11-21 Oktober 2016

PANGARMABAR PIMPIN UPACARA SERTIJAB TUJUH KOMANDAN JAJARAN KOARMABAR
tag : Jum'at 21 Oktober 2016-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) tujuh Jabatan Komandan Jajaran Koarmabar di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat, Jumat (21/10).
Keenam jabatan yang diserahterikan yakni Komandan  Gugus Tempur Laut Koarmabar (Danguspurlaarmabar) dari Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., kepada Kepada Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan dari Brigadir Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto kepada Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, Danlanatamal II Padang  dari Laksamana Pertama TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M., kepada Laksamana Pertama TNI Rudwin Thalib, Komandan Komando Latihan Koarmabar (Dankolatarmabar) dari Laksamana Pertama TNI
Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) kepada Kolonel Laut (P) Deni Septiana, S.I.P., M.A.P., Komandan Polisi Militer Koarmabar dari Kolonel Laut (PM) Dr. Nazali Lempo, S.H., M.H., kepada Kolonel Laut (PM) Anggiat Mangasi L. Sirait, Komandan Detasemen Intelijen Koarmabar dari Letkol Laut (E) Ilham Army Ritonga kepada Letkol Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi dan Penyerahan Jabatan Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmabar (Dansatkorarmabar), dari Kolonel Laut (P) Suwito, S.E., kepada Pangarmabar. Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi. Guspurla Koarmabar sebagai Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Tugas  tersebut didukung oleh keberadaan Detasemen Intelijen Koarmabar yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan dan operasi intelijen serta menyediakan bahan keterangan informasi yang akurat guna mendukung terlaksananya kegiatan operasi Koarmabar. Tugas pokok Lantamal sebagai Komando Pelaksana Dukungan (Kolakduk) yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang maritim serta tugas-tugas lainnya berdasarkan kebijakan Kasal. Kolat Koarmabar sebagai Komando Pelaksana Pembinaan (Kolakbin) memiliki tugas menyelenggarakan latihan-latihan, mengkaji dan mengembangkan taktik maupun teknik peperangan laut dan Satkor Koarmabar melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur organiknya, dalam bidang peperangan laut sesuai dengan fungsi asasinya.
Polisi Militer Koarmabar (Pom Armada), merupakan Eselon Pelaksana Pusat Koarmabar yang berkedudukan langsung di bawah Pangarmabar. Di sisi lain juga merupakan Staf Khusus Pangarmabar yang melaksanakan fungsi kepolisian militer bagi prajurit Angkatan Laut di wilayah kerja Koarmabar.
Tugas dan tanggung jawab tersebut diatas menjadi satu kesatuan yang utuh dan melekat pada masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut khususnya tugas pokok Koarmabar. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan manajerial yang baik bagi para pemegang komandonya, dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal.
Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis yang penuh dengan ketidakpastian, maka tantangan tugas Koarmabar ke depan akan semakin berat dan kompleks.  Untuk itu, menghadirkan unsur setiap hari sepanjang tahun di seluruh perairan yurisdiksi nasional kawasan barat, yang didukung oleh pengawak yang profesional, selain untuk memenuhi kewajiban melaksanakan tugas, juga didorong oleh komitmen bersama untuk tetap mampu mempertahankan integritas bangsa dan negara, melalui penegakan kedaulatan dan hukum di laut, sekaligus untuk memelihara stabilitas keamanan nasional maupun regional.
Selanjutnya dikatakan Pangarmabar, hasil operasi dan latihan yang telah diraih Koarmabar saat ini secara umum patut mendapatkan apresiasi yang positif. Kondisi perairan wilayah barat Indonesia semakin kondusif dengan menurunnya tindak kejahatan di laut, khususnya di Selat Malaka yang merupakan perairan padat lalu lintas pelayarannya dengan tingkat potensi kriminalitas yang tinggi. Perlu diketahui bahwa tercatat ± 50.000 kapal per-tahun melintas atau ± 137 kapal yang melintas per-hari. Hal tersebut menjadikan keamanan Selat Malaka menjadi perhatian negara-negara luar. dan dengan kondisi yang dicapai saat ini merupakan hasil dari komitmen Koarmabar dalam menindak lanjuti tugas pokok organisasi. Dikatakan pula oleh Pangarmabar bahwa keberhasilan latihan tingkat Internasional seperti rangkaian  Multilateral Naval Exercise  Komodo Ke-2 di perairan barat Sumatera, merupakan capaian Koarmabar dan jajaran dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut di bidang diplomasi sekaligus mendukung kebijakan politik pemerintah yang dapat mengharumkan Indonesia di kancah Internasional. Namun demikian, hasil yang telah diraih tersebut jangan sampai membuat kita lengah, khususnya dalam menghadapi tindak kejahatan di laut yang berdampak pada kerugian bagi bangsa dan negara. kejahatan seperti illegal fishing yaitu penggunaan alat tangkap yang menyalahi aturan seperti trawl, handak dan potasium. kemudian illegal mining, illegal entry, illegal oil, drugs smuggling, penyelundupan barang bekas dari luar negeri dan pencurian spare part kapal di area pelabuhan, serta kejahatan di laut lainnya merupakan permasalahan yang harus disikapi dengan tegas dan tidak bisa ditolerir. Mengakhiri amanatnya Pangarmabar memberikan beberapa penekanan antara lain agar membina serta memimpin Satker masing-masing dengan baik berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut; Pahami dan laksanakan perintah harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas atau kedinasan; Laksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai koridor hukum nasional dan internasional yang berlaku; Laksanakan pembinaan terhadap personel untuk meningkatkan kemampuannya sebagai prajurit matra laut yang handal dan disegani; Tingkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di satuan kerja, sesuaikan dengan sop demi tercapainya zero accident; Laksanakan setiap tugas dengan jiwa yang tulus dan ikhlas agar tidak menimbulkan kontraproduktif dalam setiap tugas yang diemban dan agar membangun sinergitas dengan Satker terkait sesama komponen TNI, Polri dan instansi pemerintahan, serta masyarakat guna tercapainya tugas pokok Koarmabar.
(Dispenarmabar)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31682/Default.aspx

