19-29 Peb 2016

 GUBERNUR AAL PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN KADEPLEK AAL
= Senin, 29 Pebruari 2016 =
Jabatan Kepala Departemen Elektronika (Kadeplek) Akademi Angkatan Laut (AAL) diserahterimakan dari Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.T., kepada Letkol Laut (E) Cristian Lumban Tobing, S.T., dalam sebuah upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., di Gedung R. Soebiyakto, AAL, Bumimoro, Surabaya, pada hari ini, Senin (29/2). Hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur (Wagub) AAL Laksamana  Pertama TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M., Sekretaris Lembaga (Seklem) AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., para Direktur dan Kepala Departemen AAL , Komandan Resimen (Danmen) AAL Kolonel Laut (S) Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M.,  Wakil Ketua
Jalasenastri Berdiri Sendiri (BS) AAL beserta para pengurusnya, serta perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) AAL. Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.T. adalah alumni AAL angkatan ke-37, selanjutnya akan menempati jabatan barunya sebagai Kepala Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Kalapetal) di ‘Kota Apel’ Malang. Sedangkan Letkol Laut (E) Cristian Lumban Tobing, S.T., adalah alumni AAL angkatan ke-38, sebelumnya menjabat sebagai Perwira Administrasi dan Logistik serta Perwira Pengawas Survey Satgas Yekda BHO Perancis, Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Disadal).
Dalam sambutannya, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., mengatakan bahwa acara sertijab ini pada hakekatnya merupakan bagian dari suatu proses dinamisasi pembinaan organisasi yang harus dikembangkan. Melalui proses regenarasi ini, secara individu para personel yang bersangkutan akan memperoleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas serta bervariasi. “Disamping itu, secara institusi, regenerasi personel akan dapat membantu AAL dalam meningkatkan peran dan fungsinya sebagai Lembaga Pendidikan TNI AL Tingkat Akademi,” ujarnya. Dalam sertijab ini terkandung harapan dan keinginan akan lahirnya ide-ide baru, inovasi, terobosan serta pemikiran baru yang lebih kreatif dalam mengantisipasi dan menjawab tuntutan tugas Deplek yang semakin kompleks dan dinamis.
Oleh karena itu, lanjut Gubernur AAL, prioritas utama yang harus segera diimplementasikan dalam proses pendidikan di AAL, khususnya oleh Departemen Elektronika adalah menyiapkan dan memberikan bekal materi ajaran profesi Korps Elektronika secara terintegrasi kepada Taruna Korps Elektronika sesuai dengan tuntutan tugas di masa depan dalam penugasan awal di KRI maupun sebagai antisipasi terhadap perkembangan kemampuan Iptek saat ini. Di akhir amanatnya, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., menyampaikan terima kasih kepada  Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.T., atas kerja keras dan sumbangan pemikiran demi kemajuan Deplek AAL. “Semoga pengalaman Kolonel dapat dijadikan bekal di dalam melaksanakan tugas selanjutnya,” ujarnya. Kepada Letkol Laut (E) Cristian Lumban Tobing, S.T., Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., menyampaikan selamat datang dan selamat bekerja. (Pen AAL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27535/Default.aspx

TIGA JABATAN KOMANDAN KAPAL PERANG DISERAHTERIMAKAN
= Senin, 29 Pebruari 2016 =
Tiga jabatan Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jajaran Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Timur (Satrolarmatim) diserahterimakan yaitu Komandan KRI Pandrong-801 diserahterimakan dari Mayor Laut (P) Erikson Pasassang kepada Mayor Laut (P) Rudy Herdiono yang sebelumnya menjabat Palaksa KRI Teluk Cendrawasih-533, Komandan KRI Kerapu-812 diserah terimakan dari Mayor Laut (P) Okky Wikana Prayitna kepada Mayor Laut (P) Lustiya Budi, Komandan KRI Sidat-851  diserahterimakan dari Mayor Laut (P) Marthinus Sir kepada Mayor Laut (P) Widi Susanto yang sebelumnya menjabat Palaksa KRI Mandau-621. Surabaya, Senin (29/02) Selanjutnya Mayor Laut (P) Erikson Pasassang akan menduduki jabatan sebagai Pabandya Lat Sops Lantamal IV Tanjung Pinang,  Mayor Laut (P) Okky Wikana Prayitna akan menjabat sebagai Pabandya Pullahta Sops Lantamal XI Merauke, Mayor Laut (P) Okky Wikana Prayitna akan menjabat sebagai Pabandya Matla Sopsal Mabesal, sedangkan Mayor Laut (P) Marthinus Sir akan menjabat sebagai Kadep Ops KRI Diponegoro-365.
Pada kesempatan yang sama dikukuhkan sebagai  Komandan KRI Sura-802 Mayor Laut (P) Romi Habe Putra yang sebelumnya menjabat Kadep Ops KRI Bung Tomo-357 berlangsung di Geladak Heli KRI Kerapu-812. Dalam amanatnya, Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol)  Koarmatim Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi mengucapkan terima kasih kepada Komandan KRI yang lama atas kinerjanya waktu menjadi Komandan di Jajaran Satrol, serta mengucapkan terima kasih  kepada Ibu-ibu Komandan atas keterlibatannya dalam pengurusan Jalasenastri di jajaran Satrol Koarmatim. Kepada Komandan yang baru Dansatrolarmatim mengucapkan selamat bertugas dan tunjukkan sebagai pemimpin atau Komandan yang baik dalam memimpin anak buah, serta laksanakan tugas dengan baik. Upacara serah terima jabatan dihadiri oleh seluruh perwakilan Perwira dan anggota Bintara, Tamtama Satuan Kapal Patroli Koarmatim.
(Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27526/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN PASINTEL LANAL BANTEN
Bertempat di ruang rapat aula Mako Lanal Banten, Komandan Pangkalan TNI AL Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri memimpin acara serah terima jabatan Pasintel Lanal Banten dari Mayor Laut (P) Budi Purnamajaya, SH kepada penggantinya Mayor Laut (E) Ferry Deswan. Dalam sambutannya Danlanal Banten mengatakan serah terima merupakan hal yang biasa dalam organisasi TNI AL sebagai wujud dari dinamisasi organisasi dan sebagai bagian dari proses pembinaan personil, karena hal  tersebut merupakan penambahan jenjang karier dan juga merupakan kebijakan dari pemimpin.
Lebih lanjut Danlanal Banten Pasintel merupakan jabatan strategis sebagai unsur pembantu Komandan dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan Komandan di bidang Intelijen TNI Angkatan Laut (Maritim), selain itu informasi yang di peroleh dapat digunakan sebagai masukan ke Sops (Staf Operasi) sebagai bahan masukan dalam merencanakan kegiatan operasional ke depan. Diakhir amanatnya Danlanal Banten mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mayor Laut (P) Budi Purnamajaya yang selama ini telah dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Pasintel Lanal Banten dengan baik dan untuk Mayor Laut (E) Ferry Deswan selamat atas tugas baru yang di emban dan selamat bekerja serta diharapkan mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik sebagai Pasintel Lanal Banten. (Pen Lanal Banten)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27519/SERAH-TERIMA-JABATAN-PASINTEL-LANAL-BANTEN.aspx

