10-18 April 2016

SERTIJAB KOMANDAN KOMPI MARKAS BATALYON TANK AMFIBI-1 MARINIR
= Senin, 18 April 2016 =
Komandan Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir Mayor Marinir Ukik Ari Nursanto M.Tr. (Hanla) memimpin upacara serah terima Jabatan Komandan Kompi Markas Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir di Lapangan Apel Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin (18/04/2016). Jabatan Komandan Kompi Markas Batalyon Tank Amfibi -1 Marinir diserahterimakan dari Kapten Marinir Asdin Siahaan kepada Kapten Marinir Watika Rahmatika yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kompi Cheetah Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir. Kapten Marinir Asdin Siahaan selanjutnya menjabat sebagai Perwira Seksi Logistik Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir mengatakan, alih tugas jabatan dalam Korps Marinir memiliki dua dimensi makna yang penting yaitu dimensi dinamika dan dimensi pembinaan, dari sisi dinamika alih tugas jabatan merupakan kebutuhan dan keharusan bagi sebuah organisasi guna memelihara momentum performance dalam pencapaian tugas pokok ke depan, sedangkan dinamika pembinaan merupakan implementasi nyata dari pembinaan personel dan regenerasi jabatan dalam koridor pembinaan dan penyegaran organisasi. Di akhir amanatnya, orang nomor satu di Batalyon Tank Amfibi -1 Marinir itu menyampaikan ucapan selamat kepada Kapten Marinir Asdin Siahaan dan Kapten Marinir Watika Rahmatika untuk jabatan yang baru semoga amanah tersebut dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28579/Default.aspx

DANLANTAMAL III JAKARTA MEMIMPIN UPACARA PENYERAHAN JABATAN KAKUWIL DAN SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL PALEMBANG
= Sabtu, 16 April 2016 =
Jakarta, 16 April 2016.- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn.,  memimpin upacara penyerahan jabatan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta dan serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palembang di Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/4). Upacara penyerahan jabatan Kakuwil Lantamal III dari Kolonel Laut (S) Sunaryadi, S.E. M.Si., kepada Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., di ruang Serba Guna dan upacara serah terima jabatan Danlanal Palembang dari Kolonel Laut (P) Purwanto, S.E., M,Si., kepada Kolonel Laut (P) Hersan, S.H., dilaksanakan di lapangan Apel Mako Lantamal III Jakarta.
Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar)  R.M. Trusono, S.Mn., pada upacara penyerahan jabatan Kakuwil Lantamal III Jakarta, mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan konsekuensi logis sebagai tuntutan kebutuhan dinamika organisasi agar dari waktu ke waktu menjadi lebih baik. Dihadapkan dengan kompleksnya permasalahan yang dihadapi, maka serah terima jabatan yang diselenggarakan ini menjadi salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut.
Perlu kita ketahui bersama bahwa Keuangan Wilayah Lantamal III merupakan organisasi yang relatif baru, yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan keuangan di wilayah Lantamal III dan sekaligus sebagai koordinator pelaksana rekonsiliasi intern yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola BMN, Badan Perencanaan dan Badan Keuangan serta sebagai koordinator pelaksanan rekonsiliasi ekstern dengan Kanwil DJKN dan DJPBN guna menyusun laporan keuangan di wilayahnya.
Sementara itu,  dalam  sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., pada upacara serah terima jabatan Danlanal Palembang mengatakan serah terima jabatan Danlanal Palembang yang dilaksanakan kali ini adalah perwujudan dari suatu proses mata rantai pembinaan personel secara profesional, serta menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi kearah yang lebih baik.
