1-9 Jan 2016

ROTASI JABATAN KOMANDAN KAPAL PERANG JAJARAN SATLINLAMIL JAKARTA
Jakarta, Jum'at 8 Januari 2016-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.AP. memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Tanjung Nusanive – 973 dan Komandan KRI Teluk Amboina-503, di atas Geladak KRI Teluk Amboina - 503 yang sedang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (8/1). Letkol Laut (P) Rapy Ta’dung, S.E. menjabat sebagai Komandan KRI Tanjung Nusanive - 973 yang baru menggantikan Letkol Laut (P) Jan Nouldy Tangka, sedangkan Letkol Laut (P) Mochammad Yunianto, S.E. menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Amboina – 503 yang baru menggantikan Letkol Laut (P) Rapy Ta’dung, S.E.

Letkol Laut (P) Mochammad Yunianto, S.E. sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Tanjung Nusanive - 973, sedangkan Letkol Laut (P) Jan Nouldy Tangka, selanjutnya menjabat sebagai Pasbin Inspektorat Kolinlamil. Dansatlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.AP. dalam amanatnya  mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang biasa dan rutin diselenggarakan sesuai dengan tuntutan organisasi serta memberikan kesempatan bagi perwira pilihan untuk mengembangkan kepemimpinannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban. “Jabatan Komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis, dan memiliki kewenangan serta power yang sangat luas. Makanya berbanggalah perwira yang dipercaya TNI AL dan negara untuk menjadi seorang Komandan KRI”, jelas Alumni AAL 38 ini. Lebih lanjut dikatakan bahwa seorang Komandan KRI harus mengetahui, menguasai dan memahami kondisi peralatan serta kondisi seluruh anak buah dengan segala permasalahannya yang ada pada mereka. “Komandan itu harus dapat menjadi guru, bapak dan sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya”, tandasnya. Oleh sebab itu seorang Komandan harus bersikap dewasa, arif dan bijaksana. “Cermati setiap situasi yang ada dan antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sesuai dengan perkembangan lingkungan startegis yang ada”, tegas Komandan Satlinlamil Jakarta mengakhiri sambutannya.
KRI Tanjung Nusanive dengan nomor lambung 973 adalah salah satu kapal angkut milik TNI-AL yang sebelumnya adalah kapal angkut penumpang sipil milik PELNI yang bernama KM Kambuna, setelah diserahkan kepada TNI AL kapal ini dinamakan KRI Tanjung Nusanive.
Kapal ini memiliki ukuran panjang seluruh 144 m, lebar 23 m, draft 5,9 m, DWT 3400 ton, GRT 3947,80 ton, dan NRT 8583,82 ton, dengan kapasitas penumpang (sewaktu menjadi kapal sipil) Kelas 1: 100 orang, Kelas 2: 200 orang, Kelas 3: 300 orang, Kelas 4: 472 orang, dan Kelas Ekonomi: 500 orang. KRI Tanjung Nusanive dibuat pada tahun 1984 dan mulai dioperasikan 25 Maret 1984.
Sedangkan KRI Teluk Amboina 503 kapal jenis Landing Ship Tank (LST) buatan Jepang tahun 1960 yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta ini, memiliki spesifikasi berat 4198 ton dan dilengkapi dengan fasilitas yang mampu mengangkut pasukan dan material TNI, serta memiliki kemampuan kecepatan berlayar sampai dengan 8 knot atau 8 mil per jam.
Turut Hadir pada upacara tersebut para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Jakarta, perwira Staf Satlinlamil Jakarta dan perwira KRI yang berada di pangkalan.
(Dispen Kolinlamil)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26637/Default.aspx

JABATAN PEKAS MAKO KOARMATIM DISERAHTERIMAKAN
Surabaya, Kamis 7 Januari 2016-
Kepala Dinas Keuangan (Kadisku) Koarmatim Kolonel Laut (S) Ocktave Ferdinal, S.T., M.Si(Han) selaku Irup memimpin jalannya upacara Sertijab Pekas Mako Koarmatim dari Letkol Laut (S) Sunaryadi, S. E., kepada Letkol Laut (S) Agus Cahyono yang dilaksanakan di Ruang Rekreasi Pekas Mako Koarmatim, Ujung Surabaya. Kamis (07/16).
