23 -31 Oktober 2015

KOMANDAN LANAL BANJARMASIN MEMIMPIN SERTIJAB KOMANDAN KAL KUMAI – I-6-58 DAN PENGUKUHAN KOMANDAN POSAL SUNGAI DANAU
30 Oktober 2015-
Pada hari Jumat tanggal 30 Oktober 2015, di Dermaga Trisakti Pelindo III Banjarmasin pukul 08.00 Wita telah dilaksanakan upacara sertijab Komandan Kal Kumai-I-6-58 dari Kapten Laut (P) Sopian Nurdin kepada Kapten Laut (P) Yohanes Kristanto. Dalam upacara sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, S.E selaku Irup. Selain sertijab Komandan Kal Kumai tersebut juga dilaksanakan
pengukuhan jabatan Komandan Pos Angkatan Laut Sungai Danau dalam hal ini Letda Laut (E) Budi Andrianto NRP 21695/P. Dalam pergantian tugas sudah merupakan hal yang biasa karena ini merupakan suatu penunjang dalam karier dimana dalam bertugas seorang prejurit dituntut untuk melaksanakan tupoksinya dan berpegang teguh untuk menjaga keutuhan NKRI. Selesai pelaksanaan sertijab Dankal dan pengukuhan Danposal dilanjutkan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Komandan Lanal Banjarmasin dan diikuti oleh seluruh peserta Upacara ditutup dengan ramah tamah. Selama kegiatan berlangsung tertib, lancar dan aman (Pen Lanal Banjaramasin)

Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25671/Default.aspx

LANAL DUMAI SERAHTERIMAKAN KOMANDAN KAL. II.37/TDG
Dumai, Rabu 28 Oktober 2015-
Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai gelar upacara serah terima Jabatan Komandan Kal.II.37/TDG dari Kapten Laut (P) Marlin Milian Sibarani, kepada Lettu Laut (P) Rahadian Nur B. Upacara dipimpin oleh Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., dengan peserta upacara yang terdiri dari Perwira, bintara, tamtama dan segenap Pegawai negeri sipil
(PNS) Lanal Dumai yang dilaksanakan di gedung Wijaya Kusuma Mako Lanal Dumai, Rabu, (28/10/2015). Pada acara serah terima jabatan tersebut, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E dalam sambutan yang mengatakan, “ bahwa pergantian pejabat dilingkungan suatu instansi, TNI AL pada khususnya, adalah merupakan rutinitas, yang bertujuan menciptakan penyegaran dalam organisasi itu sendiri dan pengembangan wawasan serta pendalaman profesi, baik bagi pejabat baru maupun pejabat lama. Lebih lanjut dikatakan, kepada pejabat lama Komandan Kal.II.37/TDG Kapten Laut (P) Marlin Milian Sibarani, atas nama pribadi beserta staf dan anggota, mengucapkan terima kasih atas apa yang telah saudara berikan terhadap dinas semoga pengalaman yang saudara dapat selama berdinas di Lanal Dumai, dapat bermamfaat dalam melanjutkan pengabdian di tempat tugas baru, demikian juga halnya dikatakan kepada pejabat baru, kehadiran saudara ditengah-tengah anggota diharapkan dapat memberikan suasana yang baru baik bagi anggota Kal Tedung maupun Lanal Dumai. Dan pada kesempatan yang sama Danlanal Dumai juga mengucapkan terima kasih kepada 3 (tiga) orang perwira Lanal Dumai lainnya yang akan melaksanakan Mutasi, yaitu Kaurlid Lanal Dumai Kapten Laut (P) Ismail Hamid, Kasikumla Lanal Dumai Kapten Laut (P) Ahmad Nofa,  dan Kadepsin Kal Tedung Lettu Laut (T) Ade Wirawan Zidni, selama masa pengabdian saudara telah menunjukkan Layalitas tehadap Komando dan saya merasa sangat terbantu dalam melaksanakan tugas pokok TNI AL, Sukses buat saudara sukses buat kita semua dan sukses bagi TNI Angkatan Laut. (Pen Lanal Dumai)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25639/Default.aspx

