjamin keamanan dan tegaknya hukum diseluruh perairan yurisdiksi nasional serta pembinaan potensi maritim khususnya di wilayah Lantamal III.
Jabatan Wakil Komandan Lantamal III adalah pembantu dan pelaksana utama Komandan Lantamal III di dalam penyelenggaraan kegiatan di lingkungan Lantamal III, mengkoordinir mekanisme kegiatan yang dilaksanakan seluruh staf sehingga dapat menjamin tercapainya keselarasan, keseimbangan di semua bidang dan sekaligus bertindak sebagai pengendali pelaksanaan rencana dan program kerja Lantamal III yang outputnya akan sangat mempengaruhi dan menentukan kelangsungan serta keberhasilan tugas pokok Lantamal III. Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal III Jakarta juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Suhono yang selama ini telah bekerja maksimal dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya sebagai Wadan Lantamal III. Ucapan terima kasih juga kepada Ibu Jenny Soelistyorini Suhono yang telah mendampingi suami dalam melaksanakan tugas serta ikut membina organisasi  Jalasenastri sebagai Wakil Ketua Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat. Kepada Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, S.E., M.M., selamat datang dan bergabung di jajaran Lantamal III serta selamat atas kepercayaan yang diberikan Pimpinan TNI Angkatan Laut  untuk mengemban tugas baru sebagai Wadan Lantamal III, demikian pula ucapan selamat datang kepada Ibu Dra. R. Ida Sundari Achmad Rivai, semoga dapat meluangkan waktu dan mencurahkan perhatian untuk memajukan Korcab III Derah Jalasenastri Armada Barat. Sementara itu, Ketua Koodinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada Barat Ny.  R.M. Trusono, dalam waktu yang bersamaan memimpin upacara serah terima jabatan Wakil Ketua Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat dari Ny. Suhono kepada Ny. R. Achmad Rivai di kantor Korcab III Daerah Jalasenatri Armada Barat  Mako Lantamal III Jakarta. Dalam sambutannya, Ketua Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat Ny. R.M. Trusono mengatakan bahwa, serah terima jabatan pada dasarnya merupakan suatu proses yang selalu akan dilakukan oleh organisasi yang menginginkan adanya kemajuan. Adanya serah terima jabatan Wakil Ketua Korcab III ini, pada hakekatnya sebagai proses kesinambungan kepemimpinan dengan harapan kepengurusan Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat akan dapat menampilkan hasil kerja yang lebih baik. Terut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Danlantamal III, para Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) di jajaran Lantamal III Jakarta, para Kasatker dan Kasatlak Lantamal III Jakarta serta seluruh Pengurus Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat..
(Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26671/Default.aspx

KOMANDAN SESKOAL TERIMA JABATAN KAKOORDOS SESKOAL
12 Januari 2016-
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M menerima jabatan Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal dari pejabat sebelumnya Kolonel Marinir Eddy Setiawan dalam suatu Upacara yang dilaksanakan di Auditorium Jos Soedarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (12/01) dihadiri Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi, M.Tr (Han), M.A.P, para pejabat utama Seskoal, para Perwira dan undangan lainnya. Kolonel Marinir Eddy Setiawan telah menjabat sebagai Kepala Koordinator Dosen Seskoal sejak 13 April 2015 lalu namun sebelumnya telah bertugas di Seskoal sebagai Dosen sejak 5 Maret 2012. Saat ini pemimpin TNI AL mempercayakan Alumni AAL Angkatan ke-34 tahun 1988 ini sebagai Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) VIII Manado. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dalam sambutannya mengatakan pergantian pejabat dalam suatu organisasi yang dinamis merupakan hal yang wajar dan diharapkan dapat membawa suasana serta harapan baru dalam upaya pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, sekaligus merupakan bagian dari kegiatan pembinaan personel secara sistematis dan terencana, dalam rangka menjalankan proses Tour Of Duty dan Tour of Area. Menurut pejabat nomor satu di Seskoal ini, Koordos Seskoal sebagai unsur pelaksana bertugas mengembangkan dan memelihara kemutakhiran materi ajaran yang relevan bagi pendidikan di Seskoal serta dalam pembinaan dosen di lingkungan Seskoal yang memiliki tugas menyusun dan menyiapkan bahan ajaran sebagai referensi dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar sesuai dengan bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya. “Keberhasilan dalam upaya perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan penyelenggaraan evaluasi terhadap dosen serta penyediaan dosen bukan menjadi tugas Koordos Seskoal saja melainkan tugas kita bersama untuk dapat saling mengisi sehingga mampu menjadikan Seskoal sebagai Center Of Excellence dalam bidang pendidikan dan pengkajian pertahanan matra laut”, ujarnya. (Pen Seskoal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26667/Default.aspx

PANGARMATIM TERIMA PENYERAHAN JABATAN IRARMATIM
12 Januari 2016-
Kolonel Laut (P) Rudwin Thalib, S.E., secara resmi menyerahkan jabatan Inspektorat Koarmatim (Irarmatim)  kepada Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim)  Laksda TNI Darwanto,S.H., M.A.P., Dalam acara laporan penyerahan jabatan tersebut berlangsung di Gedung Candrasa Koarmatim Ujung, Surabaya. Selasa, (12/1).