----------------------------------
LAKSMA TNI RUDWIN THALIB, S.E., JABAT KOMANDAN LANTAMAL II PADANG
tag : Jum'at 21 Oktober 2016-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangkoarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., pimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang dari Laksamana Pertama TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M., kepada Laksamana Pertama Rudwin Thalib, S.E., di lapangan Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta, Jumat (21/10).
Selain pelaksanaan upacara Sertijab Danlantamal II Padang, acara upacara sertijab tersebut secara bersamaan yaitu Danguspurlabar, Danlantamal I Belawan, Dankolat Koarmabar, Danpomal Koarmabar, Dan Denintel Koarmabar serta penyerahan Dansatkor Koarmabar.
Dalam amanatnya Pangarmabar mengatakan, serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak maju, agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik, terlebih pergantian pejabat bukanlah sekedar pergantian personel semata tetapi juga bermakna sebagai wujud kepercayaan dari pemimpin TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada Perwira terpilih.
Lebih lanjut, dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis yang penuh dengan ketidakpastian maka tantangan tugas Koarmabar kedepan akan semakin berat dan kompleks, untuk itu perlu disadari bahwa tugas menghadirkan unsur setiap hari sepanjang tahun di seluruh perairan yuridiksi nasional kawasan barat yang didukung oleh pengawak yang profesional bukanlah semata-mata untuk memenuhi kewajiban melaksanakan tugas tetapi juga didorong oleh komitmen kita bersama untuk tetap mampu mempertahankan integritas bangsa dan Negara melalui penegakkan kedaulatan dan hukum di laut, sekaligus untuk memelihara stabilitas keamanan nasional maupun regional.
Hadir pada acara sertijab antara lain Kepala Staf Koarmabar, Danpuspomal, Danguskamlaarmabar, para Danlantamal jajaran Koarmabar serta komandan satuan wilayah Koarmabar.
(Dispen Lantamal II)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31676/Default.aspx
----------------------------------

