1-9 April 2016

LAKSAMANA PERTAMA TNI MANAHAN SIMORANGKIR DILANTIK SEBAGAI DANPUSPENERBAL
= Jum'at, 8 April 2016 =
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) dari Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta, kepada Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., bertempat di Appron Hanggar Lanudal Juanda, Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/4/2016). Komandan baru Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lantamal VIII Manado merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-31 tahun 1986. Perwira Korps Pelaut kelahiran Medan tahun 1961 ini memiliki background berprofesi sebagai
seorang penerbang pesawat udara jenis fixed wing di jajaran TNI AL. Peraih S2 pada Nasional Security USA tahun 2012 ini, juga pernah mengenyam pendidikan pada National War College USA dan National Defence University USA. Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. mengatakan, bahwa serah terima jabatan Komandan Puspenerbal merupakan wujud pembinaan personel yang memiliki makna strategis dan penting bagi kesinambungan organisasi. Di sisi lain, serah terima jabatan Komandan Puspenerbal juga merupakan kepercayaan pimpinan TNI bagi pejabat yang bersangkutan untuk menjalankan tour of duty dan tour of area, sehingga diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi lingkungan Puspenerbal dan lahirnya berbagai gagasan yang inovatif, kreatif dan profesional.
Masih menurut Kasal, Puspenerbal adalah Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI Angkatan Laut yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi Penerbangan Angkatan Laut yang meliputi fungsi intai udara taktis, anti kapal selam, anti kapal atas air, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat, dan pengamatan laut terbatas sebagai bagian dari sistem senjata armada terpadu. Pembangunan kekuatan Penerbangan Angkatan Laut harus beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Pesawat udara merupakan alutsista yang memiliki tingkat kehandalan tinggi baik pada aspek kecepatan, manuver, kesenjataan dan teknologi. Untuk itu, pesawat yang sudah tidak layak operasi akan segera dimodernisasi dengan yang baru. Sejalan dengan upaya modernisasi alutsista tersebut, dibutuhkan peningkatan kompetensi dan kesiapan personel Penerbangan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan melalui pendidikan dan latihan baik di dalam maupun di luar negeri”, terang Kasal. Dalam kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta, selaku pejabat lama atas dedikasi, pengabdian, jerih payah dan kerja kerasnya dalam membina, membangun dan memajukan Puspenerbal selama ini. Kepada Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., Kasal juga memberikan selamat sekaligus memberikan penekanan, bahwa jabatan tersebut merupakan amanah yang harus dijawab dengan tekad dan semangat untuk terus memajukan TNI Angkatan Laut. Upacara sertijab orang nomor satu di jajaran Puspenerbal ini, dihadiri para Asisten Kasal, para Pangkotama Angkatan Laut, para Kepala Dinas di lingkungan Markas Besar Angkatan Laut, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Gubernur Jatim beserta Muspida Jatim, Bupati beserta Muspida Kabupaten Sidoarjo, para mantan Komandan Puspenerbal, para sesepuh Penerbangan Angkatan Laut, para mitra kerja di lingkungan Puspenerbal, serta undangan lainnya.
Demikian Press Release Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28344/Default.aspx

PENYERAHAN 5 JABATAN STRATEGIS KEPADA KOMANDAN SESKOAL
= Jum'at, 8 April 2016 =
Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M, hari ini, Jumat (08/04) menerima lima jabatan strategis  di jajaran Seskoal yang dilaksanakan di Gedung Olahraga M. Romly, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan disaksikan Wadan Seskoal Laksma TNI Sulistiyanto, S.E, M.M, M.Sc, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi, M.Tr (Han), M.A.P, para pejabat Utama Seskoal, Patun dan dosen, perwakilan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-54 TP 2016 serta undangan lainnya. Kelima jabatan tersebut adalah Direktur Pendidikan Seskoal yang sebelumnya dijabat Kolonel Laut (P) Tatit E. Witjaksono, S.E, M.Tr (Han) dan saat ini telah menduduki jabatannya yang baru di Mabes TNI, Jabatan Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Kolonel Laut (P) R. Teguh Isgunanto, M.A yang akan menjabat sebagai Paban II Spamal di Mabesal  serta tiga jabatan lainnya yang ditinggalkan pejabatnya karena harus mengikuti pendidikan Sesko TNI yaitu Komandan Korp Siswa (Dankorsis) Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Kepala Operasi Pengajaran (Kaopsjar) Kolonel Laut (P) Prio Budi Leksono, S.E, dan jabatan Kepala Pusat Olah Yudha (Kapusoyu) Kolonel Laut (P) Fransiscus Herman, S.T. Komandan Seskoal  Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa pergantian pejabat dalam suatu organisasi militer merupakan kegiatan formal yang dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategis yang bermakna terealisasinya upaya dinamisasi organisasi dan kaderisasi dalam rangka memperoleh pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran dengan selalu berorientasi kepada terwujudnya efesiensi dan efektivitas organisasi guna menghasilkan output yang lebih optimal. Lebih lanjut dikatakan, Dirdik Seskoal memiliki peran yang strategis yang berkaitan erat dengan peran akademis dimana didalamnya dituntut kemampuan untuk merencanakan, mengevaluasi serta membina kegiatan pendidikan Seskoal, sedangkan jabatan Kapusjianmar memiliki peran yang strategis diantaranya sebagai unsur pembantu pimpinan Seskoal yang salah satunya bertugas merencanakan, menyusun, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pengkajian dan penelitian kebijakan serta doktrin pertahanan Negara di laut dan keamanan maritim.
Sementara peran strategis Dankorsis adalah bertugas menyelenggarakan, mengatur dan melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keberadaan Perwira Siswa (Pasis) selama menempuh pendidikan di Seskoal. Kaopsjar bertugas untuk mengendalikan sistem pengajaran bagi pendidikan di Seskoal, menyusun dan melaksanakan jadwal pengajaran sebagai penjabaran kurikulum dan melaksanakan dukungan anggaran, alin dan alonging serta laboratorium bahasa. Demikian pula jabatan Kapusoyu yang bertugas dibidang pembinaan dan pengembangan perangkat lunak dan keras, menyelenggarakan, mengendalikan kegiatan latihan olah yudha serta simulasi lain dalam rangka menyelenggarakan program pendidikan di Seskoal. Acara ditandai dengan pelepasan pangkat dan tanda jabatan yang dilanjutkan dengan penendatanganan penyerahan jabatan dan ramah tamah. (Pen Seskoal)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28361/Default.aspx