KOMANDAN LANTAMAL VI PIMPIN SERTIJAB KADISMINPERS
= Senin, 29 Pebruari 2016 =
Komandan Lantamala VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M. pimpin serah terima jabatan Kadisminpers Lantamal VI dari Letkol Laut (KH) Drs. Abu Dzarin kepada Letkol Laut (KH) Drs. Adang Sunjaya di ruang kajalolalido Mako Lantamal VI. (Senin, 29 Maret 2016). Sambutan Komandan Lantamal VI Laksamana Yusup, S.E., M.M. pada serah terima jabatan ini mengatakan, penyerahan tugas dan tanggung jawab bagi pejabat di lingkungan TNI AL merupakan hal yang biasa karena merupakan suatu siklus dalam organisasi juga penyegaran dalam suatu sistem, kepada Letkol Laut (KH) Drs. Abu Dzarin saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasinya selama berhabung di Lantamal VI ini, kepada Letkol Laut KH) Drs. Adang Sunjaya saya ucapkan selamat datang. Letkol Laut (KH) Drs. Abu Dzarin akan menempati posisi sebagai Paban Watpers Spers Koarmatim, sedangkan Letkol laut (KH) Drs. Adang Sunjaya yang sebelumnya menjabat sebagai Paban Watpers Spers Lantamal VI akan menduduki jabatan sebagai Kadisminpers Lantamal VI.
Serah terima jabatan Kadisminpers Lantamal VI yang dipimpin langsung petinggi nomor satu Lantamal VI ini dihadiri oleh seluruh Asisten Danlantamal VI beserta Kadis dan Kasatker, dihadiri perwakilan Bintara, Tamtama beserta perwakilan Pegawai Negeri Sipil. (Dispen Lantamal VI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27514/Default.aspx

KOMANDAN SESKOAL RESMIKAN P2M DAN P3M
= Senin, 29 Pebruari 2016 =
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M meresmikan dua lembaga baru yang berkedudukan di bawah Seskoal yaitu Pusat Penjaminan Mutu (P2M) dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) di Loby Gedung Memet, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (29/02). Peresmian ini disaksikan Wadan Seskoal Laksma TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, Calon Wadan Seskoal Laksma TNI Sulistiyanto, S.E, M.M, M.Sc, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi, M.Tr (Han), M.A.P, Paban III Persdik Disdikal Mabesal serta para Pejabat Utama Seskoal. Terbentuknya kedua lembaga ini sebagai penyelenggara Program Pendidikan Magister Terapan (S2 Vokasi) Politeknik TNI AL yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Seskoal dan dijabat oleh Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjian Bangdik) Kolonel Laut (P) Iswan Sutiswan, S.E untuk P2M sedangkan P3M dijabat Direktur Pengkajian Strategi dan Operasi (Dirjianstraops) Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M menyambut gembira terbentuknya 2 lembaga baru ini karena merupakan tonggak sejarah dimulainya Seskoal menuju pendidikan vokasi yang bermutu yaitu Seskoal sebagai Naval and Maritime Science center of excellence melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam pertahanan negara matra laut. “Hari ini merupakan hari yang sangat kita nanti-nantikan. Ini adalah sebuah pengakuan, amanah dan kehormatan kita bersama sebagai lembaga pendidikan tertinggi di TNI AL”, ujarnya penuh rasa bangga. Pejabat nomor satu di Seskoal ini merasa bangga karena atas usaha keras segenap personel Seskoal, akhirnya mampu mewujudkan impian Seskoal untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi Magister Terapan Strategi Operasi Laut sehingga nantinya dari Bumi Cipulir inilah akan dilahirkan para master dan ahli perang yang nantinya akan menjadi pemimpin menuju kejayaan maritim. Pada bagian lain Laksamana bintang dua ini mengatakan bahwa P2M dan P3M merupakan organisasi yang dibentuk sebagai sarana untuk akreditasi Perguruan Tinggi sesuai ketentuan yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi-Dikti yaitu Badan yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan Akreditasi, yaitu sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan konfrehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada peningkatan standard mutu pendidikan. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan berita acara, penekanan tombol persemian, penyerahan dua dokumen P2m dan P3m kepada kedua pejabat tersebut serta pemotongan tumpeng oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dan diserahkan kepada Ketua P2m dan Ketua P3M. (Pen Seskoal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27511/KOMANDAN-SESKOAL-RESMIKAN-P2M-DAN-P3M.aspx