JABATAN ORANG NOMOR DUA DI SATLINLAMIL JAKARTA DISERAHKAN KEPADA KOMANDAN
tag : Jum'at 21 Oktober 2016-
Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dan Satlinlamil) Jakarta, Kolonel Laut (P) Andi Abdul Aziz memimpin upacara penyerahan jabatan Wakil komandan (Wadan) Satlinlamil Jakarta dari Letkol Laut (P) Heri Prihartanto kepada Komandan Satlinlamil Jakarta, di ruang rapat Satlinlamil Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (21/10). Letkol Laut (P) Heri Prihartanto yang menyerahkan jabatan Wadan Satlinlamil Jakarta selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nias. Dalam amanatnya Dansatlinlamil Jakarta mengatakan, Jabatan Wadan Satlinlamil merupakan jabatan yang sangat strategis sebagai wakil dan pembantu utama Komandan Satlinlamil Jakarta dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan dari semua eselon dibawahnya agar program-program Satlinlamil Jakarta dapat berjalan baik dan terarah. Selain itu jabatan Wakil Komandan juga dapat menjadi guru, bapak, sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya.
“Seorang Wakil Komandan mampu bersikap dewasa, arif dan bijaksana, tanggap terhadap situasi yang ada dan senantiasa mampu mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis” ujar Komandan.
Turut hadir dalam upacara tersebut, Para Komandan KRI, para perwira, bintara dan tamtama serta PNS Satlinlamil Jakarta.
(Dispen Kolinlamil)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31671/Default.aspx
----------------------------------

KRI PULAU-724 RUPAT BERGANTI KOMANDAN
tag : Kamis 20 Oktober 2016-
KRI Pulau Rupat-724 dari Unsur Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), hari ini berganti Komandan dari Mayor Laut (P) Putu Agus Harianto kepada Mayor Laut (P) Tato Taufiqorrahman. Upacara serah terima jabatan dipimpin oleh Komandan Satran Koarmatim Kolonel Laut (P) I Bayu Trikuncoro, S.E., di Lapangan Apel Satran Koarmatim, Ujung Surabaya. Kamis, (20/10/2016). Mayor Laut (P) Putu Agus Harianto merupakan Alumni AAL Angkatan 50 tahun 2004 selanjutnya akan menempati Jabatan baru sebagai Paban III Lat Sops Mabesal, sedangkan Mayor Laut (P) Tato Taufiqorrahman yang juga merupakan Alumni AAL Angkatan 50 tahun 2004 sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Fasjar AAL. Dalam amanatnya Dansatran Koarmatim mengatakan bahwa, sosok seorang Komandan bagi suatu satuan operasional sangat mewarnai gerak langkah satuan tersebut. Karena keberhasilan suatu satuan operasi tidak lepas dari kemampuan seorang Komandan dalam melaksanakan pembinaan yang terarah, efektif dan efisien serta berkelanjutan terhadap anggota yang dipimpinnya. Untuk itu, setiap Komandan KRI memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan sebagai pembina kesiapsiagaan dan kemampuan alutsista yang diawakinya, sehingga setiap saat mampu hadir di laut untuk menegakkan dan mempertahankan kedaulatan serta mengamankan keutuhan wilayah perairan yuridiksi Nasional. Hadir dalam upacara sertijab tersebut, Para Perwira Staf, Para Komandan unsur Satran Koarmatim yang berada di pangkalan, dan Bintara serta Tamtama Satran Koarmatim. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31652/KRI-PULAU-RIMAU724-BERGANTI-KOMANDAN.aspx
----------------------------------

SERTIJAB DANDENPOMAL LANAL BATAM
tag : Rabu 19 Oktober 2016-
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, memimpin upacara serah terima jabatan Dandenpomal Lanal Batam dari Mayor Laut (PM) Hendro Noviantoro, S.H., kepada Kapten Laut (PM) Joko Hary Mulyono, di Ruang Rapat Mako Lanal Batam Tg. Sengkuang, Batam, Rabu (19/10/2016). Dalam amanatnya, Danlanal Batam menyampaikan bahwa serah terima jabatan Dandenpomal Lanal Batam merupakan satu mata rantai pembinaan personel organisasi di TNI AL dan diharapkan adanya kesinambungan kepemimpinan dan program kerja sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik dan membanggakan dari waktu ke waktu. Disamping itu jabatan Dandenpomal Lanal Batam merupakan jabatan strategis di jajaran Lanal Batam karena memberikan peranan yang sangat penting bagi Lanal Batam dalam mendukung tugas pokok Lanal Batam. Di akhir amanatnya, Danlanal Batam menyampaikan kepada Mayor Laut (PM) Hendro Noviantoro mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan kerja kerasnya selama ini. Kepada Kapten Laut (PM) Joko Hary Mulyono, Danlanal menyampaikan agar secepatnya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, kembangkan hasil-hasil yang dicapai pejabat lama dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta bina kerjasama yang baik dan jalin koordinasi serta komunikasi dengan lingkungan.
Upacara sertijab dihadiri oleh Pasops, Pasintel, Pasprogar Lanal Batam dan Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lanal Batam. (Pen Lanal Batam)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31629/SERTIJAB-DANDENPOMAL-LANAL-BATAM.aspx
----------------------------------

