SERTIJAB 11-21 DESEMBER 2012


ENAM JABATAN STRATEGIS LANTAMAL V DISERAHTERIMAKAN 
14 Desember 2012
Serah terima jabatan merupakan proses alamiah dan juga sebagai proses pembinaan organisasi juga personel, yang mempunyai makna hakiki guna terciptanya kaderisasi personel untuk mendapatkan penyegaran semangat dan pemikiran baru sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan produktif. Oleh karena itu, pada hari ini bertempat di serambi Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya menggelar serah terima jabatan dilingkungan Lantamal V. Dalam serah terima kali ini, ada enam jabatan yang
diserahterimakan yaitu Kadisbek dari Letkol Laut (S) Nanang Permadi kepada Mayor Laut (S) Eko Setijono, S.E., M.Sc., Kadissyahal dari Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko kepada Letkol Laut (P) Hardjo Sasmito,  Kadispotmar dari Letkol Laut (P) Bakat Gunawan kepada Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko, Dantim Intel dari Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi kepada Mayor Laut (KH) Achmad Syaifuddin, S.H. dan penetapan Kadisang Lantamal V kepada Letkol Laut (T) Al Imran. Serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal V Kolonel Marinir I Ketut Suardana, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker/Kasatlak, juga ketua korcab V Jalasenastri Armada Timur serta ibu-ibu pengurus serta para tamu undangan lainnya. Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi, S.Sos. yang bertindak selaku Irup dalam amanatnya menyampaikan antara lain bahwa serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan simbol seremonial yang menandai pelimpahan tugas, tanggung jawab, dan wewenang jabatan. Lebih lanjut Danlantam V menyampaikan bahwa, menyikapi perkembangan strategis, tuntutan organisasi yang mampu merespon dan mengantisipasi setiap perkembangan dan lingkungan strategis merupakan suatu keharusan. Kondisi yang demikian, mutlak memerlukan pengawak organisasi yang berkwalitas, khususnya pada unsur pembantu pimpinan sebagai bagian dari decision maker. Untuk melaksanakan tugas-tugas dukungan logistik, pemeliharaan dan perbaikan serta pembinaan potensi maritim di wilayah Lantamal V. (Dispen Lantamal V)
 ========================================
DANSATKAT KOARMABAR PIMPIN UPACARA SERTIJAB KOMANDAN KRI TODAK-631 
13 Desember 2012-
Komandan Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatkatarmabar) Kolonel Laut (P) Dafit Santoso memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Todak-631 dari Mayor Laut (P) Rubiyantoro Murniawan kepada Mayor Laut (P) Sirilius Arif Susbiyantoro di Geladak KRI Todak-631 Dermaga Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (13/12/2012). Dalam amanatnya Dansatkatarmabar mengatakan, bahwa pergantian pejabat Komandan KRI di Satkatarmabar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan operasi, sejalan dengan peningkatan tuntutan pencapaian tujuan organisasi agar memenuhi sasaran program yang telah ditetapkan. Sertijab dilaksanakan karena perlu adanya gerakan mutasi yang segera agar rangkaian mutasi dapat terlaksana sesuai dengan tuntutan organisasi. Lebih lanjut Dansatkatarmabar mengatakan, bahwa kesiapan operasional dipengaruhi oleh kesiapan teknis dan kesiapan personel. Dalam bidang teknis, Komandan Kapal dituntut untuk dapat melahirkan pemikiran-pemikiran inovatif agar dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal, dengan penentuan prioritas kerja yang tepat waktu dan tepat guna. Sedangkan dalam bidang latihan, Komandan kapal harus dapat menjamin terselenggaranya interfacing antara peralatan tempur dan prajurit kapal, sehingga dapat terjamin dipertahankannya kesiapan operasi sesuai dengan standar yang telah ditentukan.  Diakhir amanatnya Dansatkatarmabar menyampaikan terimakasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada Mayor Laut (P) Rubiyantoro Murniawan yang telah berhasil memimpin KRI Todak-631 dengan baik, dimana secara aktif merencanakan dan mengkoordinasikan upaya-upaya untuk mencapai kesiapan kapal sesuai dengan fungsi azasinya sehingga telah tercapai komitmen operasi yang telah ditunjukan dalam setiap kegiatan operasi.  Hadir pada upacara sertijab tersebut seluruh personel jajaran Satkatarmabar dan Pondok Dayung.  (Dispenarmabar)