JABATAN PASINTEL LANAL BALIKPAPAN DISERAHTERIMAKAN
= Senin, 29 Pebruari 2016 =
Balikpapan, Senin 29 Februari 2016, Bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lanal Balikpapan, Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Arief Budiman, memimpin acara serah terima jabatan Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Balikpapan dari Mayor Laut (P) Hananto Widhi Nugroho, S.E, kepada Mayor Laut (P) Rully Tri Anggono. Selanjutnya Mayor Laut (P) Hananto Widhi Nugroho, S.E bertugas di KRI Banjarmasin-592.
Dalam amanatnya Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Arief Budiman menyampaikan bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan dan pembinaan organesasi, serta memberi kesempatan penugasan bagi personel TNI Angkatan Laut untuk mengembangkan tugas dan karier yang bersangkutan, serah terima jabatan merupakan suatu proses yang wajar di dalam organesasi, bukan saja sebagai bagian penting dari pembinaan personel namun merupakan suatu proses alamiah yang selalu terjadi, juga lebih diarahkan untuk regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, lebih dari pada itu pula diarahkan untuk dapat memantapkan manajemen organesasi agar lebih responsif, adaftif dan antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas yang terus berkembang secara dinamis di masa mendatang, dengan demikian serah terima jabatan Pasintel Lanal Balikpapan memiliki arti penting bagi organesasi Lanal Balikpapan. Jabatan yang di emban pada hakekatnya merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan atas Prestasi, Dedikasi dan Loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini, sehingga dalam mengemban amanah tersebut, perlu disadari akan adanya suatu tanggung jawab yang tidak ringan, landasan moral yang terbaik adalah fondasinya yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan, serta dibarengi dengan niat tulus ikhlas dan kejujuran. Pertanggung jawaban atas jabatan yang di emban tersebut, tidak hanya ditujukan kepada organesasi dan pemimpinnya, namun juga ada tanggung jawab secara moral kepada Yang Maha Kuasa, sehingga dalam menjalankan tugas jabatan tersebut tidak boleh ada tendensi-tendensi sempit yang mengarah pada pencapaian kepentingan dan keuntungan pribadi, perkuat soliditas, kerjasam dan koordinasi antar para Perwira dalam segala hal, sehingga Lanal balikpapan tetap mampu menunjukan prestasi dan kinerja yang terbaik, apapun tantangannya tugas di depan kita tidak gentar dan pantang surut kita hadapinya.
Seorang pemenang bukanlah dia yang pintar atau hebat tetapi yang Responsif terhadap perkembangan lingkungan dan dinamika di lapangan. Diakhir amanatnya Komandan Lanal Balikpapan secara khusus memberikan apresiasi kepada Mayor Laut (P) Hananto Widhi Nugroho atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan kepada Lanal Balikpapan, dan kepada Nyonya Ririn Hananto terima kasih dan penghargaan atas pengorbanan dan dukungan selama menjabat sebagai Ketua Seksi Organesasi Cabang 5 Korcab VI DJAT, kepada Mayor Laut (P) Rully Tri Anggono, selamat atas jabatan yang baru sebagai Pasintel Lanal Balikpapan, selamat bertugas, jalankan amanah jabatan tersebut sebaik-baiknya.
Selesai acara pokok dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Komandan Lanal Balikpapan kepada Mayor Hananto, dan foto bersama hadir dalam acara tersebut seluruh Perwira Lanal Balikpapan.
(Pen Lanal Balikpapan)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27508/Default.aspx