KETUA SENAT MAHASISWA STTAL DISERAHTERIMAKAN
tag : Selasa 18 Oktober 2016-
Ketua Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) diserahterimakan dari Kapten Laut (T) Fandy Tri Prasetya kepada Kapten Laut (P) Wempi Dwi Saputro dalam suatu upacara yang dipimpin langsung oleh Komandan STTAL Laksamana Pertama (TNI) Siswo H.S., M.MT. di gedung Pulau Marore, Kampus STTAL, Bumimoro, Surabaya (18/10).
Kapten Laut (T) Fandy Tri Prasetya adalah mahasiswa S-1 Teknik Mesin angkatan ke 35. Perwira alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke 51 ini, sekarang sedang menyelesaikan tugas akhir ‘kapal trimaran tanpa awak dan anti radar’ yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2016 nanti. Sedangkan Kapten Laut (P) Wempi Dwi Saputro adalah mahasiswa Teknik Mesin Industri angkatan ke 36 yang merupakan alumni AAL angkatan ke 52.
Dalam sambutannya, Komandan STTAL mengatakan bahwa organisasi senat sangat penting keberadaannya di Kampsu STTAL ini, karena merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan untuk menyampaikan aspirasi dan keinginan itu sendiri. “Dengan adanya senat mahasiswa, kegiatan mahasiswa dianggap sah oleh lembaga dan secara hukum tentu dipandang keberadaannya. Dengan demikian keberadaan senat mahasiswa sangat penting bagi kita semua,” ujarnya. “Manfaatkan dengan sebaik-baiknya keberadaan organisasi senat mahasiswa di kampus  tercinta ini. Maju dan mundurnya organisasi ini tergantung dari mahasiswa bukan hanya kepada pengurusnya. Namun dukungan dari semua pihak adalah penunjang kesuksesan dari pengurus itu sendiri,” tegas Komandan STTAL. Komandan STTAL meminta kepada ketua senat mahasiswa STTAL yang baru agar melakukan upaya-upaya inovatif dan kreatif untuk pembaharuan dan perubahan yang dapat mengantarkan organisasi senat mahasiswa ini menjadi lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berprestasi. “Jangan pernah menyerah dengan segala keterbatasan yang dihadapi, tetapi senantiasa hadir dengan semangat yang tinggi,” tegasnya. Pada bagian akhir sambutannya, Komandan STTAL mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian serta kerja kerasnya selama memangku jabatan sebagai ketua senat mahasiswa STTAL periode tahun 2015-2016.
Sedangkan kepada Kapten Laut (P) Wempi Dwi Saputro, Koamndan STTAL menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya menjadi ketua senat mahasiswa STTAL tahun 2016-2017 dan berharap agar ketua senat yang baru mampu menciptakan program kerja organisasi yang inovatif, kreatif dan berdaya guna untuk civitas akademika STTAL. Hadir pada kesempatan itu, Seklem STTAL Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispri B, ST., M.Si. para Direktur dan Kadep STTAL. Para Kaprodi serta seluruh mahasiswa  STTAL. (Pen STTAL)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31631/KETUA-SENAT-MAHASISWA-STTAL-DISERAHTERIMAKAN.aspx
----------------------------------

