1-9 Maret 2016


JABATAN KOMANDAN KRI TELUK HADING 538 DISERAHTERIMAKAN
= Senin, 7 Maret 2016 =
Jabatan Komandan Komandan KRI Teluk Hading 538 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Rikrik Permadi Sobana, S.E. kepada Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi dalam upacara sertijab yang dipimpin Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.AP. di Geladak KRI Teluk Hading 538, yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/3). KRI Teluk Hading 538 merupakan kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) yang berada dibawah pembinaan Satlinlamil Jakarta. Letkol Laut (P) Rikrik Permadi Sobana, S.E. selanjutnya akan menempati jabatan barunya sebagai Pabandya Kerjasama Internasional Paban IV Hublu Staf Pengamanan (Spam) Kasal. Sedangkan  Letkol
Laut (P) Dian Poernomo Sidhi yang merupakan alumni Dikreg Seskoal angkatan 52 tahun 2014 sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Cilacap. Dansatlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.AP.  mengatakan rotasi jabatan dan pengalihan penugasan dalam suatu organisasi khususnya organisasi militer merupakan suatu hal yang sangat wajar, demikian pula halnya dengan kehidupan organisasi TNI Angkatan Laut. Pergantian Komandan, khususnya komandan KRI mutlak dilaksanakan untuk mengantisipasi dinamika, situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. Semakin berat dan kompleksnya tugas ke depan, baik dalam mendukung kegiatan operasi militer untuk perang (OMP) maupun kegiatan operasi militer selain perang (OMSP), menuntut Satlinlamil Jakarta selalu berupaya meningkatkan kemampuan sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan pelaksanaan tugasnya. Satlinlamil Jakarta bertugas membina kemampuan unsur-unsur organiknya di dalam sistem Angkutan Laut Militer serta membina dan melaksanakan tugas-tugas berkenaan dengan fasilitas labuh Embarkasi atau Debarkasi yang berkaitan dengan dukungan logistik dan administrasi dalam rangka kesiapan operasi unsur-unsurnya.
KRI Teluk Hading 538 merupakan Kapal Perang jenis Landing Ship Tank (LST) Type Frosch yang memiliki berat 1,900 ton dengan dimensi 90,70 meter x 11,12 meter x 3,4 meter ditenagai oleh 2 mesin diesel, 2 shaft menghasilkan 12,000 bhp yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 18 knot dan mampu mengangkut kargo hingga seberat 600 ton. Kapal Perang yang dibuat di galangan VEB Penee Werft Wolgast, Jerman Timur, pada tahun 1977 serta diperkuat dengan persenjataan Meriam Bofors 40 mm, Kanon laras tunggal kaliber 37 mm serta Kanon laras ganda kaliber 25 mm dan saat ini berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. Turut Hadir pada upacara tersebut para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Jakarta, perwira Staf Satlinlamil Jakarta dan perwira KRI yang berada di pangkalan. (Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27664/Default.aspx

LETJEN TNI MAR (PURN) SUHARTO DIKUKUHKAN SEBAGAI DEWAN PENASEHAT KEHORMATAN PUSAT ASSOSIASI IUMKM INDONESIA AKUMANDIRI
= Sabtu, 5 Maret 2016 =
Mantan Dankormar Letjen TNI Mar (Purn) Suharto telah dikukuhkan sebagai Dewan Penasehat Kehormatan Pusat Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri di kediamannya, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (5/3/16). Dalam kesempatan itu dia mengungkapkan nasionalisme bangsa ini akan tumbuh dan berkembang melalui hal-hal yang nyata. Antara lain dengan membangun Desa Pancasila dan Koperasi sebagai Soko Guru perekonomian nasional. “Gagasan Desa Pancasila telah kami rintis dalam membangun pedesaan baik pesisir dan pedalaman untuk membangkitkan semangat nasionalisme anak bangsa ini. Selain itu koperasi juga akan menjadi penyalur kebutuhan mereka yang menghubungkan dengan desa-desa lainnya dalam mendistribusikan segala potensi di desa tersebut,” kata lulusan AAL tahun 1969 itu. Bersama-sama dengan Mantan Wapres Try Sutrisno, Suharto berkomitmen akan meningkatkan daya juang dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai pelatihan yang dibangunnya. Namun, kondisi yang terjadi saat ini membuatnya prihatin saat berdirinya berbagai supermarket dan minimarket hingga sampai ke pedesaan. Menurutnya, pola tersebut akan mengancam kesinambungan karakter gotong royong dan kekeluargaan sebagai ciri khas bangsa Indonesia yang berfilosofikan Pancasila. Menyoal Amandemen UUD 1945, pria yang juga pernah menjabat sebagai Wagub AAL ini mengingatkan bahwa negara besar seperti Amerika saja tidak merubah substansi dari Konstitusinya. Yang ada, ujarnya ialah addendum yang berbentuk lampiran-lampiran. Sehingga dalam melihat kondisi itu, dirinya mengisyaratkan agar kita kembali Ke Pancasila dan UUD 1945 yang asli.