Lebih lanjut, Danlantamal III Jakarta mengatakan bahwa Lanal Palembang merupakan satuan pelaksana di bawah Lantamal III yang bertugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, menyelenggarakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan  dan keamanan negara di laut dan menyelenggarakan operasi keamanan laut serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Lanal Palembang. Sebagaimana kita ketahui, wilayah kerja Lanal Palembang mencakup Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi,  wilayah tersebut dinilai  sangat  strategis,  kerena berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) dan merupakan jalur perekonomian yang intensitasnya sangat tinggi serta memiliki akses ke Selat Bangka dan ke Laut Cina Selatan. Hal tersebut berdampak positif terhadap pembangunan daerah dan sekaligus mengandung kerawanan-kerawanan tertentu seperti perompakan, Illegal Fishing, Illegal Logging maupun kecelakaan di sungai atau di laut. Menghadapi hal tersebut, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut, Lanal Palembang dituntut untuk terus meningkatkan patroli keamanan laut dengan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) maupun dengan melibatkan kapal patroli instansi lain sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. Disamping itu juga untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan lain, baik dalam wujud bantuan kemanusiaan, SAR dan pertolongan terhadap kecelakaan khususnya yang terjadi di sungai maupun di laut dan juga membantu penanggulangan kebakaran hutan. Pada acara ramah tamah, Danlantamal III Jakarta, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Laut (S) Sunaryadi, S.E., M.Si., yang telah melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Keuangan Lantamal III semoga pengalaman ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat dalam mengemban tugas ditempat yang baru sebagai Kasubdis Bekkapsatkan Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Disbekal) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal). Kepada Kolonel Laut (P) Purwanto, S.E., M.Si., selama menjabat Danlanal Palembang telah mampu melaksanakan tugasnya  dengan baik, untuk itu disampaikan ucapan terima kasih dan sukses untuk  mengikuti pendidikan Sesko TNI dan kepada Kolonel Laut (P) Hersan, S.H., disampaikan ucapan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas baru sebagai Danlanal Palembang.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PLH Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Kolonel Laut (T) Wisnu Sumarto, S.T., M.Si (Han), para Asisten Danlantamal III Jakarta  dan Kasatker  jajaran Lantamal III Jakarta. Dalam kesempatan bersamaan, Ketua Koordinator Cabang (Korcab)  III Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ibu Dra. Erna Purnamawati R.M. Trusono memimpin acara serah terima jabatan Ketua Cabang V Korcab III DJAB dari Ibu Endang Yudarwasih Purwanto, S.H. kepada Ibu Dita Briliani Hersan, S.E. yang dihadiri seluruh pengurus Korcab III DJAB di Kantor Korcab III DJAB Mako Lantamal III Jakarta. (Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28524/Default.aspx

KOLONEL LAUT (E) BAMBANG SUSENO INDRO P JABAT ASINTEL DANLANTAMAL V
= Jum'at, 15 April 2016 =
Serah Terima Jabatan (Sertijab)  merupakan suatu proses yang selalu akan dilakukan oleh TNI Angkatan Laut, hal tersebut merupakan tuntutan dari dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh yang saling terkait antara aspek personel, organisasi dan situasi yang dihadapi serta pergantian jabatan merupakan kebutuhan organisasi untuk memberikan penyesuaian kinerja organisasi dalam mengimplementasikan tugas, peran dan fungsinya.
Hal tersebut diungkapkan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S. AP, saat memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asuisten Intelijen (Asintel) Danlantamal V dari Kolonel Laut (E) Adin Nurawaluddin yang melaksanakan tugas belajar di Sesko TNI kepada Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P, S.H. di Lobi Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Jum’at (15/4), Bambang –sapaan akrab pria kelahiran Bandung, 7 Februari 1972 - adalah lulusan AAL ke-39 tahun 1993. Sebelum menempati jabatan Asisten Danlantamal V, suami dari Mayor Laut (K) Drg. Yulierni ini memulai kariernya di TNI AL dengan menempati jabatan sebagai Aspadiv Teksen KRT Badik-623, Kadiv leknavkom KRI Nala-363, Kadiv Lekdalsen KRI Nala-363, kemudian mengambil jalur sekolah intelijen dan berdinas dibeberapa jabatan di bidang intelijen.
