1-9 Nov 2015

KOMANDAN BATALYON INFANTERI-5 MARINIR KUKUHKAN KOMANDAN KOMPI HARIMAU DAN KOMPI JAGUAR
4 November 2015-
Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir Letkol Marinir Freddy Ardianzah memimpin pengukuhan Jabatan Komandan Kompi Harimau dan Komandan Kompi Jaguar Yonif-5 Marinir di lapangan apel Yonif-5 Marinir Ujung, Surabaya,  Rabu (04/11/2015). Lettu Marinir Patrick Pattiasina yang sebelumnya menjabat sebagai Pasi-1 Yonif-5 Marinir dikukuhkan sebagai Komandan Kompi Harimau, sedangkan Lettu Marinir Lukman Susanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pasi-3 Yonif-5 Marinir dikukuhkan sebagai Komandan Kompi Jaguar.

Dalam sambutannya, Danyonif-5 Marinir mengatakan, jabatan Komandan Kompi merupakan sebuah proses pendewasaan bagaimana memahami dan melaksanakan amanah sebagai wujud tanggung jawab kepada pimpinan dan pengabdian kepada seluruh prajurit Korps Marinir. Diharapkan kehadiran para Komandan Kompi yang baru akan memberi energi positif serta manfaat bagi kemajuan batalyon dengan tolok ukur sederhana yaitu peningkatan prestasi di semua bidang serta penurunan jumlah pelanggaran.
Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Yonif-5 Marinir itu menyerahkan Dayung kepada Komandan Kompi baru sebagai simbol bahwa seorang pemimpin itu adalah penggerak, penuntun dan panutan dalam kehidupan prajurit, dengan harapan terjalin kesatuan kayuhan dayung antara Komandan Kompi dengan prajuritnya sebagai wujud kerjasama dan kekompakan dalam membangun Kompi dan Batalyon Infanteri-5 Marinir. Selesai upacara pengukuhan dilanjutkan dengan acara tradisi prajurit Korps Marinir yang identik dengan air dan perahu karet, dilanjutkan lari keliling batalyon menggunakan perahu karet. (Dispen Kormar)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25710/Default.aspx

LETKOL LAUT (P) FAJAR HERNAWAN JABAT KOMANDAN KRI TANJUNG KAMBANI-971
2 November 2015-
Letkol Laut (P) Fajar Hernawan menjabat Komandan KRI Tanjung Kambani-971 setelah menerima penyerahan jabatan dari Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P dalam upacara penyerahan jabatan di Geladak KRI Tanjung Kambani-971 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (2/11).
Penyerahan jabatan ini dilaksanakan setelah sebelumnya jabatan Komandan KRI Tanjung Kambani-971 diambil alih sementara secara rangkap oleh Komandan Satlinlamil Jakarta.
Komandan Satlinlamil Jakarta dalam amanatnya mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh. Hal ini sekaligus pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin kompleks. Selain itu juga dapat merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL, yang diberikan kepada para pejabat yang bersangkutan dalam rangka pengembangan kepemimpinan dan kreativitas sebagai bagian dari upaya pembinaan personel secara menyeluruh. Dansatlinlamil juga menghimbau kepada para perwira dilingkungan Satlinlamil Jakarta beserta seluruh warga Kolinlamil, agar memberikan dukungan kepada Komandan KRI Tanjung Kambani-971 yang baru. Penyerahan jabatan ini dilaksanakan berkaitan dengan telah ditunjuknya Letkol Laut (P) Fajar Hernawan sesuai telegram Kasal tanggal 24 Juli 2015 untuk menempati jabatan sebagai Komandan KRI Tanjung Kambani-971. KRI Tanjung Kambani-971 adalah kapal Bantu Angkut Personel yang memiliki berat 6.416 ton dan mampu mengangkut personel sebanyak 1.550 orang dengan muatan 5.670 ton. Kapal yang mempunyai kecepatan maksimal 13 knot ini sehari-hari dibawah pembinaan Satlinlamil Jakarta dan dilengkapi dengan persenjataan kaliber 20 mm dan 35 mm. Hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Heri Prihartanto, para komandan unsur dan perwira dilingkungan Satlinlamil Jakarta. (Dispen Kolinlamil)
Sumber, http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/25690/Default.aspx