SERAH TERIMA JABATAN WAKIL KOMANDAN LANTAMAL XI
tag : Selasa 18 Oktober 2016-
Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han) memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Wakil Komandan Lantamal XI dari Kolonel Laut (P) Herman Prasetiyo kepada Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, S.E., M.M., bertempat di Lobi Mako Lantamal XI (Selasa, 18/10/2016).
Wakil Komandan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Herman Prasetiyo berdinas di Lantamal XI selama kurang lebih 13 bln selanjutnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima Komando Armada Timur. Sedangkan Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, S.E., M.M., sebelumnya menjabat sebagai Kepala Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut yang bertugas menyelenggarakan pembinaan materi ajaran disiplin ilmu profesi bagi Taruna Korps Pelaut. Pada kesempatan tersebut Komandan Lantamal XI menyampaikan bahwa “Serah terima jabatan merupakan salah satu dinamika organisasi untuk memacu tumbuh kembangnya organisasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan sesuai tugas dan fungsinya. Demikian juga sebagai suatu proses regenerasi personel pengawak organisasi tersebut sehingga organisasi akan senantiasa terawaki oleh personel yang mempunyai kualitas dan kapabilitas sesuai dengan profesinya. Regenerasi personel juga sebagai salah satu prosesi pembinaan untuk kepentingan individu yang bersangkutan dalam jenjang karirnya". Lebih lanjut dikatakan bahwa “Wakil Komandan Lantamal XI merupakan salah satu jabatan strategis karena Wakil Komandan Lantamal adalah pembantu dan pelaksana utama Komandan dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan Lantamal agar terjalin sinkronisasi kegiatan antar unsur pembantu pimpinan dan staf dengan satuan-satuan pelaksana di lingkungan Lantamal XI atau dengan badan-badan pada tingkat Koarmatim sesuai dengan lingkup dan tingkat kewenangannya”. Hadir dalam upacara serah terima ini antara lain Asisten Komandan Lantamal XI, Para Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta Pengurus Jalasenastri Korcab XI DJAT. Selanjutnya dilaksanakan acara Pisah Sambut di Gedung Balai Prajurit Frans Kaisiepo Mako Lantamal XI. (Dispen Lantamal XI)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31619/Default.aspx
----------------------------------

ASOPS PANGARMATIM RESMI SERAHKAN JABATANNYA
tag : Selasa 18 Oktober 2016-
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menerima penyerahan Jabatan Asisten Operasi (Asops) Pangarmatim yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah yang berlangsung di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (18/10/2016). Untuk selanjutnya Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 36 tahun 1990 akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Koarmabar (Danguspurlabar) menggantikan Laksamana Pertama (Laksma) T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyerahan jabatan ini adalah proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel guna mewujudkan kaderisasi kepemimpinan yang mampu membawa ide-ide segar bagi organisasi melalui pemikiran baru yang lebih inovatif dan kreatif, serta diiharapkan dapat mendorong organisasi untuk terus bergerak maju menuju kondisi yang lebih baik, dalam menyongsong tuntutan tugas ke depan.
Staf Operasi (Sops) Koarmatim sebagai unsur pembantu pemimpin atau Staf Pangarmatim memiliki tugas untuk merumuskan dan mengembangkan kebijakan dibidang operasi, latihan, taktik dan strategi penggunaan kekuatan serta Pembinaan Komando dan pengendalian operasi, pembinaan potensi maritim serta operasi Puskodal Koarmatim. Mengingat tugas dan tanggung jawab Sops Koarmatim dihadapkan dengan dinamika tugas kedepan yang semakin Kompleks, tentunya diperlukan semangat yang tlnggi,
Diakhir amanatnya Pangarmatim mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, atas segala upaya dan kerja nyata yang selama ini telah dilakukan Asops Pangarmatim dalam rangka meningkatkan kinerja satuannya. Setelah penyerahan jabatan selesai, acara dilanjutkan ramah tamah yang didalamnya dilaksanakan penyerahan plakat dan cinderamata dari Pangarmatim didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto kepada Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah dan Istri. Hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI TNI I.N.G Ariawan,S.E.,M.M., Para Staf Ahli Pangarmatim, Para Pejabat Utama Koarmatim, dan Para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, serta Pengurus Daerah Jalasenastri Armatim. (Dispenarmatim)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31618/ASOPS-PANGARMATIM-RESMI-SERAHKAN-JABATANNYA.aspx
----------------------------------