KRI FATAHILLAH 61 JAJARAN SATKOR KOARMATIM BERGANTI KOMANDAN
= Jum'at, 26 Pebruari 2016 =
Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah memimpin pelaksanaan Upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan KRI Fatahillah-361, dari  Letkol Laut (P)  Nanan Isnandar kepada Letkol Laut (P) Rio Henrymuko bertempat di Lapangan Apel Satkoarmatim  Ujung, Surabaya. Jumat,  (26/2). “KRI Fatahillah-361 yang sedang melaksanakan MID Life Modernisation (MLM) tahap pertama diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tempur KRI Fatahillah-361 di kemudian hari, untuk itu perlu adanya peningkatan efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran pemeliharaan kapal (Harkap) melalui metode skala prioritas pemeliharaan, pengadaan suku cadang serta bekal secara cermat dan tepat”, ujar Dansatkor Koarmatim dalam amanatnya. Selain itu, mantan Chief of Staff (COS) Maritime Task Force di Headquarters UNIFIL Lebanon tersebut menyampaikan, “serah terima Komandan KRI merupakan perwujudan dari penyegaran dan regenerasi dalam suatu organisasi TNI Angkatan Laut, selain itu juga menggamarkan adanya kedinamisasian dalam pembinaan personel di lingkungan TNI Angkatan Laut”. Dengan demikian,  serah terima jabatan  akan memberikan kesempatan bagi perwira yang bersangkutan dalam mengembangkan pola kepemimpinan guna mencapai suatu tingkat tertentu dalam karir selanjutnya. Setelah menyerahkan jabatan Komandan KRI Fatahillah-361, Letkol Laut (P)  Nanan Isnadar akan menduduki jabatan sebagai Sramil Paban I Orstra Sops Mabes TNI sedangkan  Letkol Laut (P) Rio Henrymuko sebelumnya menjabat sebagai Komandan KRI Rencong-622 yang merupakan salah satu kapal jajaran Satkatarmatim. Upacara serah terima jabatan dihadiri para Perwira unsur-unsur Sakorarmatim dan Staf. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27491/Default.aspx

KOLONEL LAUT (P) I.N.G SUDIHARTAWAN JABAT DANGUSKAMLATIM
= Jum'at, 26 Pebruari 2016 =
Kolonel Laut (P) I.N.G Sudihartawan, S.Pi. yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Pangarmatim bidang Operasi dipromosikan menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Timur (Danguskamlatim). Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., yang dilaksanakan di Dermaga Madura, Ujung Surabaya. Jum’at, (26/02). Kolonel Laut (P) I.N.G Sudihartawan adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 32 dan lulus pada tahun 1987. Kolonel Laut (P) I.N.G Sudihartawan,S.Pi. menggantikan pejabat lama yaitu Laksamana Pertama (Laksma) TNI Robert Wolter Tapangan, S.H. Setelah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Danguskamlatim, Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., akan melanjutkan tugas sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) di Jakarta.
Bersamaan dengan sertijab Danguskamla dilaksanakan juga penyerahan jabatan Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmatim oleh Kolonel Laut (P) Harnako Djodi Pamungkas kepada Pangarmatim
Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan realisasi pola pembinaan personel, dalam rangka kaderisasi pemimpin TNI AL dalam mememberikan kesempatan dan peluang bagi para Perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih segar dan dinamis. Selain itu, Pangarmatim juga menyampaikan bahwa perpindahan jabatan akan membawa semangat baru dan penyegaran serta munculnya ide-ide dan pemikiran yang kreatif dan inovatif didalam organisasi. Pangarmatim juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., dan Kolonel Laut (P) Harnako Djodi Pamungkas beserta keluarga atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas selama bertugas di  Koarmatim. Kepada Kolonel Laut (P) I.N.G. Sudihartawan,S.Pi., Pangarmatim menyampaikan beberapa penekanan untuk di pedomi dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas yang baru sebagai Danguskamlatim antara lain, selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, pegang teguh dan amalkan nilai luhur Trisila TNI AL, laksanakan operasi laut dalam bentuk patroli keamanan laut, tingkatkan pengetahuan dan profesionlisme dalam bidang hukum di laut serta tingkatkan disiplin, hierarki dan kehormatan militer prajurit. Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G Ariawan, S.E.,M.M., Para Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) jajaran Koarmatim, Para Pejabat Utama Koarmatim,para Staf ahli Pangarmatim dan Para Komandan KRI jajaran Koarmatim yang berada di Pangkalan. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27484/Default.aspx

PANGARMATIM PIMPIN PENETAPAN JABATAN KAPUSKODALARMATIM
26 Pebruari 2016-
Panglima Komado Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksaman Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin penetapan jabatan Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Armada RI Kawasan Timur (Kapuskodalarmatim) kepada pejabat baru Letkol Laut (P) Adi Lumaksana di gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya, jumat (26/02). Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa fungsi dan peran Staf sebagai unsur pelaksana di tingkat Mako Koarmatim memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam proses pembinaan organisasi Mako Koarmatim. Lanjut Pangarmatim, tugas dan tanggung jawab Puskodal Koarmatim sebagai unsur pelaksana Staf pada tingkat Mako Koarmatim memiliki tugas membantu Pangarmatim dalam penyelenggaraan kegiatan pusat Komando dan pengendalian operasi di lingkungan Koarmatim dengan melaksanakan kegiatan mengumpulkan, mngolah dan menyajikan informasi-informasi kegiatan operasi dan latihan yang digelar serta kekuatan Armada Laut non TNI AL yang berada di kawasan Koarmatim. Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G Ariawan, S.E.,M.M., Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Timur (Danguskamlatim) Laksma TNI Robert Wolter Tapangan, S.H., serta Para Pejabat Utama Koarmatim dan Staf Ahli Pangarmatim. (Dispenarmatim)