Pangarmatim menyampaikan dalam amanatnya bahwa, penyerahan jabatan ini merupakan konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan pendinamisasian organisasi sekaligus merupakan upaya dalam rangka pembinaan personel. Proses ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembinaan di lingkungan Koarmatim serta akan mampu menciptakan kondisi pembaharuan semangat maupun penyegaran pemikiran melalui kemampuan ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan roda organisasi. Lebih lanjut Panglima berbintang dua tersebut mengatakan jabatan Irarmatim merupakan jabatan strategis di tingkat Mako Koarmatim, seiring dengan tantangan tugas Koarmatim mendatang akan semakin kompleks dan berat, serta mencakup dimensi yang cukup luas. Maka Inspektorat Koarmatim dituntut mampu menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap daya guna, hasil guna, tertib hukum, tertib administrasi dan tertib tindak atas segala usaha serta segala usaha dan kegiatan pelaksanan pembinaan kemampuan Koarmatim berdasarkan kebijakan maupun perundang undangan yang berlaku dengan mengoptimalkan pengawasan internal Koarmatim. Pangarmatim berharap pada tahun 2016 opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat terwujud, hal ini bisa diraih apabila segala ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan dapat dipatuhi dan dilaksanakan. Kepada Kolonel Laut (P) Rudwin Thalib, S.E., Pangarmatim mengucapkan selamat atas jabatan promosi sebagai Pati Sahli Kasal Bidang Doks Straops, terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas karya serta pengabdian demi pencapaian tugas pokok Koarmatim. Penyerahan Jabatan Irarmatim dihadiri Kasarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., Danguspurlatim Laksma TNI ING. Ariawan, S.E., M.M, Danguskamlatim Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H, serta para Pejabat Utama mako Koarmatim.
(Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26663/Default.aspx

TIGA JABATAN KOMANDAN LANTAMAL JAJARAN KOARMATIM DISERAHTERIMAKAN
12 Januari 2016-
Tiga jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmtim) diserahterimakan dengan upacara militer di Dermaga Madura Mako Koarmatim Ujung, Surabaya, Selasa (12/1). Panglima Koarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P memimpin jalannya upacara sertijab Komandan Lantamal VI Makassar, Komandan Lantamal X Jayapura dan Komandan Lantamal XI Merauke.