KOLONEL LAUT (E) G. SUGIONO, S.H. JABAT DANLANAL MALANG
Selain pengukuhan Danlanal Malang, dalam kesempatan yang sama juga dilangsungkan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Tim Intelijen (Dantimintel) Lantamal V dari Letkol Laut (KH) Achmad Syaifuddin, S. H. Kepada penggantinya Letkol Laut (T) Ariyadi, S. E. Danlantamal V dalam amanatnya mengatakan bahwa rotasi jabatan dalam tubuh TNI merupakan proses alami yang harus dilakukan, sebagai upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang dilandaskan pada kepentingan pembinaan personel dan satuan. “Apa yang sudah berjalan baik agar dipertahankan, dan bila masih ada yang belum berjalan baik maka segera diperbaiki dan dimaksimalkan,” pinta Rudy -sapaan akrab Danlantamal V ini. Menurutnya, keberadaan Lanal Malang memiliki fungsi yang strategis dalam pelaksanaan tugas di dalam jajaran Lantamal V. Lanal Malang merupakan satuan kerja yang berkedudukan langsung dibawak Komandan Lantamal V mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur TNI AL dan TNI yang berada diwilayah kerjanya serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan pangkalan, bekerjasama dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Lanal Malang adalah jenis pangkalan Tipe Khusus, yang salah satu fungsinya mendukung kegiatan protokoler serta terus menerus meningkatkan kemampuannya melalui upaya-upaya seriau dengan mensinergikan segenap kemampuan yang dimiliki guna terlaksanakanya tugas dan fungsi pangkalan yang akhirnya menampilkan citra positif dilingkungan masyarakat. Begitu juga dengan Tim Intelijen Lantamal V yang merupakan badan pelaksana tehnis dibawah danlantamal V, harus mampu menyiapkan, merencanakan dan melaksanakan program dibidang intelijen maritim meliputi kegiatan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan berdasarkan rencana dan program Lantamal V. Komandan Lantamal V mengucapkan terima kasih kepada Letkol Laut (KH) Achmad Syaifuddin, S.H. atas pengabdian dan prestasi yang telah diberikan selama melaksanakan tugas di Lantamal V. Hadir dalam acara serah terima jabatan ini Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E., M.M, para Asisten Danlantamal V, para Danlanal jajaran Lantamal V, Kadis dan Kasatker serta perwira staf lainnya di jajaran Mako Lantamal V. (Dispen Lantamal V)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28338/Default.aspx