KOMANDAN MENART-1 MARINIR KUKUHKAN JABATAN PASLOG
= Kamis, 25 Pebruari 2016 =
Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir F. Simanjorang mengukuhkan Mayor Marinir Suroto sebagai Perwira Staf Logistik di ruang rekreasi Batalyon Arhanud-1 Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis (25/02/2016).
Kegiatan yang dihadiri Paspers Menart-1 Mar Letkol Mar Sonny Kunila, Pasintel Letkol Marinir Sutaryanto dan para Dansatlak tersebut juga dihadiri Perwira dijajaran Menart-1 Mar. Dalam amanatnya, orang nomor satu di Menart-1 Mar itu mengatakan, pengukuhan jabatan Paslog Menart-1 Mar merupakan salah satu langkah dalam rangka kaderisasi sekaligus sebagai upaya pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran. Selain itu, juga sebagai sarana memberikan kesempatan dan peluang bagi perwira untuk berimprovisasi mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan konseptualnya sehingga dapat menampilkan kinerja organisasi yang lebih segar, sehat dan dinamis. Pengukuhan jabatan Paslog Menart-1 Mar ini, lanjutnya, hendaknya dipandang sebagai peluang yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun reputasi dan prestasi sehingga dapat membawa nama baik Resimen Artileri-1 Marinir.
Dalam kesempatan tersebut, Danmenart-1 Mar mengucapkan selamat kepada Mayor Marinir Suroto atas jabatan barunya sebagai Paslog Menart-1 Mar dengan harapan dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan kemampuan pribadi dan meningkatkan prestasi. “Saya yakin dan percaya dengan bekal pendidikan dan pengalaman yang saudara miliki, kinerja Resimen Artileri-1 Marinir akan semakin meningkat dan berkualitas dari waktu ke waktu,” pungkasnya. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27480/Default.aspx

LAKSMA TNI ROBERTH WOLTER TAPANGAN, S.H. JABAT KEPALA STAF KOLINLAMIL
25 Pebruari 2016-
Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tapangan, S.H., menjabat Kepala Staf Kolinlamil (Kaskolinlamil) menggantikan Laksamana Pertama TNI Pulung Prambudi dalam upacara serah terima jabatan yang dipimpin Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (25/2). Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tapangan, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Timur (Guskamlatim) adalah alumni AAL angkatan 33 tahun 1988, sedangkan Laksma TNI Pulung Prambudi alumni AAL angkatan 31 tahun 1986 selanjutnya akan menjabat sebagai Wakil Asisten Pengamanan (Waaspam) Kasal. Pati bintang satu kelahiran Toraja, 52 tahun yang lalu ini banyak berdinas dilingkungan kapal perang Komandan Armada RI Kawasan Timur. Sejak Lulus sebagai Perwira pertama TNI AL berpangkat Letnan Dua hingga bintang satu dihabiskannya di satuan-satuan kapal kombatan Komando Armada RI kawasan timur. Laksma TNI Roberth Wolter Tapangan, S.H., pertama kali berpangkat Letnan Dua berdinas di Satuan Kapal Cepat (Satkat) KRI Badik 623 sebagai Asisten Perwira Divisi Senjata, kemudian naik Letnan Satu menjadi perwira navigasi KRI Rencong 622 dan Kadepops KRI Hasan Basri 382. Selesai mengikuti pendidikan lanjutan perwira (Diklapa) II menjabat Palaksa KRI Hasan Basri 382 dan pada tahun 2000 menjabat Komandan KRI Kakap 811 di Satuan Kapal Patroli (Satrol). Setelah itu jabatan Komandan berbagai kapal perang terus disandangnya, mulai Komandan KRI Patimura 371, Komandan Lanal Tual (Selesai Dikregseskoal 2002), Komandan KRI Keris 624, Komandan KRI Fatahillah 361, Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma 355, Komandan Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmatim dan Komandan Satuan Kapal Korvet (Satkor) Koarmatim. Jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Timur diembannya selesai mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 51 Lemhanas tahun 2014.
Dalam sambutannya Pangkolinlamil mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh, sekaligus pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin kompleks, hal ini juga terkait dengan siklus penugasan personel TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan prestasi serta pemberian kesempatan dan peluang untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kepemimpinannya sehingga dapat mewujudkan organisasi yang responsif dan lebih dinamis terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan strategis.
Pangkolinlamil juga menambahkan, bahwa jabatan Kaskolinlamil merupakan pembantu utama Panglima Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pembinaan dan operasional. Tugas ini menuntut dedikasi dan mobilitas kerja yang tinggi terutama dalam mendukung dan melaksanakan tugas pokok Kolinlamil sebagai Kotama operasional yang dituntut untuk selalu mampu meningkatkan kesiapan operasional kapal dan kemampuan personelnya dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). (Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27462/Default.aspx

