22-31 Oktober 2016

KOLONEL LAUT (P) GIG J.M. SIPASULTA JABAT KADISPENAL
tag : Jum'at 28 Oktober 2016-
Jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) resmi diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., kepada pejabat baru Kolonel Laut (P) Gig Jonias Mozes Sipasulta, Jumat (28/10), di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur.
Upacara serah terima tugas dan jabatan Kadispenal dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., bersamaan dengan sertijab Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal)
Dikatakan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat memimpin upacara sertijab Kadispenal bahwa, kebebasan pers yang marak terjadi di negeri ini tentu menjadi langkah positif sebagai media penyaluran berita sekaligus tantangan tersendiri bagi Dispenal dalam meningkatkan kapabilitas information warfare dan cyber warfare, sekaligus menjadi center of excellent perubahan mind-set
bangsa dari land based oriented, menjadi maritime based oriented di masa mendatang. “Kita semua berharap, melalui jabatan tersebut dapat menunjukkan potensi yang dimiliki dengan melahirkan gagasan dan ide-ide cemerlang dalam rangka meningkatkan kinerja pada Satuan Kerja yang dipimpin,” tegas Kasal. TNI Angkatan Laut patut berbangga, kata Kasal,  karena selama ini berbagai upaya yang dilaksanakan di satker Dispenal telah berhasil meningkatkan kualitas kinerja organisasi secara optimal.  “Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras maupun dedikasi dan kepemimpinan dari Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E.,” ujar Kasal Pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) Gig J.M. Sipasulta, yang saat ini duduk sebagai orang nomor satu di jajaran Penerangan Angkatan Laut, sebelumnya  menjabat sebagai Paban V Kerkamtas Sops Mabes TNI, dan merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-33 tahun 1988. Perwira korps pelaut kelahiran Solo tahun 1965 ini, pernah mengenyam pendidikan Command Staff College di Australia. Sedangkan pejabat lama Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Lantamal V Surabaya. Berbagai penugasan strategis telah dilewati sebelum Kolonel Laut (P)  Gig J.M. Sipasulta, menduduki jabatan sebagai juru bicara Angkatan Laut, di antaranya: Palaksa KRI Pulau Rusa-726 tahun 1994, Palaksa KRI Pulau Rengat tahun 1997, Komandan KRI Pulau Raas-722 tahun 1999, Komandan KRI Pulau Rupat-712 tahun 2003 Komandan KRI Dewaruci tahun 2003, Wakil Komandan Resimen AAL tahun 2005, Komandan Satran Koarmatim tahun 2008, Komandan Lanal Dumai tahun 2010, Asops Lantamal IV Tanjung Pinang tahun 2011, Dosen SBS Jemen Modern Seskoal tahun 2012, Kasguskamla Koarmabar tahun 2013, dan Kapusjianmar Seskoal tahun 2016. Sehari sebelumnya telah dilaksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan Kadispenal mencakup berbagai tugas dan program kerja yang telah, sedang dan yang akan dilaksanakan Dispenal ke depan oleh Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., kepada Kolonel Laut (P) Gig J.M. Sipasulta, dihadiri para Perwira Dispenal, bertempat di ruang kerja Kadispenal, gedung B-4, lantai-2, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Usai acara serah terima jabatan dilaksanakan lepas sambut dari Kadispenal yang lama Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., kepada pejabat baru Kolonel Laut (P)  Gig Jonias Mozes Sipasulta, yang dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut dan wartawan cetak maupun elektronik.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31780/Default.aspx

UPACARA SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KAL ll-1-62/BOA
Komandan Satkamla Lantamal l Mayor Laut (P) Akhbar Faisal Harahap, S.E. pimpin Serah Terima
Pada kesempatan ini, selaku pribadi maupun atas nama personel Jajaran kesatuan Keamanan Laut, saya ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru Akbar Sutawijaya Malik, terima ksih atas karya yang disumbangkan pada Lantamal l. Semoga ditempat penugasan yang baru nanti dapat meraih perastasi yang lebih baik kepada Komandan KAL ll/1-62/Boa yang baru Kapten Laut (P) Robith Darius Shidqi saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kal ll-1-62/Boa saya percaya dengan bekal pengetahuan dan dimiliki, saudara akan mampu memimpin dikal boa sehingga tugas pokok dapat tercapai. Upacara dilaksanakan digeladak Kal Il-1-62/Boa yang diikuti peserta upacara Perwira, Bintara, Tamtama.
(Dispen Lantamal I)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31807/Default.aspx