Kadisku Koarmatim mengatakan dalam amanatnya bahwa, Pekas Mako Koarmatim adalah unsur pelaksana Disku Koarmatim  yang mempunyai wewenang dalam melaksanakan administrasi dan pelayanan keuangan kepada satuan-satuan operasi yang meliputi : 31 (tiga puluh satu) satuan kerja Mako Koarmatim beserta PNS Koarmatim.
Dalam melaksanakan kewenangan tersebut, Pekas Koarmatim dituntut melaksanakan kegiatan antara lain : menerima, menyimpan, serta membuat pertanggung jawaban keuangan berupa Laporan Keuangan (Lapku) dan Pertanggungjawaban Keuangan (Wabku) secara Periodik di setiap bulan dan Insidentil sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara cermat, cepat dan tepat waktu.
Selain tugas dan tanggung jawab di atas dengan diberlakukannya peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan, Pekas juga melaksanakan tugas sebagai PPSPM untuk mata anggaran yang telah dilimpahkan melalui Dipa daerah yang terdiri dari tiga jenis belanja keperluan kantor, belanja uang lembur dan belanja pengiriman surat dinas, serta membantu para bendahara melaksanakan administrasi anggaran melalui Dipa tersebut. Oleh sebab itu, Kadisku Koarmatim menekankan untuk bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dengan memegang teguh prinsip kehati-hatian, sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, transparan, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.
Selanjutnya kepada Letkol Laut (S) Sunaryadi, S.E., yang akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Keuangan Wilayah III Jakarta diucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang diberikan selama berdinas di Pekas Koarmatim dengan baik dan selamat bertugas di tempat yang baru, ujar Kadisku Koarmatim. Dalam upacara tersebut hadir para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Disku  Koarmatim. (Dispenarmatim)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26628/JABATAN-PEKAS-MAKO-KOARMATIM-DISERAHTERIMAKAN.aspx

DANLANTAMAL VII PIMPIN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN KADISBEK LANTAMAL VII SERTA PENGUKUHAN JABATAN KADISHARKAN DAN KA KUWIL LANTAMAL VII
Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Perbekalan (Kadisbek) Lantamal VII dari Letkol Laut (T) Asep Ruhiyat kepada Mayor Laut (T) Rudy Salam, S.T.,  dan Pengukuhan Jabatan  Kepala Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kadisharkan) Lantamal VII yang dijabat oleh Letkol Laut (T) Mohammad Hosen, S.T., serta Pengukuhan Jabatan Kepala Keuangan Wilayah (Ka Kuwil) Lantamal VII yang dijabat oleh Mayor Laut (S) Agus Nuryanto, S.Sos. dengan Inspektur Upacara Komandan Lantamal VII Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso di Gedung Serbaguna Mako Lantamal VII. Dalam sambutannya Komandan Lantamal VII Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso mengatakan bahwasanya serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk terus bergerak maju agar dari waktu ke waktu menjadi semakin baik. Dengan adanya serah terima jabatan ini akan tumbuh semangat baru di lingkungan Lantamal VII serta akan muncul penyegaran ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif.  Kepala Keuangan Wilayah (Ka Kuwil) Lantamal VII merupakan jabatan baru dalam struktur orgnisasi Lantamal VII. Dengan adanya pengukuhan jabatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pengelolaan keuangan dalam rangka mengintegrasikannya dalam pengelolaan Dipa di Lantamal VII sehingga tercipta sinkronisasi dan harmonisasi yang berkesinambungan dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Komandan Lantamal VII menyampaikan ucapan terima kasih kepada Letkol Laut (T) Asep Ruhiyat atas dedikasi dan pengabdian serta sumbangsih baik tenaga dan fikiran yang telah diberikan selama ini kepada Lantamal VII. Komandan lantamal VII juga mengucapkan selamat kepada Letkol Laut (T) Mohammad Hosen, S.T., Mayor Laut (T) Rudy Salam, S.T., Mayor Laut (S) Agus Nuryanto, S.Sos. atas jabatan yang baru sebagai Kadisharkan, Kadisbek dan Ka Kuwil Lantamal VII. Semoga apa yang telah diamanahkan dari pimpinan atas semoga dapat dijalankan dengan sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab. Hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Wadan lantamal VII Kolonel Laut (P) Dafit Santoso, Danlanal Mataram Kolonel (Mar) Rahmat Djunaidy, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Carmadi, Para Asisten Danlantamal VII, Danlanal P. Rote Letkol Laut (P) Aris Firmantoro, Para Kadis/Kasatker, Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Mako Lantamal VII. (Dispen Lantamal VII)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26619/Default.aspx

PANGARMABAR MEMIMPIN UPACARA SERTIJAB DANLANTAMAL XII
Pontianak, Kamis 7 Januari 2016-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI A. Taufiq R. selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heru Santoso, M.Si.(Han) kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal XII Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimanatan Barat. Kamis (07/01).
Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiq R. dalam sambutnya menyampaikan, bahwa Serah Terima Jabatan merupakan proses kesinambungan pembinaan dan upaya pengembangan organisasi dalam rangka penyegaran, pengembangan karier dan peningkatan kinerja guna mencapai tujuan organisasi TNI AL yang lebih baik. Wilayah kerja Lantamal XII sangat strategis karena bebrbatasan langsung dengan negara Malaysia yang berpotensi menimbulkan permasalahan, khususnya batas wilayah daratan dan laut ke dua negara seperti kasus perbatasan di Tanjung Datu yang terjadi beberapa waktu lalu. Selanjutnya Laut Natuna yang kaya dengan sumber daya ikan berdampak pada sering terjadinya illegal fishing oleh nelayan asing dan nelayan lokal, illegal logging, illegal minning, human trafficking, penyelundupan narkoba, TKI illegal, dan pelanggaran lintas batas, permasalahn tersebut, menjadi hal khusus yang harus diwaspadai oleh Lantamal XII. Keberadaan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) di perairan barat Kalimantan merupakan alur pelayaran yang dilalui kapal-kapal asing maupun lokal harus terjamin keamanannya, sebagai pangkalan yang dilewati wilayahnya, Lantamal XII memiliki tanggung jawab dalam menciptakan stabilitas keamanan wilayah tersebut. Lebih lanjut, Laksda TNI A. Taufiq R. selaku Pangarmabar pada akhir amanatnya, memberikan apresiasi kepada jajaran Lantamal XII karena dengan keterbatasan sarana prasarana yang ada sebagai Pangkalan Utama yang baru terbentuk telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Atas nama pribadi dan segenap jajaran Koarmabar, Pangarmabar mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Laksma TNI Heru Santoso, M.Si.(Han) atas kepemimpinannya selama menjabat sebagai Danlantamal XII dan Ny. Heru Santoso atas segala jerih payah dan pengorbanan dalam menunjang tugas-tugas suami serta dalam pembinaan organisasi Jalasenastri Korcab XII DJAB.
Kepada Brigjen TNI (Mar) M. Hari selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI AL untuk menjabat sebagai Danlantamal XII dan mampu mengemban tugas dengan baik serta manfaatkan kesempatan ini dalam rangka pengembangan potensi diri dan meraih prestasi dalam penugasan  di  wilayah. Pada akhir amanatnya Laksda TNI A. Taufiq R. selaku Pangarmabar menyampaikan penekanan sebagai berikut, Bina serta pimpinlah jajaran Lantamal XII dengan sebaik-baiknya berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, pahami dan laksanakan perintah harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas atau kedinasan, tingkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di jajaran Lantamal XII, agar kesalahan dan kecelakaan kerja dapat diminimalisir sehingga prigram Zero Accident dapat tercapai, Tingkatkan kegiatan operasi keamanan laut di wilayah perairan Lantamal XII untuk mencegah dan meminimalkan semua bentuk pelanggaran di laut yang dapat merugikan negara dan bangun sinergi dengan sesame komponen TNI, Polri, instansi pemerintahan maupun masyarakat di wilayah kerja serta mengedepankan kearifan lokal dan adat istiadat setempat, demi kelancaran pelaksanaan tugas. Adapun rangkaian kegiatan serah terima jabatan Danlantamal XII tersebut sebelumnya telah dilaksanakan dengan pembacaan memorandum oleh Laksma TNI Heru Santoso, M.Si.(Han)., selaku pejabat Danlantamal XII kepada penggantinya Brigadir Jenderal TNI (Mar) M. Hari. Selanjutnya juga dilaksanakan pembacaan memorandum Ketua Kordinator Cabang (Korcab) XII Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) dan Ny. A. Taufiq R. selaku Ketua Daerah Jalasenastri Armada Barat memimpin Serah Terima Jabatan Ketua Korcab XII DJAB Ny. Sri Kenti Widayanti Heru Santoso selaku kepada Ny. Jani Susiati M. Hari serta Serah Terima Jabatan Wakil Ketua Dharma Pertiwi daerah L di gedung serbaguna Malahayati Mako Lantamal XII, dilanjutkan acara ramah tamah dan tradisi lepas sambut Danlantamal XII oleh seluruh keluarga besar prajurit Lantamal XII.
