SERTIJAB 11-21 JUNI 2012


JELANG SERTIJAB DANKOBANGDIKAL, LAKSDA TNI SADIMAN PAMITAN PADA PRAJURITNYA
15 juni 2012-
Menjelang Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) pada Selasa (19/6/2012) mendatang, Laksda TNI Sadiman, S.E pamitan pada seluruh prajurit Kobangdikal, Jumat (15/6/2012).
Acara pamitan dipenghujung masa jabatannya sebagai Dankobangdikal tersebut, dikemas dalam apel khusus yang dihadiri ribuan prajurit dan PNS Kobangdikal yang digelar di lapangan
Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal. Dalam kesempatan tersebut, Dankobangdikal mengucapkan terimakasih atas bantuan, dukungan dan kerjasama yang diberikan seluruh personel Kobangdikal kepadanya selama menjabat sebagai Komandan Kobangdikal  hingga akhir masa jabatannya.  “Atas nama pribadi dan keluarga saya ucapkan terimakasih atas dukungannya, mohon maafkan apabila ada kehilapan baik sikap, kata dan perbuatan saya dan keluarga selama memimpin Kobangdikal,” pintanya. Menurutnya, sifat keras dan tegas terhadap prajuritnya yang dituangkan dalam marah dan omelan bukan berarti benci ataupun merendahkan kinerja anggota, namun semata-mata untuk kebaikan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan yang lebih baik bagi Kobangdikal.  “yakinlah, marah dan omelan saya selama ini bukan atas dasar kebencian, namun semata-mata untuk kebaikan, dan itu lebih baik daripada main kondite negative yang bisa berakibat vatal  terhadap karier seorang prajurit,” terangnya. Sebagai prajurit pengawak sebuah organisasi lembaga pendidikan, seperti Kobangdikal ini, hendaklah setiap prajurit bisa memahami akan jati diri sebagai pejuang pendidikan yang memiliki komitmen untuk menjadi contoh dan tauladan anak didik, serta turut memperhatikan kualitas peserta didik  yang dihasilkan demi kemajuan TNI AL, negara dan bangsa  mendatang. Sifat keteladanan tersebut lanjutnya, hendaklah diimbangi dengan kemauan dan usaha yang keras untuk menghasilkan output maksimal dan selalu mensyukuri atas nikmat yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Ia berharap, setelah masa jabatannya berakhir dan tongkat komando dilanjutkan pemimpin lainnya, pengawak Kobangdikal tetap berkarya maksimal, ulet, kreatif dan inovatif diimbangi dengan keiklasan dalam bekerja. Disisi lain, Sadiman –sapaan akrab Dankobangdikal ini masih mengakui bahwa dalam masa jabatannya selama 1 tahun, 9 bulan 19 hari itu, Ia belum mampu membina prajuritnya terutama pada sisi keharmonisan keluarga prajurit. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa kasus keluarga prajuritnya yang tidak harmonis yang berujung pada perceraian. Ia berharap, prajurit dan keluarga mampu meningkatkan komunikasi terbuka antara suami istri, karena yang lebih tahu tentang keluarga adalah prajurit masing-masing.  “Mulai saat ini, rencanakan dengan baik tentang masa depan yang ingin dicapai, tentunya dengan berpedoman pada kemampuan masing-masing dan pertebal iman dan takwa kepada tuhan yang maha kuasa,” pintanya lagi.
Selain ribuan prajurit Kobangdikal, tampak hadir pula Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir P. Verry Kunto.G, SH, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, para Direktur Kobangdikal, para Komandan Kodik dan Pusdik serta pejabat Kobangdikal lainnya.
Usai apel khusus, acara dilanjutkan dengan memorandum Sertijab Komandan Kobangdikal dari Laksda TNI Sadiman, SE kepada Laksma Djoko Teguh Wahojo yang digelar di Joglo Moeljadi, sementara memorandum Ketua Gabungan Jalasenastri Kobangdikal dari Ny Sadiman kepada Ny. Djoko Teguh Wahojo digera di Kantor PG Jalasenastri, Gedung Srikandi, Kobangdikal. 
 (Pen Kobangdikal).
 =========================================
DANLANTAMAL III JAKARTA PIMPIN UPACARA SERTIJAB DANLANAL LAMPUNG
14 juni 2012-
Komandan Pangkalan Utama  Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI  (Mar) Ikin Sodikin melantik Kolonel Laut  (E) Ir. Fery Sidjaja sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lampung menggantikan Kolonel Laut (P) Sugiharno Andreas, S.E., dalam suatu upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Lampung, Kamis (14/6/2012). Selanjutnya Kolonel Laut (P) Sugiharno Andreas, S.E., akan menempati jabatan baru sebagai Perwira Pembantu II Bidang Pengamanan (Paban II Pam) Staf Pengamanan Angkatan Laut yang berkedudukan di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, sedangkan Kolonel Laut  (E) Ir. Fery Sidjaja sebelumnya menjabat Asisten Intelijen (Asintel) Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar). Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI   (Mar) Ikin Sodikin mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut  pada hakekatnya merupakan suatu proses yang selalu dilakukan karena Angkatan Laut membutuhkan kemajuan, tentunya dari pembinaan organisasi secara menyeluruh yang saling terkait antara aspek personel, organisasi dengan situasi yang dihadapi, dan juga menyesuaikan kinerja organisasi dalam mengimplementasikan tugas, peran dan fungsinya diharapkan Lanal Lampung dibawah pimpinan Kolonel Laut  (E) Ir. Fery Sidjaja dapat menampilkan hasil kerja yang lebih baik dan bisa dibanggakan, dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis dan tantangan tugas yang dihadapi. Lanal lampung mempunyai wilayah yang strategis yaitu selat sunda sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan Samudera Hindia kemungkinan adanya kerawanan, pelanggaran  serta tindak pidana di laut, maka dari itu perlu dilaksanakan pemantauan serta operasi rutin di laut demi keamanan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga keberadaan TNI AL bermanfaat ditengah masyarakat.
Lebih lanjut Danlantamal III Jakarta  mengatakan, dengan unsur operasi yang ada harus diterapkan pola operasi yang tepat dan terobosan-terobosan dan tidak merugikan pihak manapun namun pelaksanaan tugas tetap optimal, maka dari itu Danlanal Lampung yang baru harus bekerja lebih keras lagi. Upacara serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh Forkopinda Provinsi Lampung. (Dispenarmabar)