KOLONEL LAUT (T) MOELYANTO JABAT KADISLAIKMATAL
Selasa 27 Oktober 2015-
Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Sekdispenal) Kolonel Laut (T) Moelyanto memperoleh promosi jabatan bintang satu sebagai Kepala Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Kadislaikmatal). Serah terima jabatan (sertijab) Kadislaikmatal dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Mulyadi kepada Kolonel Laut (T) Moelyanto dilaksanakan dihadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Selasa (27/10).
Setelah menjabat Kadislaikmatal, Kolonel Laut (T) Moelyanto, yang lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-31 tahun 1986, selanjutnya akan menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Sekdispenal Kepada Kadispenal.
Bersamaan dengan sertijab Kadislaikmatal, diserahterimakan pula jabatan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Supartono, M.M. kepada penggantinya Kolonel Laut (T) Hadi Santoso, dan jabatan Kapuskodal dari Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, S.H., M.Si (Han), kepada Kolonel Laut (P) Lilik Abu Siswanto, M.Si (Han).
Pejabat lama Kadislaikmatal Laksamana Pertama TNI Mulyadi selanjutnya akan menempati jabatan sebagai Wakil Asisten Logitik (Waaslog) Kasal menggantikan Laksamana Pertama TNI Ir. Bambang Nariyo yang menerima promosi jabatan bintang dua sebagai Tenaga Pengkaji bidang Wasantara Lemhannas. Pejabat lama Kadisdikal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Supartono, M.M., akan bertugas sebagai Kasatwas Universitas Pertahanan, serta pejabat lama Kapuskodal Kolonel Laut (P) Muspin Santoso, S.H., M.Si. (Han). akan memperoleh promosi bintang satu sebagai Direktur Bidang Operasi dan Latihan Badan Keamanan Laut (Bakamla). Dalam amanatnya Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mengatakan, serah terima jabatan adalah bagian penting dari proses perubahan dalam organisasi TNI Angkatan Laut, untuk selalu meningkatkan kualitas dan kinerja melalui penyegaran tiap bagian. “Kehadiran pejabat baru dalam suatu organisasi diharapkan akan membawa perspektif dan pemikiran yang baru, disamping meneruskan apa yang sudah ada. Dengan demikian, akan selalu muncul inovasi dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya. Menurut Kasal, jabatan yang akan diemban merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan, serta harapan yang diberikan oleh Pemimpin TNI maupun TNI Angkatan Laut yang harus dijawab dengan kerja keras, kerja cerdas dan karya nyata. “Bahwa ke depan, tidak dapat dipungkiri, bahwa tugas TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu  semakin kompleks dan berubah secara dinamis, sehingga peningkatan kinerja dan kualitas organisasi merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan.  Untuk itu, kita terus berupaya melakukan perubahan secara positif melalui kerja cerdas yang terarah, terukur dan bertanggung jawab, dengan bekerja keras dan senantiasa adaptif terhadap situasi dan kebutuhan organisasi,” tegas Kasal.
Hadir dalam acara tersebut Wakasal Laksamana Madya TNI Widodo, S.E., M.Sc, Irjenal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI Angkatan Laut wilayah Jakarta, dan para pejabat utama di lingkungan Mabesal. Demikian berita Dinas Penerangan TNI AL.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25609/KOLONEL-LAUT-T-MOELYANTO-JABAT-KADISLAIKMATAL.aspx