Laksamana Pertama TNI Heru Santoso, M.Si.(Han)., dilantik sebagai Danlantamal XII pada tanggal 7 Agustus 2015 pada saat peresmian Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak oleh Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXVIII Tahun 1983, Dikspespa/Art Angkatan I Tahun 1988, Diklapa II/Koum Angkatan IV Tahun 1991, Seskoal Angkatan - 35 Tahun 1998, Sesko TNI Angkatan - 31 Tahun 2004 dan Kuliah Angkatan I di Universitas Pertahanan Indonesia. Pertama kali bertugas di jajaran Armada RI Kawasan Barat sebagai Asisten Perwira Divisi Bahari KRI Teluk Semangka-512 (1983), Kepala Departemen Navigasi Operasi KRI Kalahitam-845 (1983), Komandan KRI Sawangi-854 (1985), Perwira Divisi (Padiv) Komunikasi Departemen Operasi KRI Ki Hajar Dewantara-364 (1986), Kepala Divisi Artileri Departemen Senjata Bahari KRI Monginsidi-343 (1988), Kepala Departemen Senjata Bahari KRI Teluk Sibolga-536 (1993), Palaksa KRI Sibolga-536 (1993), Palaksa KRI Teluk Peleng-535 (1995), Komandan KRI Teluk Peleng-535 (1996), Komandan KRI Pati Unus-384 (1998), Perwira Bantu Rencana Staf Operasi (Paban Ren Sops) Armabar (2000), Asisten Operasi (Asops) Lantamal I Belawan (2001), Asops Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armatim (2004), Kepala Staf Guskamla Armatim (2006), Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII (2008), Staf Ahli (Sahli) “C” Bidang Operasi Pangarmatim (2009), Kepala Pusat Olah Yudha (Kapusoyu) Sesko TNI (2012), Direktur Direktorat Pendidikan (Dir Ditdik) Kobangdikal (2014), Komandan Lantamal XII Pontianak (2015), Staf Khusus Kasal (2015). Adapun tanda jasa yang diperoleh antara lain, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Kesetiaan XXXII, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Dharma Samudera. Dalam menjalankan tugas pengabdian sehari-hari, Laksamana Pertama TNI Heru Santoso, M.Si.(Han) selalu didampingi istri tercinta Ny. Sri Kenti Widayanti dan telah dikaruniai dua orang putri-putri cantik yakni Hesti Damayanti dan Dyah Luckitasari.­­ Brigadir Jenderal TNI (Mar) M. Hari sebelum di lantik menjadi Komandan Lantamal XII Pontianak menggantikan Laksma TNI Heru Santoso, M.Si.(Han)., mejabat sebagai Staf Khusus Kasal sejak 10 April 2015. Menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXXI Tahun 1986, Kursus Dasar Kecabangan (Sussarcab) Perwira Zeni Angkatan – XIX Tahun 1988, Kursus Lanjutan Perwira - 2 Zeni TNI AD Tahun 1994 dan Seskoal Angkatan – XXXVI Tahun 1999. Pertama kali bertugas di jajaran Korps Marinir (Kormar) Resimen Bantauan Administrasi (Menbanmin) sebagai Komandan Peleton (Dan Ton) Batalyon (yon) Zeni Kormar (1988), Komandan Kompi C Yon Zeni Resimen Bantuan Administrasi (Menbanmin) BP Brigif-2 Kormar (1992), Kepala Seksi Perencanaan Anggaran (Kasi Rengar) Staf Operasi (Sops) Menbanmin Kormar (1996),  Komandan Denpum Pangakalan Marinir (Lanmar) Surabaya (1996), Komandan Batalyon Zeni Marinir (Zimar) Menbanmin Kormar (1999), Perwira Staf Operasi (Pasops) Menbanpur Pasmar-1 Kormar (2002), Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Kormar (2004), Kepala Staf (Kas) Menbanpur Pasmar-1 Kormar (2005), Wakil Komandan (Wadan) Lanmar Surabaya (2006), Kepala Sub Departemen Kejuangan (Kasudep Juang) Seskoal (2007), Komandan Pusat Latihan Pendarat (Puslatrat) Komando Latihan (Kolat) Kormar (2009), Asisten Personel (Aspers) Pasmar-1 Kormar (2010), Komandan Menbanpur Pasmar-1 Kormar (2011), Komandan Lanmar Surabaya (2011), Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta (2014), Staf Ahli Kasal Bidang Iptek Mabesal (2014).