PENGUKUHAN WAKIL PERWIRA STAF OPERASIONAL BATALYON HOWITZER-1 MARINIR
tag : Jum'at 28 Oktober 2016-
Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir  Letkol Marinir Marhabang., S.H.,M.Tr.Hanla, memimpin upacara pengukuhan Wakil Perwira Staf Operasional (Wapasiops), Komandan Baterai Alfa( Danrai A), Komandan Baterai Charlie (Danrai C) dan pelepasan Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Batalyon Howitzer-1 Marinir, di lapangan Futsal Sapu Jagad Batalyon Howitzer-1 Marinir, Karangpilang, Surabaya. Jum’at (28/10/2016).
Pada upacara pengukuhan dan pelepasan yang dihadiri oleh Seluruh Perwira Staf serta seluruh anggota Batalyon Howitzer-1 Marinir tersebut, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir mengukuhkan Wapasiops Batalyon Howitzer-1 Marinir yang dijabat oleh Kapten Marinir Yeyen Tuhardi yang sebelumnya menjabat sebagai Danrai A, sedangkan Danrai A dijabat oleh Kapten Marinir Febri Firmansyah (saat ini melaksanakan tugas Konga XXXVII) yang sebelumnya menjabat sebagai Danrai C dan jabatan Danrai C dijabat oleh Lettu Marinir Sumanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wadanrai B, serta pelepasan Kapten Marinir Samuel Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Pasi Intel Batalyon Howitzer-1 Marinir yang akan menempati jabatan baru sebagai Kasi Tikops Resimen Artileri-1 Mar. Dalam amanatnya, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir menyampaikan bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan suatu hal yang wajar dan alamiah. Hal ini bukan saja diarahkan untuk peremajaan dan kaderisasi, namun lebih dari itu diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan proaktif dalam menyikapi fenomena yang berkembang”, jelasnya. Pada kesempatan tersebut, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Kapten Marinir Samuel Nugroho sebagai Kasi Tikops Resimen Artileri-1 Marinir, serta kepada Wapasiops dan para Danrai baru, Komandan Batalyon Howitzer-1 juga mengucapkan selamat atas jabatan barunya dengan harapan dapat mempertahankan dan meningkatkan semua keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama. (Dispen Kormar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31781/Default.aspx

DANLANTAMAL II PADANG PIMPIN ACARA SERTIJAB KADISMINPERS LANTAMAL II
tag : Kamis 27 Oktober 2016-
Lantamal II Padang (27/10),- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksma TNI Rudwin Thalib, S.E., pimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Lantamal II dari Letkol Laut (KH) Joni Efendi, S.Pd., kepada Letkol Laut (KH) Zulkarni S.Ag di Lobby M. Nazir Lantamal II Padang, Kamis (27/10). Dalam amanatnya Danlantamal II mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan bagian penting dari proses dinamisasi pergantian pejabat di TNI Angkatan Laut khususnya lingkungan Lantamal II Padang. Lebih lanjut, pejabat Kadisminpers Lantamal II yang bertugas kewajiban menyelenggarakan pembinaan administrasi personel Lantamal II dan dalam tugasnya bertanggung jawab kepada Komandan Lantamal II. Hadir dalam acara sertijab Kadisminpers antara lain Wadan Lantamal II, para Asisten Danlantamal II, para Kadis/Kasatker Lantamal II dan Perwira serta PNS Sederajat Lantamal II. (Dispen Lantamal II)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31768/Default.aspx