DANMENKAV-1 MAR PIMPIN SERTIJAB PASINTEL DAN PENGUKUHAN JABATAN PASLOG DANMENKAV-1 MAR
Surabaya, Selasa 27 Oktober 2015-
Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Agung Trisnanto memimpin serah terima jabatan Pasintel Danmenkav-1 Mar dan pengukuhan jabatan Paslog Danmenkav-1 Mar, di VIP Room Mako Menkav-1 Mar, Kesatrian Soepraptono Semarung, Ujung Surabaya. Selasa (27/10/2015).
Serah terima jabatan Pasintel Danmenkav-1 Mar tersebut, diserahkan dari Letkol Marinir Inggit Dahana S. S.pd kepada Letkol Marinir Suprihatin S.pd, yang sebelumnya menjabat sebagai Dantim Intel Lantamal XI Merauke, sedangkan Letkol Marinir Inggit Dahana S. S.pd akan menempati jabatan baru sebagai Paban Lid Sintel Pasmar-1, kemudian untuk pengukuhan jabatan Paslog Danmenkav-1 Mar diserahkan dari Danmenkav-1 Mar kepada Letkol Marinir Yasri S.Pulungan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagmin Log Pusdikkav Kodikmar. Dalam amanatnya, Danmenkav-1 Mar menyampaikan penempatan jabatan Pasintel dan Paslog Danmenkav-1 Mar merupakan tuntutan yang harus terisi untuk memenuhi kebutuhan organisasi, dengan telah terisinya jabatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja Resimen Kavaleri-1 Marinir dalam pelaksaan tugas guna mewujudkan satuan yang handal dan professional. Keberadaan Pasintel dan Paslog Danmenkav-1 Mar merupakan bagian penting dalam organisasi demi terjamin dan terpeliharanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi kegiatan antar unsur-unsur di Resimen Kavaleri Diakhir amanatnya, Danmenkav-1 Mar mengucapkan selamat kepada Letkol Marinir Suprihatin dan Letkol Marinir Yasri S.Pulungan atas jabatan yang baru ini, serta tak lupa ucapan terimakasih kepada Letkol Marinir Inggit dahana S.S.pd, semoga sukses di tempat tugas yang baru sebagai Paban Lid Sintel Pasmar-1
Hadir dalam Sertijab tersebut, Wadan Menkav-1 Mar Letkol Marinir Arif Handono, Pasops Danmenkav-1 Mar Letkol Marinir Kusyuwono, Paspers Danmenkav-1 Mar Letkol Marinir Suryanto Sag.Msc. Danyon Tankfib-1 Mar Letkol Marinir Bayu Kelana Putra, Danyon Kapa-1 Mar Letkol Marinir Arif Rahman Hakim, Danyon Ranratfib-1 Mar Mayor Marinir Carlos R Deda Dankima Menkav-1 Mar Mayor Marinir Egi Kadarsah dan para perwira di jajaran Menkav-1 Mar.
Demikian Berita Dispen Kormar.
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25619/Default.aspx

KOMANDAN LANTAMAL III MEMIMPIN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN DANLANAL BABEL
Babel, Senin 26 Oktober 2015-
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI  (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bangka Belitung (Babel) dari Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma, S.E kepada Letkol Laut (P) Teguh Gunawan, S.E., M.M di Lapangan Upacara Kantor Gubernur  Provinsi Bangka Belitung, Senin (26/10). Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI  (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., dalam sambutannya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan suatu proses yang selalu akan dilakukan oleh organisasi yang mengiginkan adanya kemajuan, terlebih lagi di lingkungan organisasi TNI Angkatan Laut yang bergerak secara dinamis dan merupakan proses kesinambungan kepemimpinan serta bagian penting dari pembinaan personel pengawak organisasi yang telah dipersiapkan secara matang, mengingat jabatan Danlanal Bangka Belitung adalah jabatan yang cukup penting dan strategik di lingkungan Lantamal III Jakarta. Lebih lanjut Danlantamal III mengatakan, bahwa Lanal Bangka Belitung merupakan Komando Pelaksanan di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan wilayah kerja mencakup kepulauan Bangka Belitung dan sekitarnya yang terletak pada posisi geografis yang strategis kerena berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI-I) yang merupakan jalur perdagangan internasional serta wilayah yang memiliki kandungan sumber daya alam yang potensial. Lanal Bangka Belitung memiliki wilayah laut yang strategis sehingga pengamatan dan pemantauan serta operasi keamanan laut perlu dilaksanakan secara terus menerus oleh jajaran Lanal Bangka Belitung dalam rangka mengikis kerawanan di laut dan menegakkan hukum di laut sehingga keberadaan TNI Angkatan Laut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kepulauan Bangka Belitung dan sekitarnya. Keberhasilan satuan-satuan kerja dalam melaksanakan fungsinya dengan baik karena adanya integritas usaha dan sinergi pemikiran para pengawak dan antar satuan kerja yang bersifat lintas fungsi dalam nuansa kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan dalam melaksanakan fungsi dan peran masing-masing satuan kerja. Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal III Jakarta juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma, S.E., yang selama ini telah bekerja maksimal dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya sebagai Komandan Lanal Babel dan ucapan yang sama kepada Ny. Apressyanti Hendra Kesuma, S.E., MBA., atas dukungan, pengabdian, pengorbanan dan kesabarannya selama mendampingi suami dengan setia serta dalam memimpin dan membina organisasi Jalasenastri Bangka Belitung dengan baik. Kepada Letkol Laut (P) Teguh Gunawan, S.E., M.M., selamat datang di jajaran Lantamal III serta selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Laut  untuk mengemban tugas baru sebagai Danlanal Bangka Belitung. Demikian juga kepada Ny. Desy Teguh Gunawan  yang akan melaksanakan serah terima jabatan Ketua Cabang 4 Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat. Sementara itu, dalam waktu yang sama Ketua Koordinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada Barat Ny. Erna Purwanti Trusono,  memimpin  pelaksanaan upacara Serah terima Jabatan Ketua Cabang 4 Korcab III Daerah Jalasenastri Armada Barat dari Ny. Apressyanti Hendra Kesuma, S.E., MBA., kepada Ny. Desy Teguh Gunawan di Gedung Mahligai Dharma Pertiwi Provinsi Bangka Belitung. Turut hadir pada acara tersebut, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Wakil Gubernur dan Sekertaris Kepulauan Bangka Belitung, Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Kapolda Bangka Belitung,  Para pejabat FKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Walikota Pangkal Pinang, Para Bupati, Para Asisten Danlantamal III, Danrem 045/ Jaya, Para Danlanal Jajaran Lantamal III, Dandenma Lantamal III, Dirpolair Bangka Belitung, Para Kapolres, Danlanud H.A.S Hanandjoeddin, tokoh masyarakat dan tokoh agama Bangka Belitung. (Dispen Lantamal III)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25582/Default.aspx