Dirinya begitu mengapresiasi tawaran untuk menjadi penasehat assosiasi ini. Dia menambahkan, melalui wadah ini akan berjuang seoptimal mungkin dalam mengembalikan peranan koperasi sebagaimana termaktub dalam Konstitusi. “Hanya wadah ini yang pas dengan tujuan saya. Bersama Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri ini saya akan berjuang mensejahterakan masyarakat kita dari pedesaan. Jadi semuanya kita memulai dari hal yang kecil-kecil dulu,” ungkapnya. Selanjutnya, Suharto sedikit mengkritisi kebijakan pemerintah mengenai program pembangunan desa saat ini. Di mana, perangkat-perangkat seperti koperasi belum dioptimalkan dalam membangun kehidupan perekonomian desa. “Dalam Village Management dan Town Management hanya dapat dibangun melalui konsep koperasi. Sementara kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa saat ini hanya mempertinggi korupsi saja,” tandasnya. Sementara itu, Ketua Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny yang didampingi oleh Wakil Ketua Indra Wishnubroto dan beberapa pengurus lainnya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Mantan Dankormar yang berperan dalam penanggulangan kerusuhan Mei 1998 itu sebagai Dewan Penasehat Kehormatan. Hermawati optimis, bahwa Pensiunan TNI AL Bintang Tiga itu akan banyak memberikan kontribusi terkait program Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri ke depannya. Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri memiliki semboyan Tumbuh Bersama, Meng-Indonesiakan Indonesia itu bertujuan untuk mewujudkan kebijakan pembangunan koperasi dan pengusaha di Indonesia dalam rangka memberikan kepastian berusaha yang adil bagi pengusaha mikro dan kecil menengah melaui beberapa program baik yang dicanangkan bersama pemerintah maupun instansi lainnya.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27644/Default.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III JAKARTA MEMIMPIN UPACARA PENYERAHAN JABATAN KADISMINPERS DAN SERAH TERIMA JABATAN KADISFASLAN LANTAMAL III
= Jum'at, 4 Maret 2016 =
Jakarta, 4 Maret 2016.- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn.,  selaku Inspektur Upacara dalam rangka upacara penyerahan jabatan Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Lantamal III Jakarta dari Komandan Lantamal III Jakarta kepada Letkol Laut (KH) Rimbun Natanael, S.P dan serah terima jabatan Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan (Kadisfaslan) Lantamal III dari Letkol Laut (T) Yuswardi, S.T., M.M., kepada Letkol Laut (KH) Tri Susanto, S.T., di Ruang Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Jumat  (4/3). Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., pada upacara penyerahan jabatan Kadisminpers Lantamal III dan serah terima  jabatan Kadisfaslan Lantamal III, mengatakan bahwa penyerahan dan serah terima jabatan ini pada hakekatnya mengandung makna yang strategis ditinjau dari aspek pembinaan yaitu pertama merupakan bagian penting dari upaya untuk lebih mendinamisasikan organisasi agar tetap mampu menghadapi perkembangan lingkungan dan dinamika tantangan tugas masa depan; Kedua, merupakan bagian dari proses membina, membangun dan mengembangkan TNI AL dalam hal ini Lantamal III agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan demikian, diharapkan tumbuh gagasan-gagasan baru dalam aspek pembinaan kemampuan dan kekuatan dalam rangka pencapaian tugas pokok  Lantamal III secara optimal
Lebih lanjut, Danlantamal III Jakarta mengatakan, bahwa jabatan Kadisminpers dan Kadisfaslan  Lantamal III merupakan jabatan yang menentukan keberhasilan Lantamal III. Sebagai unsur pelaksana tingkat Mako Lantamal III, Dinas Administrasi Personel (Disminpers) Lantamal III bertugas menyusun dan melaksanakan rencana serta program administrasi personel yang meliputi pemenuhan kebutuhan personel, pendidikan, penugasan, penempatan jabatan, perawatan personel serta pemisahan, sedangkan Dinas Fasilitas Pangkalan (Disfaslan) Lantamal III bertugas menyelenggarakan pekerjaan konstruksi, instalasi, pemeliharaan dan perbaikan serta pengurusan administrasi sarana dan prasarana pangkalan di jajaran Lantamal III, sehingga dapat menjamin tercapainya keselarasan dan keseimbangan di semua bidang, yang outputnya akan sangat mempengaruhi dan menentukan kelangsungan serta keberhasilan tugas pokok Lantamal III.
Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Laut (T) Yuswardi, S.T., M.M., selama menjabat Kadisfaslan Lantamal III atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ny. Yuswardi yang telah mendampingi suami dalam melaksanakan tugas serta ikut aktif dalam organisasi Jalasenastri selama  berdinas di Lantamal III.
Selanjutnya kepada Letkol Laut (KH) Rimbun Natanael, S.P dan Letkol Laut (KH) Tri Susanto, S.T., disampaikan ucapan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas jabatan yang baru supaya dapat mendorong motivasi, kreativitas dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi bagi terwujudnya Lantamal III yang lebih baik. Turut hadir dalam upacara penyerahan dan serah terima jabatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) R. Achmad Rivai, S.E., M.M., Para Asisten Danlantamal III Jakarta  dan Kasatker/Kasatlak  jajaran Lantamal III Jakarta. (Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27640/Default.aspx

MAYOR MARINIR SARMAN JABAT PASIOPS BATALYON HOWITZER-1 MARINIR
= Jum'at, 4 Maret 2016 =
Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir Mayor Marinir Marhabang.S.H.,M.Tr.Hanla secara resmi melantik Mayor Marinir Sarman sebagai Perwira Staf Operasional (Pasiops) Batalyon Howitzer-1 Marinir di Ruang Rekreasi Batalyon Howitzer-1 Marinir Karang Pilang, Surabaya. Jum’at,(04/03/2016). Alumni Taruna Angkatan 49 tersebut, dikukuhkan sebagai Perwira Operasional  Batalyon Howitzer-1 Marinir yang sebelumnya menjabat sebagai Dandemlat puslatdiksarmil Kobangdikal.
Dalam amanatnya, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir mengatakan serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan proses wajar yang harus dilaksanakan, bukan untuk memenuhi proses pembinaan personel dalam peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan saja, namun diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan yang berkembang. Selain itu, pergantian pejabat juga merupakan upaya pembinaan personel secara berkesinambungan sebagai langkah pembaharuan dan penyegaran pemikiran guna mendapatkan hasil pembinaan satuan yang optimal. Dalam kesempatan tersebut, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir menyampaikan ucapan selamat kepada Mayor Marinir Sarman atas jabatan barunya sebagai Pasiops Batalyon Howitzer-1 Marinir, dengan harapan dapat mempertahankan dan meningkatkan semua keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama. Turut hadir pada kegiatan tersebut, seluruh Perwira Staf dan Perwira Batalyon Howitzer-1 Mar ini. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27635/Default.aspx

JABATAN KADISKES KOLINLAMIL DISERAHTERIMAKAN
= Kamis, 3 Maret 2016 =
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda  TNI Aan Kurnia, S.Sos. memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kolinlamil dari Letkol Laut (K) dr. Hanung Sunarwibowo, Sp. OT kepada penggantinya Letkol Laut (K) dr. Hengky Setyahadi di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (3/3).
Letkol Laut (K) dr. Hengky Setyahadi sebelumnya berdinas di Rumah Sakit TNI AL Mintoharjo sebagai Kepala Sub Departemen Bedah Plastik Departemen Bedah. Alumni Sepa Milsuk ABRI 1991 ini menamatkan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Sebelas Maret Solo tahun 1994. Mantan Kepala Rumah Sakit dr. Wahyu Slamet Lantamal VIII pada 2006 – 2008 ini adalah dokter spesialis bedah. Pria kelahiran Semarang 48 tahun lalu ini banyak menghabiskan kedinasannya di Pangkalan TNI AL wilayah Ujung Pandang dan Manado. Setelah mengikuti pendidikan Kursus Manajemen Strategis pada 2013 lalu, Dokter Hengky berdinas di Rumah Sakit TNI AL Mintoharjo Jakarta.