KASAL SEMATKAN BINTANG KEHORMATAN JALASENA PRATAMA DAN BINTANG JALASENA NARARYA
25 Pebruari 2016-
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menyematkan Bintang Kehormatan Jalasena Pratama dan Bintang Jalasena Nararya kepada Empat Belas orang Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut, bertempat di Lobby Gedung Utama R.E. Martadinata Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (25/2). Pejabat Penerima Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Pratama, diantaranya: Laksamana Muda TNI Agus Heryana, S.E., (Aspam Kasal), Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., (Pangarmatim), Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., (Pangkolinlamil), Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Ciptolelono, (Gubernur AAL), Laksamana Muda TNI Dr. Surya Wiranto, S.H., M.H., (Sahli Bid. Wilayah & Pembangunan Daerah Kemenko Polhukam), Laksamana Muda TNI Agus Setiadji, (Sahli Ketahanan Nasional Kemenko Polhukam), Laksamana Muda TNI F.X. Agus Susilo, S.E., M.M., (TA. Pengajar Bid. Hankam Lemhannas), dan Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto, (TA. Pengajar Bid. Strategi Lemhannas), Laksamana Muda TNI Dicky Yunianto (TA. Pengajar Bid. Geopol & Wasantara Lemhannas), Laksamana Muda TNI Adam Suwardi Pangerang, S.E. (Staf Khusus Kasal), Laksamana Muda TNI Lefrand Alanus Tuelah (Staf Khusus Kasal), Laksamana Muda TNI Muhammad Atok Urrahman, S.E., M.M. (Staf Khusus Kasal), Laksamana Muda TNI Karma Suta, S.E. (Staf Khusus Kasal), Mayjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan (Staf Khusus Kasal),  Laksamana Muda TNI Uus Kustiwa (Pati Pensiun), Laksamana Muda TNI Sulang Priyadi (Pati Pensiun), Laksamana Muda TNI Bambang Riatmadji, S.E., M.M. (Pati Pensiun). Sedangkan Pejabat Penerima Bintang Jalasena Nararya diantaranya: Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., (Danlantamal VI), Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali, (Danguskamlabar), Brigjen TNI (Mar) R. Widad P. Adjie, M.B.A., Graddip., S.S. (Athan RI di Canberra Australia), Laksamana Pertama TNI Muhammad Faisal, S.E., M.M., (Dir. Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan) dan Laksamana Pertama TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si. (Han), (deputi Bid. Opslat Bakamla). Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena merupakan salah satu wujud penghargaan dan penghormatan yang diberikan oleh negara kepada prajurit TNI Angkatan Laut atas kemampuan, kebijaksanaan dan jasanya yang luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Laut. “Oleh karenanya penganugerahan tanda kehormatan sudah selayaknya untuk diupacarakan sebagai bentuk penghormatan serta penghargaan yang tinggi, karena tidak semua prajurit dapat menerima tanda kehormatan bintang jasa seperti ini,” terang Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Dalam amanatnya Kasal mengatakan, “Dengan penganugerahan tanda kehormatan ini, saya selaku pemimpin TNI  Angkatan Laut memiliki keyakinan bahwa TNI  Angkatan Laut ke depan akan menjadi lebih baik, karena Laksamana dan Jenderal telah menunjukkan integritas, dedikasi dan loyalitas, serta prestasi yang dapat dijadikan contoh dan suri teladan bagi prajurit TNI  Angkatan Laut. Sekecil apapun pengorbanan untuk kepentingan negara bukanlah suatu hal yang tidak berarti, namun pasti akan menghasilkan manfaat yang besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Kasal. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Arie H. Sembiring, Para Asisten Kasal, Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama TNI AL, Para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, serta pejabat terkait lainnya. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27427/Default.aspx

KAPTEN LAUT (P) ARY MAHAYASA JABAT KOMANDAN KAL MULGA
24 Pebruari 2016-
Merauke 24 Februari 2016. Rabu 24 Februari 2016 bertempat di Gladak KAL Mulga I-11-14 Komandan Satuan Keamanan Laut XI Mayor Laut (P)  Bagus Waluya memimpin upacara Serah Terima Jabatan Komandan KAL Mulga I-11-14dari Kapten Laut (P) Ardian Widjanarko Djajasaputra kepada Kapten Laut (P) Ary Mahayasa, Yang merupakan Satuan di bawah Komando Satuan Keamanan Laut Lantamal XI Merauke. Sebagai salah satu unsur KRI di bawah pembinaan Lantamal XI, KAL Mulga mempunyai arti penting sebagai kapal patrol yang sewaktu-waktu di tumtut harus siap dioperasikan dalam rangka mewujudkan keamanan di laut wilayah kerja Lantamal XI di samping menjadi kekuatan pertahanan di bidang maritim. Seperti kita ketahui bahwa wilayah kerja Lantamal XI berada di wilayah perbatasan dengan Negara tetangga Papua New Guinea dan Australia sehingga relative rawan terhadap pelanggaran hukum di laut, oleh karena itu KAL Mulga I-11-14 memiliki tugas, peran, dan fungsi yang sangat penting dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas pokok Lantamal XI pada khususnya dan tugas pokok TNI AL pada umumnya. Acara Serah Terima Jabatan ini Di akhiri dengan ramah tama. (Dispen Lantamal XI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27450/Default.aspx