Jabatan strategis lainnya sebelum menjabat Asintel Danlantamal V antara lian menjabat Dandentimintel Koarmabar (2013),  Asisten Danlantamal VIII Menado (2014), Kasubdis Pam Dispamal Mabesal (2015) dan sekarang sekarang sebagai Asintel Danlantamal V. Menurut Rudy –sapaan akrab Danlantamal V ini- Asintel Danlantamal V adalah unsur staf dibawah komandan Lantamal V yang mempunyai tugas membantu, merumuskan dan mengembangkan kebijakan dibidang intelijen maritim yang meliputi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan.  Staf intelijen juga merupakan kepanjangan tangan komando dalam merencanakan dan menyusun operasi intelijen maritim. Staf Intelijen Lantamal V lanjutnya, adalah pendukung utama Komandan Lantamal V dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan Danlantamal V di bidang intelijen maritim dengan menerapkan sistem deteksi dini (Early Warning System) diharapkan tercipta kewaspadaan dini (Force Knowledge ), sehingga terwujud kondisi keamanan laut yang stabil dan kondusif di wilayah kerja Lantamal V Surabaya. “Saya mengucapkan terima kasih  kepada Kolonel Laut (E) Adin Nurawaluddin, atas pelaksanaan tugas dan pengabdian selama ini. kepada Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P. S.H.  selamat menjabatan Asintel Danlantamal V, ini merupakan wujud kepercayaan pimpinan TNI AL dan merupakan amanah yang harus diaplikasikan melalui kerja keras dan pengabdian yang tulus serta optimis  dalam melaksanakan tugas dengan optimal,” tegas Rudy. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal V Kolonel Laut (P)  Isbandi Andrianto, S.E., M.M., para Asisten Danlantamal V, Kafasharkan Surabaya, Danpomal Lantamal V, Dandenma, Dansatkamla serta para Kadis/Kasatker Lantamal V Surabaya lainnya. (Dispen Lantamal V)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28515/Default.aspx

KASAL TERIMA PELAPORAN KENKAT 10 PATI TNI AL
= Jum'at, 15 April 2016 =
Sebanyak sepuluh Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya dihadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Inspektur Upacara dalam upacara kenaikan pangkat, di Lobby Gedung R.E. Martadinata, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jumat (15/4). Kesepuluh Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut tersebut antara lain: Laksamana Muda TNI Robbin Astono Widodo, S.E. (Pati Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI), Laksamana Muda TNI Ir. Rusmali Anggawiria (Wakil Rektor II Bid. Umum & Keuangan Unhan), Laksamana Muda TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD., (Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan), Laksamana Pertama TNI Riyadi Syahardani (Direvdik Deputi Bid. Dik. Pimp. Tk. Nasional Lemhanas), Laksamana Pertama TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) (Kapuskersin TNI), Laksamana Pertama TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M., (Danlantamal II/Padang), Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang (Dankorsis Sesko TNI), Laksamana Pertama TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS., (Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan), dan Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto (Danlantamal I/Belawan).
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat bagi personel TNI Angkatan Laut merupakan bagian dari penyelenggaraan roda organisasi dan pembinaan karier prajurit. Keputusan pemberian kenaikan pangkat dilakukan melalui proses yang berkesinambungan dengan didasarkan pada penilaian obyektif terhadap persyaratan administrasi dan kompetensi personel.
Lebih lanjut Kasal mengatakan “kenaikan pangkat juga merupakan wujud penghargaan Negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan. Oleh karenanya, anugerah ini patut disyukuri dan dijadikan motivasi dalam melaksanakan tugas pengabdian. Integritas, keteladanan dan semangat pengabdian yang tanpa pamrih merupakan kunci keberhasilan dalam meniti karier bagi prajurit TNI,” terang Kasal. Diakhir amanatnya Kasal menegaskan “Dengan kenaikan pangkat ini, hendaknya para perwira memahami bahwa tuntutan tugas dan tanggung jawab yang ada semakin besar, khususnya untuk meningkatkan kinerja organisasi satker yang dipimpin, memantapkan komitmen pengabdian dan mengembangkan kemampuan diri yang dapat mendukung pelaksanaan berbagai tugas di masa mendatang,” ujarnya. Hadir dalam acara pelaporan kenaikan pangkat tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut wilayah Barat, dan Para Kepala Dinas di Lingkungan Mabesal. Demikian Press Release Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/28510/KASAL-TERIMA-PELAPORAN-KENKAT-10-PATI-TNI-AL.aspx