Komandan Lantamal VI Makassar diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto yang akan menempati jabatan baru sebagai Wagub AAL kepada Kolonel Laut (P) Yusup. Alumni AAL angkatan 32 tahun 1987 tersebut sebelumnya menjabat sebagai Paban II Jemen Srena Kasal. Komandan Lantamal X Jayapura diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Leonard William Supit kepada Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto. Selanjutnya, Brigjen TNI (Mar) Leonard William Supit akan menempati jabatan baru di Mabesal sebagai Staf Khusus Kasal, sedangkan Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, alumni AAL angkatan 34 tahun 1988, sebelum dipercaya menjabat Komandan Lantamal X Jayapura menjadi Staf Khusus Kasal di Mabesal. Komandan Lantamal XI Merauke diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) F. Saud Tambatua, S.E., yang akan menjadi Staf Khusus Kasal kepada Kolonel (Mar) Suhartono yang merupakan alumni AAL angkatan 34 tahun 1988 yang sebelumnya berdinas di AAL sebagai Komandan Resimen. Dalam sambutan, Pangarmatim mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan personel yang memberikan kesempatan dan peluang bagi para Perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuannya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik. Lebih lanjut dikatakan, Lantamal sebagai Komando Pelaksana Dukungan (Kolakduk) merupakan salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memiliki tugas menyelenggarakan dukungan tempur, logistik, administrasi dan dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, serta melaksanakan operasi dan pemberdayaan potensi maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun instansi terkait di wilayah kerjanya. Oleh sebab itu, Lantamal memiliki peranan yang sangat penting di dalam pencapaian tugas Koarmatim karena kegiatan opreasi laut tidak akan berjalan dengan optimal tanpa diimbangi oleh aspek dukungan yang baik dan memadai. Pasukan Upacara terdiri dari satu unit Korsik lantamal V Surabaya, Satu kompi gabungan Perwira Mako Koarmatim, serta pasukan upacara yang terdiri dari Bintara dan Tamtama dari Satkorarmatim, Satselarmatim, Satfibarmatim, Satkatarmatim, Satranarmatim, Sartrolarmatim, Satbanarmatim, Marinir Wiltim dan PNS Mako Koarmatim dengan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Wawan Trisatya yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Makassar-590. Hadir sebagai deputasi pada upacara tersebut Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si, Komandan Guspurla Koarmatim Laksamana Pertama TNI ING. Ariawan, S.E., M.M., Komandan Guskamla Koarmatim Laksmana Pertama TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., para Pejabat Utama Mako Koarmatim, para Komandan Lanal jajaran Lantamal VI, X dan XI serta para Komandan Unsur yang ada di Pangkalan Surabaya.
(Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26659/Default.aspx

KOLONEL LAUT (P) MAY FRANKY PASUNA SIHOMBING MENJABAT SEBAGAI ASISTEN OPERASI DANLANTAMAL IV
Tanjungpinang, Senin 11 Januari 2016-
Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing resmi menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV setelah secara resmi dilantik oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc. dalam acara serah terima jabatan yang dilaksanakan di loby atas Mako Lantamal IV jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Senin (11/01).
Serah terima jabatan ditandai dengan penyematan tanda jabatan Asops Danlantamal IV kepada pejabat Asops Danlantamal IV yang baru
dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara serah terima jabatan oleh pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan dan Komandan Lantamal IV. Dalam amanatnya Danlantamal IV mengatakan bahwa “perkembangan lingkungan strategis di wilayah kerja Lantamal IV sangat dinamis, untuk itu Lantamal IV harus mampu menjawab setiap perkembangan yang terjadi secara optimal sehingga mutlak diperlukan pengawak organisasi yang berkualitas”. Dikatakan pula bahwa “Asisten Operasi Danlantamal IV merupakan unsur pembantu pimpinan/staf yang bertugas membantu Danlantamal IV dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan Danlantamal IV di bidang operasi, latihan dan kesiagaan serta pembinaan komando dan pengendalian operasi pembinaan potensi maritim. Untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut Asops Danlantamal IV melaksanakan fungsi-fungsi baik sebagai Komando Pelaksana Dukungan (Kolakduk) Koarmabar maupun sebagai satgas Keamanan Laut (Kamla) IV”. “Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja di bidang operasi dan latihan telah banyak dilakukan dan telah menghasilkan berbagai peningkatan yang positif yang telah dilakukan pejabat Asops Danlantamal IV yang lama, kita semua berharap kinerja yang baik ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan”, demikian harapan orang nomor satu dijajaran Lantamal IV tersebut.
Turut menghadiri acara serah terima jabatan diantaranya Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi, para Asisten  Danlantamal IV, para Danlanal Jajaran Lantamal IV, Kafasharkan Mentigi, para Kadis Lantamal IV, deputasi Pamen dan Pama Mako Lantamal IV. (Dispen Lantamal IV)
sumber, http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26642/Default.aspx