DANLANTAMAL VI PIMPIN PENYERAHAN JABATAN DANTIM INTEL
24 Pebruari 2016-
Komandan Lantamal (Danlantamal VI) Laksma TNI Yusup, S.E.,M.M., memimpin penyerahan jabatan Komandan Tim Intelijen (Dantim Intel) Lantamal VI bertempat di ruang Kajaolaliddo Mako Lantamal VI, Rabu (24/02/2016). Acara ini dihadiri oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Laut Marinir Bambang Suryo Aji, Para Asisten Danlantamal VI serta para Kadis dan kasatker Lantamal VI. Dalam sambutannya, Danlantamal VI menyampaikanpenyerahan jabatan yang dilaksanakan ini, pada dasarnya merupakan bagian penting dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa dapat melaksanakan kegiatan guna mendukung tugas pokok Lantamal VI. Di lingkungan organisasi militer, peran dan fungsi intelijen dalam pencapaian tujuan organisasi memiliki arti yang penting dan strategis. Intelijen menjadi salah satu referensi utama pada setiap tahapan penyelenggaraan kegiatan organisasi muali tahap perencanaan, formulasi kebijakan, pengambilan keputusan, pemilihan cara bertindak sampai dengan penggunaan dan penggelaran kekuatan militer. “Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Lantamal VI, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Laut (T) Arnold Asmal Abdullah atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras yang telah diberikan selama menjabat sebagai Dantim intel Lantamal VI. Kami mendoakan semoga saudara dapat meraih sukses di tempat tugas yang baru”, demikian sambutan Danlantamal VI mengakhirinya. (Dispen Lantamal VI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27436/Default.aspx

KASAL PIMPIN SERTIJAB ENAM JABATAN STRATEGIS MABESAL
24 Pebruari 2016-
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Pejabat Utama Mabesal antara lain Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal), Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal), Kepala Dinas Materiil Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Kadissenlekal), Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal), Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) bertempat di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/2). Laksamana Muda TNI Tri Prasodjo menggantikan Laksamana Muda TNI Zufri Zaenal Abidin, S.E., sebagai Irjenal, Laksamana Pertama TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., sebagai Aslog Kasal menggantikan Laksamana Muda TNI Ir. Harry Pratomo, Kolonel Laut (T) Ir. Aziz Ikhsan Bachtiar, M.Tr. (Han) sebagai Kadismatal menggantikan Laksamana Pertama TNI Toto Prihatono, Kolonel Laut (E) Ir. Christianto Purnawan Sebagai Kadissenlekal menggantikan Laksamana Pertama TNI Ir. Sarwono, Kolonel Laut (K) Dr. Lukman Djauw, M.Kes., menggantikan Laksamana Pertama TNI  Dr. Syarief Hidayat, Sp. KK., sebagai Kadiskesal, dan Kolonel Laut (KH) Drs. Mithra, M.Com. sebagai Kadispsial menggantikan Laksamana TNI Drs. Ahmad Burhan Wijaya, M.Si. Sementara itu Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan merupakan wujud kesinambungan organisasi sekaligus sebagai bentuk kepercayaan yang diberikan pemimpin kepada perwira terpilih untuk menjalankan organisasi dan melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan. Disamping itu, penempatan jabatan juga merupakan suatu kehormatan sekaligus amanah yang harus dipertanggungjawabkan oleh personel yang ditunjuk. Oleh karenanya, setiap perwira dituntut untuk selalu menjaga integritas dan mampu menjadi suri teladan dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari. “Harus disadari bahwa setiap jabatan menuntut pejabat yang bersangkutan untuk terus meningkatkan kemampuan pribadi dalam bekerja sesuai dengan tugas dan wewenang yang diemban, guna memberikan karya yang terbaik bagi organisasi. Untuk itu, Para Perwira yang menempati jabatan baru hendaknya segera memahami tugas dan tanggung jawab jabatannya serta berbagai hambatan dan peluang dalam pelaksanaan tugasnya,” tegas Kasal. Mengakhiri amanatnya Kasal berharap, “Para Pejabat Baru dapat melahirkan terobosan dan gagasan atau ide-ide inovatif untuk meningkatkan kinerja satker yang dipimpin. Kepada para istri pejabat yang baru, saya juga menyampaikan selamat dan berharap agar selalu setia mendampingi, seraya berdoa dan memberikan dukungan demi suksesnya pelaksanaan tugas suami,” ujar Kasal. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Arie H. Sembiring, Para Asisten Kasal, Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama TNI AL, Para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, serta pejabat terkait lainnya.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27410/Default.aspx

KOMANDAN KRI TELUK PENYU-513 DISERAHTERIMAKAN
23 Pebruari 2016-
Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Kolonel Laut (P) Bambang Irawan, S.E., selaku Inspektur Upacara (Irup), memimpin jalannya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan KRI Teluk Penyu-513 dari Letkol Laut Sri Rakhmadi kepada Letkol Laut (P) Budi Iryanto yang dilaksanakan di atas geladak KRI Teluk Penyu-513, Dermaga C Koarmatim, Surabaya. Selasa, (23/02). Dalam amanatnya, Dansatfib Koarmatim menyampaikan rangkaian pergantian jabatan di lingkungan kerja Satfib Koarmatim adalah sebagai salah satu bentuk jawaban terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas TNI AL, khususnya Koarmatim di masa mendatang. Kepada Letkol Laut (P) Budi Iryanto yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 44, Dansatfib Koarmatim mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Komandan KRI Teluk Penyu-513, dengan jabatan tersebut semoga Pamen yang sebelumnya menjabat sebagai Palaksa KRI Multatuli-561 itu dapat melahirkan gagasan dan pemikiran segar dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tugas agar dapat berjalan lebih baik dengan hasil yang membanggakan. Selanjutnya, kepada Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi yang merupakan Alumni AAL Angkatan 44, Dansatfib Koarmatim mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi, atas dedikasi, loyalitas, kinerja, dan pengabdiannya yang telah ditunjukkan selama ini, sehingga pimpinan menilai Pamen berpangkat melati dua dipundak tersebut telah berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu dalam beberapa waktu yang lalu dibawah Komandan Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi, Kapal perang TNI AL Teluk Penyu-513 berhasil mengevakuasi warga eks Gafatar yang mengangkut sekitar 900 warga eks Gafatardari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju Pelabuhan Tanjung Priok. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27382/KOMANDAN-KRI-TELUK-PENYU513-DISERAHTERIMAKAN.aspx