Sementara itu dalam sambutannya, Pangkolinlamil mengatakan bahwa serah  terima  jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan upaya pembinaan personel dan organisasi secara utuh yang diharapkan berdampak positif bagi yang bersangkutan dan organisasi, guna memperoleh output yang semakin baik dari waktu ke waktu, dan pada akhirnya bermuara kepada terwujudnya pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi secara optimal. Lebih lanjut dijelaskan, Kadiskes  Kolinlamil merupakan unsur pelaksana pada tingkat Mako Kolinlamil yang bertugas untuk menyelenggarakan fungsi pembinaan kesehatan keangkatan-lautan dan kesehatan umum di Lingkungan Kolinlamil yang meliputi kesehatan preventif, uji badan, pengobatan, perawatan kesehatan dan pengendalian kesehatan di lingkungan Kolinlamil.
Selanjutnya Letkol Laut (K) dr. Hanung Sunarwibowo, Sp. OT akan menempati jabatan yang baru sebagai Kepala Bagian Penyakit Dalam Rumah Sakit Marinir Cilandak. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., para Asisten Pangkolinlamil, Dansatlinlamil Jakarta, Kepala Dinas/Kasatker Kolinlamil serta para Komandan Unsur di jajaran Satlinlamil Jakarta.
(Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27605/JABATAN-KADISKES-KOLINLAMIL-DISERAHTERIMAKAN.aspx

PISAH SAMBUT KEPALA DINAS PSIKOLOGI TNI ANGKATAN LAUT
= Rabu, 2 Maret 2016 =
Acara pisah sambut Kadispsi Angkatan Laut Laksamana Pertama  TNI Drs. A. Burhan Wijaya, M.Si., Psikolog dan Kolonel laut (KH) Drs. Mithra, M.Com., Psikolog, yang dihadiri oleh mantan Kadispsi/Ka Lapsi beserta Ibu, Satuan/Instansi samping, mantan anggota Dispsi, Ibu-ibu  Pengurus Jalasenastri Ranting F cabang 4 dan seluruh anggota Dispsi Angkatan Laut berlangsung meriah, Rabu (02/03/2016) kegiatan  diselenggarakan di Gedung Serbaguna Dispsi Angkatan Laut Jalan Raya Juanda Km 1 Gedangan Sidoarjo. Para mantan Kadispsi/Ka Lapsi  yang hadir pada saat itu antara lain Laksda TNI FX. Agus Susilo, M.M, Laksma TNI  (Pur) drg. Budi Siswanto, M.M, Kolonel Laut (Pur) Zainal Abidin, Kolonel Laut (Pur) Drs. Bchtiar Susanto. M.BA, dari Satuan samping dari Pejabat sendiri atau yang mewakili antara lain dari Puspenerbal, Lanudal Juanda, Brigif I Mar, Pasmar I, Balurjaltim,  Lanud TNI AU Surabaya, Puslatdiksarmil,  Yonif 3 Marinir/Sby,  Dilmil Tinggi 12/Sby, Dilmil Tinggi III/Sby,  Polsek Gedangan, Polsek Wonokromo,  Himpsi Jatim serta perwakilan dari UHT Surabaya. Acara pisah sambut diawali pembukaan oleh Pembawa  acara, pembacaan doa. dilanjutkan Sambutan dari Kadispsi Angkatan Laut lama Laksma TNI Drs. A. Burhan Wijaya, M.Si., Psokolog yang isinya ucapan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Kadispsi Angkatan Laut yang baru Kolonel laut (KH) Drs. Mithra, M.Com, para Kasubdis/Kala, seluruh anggota Dispsi Angkatan Laut baik, Bintara, Tamtama dan PNS yang telah  menjalin kerja sama yang baik sehingga beliau dapat melaksanakan tugas yang diemban dalam pengabdiannya kepada TNI Angkatan Laut  dengan baik, walaupun di dalam setiap tugas pasti ada kelebihan dan kekurangannya, banyak kesan dan pesan yang didapat selama beliau menjabat yaitu dengan selalu ingin memajukan Dinas Psikologi dalam segala bidang termasuk di dalamnya bidang olah raga, diantaranya bola volley. Futsal dan menembak pistol serta olah raga lainnya sehingga menorehkan prestasi,  sambutan Kadispsi Angkatan Laut yang baru Kolonel Laut (KH) Drs. Mithra, M.com., Psikolog antara lain akan meneruskan Roda kemudi Jabatan dari Kadispsi lama serta akan meningkatkan apa yang telah diraih, baik prestasi maupun kemajuan, hal yang membanggakan Dispsi adalah atas bimbingan beliau dan