KOMANDAN LANTAMAL XIII PIMPIN UPACARA SERTIJAB KOMANDAN LANAL SANGATTA
Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Wahyudi H. Dwiyono, M.M., pimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sangatta dari Letkol Laut (P) Donny Suharto kepada Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta yang bertempat di Lapangan Mako Lantamal XIII. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Marinir Supriyadi, Pabandya Litpers Sintel Lantamal XIII, hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Kaltara, Walikota Tarakan, Wadan Lantamal XIII, Danlanud Tarakan, Kapolres Tarakan, Dandim 0907 Tarakan dan Danyon Raider 613 Raja Alam, Dansatradar 225 Tarakan, unsur Kemaritiman kota Tarakan, para Asisten dan Kasatker Lantamal XIII, para Danlanal Jajaran Lantamal XIII, Ketua Korcab XIII DJAT, pengurus dan para ketua cabang jajaran Korcab XIII DJAT. Dalam sambutannya Komandan Lantamal XIII menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan suatu dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan personel,
makna utama dari pergantian kepemimpinan disetiap tataran adalah adanya harapan bahwa dengan semangat baru dan pemikiran-pemikiran segar para penggantinya, maka kinerja organisasi dapat lebih ditingkatkan dalam merespon tantangan yang senantiasa berubah secara dinamis. Dalam upacara tersebut Danlantamal XIII mengucapkan terimakasih kepada Letkol Laut (P) Donny Suharto atas dedikasi, loyalitas dan kerja kerasnya dalam memajukan Lanal Sangatta dan mengucapkan Selamat atas jabatan yang baru kepada Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta sebagai Komandan Lanal Sangatta yang baru. (Dispen Lantamal XIII)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31617/Default.aspx

LETKOL LAUT (P) HENDRY BALLO JABAT KOMANDAN LANAL TOLITOLI
Manado, Senin (17/10/2016). Letkol Laut (P) Hendry Ballo lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke 43 tahun 1997 resmi menjabat sebagai Komandan Lanal Tolitoli dilapangan Apel Mako Lantamal VIII. Serah terima jabatan dari Letkol Laut (P) Imam Purwanto, S.Pi kepada Letkol Laut (P) Hendry Ballo dengan Inspektur Upacara (Irup) Laksamana Pertama TNI Suselo dan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Joko Setiyono. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan, Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Suselo, para Asisten Danlantamal VIII, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Jul Shahnyb, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Andi Anom Wibowo, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Perwira, Prajurit dan PNS Lantamal VIII.
Dalam amanatnya, Danlantamal VIII menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam sebuah Organisasi Militer merupakan suatu hal yang harus dan pasti terjadi, sebagai suatu proses pembinaan personel yang berkelanjutan. Selain itu, Sertijab harus disikapi dengan arif dan bijaksana, agar terhindar dari sikap ataupun perbuatan yang justru kontra produktif. Dengan demikian kesinambungan pembinaan
dan kepemimpinan akan terus terjaga, sehingga kinerja satuan akan tetap berada pada koridor yang telah ditetapkan oleh pimpinan TNI Angkatan Laut. Keberadaan Pangkalan TNI AL (Lanal) pada hakekatnya adalah mewakili kehadiran TNI AL di suatu wilayah, dimana pangkalan tersebut berada. Setiap Komandan Pangkalan hendaknya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pembangunan daerah setempat khususnya pada aspek kemaritiman atau sektor kelautan.
Sebelum menjabat Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hendry Ballo berdinas di Sops Mabes TNI sebagai Pabandya Prova Kerma Ban V Ker Kamtas. Sedangkan Letkol Laut (P) Imam Purwanto, S.Pi akan menduduki jabatan baru sebagai Pasops Satfib Koarmatim. (Dispen Lantamal VIII)
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31611/Default.aspx



Serah Terima Jabatan Kadeppel AAL
GUBERNUR AAL: TINGKATKAN KREATIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

tag : Selasa 11 Oktober 2016-
Gubernur Akademi Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., menegaskan kepada seluruh jajaran AAL agar melahirkan ide-ide baru, inovasi, dan terobosan serta pemikiran baru yang lebih kreatif dalam mengantisipasi dan menjawab tuntutan tugas yang semakin kompleks dan dinamis, utamanya Departemen Pelaut dalam penyelenggaraan program pendidikan Manajemen Matra Laut.
Penegasan Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., tersebut disampaikan dalam acara serah terima jabatan Kepala Departemen Pelaut AAL dari Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, S.E., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, pada hari Selasa (11/10) di gedung R. Soebijakto, AAL
http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/31534/Default.aspx
Bumimoro, Surabaya. Acara serah terima jabatan Kadeppel AAL dihadiri Wakil Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M., para pejabat utama AAL dan segenap anggota AAL.Menurut Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., serah terima jabatan Kadeppel AAL memiliki arti yang sangat penting bagi proses pendidikan di AAL, mengingat Departemen Pelaut AAL bertugas menyelenggarakan pembinaan materi ajaran disiplin ilmu profesi bagi Taruna Korps Pelaut. (Pen AAL)