DANLANAL SANGATTA PIMPIN SERTIJAB KOMANDAN KAL KUDUNGGA
Jum'at 23 Oktober 2015-
Bertempat di Dermaga Marine PT. KPC Tanjung Bara Sangatta Kutim, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Donny Suharto Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan KAL Kudungga dari Kapten Laut (P) Nugroho Adianto W kepada Kapten Laut (P) Agung Rikwan H yang sebelumnya menjabat Kadiv Bahari di KRI Yos Sudarso 353. Sedangkan Kapten Laut (P) Nugroho selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Kadiv Komunikasi di KRI Yos Sudarso 353, Jumat (23/10/2015). Dalam kesempatan tersebut, Danlanal menyampaikan pergantian jabatan memiliki makna penting dan strategis. Yakni, merupakan regenerasi TNI AL untuk meningkatkan kualitas dan organisasi. “Regenerasi Kepemimpinan diharapkan mampu membawa ide-ide baru. Sertijab bukan sekedar upacara tapi harus dilihat sebagai unjuk kehormatan. Keberhasilan kerja KAL Kudungga merupakan hasil kerja keras Komandan KAL sebelumnya” . KAL Kudungga merupakan karya terbaik putra putri Kab.Kutim untuk melaksanakan penegakan hukum dilaut dan melaksanakan tugas pokok dan oprasi militer. (Pen Lanal Sangatta)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25560/Default.aspx

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN BATALYON ROKET-2 MARINIR
Jakarta, Jum'at 23 Oktober 2015-
Komandan Resimen Artileri-2 Marinir (Danmenart-2 Mar) Kolonel Marinir Jasiman Purba memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Roket - 2 Marinir, bertepat di Lapangan Apel Resimen Artileri-2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).
Dalam Sertijab tersebut Mayor Marinir M. Asrof Widiarto dilantik sebagai Komandan Roket - 2 Marinir menggantikan Letkol Marinir Sunarto yang akan menempati jabatan sebagai Komandan Sekolah Bintara Kodikmar. Danmenart-2 Mar dalam amanatnya menyampaikan bahwa Serah terima jabatan di lingkungan Resimen Artileri-2 Marinir merupakan bagian dari proses pendinamisasian organisasi dan sekaligus merupakan momentum formal untuk memenuhi berbagai kepentingan tugas yang semakin menantang dimasa yang akan datang, dan merupakan indikator bergulirnya proses pembinaan personel dalam rangka memelihara dan meningkatkan aktualisasi peran organisasi dilingkungan Resimen Artileri - 2 Marinir.
"Dengan serah terima jabatan ini diharapkan dapat membawa semangat baru dan membangun Resimen Artileri-2 Marinir bertambah maju, solid, produktif, dan efektif agar dapat melahirkan ide-ide serta gagasan baru guna menghadapi tugas-tugas yang akan datang dan semakin kompleks "
Serta Serah Terima Jabatan Ketua Ranting C Cabang 5 Korcab Pasmar - 2 Dari Ny. Sunarto kepada Ny. M. Asrof Widiarto Oleh Ketua Cabang 5 Korcab Pasmar - 2 Ny Jasiman Purba di Ruang Rapat Resimen Artileri - 2 Marinir. (Dispen Kormar)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25577/Default.aspx