PISAH SAMBUT DANLANAL LAMPUNG
tag : Selas 25 Oktober 2016-
Pemerintah Provinsi Lampung mengadakan acara pisah sambut Danlanal Lampung di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, Selasa malam (25/10). Acara serupa dirangkai dengan pisah sambut Kapolda Lampung, Danbrigif 3 Marinir dan Kapengti Tanjung Karang. Hadir pada saat itu Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo beserta ibu, Wakil Gubernur Lampung beserta ibu, Kajati Lampung, Sekdaprov beserta ibu, Kasrem 043/Gatam, Ketua DPRD Pemprov Lampung, dan undangan lainnya. Sementara itu pejabat lama dan baru Danlanal Lampung, Kolonel Laut (P) Yana Hardiyana, S.AP. dan Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., Kapolda Lampung, Danbrigif 3 Mar dan Kapengti Tanjung Karang juga hadir pada saat itu. Dalam kesan-kesannya dari pejabat lama diwakili oleh mantan Kapengti Tanjung Karang, Ibu DR.Hj. Sri Sutatik, S.H.,M.Hum. bahwa mereka merasa nyaman dinas di Lampung karena hubungan antar instansi di Pemprov Lampung sangat baik. Kemudian pada perkenalannya, Danlanal yang didampingi Ibu menyampaikan bahwa dengan kehadirannya di Lampung ini, akan membawa warna baru yang membantu pemerintah daerah di bidang kelautan.
Sementara itu Gubernur Ridho Ficardo menyampaikan apresiasi kepada para pejabat lama yang pindah tugas. Gubernur menjelaskan bahwa pembangunan di Provinsi Lampung yang berjalan dengan pesat, ini dikarenakan kekompakkan dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerahnya (Forkopimda).
Pada malam itu, Gubernur Lampung dan segenap unsur Forkopimda memberikan cinderamata kepada para pejabat lama. Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat lama dan baru. (Pen Lanal Lampung)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31751/PISAH-SAMBUT-DANLANAL-LAMPUNG.aspx

RIBUAN PRAJURIT LANTAMAL I SAMBUT KOMANDAN BARU
Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H. resmi menjabat Komandan Lantamal I yang serah terima jabatannya telah dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di Mako Koarmabar pada Jumat 21 Oktober 2016 lalu menggantikan Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.
Pada pisah sambut yang dilaksanakan di Mako Lantamal I, ribuan prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil berbaris membentuk jajar Kehormatan pagar betis dari depan Gerbang Mako Lantamal I hingga ke ruang VIP untuk menyambut Danlantamal I yang baru yang juga merupakan lulusan terbaik dan mendapatkan Bintang Seroja di Lemhannas ini. Penyambutan Danlantamal I Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H. yang merupakan putra asli dari Tanah Toraja ini, Sebelumnya melaksanakan Memorandum serah terima jabatan dengan pejabat
lama Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di gedung R. Mulyadi yang dihadiri oleh Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Nursyawal Embun, para Danlanal di bawah Jajaran Lantamal I, para Asisten Danlantamal I, Kadis dan Kasatker di lingkungan Mako Lantamal I.
Di tempat terpisah, dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Korcab I DJAB dari Nyonya Sri Widodo Dwi Purwanto kepada Ketua Korcab yang baru Nyonya Roberth Wolter Tappangan di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ibu Pengawas Yayasan Hangtuah.
Setelah melaksanakan Memorandum Serah terima jabatan, kedua pejabat lama dan yang baru melanjutkan rangkaian acara pisah sambut di gedung Balai Prajurit OB Sya'af yang kali ini turut dihadiri oleh seluruh Prajurit dan para undangan yang merupakan mitra kerja Lantamal I.
Dalam acara pisah sambut serta ramah tamah sekaligus pamitan Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto yang akan menempati jabatan baru sebagai Danpasmar 2 di Jakarta ini, dilaksanakan pemberian cendera mata serta penyampaian pesan dan kesan selama menjabat Danlantamal I. Selanjutnya, Danlantamal I yang baru yang didampingi istri turut juga memperkenalkan diri kepada seluruh Prajurit. Usai seluruh rangkaian kegiatan, dilanjutkan dengan entry briefing oleh Danlantamal I Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H. kepada seluruh Prajurit di jajaran Lantamal I di gedung Ob Sya'af Mako Lantamal I. (Dispen Lantamal I)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31740/Default.aspx