PANGARMATIM PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN LANTAMAL VIII MANADO
= Kamis, 7 April 2016 =
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto,S.H.,M.A.P., memimpin jalannya upacara militer serah terima Jabatan Komandan Lantamal VIII Manado dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Manahan Simorangkir,S.E.,M.Sc, kepada Laksamana Pertama  TNI Suselo yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya Kamis (07/4). Laksma TNI Suselo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Kerja sama Internasional (Kapuskersin) TNI yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan XXX, tahun 1985 kini resmi menjabat Komandan Lantamal VIII Manado. Sedangkan Laksma TNI Manahan Simorangkir yang merupakan lulusan AAL angkatan XXXI, tahun 1986, akan melanjutkan tugas sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) di Juanda. Dalam amanatnya Pangarmatim menyampaikan, serah terima jabatan merupakan tuntutan kebutuhan organisasi, dihadapkan dengan tantangan pelaksanaan tugas dan pembinaan personel yang memberikan kesempatan serta peluang kepada para Perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya, guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.
Lebih lanjut Pangarmatim berharap dengan serah terima jabatan ini dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan. Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) adalah Komando pelaksana dukungan (Kolakduk) yang merupakan salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).
Selain itu, Lantamal memilki peranan yang sangat penting didalam pencapaian tugas Koarmatim. Kegiatan operasi laut tidak akan berjalan dengan optimal tanpa diimbangi oleh aspek dukungan yang baik dan memadai. Sebagai tempat pembekalan, tempat pemeliharaan dan perbaikan, tempat istirahat serta rekreasi bagi personel unsur-unsur operasional TNI Angkatan Laut atau dikenal dengan “5R” yaitu “Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation” harus terus dibina dan ditingkatkan kemampuannya.
Sebagai wakil RIBC antara Indonesia dengan Philipina, Komandan Lantamal VIII dalam kepemimpinannya di wilayah perairan  yang merupakan corong  dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan III sebagai jalur pelayaran Internasional yang berbatasan dengan Malaysia dan Philipina, potensi kerawanan terkait masalah pelanggaran perbatasan perairan dengan kedua Negara, diharapkan mampu melaksanakan pengawasan dan pengamanan yang lebih baik sehingga jaminan tetap tegaknya kedaulatan NKRI di wilayah Lantamal VIII akan terus berlangsung. Hadir dalam acara tersebut Kasarmatim Lakma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, Komandan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., para Komandan Lantamal jajaran Koarmatim, dan para pejabat Utama Koarmatim serta para Sahli Pangarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim dan Komandan Unsur yang berada di Pangkalan. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28308/Default.aspx

KASAL PIMPIN SERTIJAB ASOPS KASAL
= Senin, 4 April 2016 =
Jabatan Asisten Operasi (Asops) Kasal diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Arie Soedewo, S.E., kepada Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Aryatmaja, S.E., bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dilaksanakan di Lobby Gedung R.E. Martadinata Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (4/4). Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Aryatmaja, S.E., dilahirkan di Denpasar, Bali, 22 Maret 1960 sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Kasal, sedangkan Laksamana Muda TNI Arie Soedewo, S.E., yang dilahirkan di Banjar, 1 Mei 1960, telah menempati jabatan baru sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla).
Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk terus bergerak maju, agar dari waktu ke waktu menjadi semakin baik. “Oleh karena itu, dengan adanya serah terima jabatan ini, diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan organisasi TNI Angkatan Laut, serta muncul penyegaran ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif, sehingga kinerja TNI Angkatan Laut ke depan semakin meningkat,” ujar Kasal.
Menurut Kasal, jabatan yang diemban merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. Kasal berharap, melalui jabatan tersebut dapat menunjukkan potensi yang dimiliki dengan melahirkan gagasan dan ide-ide cemerlang dalam rangka meningkatkan kinerja pada satker yang dipimpin.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring, Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, dan Para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28196/KASAL-PIMPIN-SERTIJAB-ASOPS-KASAL.aspx

6 PERWIRA TINGGI TNI AL NAIK PANGKAT
= Jum'at 1 April 2016 =
Sebanyak enam Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya dihadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Inspektur Upacara dalam upacara kenaikan pangkat, di Lobby Gedung R.E. Martadinata, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jumat (1/4). Keenam Perwira Tinggi tersebut masing-masing: Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P.(Aslog Kasal), Laksamana Pertama TNI dr. Lukman Djauw, M.Kes. (Kadiskesal), Laksamana Pertama TNI Ir. Aziz Ikhsan Bactiar, M.Tr (Han) (Kadismatal), Laksamana Pertama TNI Ir. Christanto Purnawan (Kadissenlekal), Laksamana Pertama TNI Drs. Mithra, M.Com. (Kadispsial), dan Laksamana Pertama TNI ING. Sudihartawan, S.Pi. (Danguskamlatim).
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya mengatakan, kenaikan pangkat bagi perwira merupakan bagian dari sistem pembinaan personel yang dilakukan secara berkesinambungan didasarkan pada penilaian obyektif sesuai dengan persyaratan dan kompetensi yang telah ditentukan.
Kenaikan pangkat merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan. “Dengan kenaikan pangkat ini, hendaknya harus lebih memahami tuntutan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar, serta memantapkan komitmen pengabdian dan mengembangkan kemampuannya sesuai dengan strata kepangkatan perwira tinggi”, tegas Kasal. Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut wilayah Barat, dan Para Kepala Dinas di Lingkungan Mabesal. Demikian Press Release Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28164/6-PERWIRA-TINGGI-TNI-AL-NAIK-PANGKAT.aspx