Adapun tanda jasa yang diperoleh antara lain, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Dharma (Perbatasan), Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Santi Dharma, Satya Lencana Dharma Nusa, Penghargaan OKI. Dalam menjalankan tugas pengabdian sehari-hari, Brigadir Jenderal TNI (Mar) M. Hari selalu didampingi istri tercinta Ny. Jani Susiati dan telah dikaruniai dua orang putri dan satu putra yakni Emma sarita Haryati dan Fira Yasmin Damayanti serta Satrio Gumilar Pambukti.­­
Turut hadir dalam upacara Sertijab Danlantamal XII Pontianak, Danguskamlabar, Danlantamal I Belawan, Danlantamal II Padang, Danlantamal III Jakarta, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Kasdam XII Tanjung Pura, Kapolda Kalimantan Barat, Pejabat Muspida Kalimantan Barat, engurus Daerah Jalasenastri Armada Barat, Pejabat unsur maritim Pontianak dan tokoh agama serta tokoh masyarakat Pontianak serta Civitas Akademi Pontianak serta dan Pengurus Korcab XII DJAB.
(Dispen Lantamal XII)
sumber,http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26612/Default.aspx

MAYOR MARINIR ISTEFANUS GINTING JABATAN DANYON ARHANUD-2 MAR
Jakarta, Rabu 6 Januari 2016-
Jabatan Komandan Batalyon Artileri Pertahanan Udara-2 Marinir (Danyon Arhanud-2 Mar) diserahterimakan dari Letkol Marinir Idha M. Basri yang akan menempati jabatan Paspers Menart-2 Mar kepada penggantinya Mayor Marinir Istefanus Ginting, bertempat di lapangan apel Menbanpur-2 Marinir Pasmar-2, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (06/01/2015). Dalam serah terima jabatan Danyonarhanud-2 Mar yang dipimpin inspektur upacara Danmenart-2 Mar Kolonel Marinir Jasmin Purba dan Komandan upacara Mayor Marinir Faizal IN yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Staf Operasi Batalyon Arhanud-2 Marinir, diikuti oleh pasukan upacara dari Batalyon Arhanud-2 Marinir serta Korsik Lanmar Jakarta. Danmenart-2 Marinir dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan di dalam sebuah organisasi merupakan proses yang wajar, sebagai bagian dari pendinamisasian, pembinaan satuan, dan sekaligus kaderisasi. Lebih lanjut, orang nomor satu di Menart-2 Marinir itu menyampaikan bahwa tugas-tugas Komandan Batalyon Arhanud adalah membina dan menyiapkan unsur-unsur satuan Arhanud agar dapat melaksanakan tugas pokok yang dilimpahkan oleh satuan atas, sehingga kapanpun dan dimanapun Batalyon Arhanud dapat senantiasa melaksanakan tugas pokok dengan baik. Selesai upacara sertijab dilaksanakan acara lepas sambut di ruang serba guna Menart-2 Marinir dan acara tradisi pelepasan mantan pejabat komando di depan gedung Mako Menart-2 Marinir dan diakhiri dengan taklimat awal dari Danyon Arhanud-2 Marinir yang baru.
Hadir pada acara sertijab tersebut para Pejabat Teras Pasmar-2 dan Brigif-2 Mar, serta Resimen di jajaran Pasmar-2. (Dispen Kormar)
sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/26610/Default.aspx