DANLANTAMAL III PIMPIN SERTIJAB KAFASHARKAN JAKARTA, KADISHARKAN DAN KASET LANTAMAL III
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, SH memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kafasharkan Jakarta, Kadisharkan Lantamal III dan Kaset Lantamal III di Gedung Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Selasa (25/10).
Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, SH dalam sambutannya mengatakan pergantian pejabat seperti ini adalah hal yang wajar dan biasa terjadi, yang merupakan salah satu upaya pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja organisasi dan sekaligus bertujuan untuk pembinaan karir peronel secara berkesinambungan. “Diharapkan perwira yang memperolegh kesempatan dan kepercayaan mengemban jabatan akan mampu meningkatkan wawasan berpikir, wawasan pengetahuan serta meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajerial,” kata Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, SH.

Jabatan Kafasharkan Jakarta diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Suhariyanto, SE kepada Letkol Laut (T) Ivan Arfani, Kadisharkan Lantamal III dari Letkol Laut (KH) Suharto, SE, M.Si kepada Letkol Laut (T) Moch Darwis AT dan Kaset Lantamal III dari Mayor Laut (S/W) Ade Marlinah kepada Mayor Laut (S/W) Ida Ayu Komang AD. Pejabat lama selanjutnya akan berdinas di tempat lain yakni  Kolonel Laut (T) Suhariyanto, SE di Koarmabar sebagai Sahli Pangarmabar bidang Teklog, Letkol Laut (KH) Suharto, SE, M.Si di Disinfolahtal Mabesal sebagai Kasi Silogmat  dan Mayor Laut (S/W) Ade Marlinah di Spersal Mabesal sebagai Pabanda Dalpro. Sedangkan pejabat baru masing-masing Letkol Laut (T) Ivan Arfani sebelumnya adalah Kadisbek Lantamal III, Letkol Laut (T) Moch Darwis AT sebelumnya Kasi Faslan Dislitbangal Mabesal dan Mayor Laut (S/W) Ida Ayu Komang AD sebelumnya Kabag Arsip Setum Kolinlamil. (Dispen Lantamal III)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31739/Default.aspx

PANGARMATIM MENJADI IRUP DALAM UPACARA SERTIJAB DANLANTAMAL VII
Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. menjadi inspektur upacara sertijab Komandan Lantamal VII di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang. Tongkat Komando yang semula dipegang oleh Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso diserahterimakan kepada Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Selasa (25/10/2016). Dalam amanatnya Pangarmatim mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI AL merupakan wujud dari dinamika organisasi yang memiliki makna penting bagi kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan manajemen sesuai peran, tugas dan fungsi yang diemban. Selain itu serah terima jabatan adalah proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel guna terealisasinya kaderisasi untuk mendapatkan penyegaran melalui munculnya ide-ide dan pemikiran baru
yang lebih inovatif dan kreatif. Semua itu diharapkan agar roda organisasi dapat terus bergerak maju menuju kondisi yang lebih baik dalam menyongsong tuntutan tugas kedepan yang lebih kompleks. Lanjutnya, sebagai representasi TNI AL di daerah Lantamal mempunyai peranan yang sangat strategis antara lain melaksanakan pembinaan kemampuan dan penyelenggaraan operasi keamanan laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut, melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Oleh karenanya lantamal harus mampu menjalin koordinasi dengan Stak Holder lainnya dalam rangka mewujudkan dirinya sebagai motivator dan dinamisator pembangunan kelautan di daerah. Lantamal VII dengan cakupan wilayah kerja yang cukup luas dan berbatasan langsung dengan 2 negara yakni Timor Leste dan Australia, sejalan dengan semakin ramainya pengguna jalur laut dan makin maraknya pelanggaran wilayah maupun tindak pidana dilaut Lantamal VII kupang dituntut untuk mampu berperan aktif dan ikut serta bertanggung jawab dalam memberikan jaminan keamanan kepada pengguna jalur pelayaran di wilayah kerjanya. Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. selaku pemimpin Koarmatim dan atas nama pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso atas dedikasi dan keberhasilan yang telah dicapai selama mengemban tugas sebagai Komandan Lantamal VII. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada ibu Nurul Amalia Lestari Siswoyo Hari Santoso yang selama ini memberikan dukungan moril dan motivasi kepada suami serta keterlibatan secara aktif dalam memimpin Korcab VII DJAT sehingga dapat tercapai keselarasan dan sinergi yang harmonis antara dinas dan organisasi Jalasenastri. Kepada Kolonel marinir Dedi Suhendar, Pangarmatim mengucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pemimpin TNI AL, hendaklah disadari bahwa jabatan tersebut adalah wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL sekaligus amanah yang harus dijawab dengan tekad dan semangat untuk terus memajukan TNI AL. (Dispen Lantamal VII)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31729/Default.aspx

