SERTIJAB 1-10 JULI 2012


SERTIJAB DANSESKO TNI
9 Juli 2012-
Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI dari pejabat lama Laksamana Madya TNI Mochamad Jurianto, S.E., kepada penggantinya Marsekal Muda (Marsda) TNI Ida Bagus Putu Dunia di Mako Sesko TNI Bandung, Senin (9/7). Marsda TNI Ida Bagus Putu Dunia sebelumnya menjabat sebagai
Aspers Kasau, sedangkan Laksamana Madya TNI Mochamad Jurianto, S.E., selanjutnya akan menjabat Pati Mabes TNI AL. Sesko TNI adalah salah satu badan pelaksana pusat Mabes TNI dengan tugas dan tanggung jawab membantu Panglima TNI dalam menyelenggarakan pendidikan karier tertinggi bagi prajurit TNI. Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa perubahan dan pergantian adalah realita kehidupan yang menjadi kodrati manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Demikian juga kehidupan dalam organisasi TNI, pergantian pejabat adalah kodrati organisasi yang menginginkan terus berkembang dan berubahnya organisasi ke arah kemajuan, sesuai tuntutan tugas dan perkembangan lingkungan strategis, sekaligus sebagai substansi kaderisasi kepemimpinan TNI.  Oleh karena itu, pergantian pejabat di lingkungan TNI adalah tuntutan perubahan dan regenerasi yang harus dilaksanakan secara cermat dan sistematis, karena hal tersebut terkait dengan kepentingan strategis TNI ke depan. Lebih lanjut dalam amanatnya, Panglima TNI menegaskan bahwa dinamika pendidikan di Sesko TNI harus terus dipelihara dan dikembangkan melalui penajaman Visi dan Misi,   Sesko TNI tidak boleh bekerja hanya berdasarkan rutinitas program semata.  Sesko TNI sebagai pusat keunggulan atau centre of excellence, dituntut untuk mampu mengembangkan dan membawa semangat pembaruan dalam melahirkan pemikiran-pemikiran strategis serta meningkatkan daya kreatifitas dan daya tanggap analitif terhadap setiap perkembangan bagi kepentingan pelaksanaan tugas-tugas TNI. Guna mewujudkan itu semua, mutlak dibutuhkan peran pelibatan Sesko TNI secara optimal, di atas landasan kesadaran dan tekad untuk menjadikan lembaga pendidikan ini, sebagai salah satu dapur utama TNI. Dengan demikian, Sesko TNI akan mampu melahirkan Perwira Menengah (Pamen), yang berkualitas dan berkemampuan manajerial sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain : Wakasal, para Asisten Mabes TNI dan Angkatan, Kabalakpus TNI, Pangdam III/Siliwangi dan Wakapolda Jabar . Usai upacara Sertijab Dansesko TNI, dilanjutkan dengan Sertijab Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS III-Sesko TNI dari Ibu Endang Mochamad Jurianto kepada penggantinya Ibu Dewi Putu Dunia yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Tetty Agus Suhartono, bertempat di Gedung Graha Wiradharma Sesko TNI. (Puspen TNI).
 ========================================

Jabatan Komandan KRI Singa-651 Diserahterimakan
Surabaya, 9 Juli 2012-
Jabatan Komandan KRI Singa-651 diserahterimakan dari Letkol Laut (P) M. Sjamsul Rizal kepada penggantinya Mayor Laut (P) Wijayanto. Upacara serah terima jabatan dipimpin Komandan Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Timur (Dansatkat Koarmatim) Kolonel Laut (P) Syufenri, M.Si di Lapangan Apel Satkat Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (9/7). Mayor Laut (P) Wijayanto merupakan alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 42 lulus tahun 1996. Selanjutnya pejabat lama Letkol Laut (P) M. Sjamsul Rizal ini akan menjabat sebagai Komandan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Kobangdikal. Upacara sertijab yang dihadiri seluruh prajurit jajaran Satkat Koarmatim itu, berlangsung sederhana dan khikmad. (Dispenarmatim)
========================================

MEMORANDUM JELANG SERTIJAB GUBERNUR AAL
3 juli 2012-
Akademi Angkatan Laut,- Menjelang dilaksanakannya serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL)  dari Laksda TNI Agus Purwoto kepada calon penggantinya, Laksma TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H., M.M hari ini Selasa (3/7/2012)  dilaksanakan memorandum sertijab Gubernur AAL  di Gedung Rinjani AAL, Bumimoro, Surabaya.
Dalam pelaksanaan acara tersebut Laksda TNI Agus Purwoto menyatakan jika memorandum ini merupakan suatu hal yang penting untuk dilaksanakan, sebab menyangkut tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai orang nomor satu dilembaga pendidikan tempat para calon pemimpin TNI AL maupun TNI ditempa pertama kali. Selanjutnya Laksda TNI Agus Purwoto berkesempatan memperkenalkan para pejabat teras AAL kepada pejabat baru Laksma TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M,  menyampaikan tugas dan tanggung jawab Gubernur AAL, serta memaparkan kondisi yang ada di AAL, termasuk para Kadet yang sedang menempuh pendidikan saat ini. Sementara pejabat baru Laksma TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H., M.M. berjanji akan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang telah dirintis pejabat lama sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dimasa mendatang. Sementara itu pada saat yang bersamaan dilaksanakan pula memorandum sertijab Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL dari Ny. Agus Purwoto kepada Ny. Herry Setianegara, di Gedung Cut Nyak Dien AAL, yang dihadiri Wakil Ketua Cabang BS AAL Ny. A.Taufiqoerrochman serta ibu-ibu pengurus Jalasenastri AAL lainnya. (Pen AAL).