DANLANTAMAL X JAYAPURA PIMPIN UPACARA SERTIJAB DANSATKAMLA
23 Pebruari 2016-
Jayapura, 23 Februari 2016, Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heru Kusmanto, S.E. M.M. selaku Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal X dari Mayor Laut (P) Apriles Lusien Sukirno kepada Mayor Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban di Lapangan Dermaga Porasko Satkamla Lantamal X Jayapura, Jalan Sam Ratulangi No. 6 Jayapura. Selasa (23/02).
Danlantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E. M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI Angkatan Laut, khususnya di Lantamal X, baik dalam wujud tour of duty maupun tour of area pada hakekatnya merupakan rangkaian pembinaan personel, proses regenerasi dan sekaligus merupakan program penyegaran pengawak organisasi. Lebih lanjut Danlantamal X Jayapura mengatakan, dengan dilaksanakannya tour of duty dan tour of area, diharapkan dapat menciptakan suasana baru, semangat baru dalam organisasi, serta dapat mendorong terwujudnya organisasi yang dinamis, yang mampu menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika lingkungan strategis. Satkamla Lantamal X sebagai salah satu unsur pelaksana operasional Lantamal X yang bertugas menyelenggarakan operasi  keamanan laut di seluruh perairan wilayah kerja Lantamal X Jayapura. Dihadapkan dengan kondisi geografi yang luas, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu PNG dan Palau, maka tugas dan tanggung jawab Lantamal X tidaklah ringan. Pelanggaran wilayah, pemanfaatan jalur laut, untuk kegiatan ilegal, seperti peredaran Narkoba, penyelundupan bahan bakar, Illegal Fishing dan lain-lain menjadi fokus perhatian Lantamal X. Danlantamal X Jayapura mengharapkan Satkamla mampu menciptakan situasi keamanan wilayah laut yang stabil dan kondusif. Untuk itu upaya penegakan kedaulatan dan hukum, baik di laut teritorial, zona tambahan maupun zone ekonomi eksklusif Indonesia, harus dilaksanakan dengan menghadirkan kapal-kapal patroli secara terus menerus (atau continuing presence at sea) dengan pola operasi yang tepat. Untuk menjawab tantangan tugas yang cukup berat tersebut Satkamla memerlukan prajurit yang tangguh, yang memiliki dedikasi, integritas dan loyalitas yang tinggi. Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal X Jayapura juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayor Laut (P) Apriles Lusien Sukirno serta selamat bertugas di tempat baru sebagai Kasi Opslat Satuan Kapal Ranjau, Komando Armada RI Kawasan Timur. Semoga pengabdian yang telah ditunjukkan selama ini dapat menjadi suri tauladan bagi perwira dan anggota Lantamal X. Kepada Mayor Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban, selamat datang di jajaran Lantamal X serta selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Laut  untuk mengemban tugas sebagai Dansatkamla Lantamal X Jayapura. Hadir dalam acara penyerahan jabatan tersebut, selain para pejabat internal Lantamal X juga dari pejabat satuan samping dan instansi lainnya yaitu antara lain Dandim 1701/Jpr, Danden Zipur 10, Wadanyon 751, Bakamla Jayapura, Basarnas Jayapura, KSOP Jayapura, Lanud Jayapura, GM Pelindo IV Jayapura serta Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua Ibu Suzana Wanggai. (Dispen Lantamal X)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27377/Default.aspx

PISAH SAMBUT PASOPS LANAL BANJARMASIN
22 Pebruari 2016-
Acara lepas sambut dalam rangka pergantian Pasops Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Wahyu Basuki Mulyo Wibowo, S.E kepada Mayor Laut (P) Rahmat Arif dilaksanakan di Gedung Sebaguna Hasan Basri Mako Lanal Banjarmasin, Senin (22/02). Pada acara lepas sambut tersebut dihadiri Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, S.E., Perwira Staf serta seluruh Prajurit Lanal Banjarmasin
Acara pisah sambut dibuka oleh penyampaian kesan dan pesan dari beberapa orang Prajurit Lanal Banjarmasin, kesan dan pesan Pasops lama, perkenalan Pasops baru, serta sambutan dari Danlanal Banjarmasin sekaligus melepas Mayor Laut (P) Wahyu Basuki Mulyo Wibowo, S.E. yang akan menempati Satker baru di Kobangdikal. Selanjutnya penyerahan cendramata dari Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, S.E. serta acara ramah tamah. (Pen Lanal Banjarmasin)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27360/PISAH-SAMBUT-PASOPS-LANAL-BANJARMASIN.aspx