KOMANDAN WING UDARA 1 PUSPENERBAL MENGUKUHKAN MAYOR LAUT (T) HADI ARIFIN SEBAGAI PASMINLOG WING UDARA 1
Senin tanggal 24 Oktober 2016 di Mako Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir menjadi inspektur upacara pengukuhan jabatan Pasminlog Wing Udara 1.
Dalam amanatnya disampaikan : Telah kita saksikan bersama pengukuhan jabatan Pasminlog Wing Udara 1 kepada Mayor Laut (T) Hadi Arifin, peristiwa ini pada dasarnya merupakan proses wajar yang harus dilaksanakan sebagai system pembinaan organisasi dan personel untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsive terhadap dinamika perkembangan lingkungan dan tantangan tugas dimasa mendatang. Dengan demikian pengukuhan jabatan dilingkungan Pusat Penerbangan Angkatan Laut khususnya Wing Udara 1, diharapkan akan membawa semangat dan
penyegaran ataupun timbulnya ide-ide pemikiran baru dalam lingkungan organisasi sehingga dapat menghasilkan keluaran yang makin berkualitas dari waktu ke waktu.
Seperti kita ketahui bersama bahwa tolok ukur keberhasilan tugas pokok Wing Udara 1 adalah mampu menghadirkan unsure-unsur pesawat udara baik yang beroperasi sepanjang tahun maupun yang siap untuk digerakan setiap saat guna melaksanakan perintah dari Pemimpin dalam rangka mewujudkan dan menciptakan stabilitas keamanan di dan atau lewat laut perairan yurisdiksi nasional.
Secara obyektif harus kita akui bahwa selama ini upaya-upaya untuk lebih meningkatkan kinerja di Wing Udara 1 telah banyak dilakukan dan telah menghasilkan berbagai peningkatan positif. Guna menunjang keberhasilan tugas pokok tersebut diperlukan sinergitas pemikiran antara staf dan Komandan sehingga mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung kegiatan operasional Wing Udara 1. Dalam hal ini maka fungsi dan peran seorang  Perwira staf administrasi logistik menjadi sangatlah penting mengingat fungsi pengkoordinasian personil, pengadaan dan pengendalian serta penggunaan logistic dalam memenuhi kebutuhan pemeliharaan Pesud untuk mendukung kegiatan operasional dilingkungan Wing Udara 1. Berkenaan dengan itu kepada Mayor Laut (T) Hadi Arifin, selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI AL, untuk mengemban tugas jabatan sebagai Pasminlog Wing Udara 1. Kepercayaan ini adalah suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan kepada Pemimpin TNI AL, namun keperayaan ini pula merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. Diharapkan dengan berbekal pengalaman yang telah dimiliki oleh Mayor Laut (T) Hadi Arifin akan mampu melaksanakan tugas sebagai Pasminlog  Wing Udara 1 dengan baik.
Hadir dalam acara tersebut Pasuslambangja, Pasproga, , Komandan Skuadron 200, 400, 800   dan  Perwira Staf Wing Udara 1 Puspenerbal.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31724/Default.aspx