latihan yang serius sehingga Kowal Dispsi Angkatan Laut mendapat juara ke tiga dalam HUT Kowal ke 53  Tahun 2015 se-wilayah Surabaya, hal yang perlu diingat lagi adalah  memberikan penekanan kepada seluruh anggota  baik Perwira, Bintara maupun Tamtama selalu mengedepankan aturan permildas bagi setiap prajurit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di setiap Kesatuan TNI AL di manapun bertugas, selesai acara sambutan dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dan foto bersama. Sebelum acara pisah sambut ditutup dengan ramah tamah ada satu persembahan sebuah lagu dari kumpulan Kowal Dispsi Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kolonel Laut (KH/W) Drs. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog yang memberikan pesan ungkapan rasa terima kasih dan persahabatan atas kepemimpinan beliau yang banyak menorehkan prestasi bagi Kowal khususnya hingga mengakhiri purna tugas, selesai acara ramah tamah dilanjutkan farewell dimana seluruh anggota berjajar dari Gedung Serbaguna hingga pintu gerbang utama, Kadispsi Angkatan Laut lama Laksma TNI Drs. A. Burhan Wijaya, M.Si., Pskolog beserta Ibu Drs.A. Burhan Wiaya bersalaman satu persatu hingga berakhir melewati Vallreep di Gerbang Utama Dinas Psikologi Angkatan Laut dan dilepas oleh Kadispsi Angkatan Laut yang baru, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Dispsi Angkatan Laut. Selamat Jalan Bapak Laksma TNI Drs. A. Burhan Wijaya. M.Si., Psikolog, terima kasih atas segala dedikasi pengabdiannya kepada komunitas Psikologi, TNI AL/TNI. 
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27618/Default.aspx

KOLONEL LAUT (P) ISWAN SUTISWAN, SE DAN KOLONEL LAUT (P) AGUS PRAYITNA, S.T JABAT KETUA P2M DAN P3M
Kolonel Laut (P) Iswan Sutiswan, S.E yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjian Bangdik) Seskoal dikukuhkan sebagai Ketua Pusat Penjaminan Mutu (P2M). Sementara Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur Pengkajian Strategi dan Operasi (Dirjianstraops) Seskoal dikukuhkan sebagai Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M). Pengukuhan dilaksanakan Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dihadapan Wadan Seskoal Laksma TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, Calon Wadan Seskoal Laksma TNI Sulistiyanto, S.E, M.M, M.Sc, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi, M.Tr (Han), M.A.P, Paban III Persdik Mabesal serta para Pejabat Utama Seskoal. Pengukuhan ini dilaksanakan seiring dengan diresmikannya dua lembaga baru dibawah Seskoal yaitu P2m dan P3M. P2M dan P3M merupakan organisasi yang dibentuk sebagai sarana untuk akreditasi Perguruan Tinggi sesuai ketentuan yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi-Dikti yaitu Badan yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan Akreditasi, yaitu sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan konfrehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada peningkatan standard mutu pendidikan. Terbentuknya kedua lembaga ini sebagai penyelenggara Program Pendidikan Magister Terapan (S2 Vokasi) Politeknik TNI AL bagi Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Seskoal dan dalam pelaksanaan program kegiatannya akan selalu berkoordinasi dengan Dirjen Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan berita acara, penekanan tombol peersemian, penyerahan dua dokumen P2m dan P3m kepada kedua pejabat tersebut serta pemotongan tumpeng oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dan diserahkan kepada Ketua P2m dan Ketua P3M. (Pen Seskoal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/27551/Default.aspx