KOMANDAN WING UDARA 1 MENGUKUHKAN MAYOR LAUT (P) SAHID HAMDANI, S.H. SEBAGAI KOMANDAN SKUADRON 600
Senin tanggal 24 Oktober 2016 di Mako Wing Udara 1 Puspenerbal dilaksanakan upacara pengukuhan Komandan Skuadron 600 Wing Udara 1.
Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir selaku inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan : Kita sadari bersama bahwa dimasa mendatang tugas-tugas yang diemban penerbangan TNI Angkatan Laut mencakup dimensi yang semakin luas, dan masih akan tetap diwarnai berbagai tantangan dan kendala yang juga semakin kompleks, untuk itu salah satu upaya dari Pemimpin TNI Angkatan Laut adalah meningkatkan profesionalisme melalui pembinaan personel dalam penugasan dan penempatan jabatan yang berbeda. Seperti kita ketahui bersama bahwa tolok ukur keberhasilan tugas pokok Wing Udara 1 adalah mampu menghadirkan unsur-unsur pesawat udara baik yang beroperasi sepanjang tahun maupun yang siap untuk digerakkan setiap saat. Guna menunjang keberhasilan tugas pokok tersebut diperlukan kerjasama dan sinergitas pemikiran antar perwira staf dan Komandan Skuadron sehingga mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada. Adapun salah satu penunjang pencapaian keberhasilan tugas pokok tersebut, adalah keberadaan Skuadron Udara 600 Wing Udara 1 sebagai satuan pelaksana pembinaan yang mampu menyelenggarakan fungsi-fungsinya terutama menyangkut penyusunan rencana dan program dibidang pembinaan personel, material,  metode serta latihan. Disamping itu tuntutan profesionalisme personel pengawak Alut Pesud, harus terus menerus ditingkatkan   sebagai   salah   satu  upaya  memperkecil resiko kerusakan dan kecelakaan.
Dalam kontek ini maka fungsi dan peran seorang Komandan Skuadron 600 Wing Udara 1 menjadi sangatlah penting mengingat fungsi pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian kegiatan sehari-hari di lingkungan Skuadron 600 Wing Udara 1.
Secara obyektif harus kita akui bahwa selama ini, upaya untuk lebih meningkatkan kinerja personel di Skuadron 600 Wing Udara 1 serta upaya untuk mewujudkan “Zero Accident” yang kita inginkan
bersama telah banyak dilakukan dan telah menghasilkan berbagai peningkatan positif. Apa yang telah dicapai tersebut merupakan hasil kerja keras yang dilandasi oleh semangat pengabdian yang tulus dari segenap jajaran Skuadron 600 Wing Udara 1.
Kepada Mayor Laut (P) Sahid Hamdani, S.H. selamat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemimpin TNI Angkatan Laut   untuk menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 600 Wing Udara 1. Berbekal dari pengalaman sebelumnya diharapkan saudara dapat menuangkan kemampuan dan kerja keras dalam memenuhi kesiapan unsur pesawat udara, sehingga dapat ikut menjamin keberhasilan tugas pokok Skuadron 600 agar di masa-masa yang akan datang menjadi semakin baik.
Perlu kita ketahui bersama, bahwa perubahan yang sudah ada di lingkungan maupun prestasi Skuadron 600. Harapan kita bersama adalah agar prestasi tersebut dapat menjadi pemacu bagi personel Skuadron 600 khususnya dan seluruh personel Wing Udara 1 pada umumnya agar dapat memberikan kinerja dan memaksimalkan potensi.
Hadir dalam acara tersebut Dirpers, Dirlog Puspenerbal, Pasproga Lanudal Juanda, Pasuslambangja, Pasproga, Perwakilan Kolat Puspenerbal dan Fasharkan Pesud, Komandan Skuadron 200, 400, 800 serta Perwira Staff Wing Udara 1.
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31723/Default.aspx